√ Pengertian Perguruan Tinggi Serta Perbedaannya (Lengkap)

Pengertian Perguruan Tinggi Serta Perbedaannya (Lengkap) – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas mengenai Perguruan Tinggi. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan perbedaan antara Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Politeknik serta Akademi. Untuk lebih jelasnya simak Artikel berikut ini.

Pengertian Perguruan Tinggi Serta Perbedaannya (Lengkap)

Masing-masing dari Pendidikan tinggi itu memiliki pengertian yang hampir mirip, namun masih dapat dilihat ciri dan sifat khasnya. Berikut ini adalah penjelasan dari pengertian dan perbedaan perguruan tinggi, antara lain:

Pengertian dan Perbedaan Perguruan Tinggi

Pendidikan tinggi di Indonesia itu di bagi kedalam 2 (dua) kelompok besar, yaitu kelompok pendidikan akademik dan pendidikan vokasi.

Kelompok pendidikan akademik di dalam proses pendidikan dan pengajarannya mempunyai fokus dalam penguasaan serta pemahaman ilmu pengetahuan bagi para lulusannya. Sedangkan untuk kelompok pendidikan vokasi itu lebih menitikberatkan pada suatu pengajaran dan proses pendidikannya pada persiapan dalam kelulusan agar bisa mengimplementasikan atau mengaplikasikan keahliannya.

Institusi Pendidikan Tinggi yang menawarkan pendidikan akademik dan vokasi tersebut juga dapat dibedakan dengan berdasarkan jenjang dan program studi yang ditawarkannya. Antara lain seperti; universitas, institut, sekolah tinggi, politeknik, akademi dan juga akademi komunitas.

Pengertian Universitas

Universitas merupakan suatu Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik serta juga dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi didalam berbagai rumpun Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Apabila universitas sudah memenuhi syarat dapat menyelenggarakan sebuah pendidikan profesi.

Universitas tersebut juga menyelenggarakan kegiatan atau aktivitas dalam hal pendidikan yang sangat luas. Selain dari pendidikan akademik, juga terdapat pendidikan vokasi dan profesinya.

Pengertian Institut

Institut merupakan suatu Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam sejumlah rumpun Ilmu Pengetahuan atau Teknologi tertentu. Serta apabila Institut telah memenuhi syarat dapat juga menyelenggarakan pendidikan profesi.

Perbedaannya yaitu sejumlah rumpun Ilmu Pengetahuan juga Teknologi tertentu saja. Jadi intinya institut lebih terbatas dibandingkan Universitas yang sangat cakupannya luas. Jadi hanya terdapat pada beberapa kelompok ilmu-ilmu serta teknologi saja.

Contoh paling mudah misalnya seperti Institut Teknologi Bandung (ITB). Semua jurusan yang terdapat di ITB, meskipun terdapat beberapa kelompok ilmu. Namun semuanya hanya fokus pada unsur teknik dan teknologinya saja. Jadi, Institut itu lebih fokus dan juga terbatas bidangnya dibandingkan universitas.

Pengertian Sekolah Tinggi

Sekolah Tinggi adalah suatu Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik serta juga dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi didalam satu kelompok Ilmu Pengetahuan dan Teknologi tertentu.

Apabila sudah memenuhi syarat, sekolah tinggi tentu juga dapat menyelenggarakan pendidikan profesi. Sekolah tinggi dalam definisi lebih sempit lagi dan pembedanya, yakni hanya pada satu bidang ilmu pengetahuan saja.

Contohnya Sekolah Tinggi Agama Islam (Hanya berfokus pada pendidikan bidang ilmu-ilmu Agama Islam), Sekolah Tinggi Keguruan dan juga Ilmu Pendidikan (Hanya berfokus pada pendidikan rumpun ilmu-ilmu pendidikan serta pengajaran), atau juga Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Hanya berfokus pada pendidikan dalam bidang ilmu-ilmu kesehatan).

Pengertian Politeknik

Politeknik adalah suatu Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi didalam berbagai bidang atau kelompok Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Apabila sudah memenuhi syarat, politeknik tersebut tentu dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.

Perbedaannya, Politeknik terfokus pada pendidikan vokasi, memiliki arah lebih pada penyiapan alumni untuk dapat langsung menerapkan skill atau keahliannya. Keahliannya tersebut tentu bisa macam-macam. Bisa dalam keahlian pada bidang teknologi, bidang ekonomi atau lain sebagainya. Biasanya jenjang yang terdapat adalah jenjang Diploma.

Pengertian Perguruan Tinggi Serta Perbedaannya

Pengertian Akademi

Akademi adalah suatu Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi di dalam satu atau beberapa cabang Ilmu Pengetahuan serta Teknologi tertentu. Akademi ini lebih sempit dari pada sekolah tinggi maupun politeknik. Karena hanya menjalankan program pendidikan pada satu atau hanya beberapa cabang keilmuan.

Bebeberapa contoh dari akademi ini misalnya,

  • Akademi kebidanan,
  • Akademi keperawatan, atau
  • Akademi militer
  • Akademi kepolisian.

Perbedaannya yaitu apabila Akademi tersebut hanya fokus pada titik keilmuan yang dipelajari sesuai dengan nama pendidikannya. Apabila Akmil (akademi militer ), maka ia fokus pada pendidikan vokasi kemiliteran saja, begitu juga dengan akademi yang lain.

Akademi komunitas yaitu suatu Perguruan Tinggi yang paling sempit cakupannya. Hanya vokasi, itupun hanya setingkat diploma satu serta dua dalam satu atau beberapa bidang ilmu. Di Indonesia akademik ini sangat jarang, dan salah satunya ialah Akademi Komunitas Negeri Teknologi Garam Nagekeo yang terdapat di Kabupaten Nagekeo, NTT. Akademi tersebut hanya menjalankan program vokasi diploma dua dalam dua tahun serta juga menjalankan program pendidikan produksi serta pengolahan garam.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Perguruan Tinggi Serta Perbedaannya (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menamba wawasan Anda. Terimakasih.

Daftar Isi