√ 17 Pengertian Manajemen Risiko Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

17 Pengertian Manajemen Risiko Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang manajemen risiko. Yang mana penjelasan ini adalah berdasarkan pendapat para ahli.

17 Pengertian Manajemen Risiko Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Manajemen Risiko Menurut Para Ahli

Manajemen risiko yaitu sebuah pendekatan yang mempunyai struktur atau metodologi dalam pengelollan ketidakpastian yang berhubungan dengan ancaman.

Pengertian manajamen risiko lainnya yakni, manajemen risiko adalah serangkaian kegiatan mansuai termasuk penilaian risiko, pengembangan strategi untuk mengelola dan mitigasi risiko dengan melakukan pemberdayaan atau pengelolaan sumber daya.

Tujuan manajemen risiko dilaksanakan adalah untuk mengurangi risiko yang berbeda yang berhubungan dengan bidang yang sudah dipilih di tingkat yang dapat diterima oleh masyarakat.

1. Djojosoedarso (2003:4)

Pengertian Manajemen Risiko Menurut Djojosoedarso adalah pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen dalam penanggulangan risiko, terutama risiko yang dihadapi oleh organisasi/perusahaan, keluarga dan masyarakat. Jadi meliputi aktivitas merencanakan, mengorganisir, menyusun, memimpin/mengkoordinir dan mengawasi (termasuk mengevaluasi) program penanggulangan risiko.

2. Siagian dan Sekarsari (2001)

Pengertian Manajemen Risiko Menurut Siagian dan Sekarsari adalah manajemen risiko luas tidak hanya terfokus pada pembelian asuransi tapi juga harus mengelola keseluruhan risiko-risiko organisasi.

3. Dorfman (1998:9)

Pengertian Manajemen Risiko Menurut Dorfman adalah suatu proses logis dalam usahanya untuk memahami eksposur terhadap suatu kerugian.

4. Fahmi (2010:2)

Pengertian Manajemen Risiko Menurut Fahmi adalah suatu bidang ilmu yang membahas tentang bagaimana suatu organisasi menerapkan ukuran dalam memetakan berbagai permasalahan yang ada dengan menempatkan berbagai pendekatan manajemen secara komprehensif dan sistematis.

5. Tampubolon (2004)

Pengertian Manajemen Risiko Menurut Tampubolon adalah kegiatan atau proses yang terarah dan bersifat proaktif, yang ditujukan untuk mengakomodasi kemungkinan gagal pada salah satu atau sebagian dari sebuah transaksi atau instrumen.

6. Siahaan (2007)

Pengertian Manajemen Risiko Menurut Siahaan adalah perbuatan (praktik) dengan manajemen risiko, menggunakan metode dan peralatan untuk mengelola risiko sebuah proyek.

7. Wiliam et.al (1995, p.27)

Pengertian Manajemen Risiko Menurut William et.al adalah suatu aplikasi dari manajemen umum yang mencoba untuk mengidentifikasi, mengukur dan menangani sebab dan akibat dari ketidakpastian pada sebuah organisasi.

8. Smith (1990)

Pengertian Manajemen Risiko Menurut Smith adalah proses identifikasi, pengukuran, dan kontrol keuangan dari sebuah risiko yang mengancam aset dan penghasilan dari sebuah perusahaan atau proyek yang dapat menimbulkan kerusakan atau kerugian pada perusahaan tersebut.

9. Clough dan Sears (1994)

Pengertian Manajemen Risiko Menurut Clough dan Sears adalah suatu pendekatan yang komprehensif untuk menangani semua kejadian yang menimbulkan kerugian.

10. Noshworthy (2000:600)

Pengertian Manajemen Risiko Menurut Noshworthy adalah Implementation of measures aimed at reducin the like lihood of those threats occuring and minimissing any damage if they do; Risk analysis and risk control form the basis of risk management where risk control is the application of suitable controls to gain a balance between security, usability and cost.

11. Djohanputro (2008)

Pengertian Manajemen Risiko Menurut Djohanputro adalah proses terstruktur dan sistematis dalam mengidentifikasi, mengukur, memetakan, mengembangkan alternatif penanganan risiko, dan memonitor dan mengendalikan penanganan risiko.

12. NIST (Stoneburner et al.,2001;E-2)

Pengertian Manajemen Risiko Menurut NIST adalah The total process of identifying, controlling, and mitigating information system related risks; encompasses risk assesment; cost-benefit analysis; implementation, test and security evaluation of safeguards. Manajemen risiko adalah proses dari mengidentifikasi, mengontrol adn meringankan sistem informasi terkait risiko dan melingkupi pengkajian risiko, analisa manfaat biaya, dan pemilihan, implementasi, pengetesan dan evaluasi keamanan dari usaha perlindungan.

13. Australia/New Zealand Standards (1999)

Pengertian Manajemen Risiko Menurut Australia/New Zealand Standards adalah suatu proses yang logis dan sistematis dalam mengidentifikasi, menganalisa, mengevaluasi, mengendalikan, mengawasi, dan mengkomunikasikan risiko yang berhubungan dengan segala aktivitas, fungsi atau proses dengan tujuan perusahaan mampu meminimalisasi kerugian dan memaksimumkan kesempatan. Implementasi dari manajemen risiko ini membantu perusahaan dalam mengidentifikasi risiko sejak awal dan membantuk membuat keputusan untuk mengatasi risiko tersebut.

Pengertian Manajemen Risiko Menurut Para Ahli

14. Wikipedia

Pengertian Manajemen Risiko Menurut Wikipedia adalah suatu pendekatan terstruktur/metodologi dalam mengelola ketidakpastian yang berkaitan dengan ancaman; suatu rangkaian aktivitas manusia terkasuk: Penilaian risiko, pengembangan strategi untuk mengelolanya dan mitigasi risiko dengan menggunakan pemberdayaan/pengelolaan sumber daya.

15. Darmawi (2014)

Pengertian Manajemen Risiko Menurut Darmawi adalah suatu usaha untuk mengetahui, menganalisis serta mengendalikan risiko dalam setiap kegiatan perusahaan dengan tujuan untuk memperoleh efektifitas dan efisiensi yang lebih tinggi.

16. Bramantyo (2008:43)

Pengertian Manajemen Risiko Menurut Bramantyo adalah proses terstruktur dan sistematis dalam mengidentifikasi, mengukur, memetakan, mengembangkan alternatif penanganan resiko.

17. Enterprise Risk Management-COSO

Pengertian Manajemen Risiko Menurut Enterprise Risk Management adalah Events with a negative impact represent risks, which can prevent value creation or erode existing value.

Demikianlah telah dijelaskan tentang 17 Pengertian Manajemen Risiko Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap), semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi