24 Pengertian Informasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

24 Pengertian Informasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Disini seputarpengetahuan.com akan membahas mengenai Informasi, pasti semua sudah tidak asing lagi mendengar kata tersebut. Informasi merupakan sebuah hal yang sangat penting bagi seseorang yang ingin membuat keputusan atau ingin mengetahui sesuatu. Apa sih Informasi itu? Mari simak penjelasannya.

24 Pengertian Informasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Secara istilah, kata informasi sendiri awal mulanya dari bahasa Perancis kuno yaitu dari kata Informacion (1387) mengambil istilah dari bahasa Latin adalah Informationem yang mana memiliki “konsep, ide atau garis besar”. Informasi yaitu sebuah kata benda yaitu dari kata Informare yang mana memiliki aktifitas, aktifitas disini dalam arti pengetahuan yang dimomunikasikan.

Pengertian Informasi Menurut Para Ahli

Dibawah ini merupakan pengertian dari informasi menurut ahlinya, mari simak penjelasan berikut.

1. Menurut Abdul Kadir, McFadden dkk.

Mereka berpendapat bahwa informasi merupakan data yang seudah diproses dengan sedemikian rupa sehingga mampu untuk meningkatkan pengetahuan seseorang dengan memakai data tersebut.

2. Menurut Azhar Susanto

ia menjelas kan dalam bukunya bahwa Sistem Informasi Akuntansi, menyatakan bahwa informasi yaitu suatu hasil dari pengolahan data yang mana memberikan arti serta manfaat tertentu.

3. Menurut Burch & Strater

Mereka berpendapat bahwa informasi yaitu suatu proses dalam pengumpulan atau pengolahan data guna memberikan sebuah pengetahuan maupun keterangan.

4. Menurut George R. Terry

Ia menyatakan pendapatnya bahwa informasi merupakan sebagai data yang terpenting guna memberikan pengetahuan yang bermanfaat.

5. Menurut Jogianto

Beliau berpendapat yang tercata bukunya yang berjudul Analisis dan Desain Sistem Informasi, bahwa informasi merupakan sebagai data yang diolah menjadi sebuah bentuk yang lebih bermanfaat dalam menerima informasi.

6. Menurut Lani Sidharta

Beliau menjelaskan bahwa informasi merupakan sebagai data yang mana diberikan dalam bentuk yang lebih dan berguna untuk membuat sebuah keputusan.

Baca Juga:  √ Pengertian Worm Komputer, Cara Kerja, Cara Mencegah & Contohnya

7. Menurut Anton M. Meliono

Menurut pendapat dari beliau bah Informasi yaitu suatu data yang telah diproses dengan tujuan tertentu. Yang mana tujuannya yaitu agar dapat menghasilkan suatu keputusan.

8. Menurut George H. Bodnar

Ia menyatakan pendapatnya bahwa Informasi yaitu suatu data yang diolah dengan demikian ruppa, sehingga dapat dijadikan sebagai dasar untuk mengambil sebuah keputusan yang tepat dan benar.

9. Menurut Tata Sutabri

Disini Tata Sutabri mengemukakan pendapatnya bahwa informasi yaitu suatu data yang diolah atau diinterpretasikan guna mengambil sebuah keputusan.

10. Menurut Gordon B. Davis

Menurut pendapatnya bahwa Informasi merupakan suatu data yang telah dikerucutkan menjadi sebuah bentuk yang sangat berarti bagi si penerima informasi serta hal ini juga berguna untuk pengambilan keputusan.

12 Pengertian Informasi Menurut Para Ahli Lengkap

11. Menurut Jogiyanto HM.

Menurut pendapat dari Jugiyanto bawha informasi yaitu sebagai hasil dari pengolahan data yang mana dalam bentuk yang lebih bermakna dan juga bermanfaat bagi penerimanya serta menggambarkan suatu peristiwa – kejadian (event) yang real (fact) yang mana dipakai dalam mengambil keputusan.

12. Menurut Raymond Mc.leod

Beliau disisini menjelaskan bahwa informasi yaitu sebagai data yang diolah menjadi bentuk yang mana mempunyai arti penting bagi penerimanya serta berguna dalam pengambilan keputusan, baik saat itu juga atau pada masa yang akan datang.

13. Menurut Barry E. Cushing

Terdapat pada buku yang berjudul Accounting Information System and Business Organization, bahwa disini Barry E Cushing menjelaskan bahwa infromasi yaitu suatu hal yang mana menunjukkan hasil dari suatu proses pengolahan data. Hasil pengolahan data ini terorganisir serta memiliki manfaat atau berguna untuk penerimanya.

14. Menurut Davis

Disini Davis menyatakan pendapatnya bahwa informasi yaitu suatu data yang sudah diolah sehingga mempunyai bentuk yang berarti serta bermanfaat bagi penerimanya. Yaitu agar bisa dipakai dalam dalam pengambilan keputusan, baik untuk saat ini maupun di masa yang akan datang.

15. Menurut Firmanzah

Disini juga Firmanzah berpendapat bahwa, informasi bisa diartikan sebagai data dan angka yang telah diberi makna dan nilai.

16. Menurut Gelinas & Dull

Disini Gelinas dan Dull menyatakan dalam bukunya yang menyatakan bahwa informasi yaitu suatu data yang disajikan dalam bentuk formulir. Data ini mempunyai kegunaan untuk pembuatan maupun pengambilan keputusan.

17. Menurut Joner Hasugian

Disini Joner Hasugian mendefinisikan pendapatnya bahwa informasi merupakan sebagai suatu konsep, yang sifatnya universal serta dalam jumlah muatan yang besar. Konsep ini terdiari atas banyaknya hal dalam masing-masing ruang lingkup dan saling berkaitan, serta terekan dalam sejumlah media.

18. Menurut Kenneth C. Laudon

Disini beliau menjelaskan bahwa pengertian dari informasi bisa diartikan sebagai daya yang sudah dibentuk menjadi sebuah bentuk yang mana memiliki manfaat dan bisa dipakai oleh manusia.

Baca Juga:  Topologi Jaringan : Pengertian, Jenis dan Karakteristiknya

19. Menurut Kusrini

Disini Kusrini menjelaskan bahwa informasi merupakan sebagai data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti untuk orang yang memakainya. Hasil pengolahan data ini mempunyai manfaat untuk pengambilan sebuah keputusan atau manfaat untuk mendukung dalam sumber informasi.

20. Menurut Robert G. Murdick

Ia mendefinisikan bahwa informasi terdiri dari data yang sudah diperolah yang selanjutnya diolah atau diproses supaya bisa dipakai untuk menjelaskan, menerangkan, menguraikan, atau digunakan sebagi dasar pertimbangan untuk membuat ramalan maupun pengambilan keputusan.

21. Menurut Robert N. Anthony & John Dearden

Mereka mendefinisikan pada buku Management Control Systems yang mana bahwa informasi merupakan sebagai suatu hal yang sifatnya disini nyata, berupa data maupun item yang bisa dipakai dalam menambah pengetahuan serta wawasan bagi orang yang menerimanya.

22. Menurut Romney dan Steinbart

Mereka disini berpendapat bawha informasi merupakan sebagai data yang sudah diproses dan diorganisasikan, sehingga bisa memberikan arti maupun manfaat untuk orang yang memakainya.

22. Menurut Stephen A. Moscove & Mark G. Simkin

Pada buku yang berjudul Accounting Information Systems, mereka menjelaskan bahwa informasi yaitu suatu bentuk yang nyata, yang mana memiliki nilai manfaat, sehingga bisa dipaki untuk mengambil keputusan.

23. Menurut Drs, The Liang Gie

Disini beliau menjelaskan bahwa informasi bisa diartikan sebagai keterangan, maupun rangkaian perkataan, kalimat, gambar, atau tanda tulis lainnya yang mana hal ini memiliki kandungan pengertian, buah pikir, pengetahuan atau semacamnya. Sehingga pemimpin organisasi disini bisa memakai dalam membuat sebuah keputusan dengan tepat yang mana berdasarkan kenyataan yang ada.

25. Menurut Wikipedia

Dikutip dari Wikipedia Indonesia yang menjelaskan bahwa informasi bisa didefisinikan sebagai hasil dari pemrosesan, manipulasi dan juga pengorganisasian maupun penataan terhdap sekelompok data. Pengolahan data terbsebut dilakukan agar dapat menghasilkan hal yang bernilai pengetahuan (knowledge) yang mana bisa dipakai bagi orang yang menerimanya.

Setelah memahami penjelasan diatas yang mengenai Pengertian informasi menurut para ahli, bahwa disini bisa disimpulkan bahwa informasi merupakan sekumpulan fakta-fakta maupun peristiwa yang mana sudah diolah menjadi sebuah bentuk data, sebagai mana data tersebut bisa dipakai oleh siapa saja dalam mengambil sebuah keputusan.

Demikianlah penjelasan kita kali ini mengenai 24 Pengertian Informasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap), semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terimakasih.