14 Pengertian Entrepreneur Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

14 Pengertian Entrepreneur Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) – Kita pasti pernah mendengar kata entrepeneur, bukankah begitu? Namun masih banyak yang belum memahami apa arti entrepreneur itu sebenarnya. Nah disini kita akan membahas secara rinci apa yang dimaksud entrepreneur.

14 Pengertian Entrepreneur Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), disana dikatakan bahwa pengertian dari entrepeneur yaitu orang yang pintar atau berbakat unutk menciptakan suatu produk, serta menyusun cara baru untuk memproduksi, menyusun operasi dalam pengadaan produk baru, mengatur permodalan operasi dan juga dalam memasarkannya.

Apabila kita disini ingin menjadi seorang entrepreneur, maka disini kita harus mempunyai skill maupun kemampuan dalam berfikir secara kreatif, dan mempu untuk berinovasi, berimajinasi pada saat melihat sebuah peluang untuk segera melakukan usaha yang dapat memberikan keuntungan dalam sistem pelaksanaannya. Semua hal tersebut harus ANda lakukan dengan langkah-langkah yang sesuai serta dapat menguntungkan untuk berbagai pihak.

Pengertian Entrepreneur Menurut Para Ahli

Berikut ini merupakan beberapa pendapat dari para ahli yang mendefinisikan entrepreneur.

1. Kathleen

Yang mana disini ia menjelaskan bahwa entrepreneur merupakan orang yang mengatur, dalam menjalankan dan menanggung resiko untuk pekerjaan yang anda lakukan dalam dunia usaha.

2. Arif F Hadipranata

Menurut pendapat dari Afir F Hadipranata yang mengungkapkan bahwa entrepreneur merupakan sosok pengambil resiko yang diperlukan dalam mengelola serta untuj mengatur bisnis dan menerima keuntungan finansial maupun non uang.

3. Andrew J Dubrin

Beliau menjelaskan bahwa entrepreneur merupakan sebagai orang yang mendirikan serta menjalankan usaha yang inovatif.

4. Ebert, Griffin, 2003

Menurut pendapat mereka entrepreneur merupakan pelaku bisnis yang mana menerima gabungan antara resiko serta peluang yang menyangkut untuk menciptakan serta mengoperasikan peluang usaha baru. entrepreneur merupakan orang yang menanggung semua resiko dari bisnis kepemilikan yang sasaran utama merupakan pertumbuhan dan juga perkembangan.

5. Zimmerer, Scarborough, 2002

Entrepreneur menurut pendapat mereka yaitu seseorang yang menciptakan bisnis baru yang berada ditengah banyaknya resiko serta ketidakpastian sebagai sebuah tujuan dalam mencapai keuntungan serta pertumbuhan dengan cara mengidentitikasi peluang dan juga dengan mengumpulkan sumber daya yang penting sebagai modal utama.

6. Thomberry 2006

Entrepreneur menurut pendapat dari Thomberry yaitu seseorang yang memliki ide yang inovatif, serta bisa melihat peluang yang ada dipasar serta dapat merubah mimpi mereka agar menjadi kenyataan yang bersinar.

7. Thomas W Zimmerer

Menurut pendapat dari Thomas W Zimmerer yang menjelaskan bahwa pengertian dari entrepreneur yaitu penerapan kreativitas serta keinovasian dalam memecahkan permasalahan serta upaya dalam memanfaatkan peluang-peluang yang dihadapi orang setiap hari.

8. Peter F Drucker

Disini Peter F Drucker menjelaskan bahwa pengertian dari entrepreneur yaitu kemampuan dalam menciptakan sesuatu yang baru dan juga berbeda, yang mana bahasa kerennya yaitu ability to create the new and different.

9. Kasmir

Pengertian entrepreneur menurut pendapat dari Kasmir yaitu orang yang berjiwa berani dalam mengambil resiko dalam membuka usaha pada berbagai kesempatan.

10. Zimmerer

pengertian entrepreneur menurut pendapat dari Zimmere yaitu suatu proses dalam penerapan kreativitas serta inovasi untuk  memecahkan persoalan serta unutk menemukan peluang dalam memperbaiki kehidupan.

11. Soeparman Spemahamidjaja

pengertian entrepreneur menurut pendapat dari beliau yaitu suatu kemampuan (ability) dalam berfikir kreatif sert dalam berperilaku yang inovatif yang mana dijadikan dasar, sumber daya, tenaga penggerak tujuan, siasat kiat serta proses untuk menghadapi tantangan hidup.

12. Timmons, (dalam Tunggal, 2008)

Entrepreneurship mnurut pendapat dari Timmons yaitu seorang manusia, yang mana melakukan tindakan kreatif untuk membangun suatu nilai dari hal yang secara praktis bukan apa- apa. Ini merupakan pencarian peluang tanpa memperhatikan  sumber daya, maupun dari masing-masing sumber daya, yang ada.

13. Kuratko dan Hodgetts, (dalam Tunggal, 2008).

Mereka berpendapat bahwa Entrepreneurship yaitu sebuah proses inovasi serta untuk menciptakan spekulasi baru dengan melalui empat dimensi utama individual, organisasi, lingkungan, proses yang mana dibantu dengan sebuah kerjasama jaringan dalam pemerintahan, pendidikan, serta dalam institusi. Semua posisi makro dan juga mikro dari hal yang mana berhubungan dengan pemikiran entrepreneur juga harus dipertimbangkan untuk pengenalan serta pengukuran peluang yang dapat dikonversikan ke dalam ide – ide yang bisa dipasarkan dan mampu untuk bersaing dalam implementasi ekonomi hari ini.

14. Arthur Cole, ( dalam Tunggal, 2008)

Menurut pendapat dari Athur Cole yang menjelasakan bahsa Entrepreneurship, setidaknya dalam semua masyarakat bukan otoriter, yang mana hal ini merupakan sebuah jembatan antara masyarakat yaitu sebagai suatu kesatuan, khususnya aspek – aspek non- ekonomi dari masyarakat itu serta pula institusi yang mana berorientasi pada profit atau keuntungan yang didirikan dalam mengambil keuntungan dari sumbangan ekonominya serta untuk memuaskan hasrat ekonomiknya, sebaik yang bisa dilakukan mereka.

Penjelasan diatas merupakan beberapa definisi yang diutarakan oleh para ahli tentang entrepreneur, apabila disini kita ingin menjadi seorang entrepreneur, sudah seharusnya kita dapat memahami makna dari entrepreneur itu sendiri. Menjadi entrepreneur memang bisa dibilang tidaklah mudah, akan tetapi apabila kita serius dan bersungguh-sungguh, banyak manfaat yang dapat kita peroleh, Berikut ini merupakan beberapa manfaat apabila menjadi seorang entrepreneur, diantaranya yaitu:

  • Kita tidak terikat dengan orang lain, artinya yaitu semua hal merupakan menjadi kehendak kita. Kita bebas untuk melakukan apa saja sendiri, mengatur serta mengelola apa yang akan kita kerjakan tanpa adaanya perintah dari orang lain.
  • Kita memiliki kesempatan dalam memberikan lapangan pekerjaan kepada orang lain.
  • Kita memiliki kesempatan untuk bekerjasama dengan orang lain dalam meningkatkan usaha kita dajuga pastinya saling menguntungkan satu sama lain.
  • Membuat kita disini menjadi seseorang yang mandiri, dan juga tidak mudah bergantung pada orang lain.

Mungkin manfaat diatas merupakn sedikit dari apa yang dapat kita peroleh apabila kita menjadi entrepreneur. Kita dapat memluainya dengan hal yang kecil yang mana seperti berjualan sembako, makanan ringan, buah tangan atau apapun dengan skala yang kecil.

03 Pengertian Entrepreneur Menurut Para Ahli Lengkap

Sifat Entrepreneur

Berikut ini merupakan sifat-sifat yang haurs dimiliki oleh seorang entrepreneur (Alma. 2008) diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • memiliki sikap percaya diri
  • Berorientasi pada tugas dan hasil
  • Berani mengambilan resiko
  • Memiliki sifat kepemimpinan
  • Keorisinilan
  • Selalu berorientasi unutk masa depan atau masa yang akan datang

Pada zaman sekarang ini sebenarnya unutk menjadi seorang entrepreneur tidaklah sulit, banyak media pendukung yang dapat kita manfaatkan dalam menunjang apa yang kita miliki. Misalnya media sosial seperti facebook, instagram, BBM dan masih ada banyak lagi media penunujang lainnya. Yang mana pada akhirnya tinggal dari kemauan dan kerja keras kita dalam menekuni hal yang kita inginkan agar dapat tercapai.

Mungkin itu saja penjelasan yang bisa kita bahas mengenai 14 Pengertian Entrepreneur Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap), semoga dengan pembahasan diatas kita bisa menjadi entreprenaur sejati yang bisa memberikan keuntungan bagi berbagai pihak khususnya diri kita sendiri.