35 Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

35 Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli, Ciri, Tujuan, dan Teorinya – Kali ini disini akan kami bahas mengenai apa itu kewirausahaan, banyak dari kita mungkin sering mendengar kata tersebut.

Ya, kewirausahaan adalah suatu sikap atau kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang unik dan baru yang bernilai serta dapat bermanfaat bagi orang lain dan bagi diri Anda sendiri. Kewirausahaan merupakan sikap mental & jiwa yang kreatif, aktif, kreatif, berdaya dalam mengembangkan usahanya sehingga penghasilannya meningkat dari usaha atau kegiatan yang digelutinya.

Kewirausahaan berasal dari kata wira & usaha, kata wira berarti pahlawan atau pejuang, sedangkan usaha berarti tindakan, sikap atau melakukan sesuatu. Menurut Joseph Schumpeter (seorang inovator), wirausahawan adalah inovator yang mengubah pasar dengan menggabungkan banyak hal atau beberapa hal baru.

Adapun sesuatu yang baru tersebut bisa dalam bentuk:

  • Ada produk baru yang dikenalkan
  • Ada metode produksi baru yang dikenalkan
  • Dibukanya pasar yang baru (new market)
  • Memperoleh sumber pasokan baru untuk komponen baru
  • Penerapan organisasi baru di sebuah perusahaan.

35 Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli, Ciri, Tujuan, dan Teorinya

Ada beberapa ahli yang menjelaskan seperti apa kewirausaha & wirausaha beserta penjelasannya:

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Berikut pengertian wirausaha menurut para ahli berdasarkan hasil penelitian dan pengalaman mereka.

1. Arif F. Hadipranata

Kewirausahaan adalah seseorang yang mengambil resiko yang dibutuhkan untuk mengelola & mengatur segala urusan dan menerima sejumlah keuntungan finansial dan non finansial.

2. Thomas W Zimmerer

Menurut Thomas kewirausahaan adalah penerapan inovasi & kreativitas untuk memecahkan masalah & memanfaatkan peluang yang dihadapi orang lain setiap hari.

3. Andrew J Dubrin

Seseorang yang menjalankan dan mendirikan bisnis inovatif.

4. Robbin & Coulter

Menurut Robin kewirausahaan adalah proses di mana seseorang atau sekelompok individu menggunakan upaya & sarana yang terorganisir untuk mencari peluang dan menciptakan nilai yang tumbuh dengan memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui inovasi & keunikan, terlepas dari sumber daya yang digunakan saat ini.

5. Jean Baptista Say

Wirausahawan merupakan sebuah agen yang menggabungkan berbagai alat produksi & menemukan nilai dari apa yang dia hasilkan.

6. Penrose

Aktivitas kewirausahaan mencakup berbagai peluang yang diidentifikasi dalam suatu sistem ekonomi. Kemampuan atau kapasitas kewirausahaan berbeda dengan kapasitas manajerial.

7. Raymond

Menurut Raymond wirausaha adalah seseorang yang inovatif, kreatif dan mampu mewujudkan kreativitasnya guna meningkatkan kesejahteraan diri di lingkungan dan masyarakat.

Baca Juga:  Budget Adalah : Pengertian, Tujuan, Karakteristik, Manfaat dan Cara Penyusunan

8. Kasmir

Wirausaha merupakan orang-orang pemberani yang berani mengambil resiko untuk membuka usaha pada berbagai peluang yang ada.

9. Harvey Leibenstein

Kewirausahaan meliputi berbagai kegiatan yang diperlukan untuk menjalankan & mendirikan perusahaan di saat pasar belum terbentuk / belum teridentifikasi secara jelas, atau beberapa komponen fungsi produksi belum teridentifikasi sepenuhnya.

10. Peter F Drucker

Kemampuan untuk membuat atau membuat sesuatu yang baru & berbeda.

11. Kathleen

Dijelaskan bahwa kewirausahaan adalah seseorang yang menjalankan, mengelola, dan berani mengambil resiko atas pekerjaan yang dilakukannya di dunia bisnis.

12. Acmad Sanusi

Kewirausahaan adalah nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang menjadi dasar tujuan bisnis, strategi, taktik, kekuatan pendorong, proses dan hasil.

13. Soeharto Prawiro

Kewirausahaan adalah nilai yang dibutuhkan untuk memulai bisnis dan mengembangkan bisnis.

14. Frank Knight

Seorang pengusaha mencoba untuk merespon & memprediksi perubahan pasar. Penjelasan ini menekankan peran seorang wirausahawan dalam menghadapi ketidakstabilan dalam dinamika pasar. Seorang wirausahawan diharuskan untuk melakukan semua fungsi manajerial dasar seperti pengawasan & arahan.

15. Mas’ud Machfoedz & Mahmud Machfoedz

Entrepreneur adalah seseorang yang memiliki inovasi untuk mengubah suatu peluang menjadi ide yang laku, mampu memberikan nilai tambah melalui tenaga, biaya, waktu dan keterampilan yang bertujuan untuk menghasilkan keuntungan.

16. Joseph Schumpeter

Pengusaha adalah seseorang yang mendapat peluang & menciptakan organisasi untuk mengejar peluang tersebut.

17. Dan Stein dan Jhon F.Burgess

Wirausahawan adalah seseorang yang mengatur, mengelola, dan berani mengambil risiko untuk menciptakan peluang bisnis dan bisnis baru.

18. Menurut J.B Say

Entrepreneur adalah wirausahawan yang dapat mengelola berbagai sumberdaya yang dimiliki secara ekonomis & meningkatkan produktivitas rendah hingga tinggi.

19. Richard Cantillon (1775)

Menurut Richard Cantillon Entrepreneurship adalah job itu sendiri (entrepreneurship). Seorang pengusaha membeli barang sekarang dengan harga tertentu dan menjualnya dengan harga di masa depan yang tidak pasti. Jadi definisi ini lebih menekankan pada bagaimana seseorang menghadapi risiko atau ketidakpastian.

20. Raymond W.Y. Kao

Wirausaha adalah orang yang mampu menciptakan dan mendesain ide menjadi kenyataan.

21. Schumpeter

Wirausaha adalah inovator yang tidak selalu inventor (penemu).

22. Syamsudin Suryana

Wirausaha ialah orang yang percaya diri, berorientasi pada tugas dan hasil, orang yang berani mengambil risiko, kepemimpinan yang lugas, kemampuan inovasi yang kuat, dan orang yang berorientasi pada masa depan.

23. Prawirokusumo

Menurut Prawirokusumo Entrepreneur adalah mereka yang melakukan upaya kreatif dan inovatif dengan mengembangkan ide dan mengumpulkan sumber daya untuk mencari peluang dan meningkatkan kehidupan.

24. Penrose (1963)

Kewirausahaan adalah peluang dalam sistem ekonomi.

25. F. Hadiputra

Pengusaha adalah pengambil risiko yang dibutuhkan untuk mengatur dan mengelola bisnis dan menerima manfaat finansial atau non-moneter.

26. Keputusan Menteri Koperasi dan Pembinaan Pengusaha Kecil Nomor. 961/KEP/M/XI/1995

  • Wirausaha adalah orang yang memiliki jiwa, sikap, perilaku, dan kemampuan kewirausahaan.
  •  Kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku, dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya untuk menemukan, menciptakan, dan menerapkan cara kerja, teknologi, dan produk yang baru dengan cara meningkatkan efisiensi guna memberikan layanan dan / atau yang lebih baik. memperoleh manfaat yang lebih besar.

27. Richard Cantillon

Wirausaha adalah orang yang dapat meningkatkan sumber daya ekonomi dari produktivitas rendah menjadi produktivitas tinggi.

28. Wikipedia

Kewirausahaan ialah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan mengubah visi menjadi kehidupan.

Baca Juga:  √ Pengertian Sekretaris Menurut Para Ahli, Peran dan Jenisnya

29. Israel Kirzner (1979)

Wirausaha mengenali dan bertindak berdasarkan peluang pasar.

30. Entrepreneurship Center at Miami University of Ohio

Kewirausahaan adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan mengubah visi menjadi kehidupan.

31. Gitosardjono

Esensi kewirausahaan ada enam, yaitu: a. Kewirausahaan merupakan sebuah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda. b. Kewirausahaan merupakan sebuah nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang digunakan sebagai sumber daya, penggerak, tujuan, strategi, proses, dan hasil bisnis. c. Kewirausahaan merupakan sebuah proses melakukan sesuatu yang kreatif dan inovatif yang berguna dalam memberikan nilai tambah. d. Kewirausahaan merupakan sebuah proses penerapan kreativitas dan inovasi dalam memecahkan masalah dan menemukan peluang untuk meningkatkan dan mengembangkan kehidupan bisnis.

32. Eddy Soeryanto Soegoto

Kewirausahaan adalah suatu usaha inovatif yang dibangun atas dasar inovasi untuk menghasilkan hal-hal baru, menambah nilai, memberi manfaat, menciptakan lapangan kerja, dan hasilnya bermanfaat bagi orang lain.

33. Salim Siagian

Kewirausahaan adalah semangat, perilaku, dan kemampuan yang dapat merespon secara positif peluang yang mementingkan diri sendiri dan layanan yang lebih baik kepada pelanggan / komunitas, serta menciptakan dan memberikan hal-hal yang lebih bermanfaat dengan menerapkan metode kerja yang lebih efektif dan mengambil risiko.Produk, inovasi, inovasi dan manajemen keterampilan.

34. Stephen Robins

Kewirausahaan adalah proses mengejar berbagai peluang untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui inovasi.

35. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Kewirausahaan adalah langkah bijak untuk mengidentifikasi produk baru, menentukan metode produksi baru, mengelola operasi pembuatan produk baru, mengelola modal operasi dan pemasaran.

Ciri-ciri Kewirausahaan

Berikut ini adalah ciri-ciri kewirausahaan:

  • Yakin dengan produk yang dimiliki
  • Kenali lebih banyak produknya
  • Jangan berdebat dengan calon pelanggan
  • Negosiasi komunikatif dan ramah dalam pelayanan
  • Sopan, jujur dan berani
  • Membuat transaksi

Tujuan Berwirausaha

Tujuan yang harus dimiliki bagi seorang wirausaha yaitu:

  • Bekerja keras dan bertekad untuk menambah jumlah wirausaha berprestasi, dengan kata lain ikut merekrut calon wirausaha untuk membangun jaringan usaha yang lebih baik.
  • Berpartisipasi dalam mewujudkan kemampuan kewirausahaan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat dan negara
  • Berpartisipasi dalam menumbuhkan dan mengembangkan kesadaran dan orientasi kewirausahaan yang kuat.
    • Menyebarluaskan dan menciptakan budaya kewirausahaan yang berkarakter di sekitarnya, khususnya di masyarakat
  • Berkembang dalam bentuk inovasi dan kreasi guna menciptakan dinamika wirausaha atau dunia usaha sehingga tercapai kesejahteraan.

18 Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli Lengkap

Teori Kewirausahaan

Berikut ini adalah teori kewirausahaan, yaitu:

Neo Klasik

Teori ini memandang perusahaan sebagai istilah teknoologis, dimana manajemen hanya mengetahui biaya dan pendapatan perusahaan dan hanya melakukan perhitungan matematis untuk menentukan nilai optimal dari variabel keputusan.

Kirzerian Entrepreneur

Teori Kirzer menyoroti kinerja manusia, keuletan, keseriusan, keikhlasan, kemandirian dalam berbisnis, sehingga bolak-balik suatu usaha bergantung pada usaha dan keuletan dari pengusaha itu sendiri.

Teori Perilaku

Teori ini menyoroti bagaimana seorang wirausahawan harus memiliki ketrampilan dalam mengatur bisnis, mengelola keuangan dan hal-hal terkait, membangun jaringan, dan memasarkan produk, dibutuhkan seseorang yang supel dan supel untuk memajukan bisnis.

Demikianlah penjelasan pembahasan kita mengenai 35 Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli yang bisa kita pahami, semoga dapat menambah pengetahuan kita semua. Terimakasih.