√ 23 Pengertian Komitmen Organisasi Menurut Para Ahli (Lengkap)

23 Pengertian Komitmen Organisasi Menurut Para Ahli (Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang komitmen organisasi. Yang mana penjelasan disini adalah berdasarkan pendapat para ahli dengan masing-masing yang tentu saja berbeda satu sama lainnya. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

23 Pengertian Komitmen Organisasi Menurut Para Ahli (Lengkap)

Mari kita bahas lengkap dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Komitmen Organisasi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari komitmen organisasi menurut ahlinya.

1. O’Reilly (1989)

Pengertian komitmen organisasi menurut O’Reilly adalah sebagai ikatan kejiwaan seseoran terhadap organisasi yang mencakup keterlibatan kerja, kesetiaan dan perasaan percaya terhadap nilai-nilai organisasi.

2. Lincoln dalam Bashaw dan Grant (1994)

Pengertian komitmen organisasi menurut Lincoln adalah mencakup anggota, kesetiaa anggota dan kemauan anggota pada organisasi.

3. Robbins (1989)

Pengertian komitmen organisasi menurut Robbins adalah sebagai suatu sikap yang merefleksikan perasaan suka atau tidak suka dari karyawan terhadap organisasi.

4. Mowday (1992)

Pengertian komitmen organisasi menurut Mowday adalah komitmen kerja, ia berpendapat bahwa komitmen merupakan dimensi perilaku manusia yang digunakan untuk menilai loyalitas karyawan terhadap perusahaannya.

5. Griffin

Pengertian komitmen organisasi menurut Griffin adalah sikap yang mencerminkan sejauh mana seseorang individu mengenal dan terikat pada organisasinya. Seseorang yang memiliki komitmen tinggi pada peruasahaan kemungkinan akan melihat dirinya sebagai anggota sejati dalam organisasi.

6. Mathins dan Jackshon (2000)

Pengertian komitmen organisasi menurut Mathins dan Jackshon adalah derajat dimana karyawan mempercayai dan menerima tujuan-tujuan organisasi serta tidak akan meninggalkan organisasi tersebut.

7. McShane dan Von Glinow (2008:119)

Pengertian komitmen organisasi menurut McShane dan Von Glinow adalah pengaruh yang paling kuat, dimana orang mengidentifikasi terhadap permintaan dan sangat termotivasi untuk melaksanakannya, bahkan ketika sumber motivasi tidak lagi hadir.

8. Luthans (2006)

Pengertian komitmen organisasi menurut Luthans adalah keinginan kuat untuk tetap sebagai anggota organisasi tertentu, keinginan untuk berusaha keras sesuai dengan keinginan organisasi dan keyakinan tertentu juga penerimaan nilai dan tujuan organisasi.

9. Steers dan Porter (1983:442)

Pengertian komitmen organisasi menurut Steers dan Porter adalah suatu sikap dimana individu mengidentifikasikan dirinya terhadap tujuan-tujuan dan harapan-harapan organisasi tempat ia bekerja serta berusaha menjaga keanggotaan dalam organisasi untuk mewujudkan tujuan organisasi tersebut.

10. Allen dan Meyer

Pengertian komitmen organisasi menurut Allen dan Meyer adalah kelekatan emosi, identifikasi dan keterlibatan individu dengan organisasi serta keinginan untuk tetap menjadi anggota organisasi.

11. Greenberg dan Baron (2003:160)

Pengertian komitmen organisasi menurut Greenberg dan Baron adalah derajat dimana karyawan terlibat dalam organisasinya dan berkeinginan untuk tetap menjadi anggotanya, dimana didalamnya mengandung sikap kesetiaan dan kesediaan karyawan untuk bekerja secara maksimal bagi organisasi tempat karyawan tersebut bekerja.

12. Robbins (2001)

Pengertian komitmen organisasi menurut Robbins adalah suatu keadaan dimana seorang pegawai memihak pada suatu organisasi tertentu dan tujuan-tujuannya serta berniat untuk memelihara keanggotaan dalam organisasi tersebut.

13. Robbins dan Judge (2009:100) dalam Angelica, Cahyani, dan Rosyid (2009:100)

Pengertian komitmen organisasi menurut Robbins dan Judge adalah sebagai suatu keadaan dimana seorang pegawai memihak organisasi tertenu serta tujuan-tujuan pegawai tersebut dan keinginan untuk mempertahankan keanggotaan dalam organisasi tersebut.

14. Zurnali C, 2010, p.127

Pengertian komitmen organisasi menurut Zurnali C adalah sebuah keadaan psikologi yang mengkarakteristikan hubungan karyawan dengan organisasi atau impikasinya yang mempengaruhi apakah karyawan akan tetap bertahan dalam organisasi atau tidak, yang teidentifikasi dalam tiga komponen yakni komitmen afektif, komitmen kontinyu, dan komitmen normatif.

15. Richard M. Steer dalam Sopiah (20088, p.156)

Pengertian komitmen organisasi menurut Richard M. Steer adalah rasa identifikasi (kepercayaan terhadap nilai-nilai organisasional sebagai rasa identifikasi (kepercayaan terhadap nilai-nilai organisasi), keterlibatan (kesediaan untuk beruasha sebaik mungkn demi kepentingan organisasi, dan loyalitas keinginan untuk tetap menjadi anggota yang bersangkutan) yang dinyatakan oleh seoang karyawan terhadap perusahaannya.

16. Spector (2000)

Pengertian komitmen menurut Spector adalah komitmen yang melibatkan keterikatan individu terhadap pekerjaannya.

17. Mathis dan Jackson (2001)

Pengertian komitmen organisasi menurut Mathis dan Jackson adalah tingkat kepercayaan dan penerimaan tenaga kerja terhadap tujuan organisasi dan mempunyai keinginan untuk tetap ada didalam organisasi tersebut yang pada akhirnya tergambar dalam statistik ketidakhardiran dan masuk keluar tenaga kejanya.

18. Mowday, Porter dan Steers dalam Luthans (2006)

Pengertian komitmen organisasi menurut Mowday, Porter dan Steers adalah terdiri dari tiga faktor, yakni: keinginan yang kuat untuk tetap menjadi anggota organisasi, kemauan yang besar untuk berusaha bagi organisasi dan kepercayaan yang kuat dan penerimaan terhadap nilai dan tujuan organisasi.

19. Salancik (1977)

Pengertian komitmen organisasi menurut Salancik adalah keadaan dimana perilaku karyawan menjadi terikat pada organisasi dan karyawan memiliki keyakinan untuk meneruskan perilaku dan keterlibatannya.

20. Dessler dalam Oktorita, Rosyid dan Lestasi (2001)

Pengertian komitmen karyawan terhadap perusahan atau organisasi menurut Dessler adalah hubungan antara karyawan dengan perusahaan/organisasi yang merupakan orientasi karyawan pada perusahaan sehingga bersedia menyumbangkan energinya dan mengikatkan diri melalui aktivitas dan keterlibatan dalam perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan.

Pengertian Komitmen Organisasi Menurut Para Ahli

21. Wikipedia

Pengertian komitmen organisasi menurut Wikipedia adalah sebagai suatu keadaan dimana seorang karyawan memihak organisasi tertentu serta tujuan-tujuan dan keinginannya untuk mempertahankan keanggotaan dalam organisasi tersebut

22. L. Mathis-John H. Jackson

Pengertian komitmen organisasi menurut L.Mathis-John H. Jackson adalah tingkat sampai dimana karyawan yakin dan menerima tujuan organisasional, serta berkeinginan untuk tinggal bersama atau meninggalkan perusahaan pada akhirny tercemin dalam ketidakhadiran dan angka perputaran karyawan.

23. Fred Luthan (2005)

Pengertian komitmen organisasi menurut Fred Luthan adalah :

  • Keinginan kuat untuk tetap sebagai anggota organisasi tertentu;
  • Keinginan untuk berusaha keras sesuai keinginan organisasi; dan
  • Keyakinan tertentu, dan penerimaan nilai dan tujuan organisasi. Dengan kata lain, ini merupakan sikap yang merefleksikan loyalitas karyawan pada organisasi dan proses berkelanjutan di mana anggota organisasi mengekspresikan perhatiannya terhadap organisasi dan keberhasilan serta kemajuan yang berkelanjutan

Demikianlah telah dijelaskan tentang 23 Pengertian Komitmen Organisasi Menurut Para Ahli (Lengkap), semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi