18 Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli (Lengkap)

18 Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli (Lengkap) – Jika anda sudah lulus dari bangku SMA (Sekolah Menengah Atas) tentu kalian akan melanjutkannya ke jenjang yang lebih tinggi yakni Perguruan Tinggi. Di Perguruan Tinggi berbeda dengan pada saat di bangku sekolah, di Perguruan Tinggi kita dituntut untuk memilih jurusan studi yang lebih spesifik.

Beberapa jurusan yang biasanya ada di Perguruan Tinggi adalah Manajemen, Akuntansi, Hukum, Sistem Komputer dan Sistem Informasi. Nah jika kalian berada di jurusan Sistem Informasi, maka kalian akan menemui salah satu mata kuliah yaitu Konsep Sistem Informasi. Apa itu Sistem Informasi? Disini kita akan membahas tentang pengertian Sistem Informasi.

18 Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli (Lengkap)

Secara universal Sistem Informasi dapat diartikan sebagai suatu sistem dalam suatu organisasi yang merupakan gabungan dari beberapa orang, teknologi, fasilitas, media prosedur & kontrol yang diarahkan untuk memperoleh jalur komunikasi penting, memproses jenis transaksi rutin, memberikan sinyal kepada manajemen untuk semua kejadian itu terjadi. bersifat eksternal dan internal serta memberikan informasi yang akan digunakan sebagai pengambilan keputusan. Ada beberapa ahli yang mendefinisikan Sistem Informasi.

Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli

Ada beberapa ahli yang sudah mendefinisikan sistem informasi dengan hasil risetnya, berikut ulasannya:

1. Erwan Arbie

Sistem informasi adalah suatu sistem dalam suatu organisasi yang menyatukan berbagai kebutuhan pemrosesan transaksi harian, membantu & mendukung semua kegiatan operasional, bersifat manajerial suatu organisasi & membantu memfasilitasi penyediaan laporan-laporan yang diperlukan.

2. Tafri D. Muhyuzir

Sistem informasi adalah kumpulan data yang dikelompokkan dan diolah sedemikian rupa sehingga menjadi satu kesatuan informasi yang saling terkait dan mendukung satu sama lain sehingga menjadi informasi yang berharga bagi yang menerimanya.

3. O’Brien

Sistem informasi merupakan kombinasi teratur dari orang (people), perangkat keras (hardware). perangkat lunak, jaringan komputer dan komunikasi serta basis data (database) yang mengumpulkan, mengubah & menyebarkan informasi dalam bentuk organisasi.

4. Menurut Mc leod

Sistem informasi adalah suatu sistem yang memiliki kemampuan untuk mengumpulkan dan mengklasifikasikan berbagai informasi dari semua sumber dan menggunakan berbagai media untuk menampilkan informasi.

5. Tata Sutabri, S.Kom. MM.

Sistem informasi adalah suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan berbagai kebutuhan pemrosesan transaksi sehari-hari yang mendukung fungsi manajerial organisasi dalam kegiatan strategis suatu organisasi dalam rangka menyediakan pihak luar tertentu dengan berbagai laporan yang dibutuhkan.

6. Leitch Rosses

Sistem Informasi adalah suatu sistem dalam suatu organisasi yang menyatukan semua kebutuhan manajer transaksi sehari-hari, mendukung proses operasional, memiliki karakteristik manajerial dan kegiatan strategis suatu organisasi & menyediakan berbagai laporan yang dibutuhkan oleh pihak luar tertentu.

7. Lani Sidharta

Sistem informasi adalah suatu sistem buatan manusia yang isinya merupakan kumpulan terpadu dari berbagai komponen komputerisasi yang bertujuan untuk mengumpulkan data, mengolah data, dan menghasilkan informasi bagi pengguna.

8. Robert A. Leitch dan K. Roscoe Davis

Dalam buku Jogiyanto, HM. Sistem Informasi adalah suatu sistem dalam suatu organisasi yang menyatukan berbagai kebutuhan pemrosesan transaksi sehari-hari, mendukung proses operasi manajerial dan kegiatan strategis suatu organisasi & menyediakan pihak luar tertentu dengan berbagai laporan yang diperlukan.

9. Gordon B. Davis

Sistem informasi adalah suatu sistem yang menerima input data dan arahan, kemudian mengolah data tersebut sesuai dengan instruksi yang diberikan dan menghasilkan hasil akhir.

10. Hanif Al-Fatta (2009:9)

Sistem informasi adalah kumpulan data dan prosedur yang terorganisir untuk penggunaannya yang lebih dari sekadar presentasi. Istilah tersebut mengandung arti suatu tujuan yang ingin dicapai dengan memilih dan mengorganisasikan data serta menyusun prosedur-prosedur penggunaannya.

11. John F. Nash (1995:8)

Sistem informasi adalah suatu sistem informasi yang merupakan kombinasi antara manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur, dan pengendalian yang ditujukan untuk mengelola jaringan komunikasi penting, memproses transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pengguna internal dan eksternal, serta menyediakan dasar untuk membuat keputusan yang tepat.

12. Kertahadi (2007)

Beliau berpendapat bahwa Sistem informasi yaitu suatu alat yang menyajikan informasi sedemikian rupa sehingga bermanfaat bagi penerimanya. Sistem informasi memiliki tujuan yaitu guna memberikan informasi dalam perencanaan, memulai, pengorganisasian, operasional sebuah perusahaan yang melayani sinergi organisasi pada proses mengendalikan pengambilan keputusan.

13. Rommey (1997:16)

Disini rommey menjelaskan bahwa Sistem informasi yang diselenggarakan guna mengumpulkan, memasukkan, mengolah, serta  menyimpan data yang terorganisir untuk menyimpan, mengelola, mengendalikan serta melaporkan informasi dengan cara yang suatu organisasi bisa mencapai tujuan yang seblumnya sudah ditetapkan.

14. Alter

Sistem informasi adalah suatu sistem yang kegiatannya ditujukan untuk pemrosesan data (mentransmisikan, menangkap, menyimpan, memanipulasi, mengambil, dan menampilkan informasi)

15. Sutabri

Ia berpendapat bahwa Sistem informasi yaitu sistem yang terdapat pada suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang didikung dengan fungsi operasi organisasi yang emiliki sifat manajerial dengan kegiatan strategi oleh suatu organisasi agar bisa menyediakan terhdap pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

16. Wikipedia

Dikutup dari wiki pedia yang menjelaskan bahwa Sistem Informasi (SI) yaitu suatau kombinasi oleh teknologi informasi serta aktivitas orang yang memakai teknologi itu guna mendukung operasi serta manajemen.

17. Laudon (2012:16)

Ia menjelaskan bahwa Sistem Informasi yaitu yaitu sebuah komponen yang saling berkaitan yang bekerja bersama-sama guna mengumpulkan, menyimpan, mengolah, serta menampilkan informasi guna mendukung pengambilan keputusan,  pengaturan, koordinasi, analisa, serta visualisasi terhadap sebuah organisasi.

18. Whitten, Bentley, dan Ditman (2009:10)

Sistem Informasi yaitu pengaturan orang, proses, data, serta informasi (TI) maupun teknologi informasi yang berinteraksi guna mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan menyediakan sebagai output informasi yang dibutuhkan dalam mendukung sebuah intansi maupun organisasi.

Fungsi Sistem Informasi

Terdapat pula beberapa fungsi yang ada pada sistem informasi diantaranya yaitu.

  • Berfungsi guna meningkatkan akses data secara efisien serta efektif tanpa adanya perantara.
  • Adanya jaminan kualitas sistem informasi yang kritis.
  • Produtivitas yang membantu dalam mengembangkan serta membangun sistem informasi
  • Investasi yang mengarah terhdap suatu sistem informasi
  • Konsekuensi ekonomi yang bisa dicegah.
  • Sistem informasi bisa mengidentifikasi untuk kebutuhan pengguna
  • Terbentuknya sebuah sistem pengembangan dalam perencanaan yang efektif.

9 Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli

Tujuan Sistem Informasi

Dalam sistem informasi sendiri memiliki 3 fungsi yaitu relevance, timeline dan accurate, berikut adalah penjelasannya dari ketia fungsi tersebut

  • Relevance, yaitu sebuah informasi yang tetap sasaran sesuai dengan kebutuhan pengguna.
  • Timeliness, yaitu sebuah informasi yang tepat waktu ini artinya informasi yang masih hangat yang bukan merupakan informasi yang sudah lama berlalu.
  • Accurate, yaitu sebuah informasi yang akurat artinya yakni informasi yang sudah dibenaarkan sebagai fakta serta bisa diterima akal sehat.

Manfaat Sistem Informasi

  • Untuk mempermudah dalam mendapat informasi terbaru
  • Untuk mempermudah dalam melakukan komunikasi
  • Untuk mempermudah dalam memperoleh ilmu pengetahuan terbaru
  • Untuk memperudah dalam membangun relasi.
  • Untuk mempermudah dalam kegiatan sehari-hari
  • Untuk mempermudah dalam kegiatan kerja
  • Berpeluang untuk menjadi lapangan kerja

Itulah ulasan singkat mengenai Pengertian Sistem Informasi dalam artikel 18 Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli (Lengkap) yang bisa kita simak bersama. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Daftar Isi