√ Kesenjangan Sosial : Pengertian, Faktor, Dampak dan Contohnya

Kesenjangan Sosial : Pengertian, Faktor, Dampak dan Contohnya – Pada Kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Kesenjangan Sosial. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian kesenjangan sosial, faktor, dampak dan contohnya dengan secara singkat. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang kesenjangan sosial berikut ini.

Kesenjangan Sosial : Pengertian, Faktor, Dampak dan Contohnya

Dalam hidup bermasyarakat baik kalangan elit, menengah ataupun bawah tentu terdapat perbedaan dan kesenjangan sosial antara satu dengan lainnya. Hal ini karena kesenjangan sosial adalah suatu keadaan atau kondisi yang tidak seimbang dalam kehidupan bermasyarakat baik secara individu maupun kelompok atau organisasi.

Kesenjangan sosial ini terjadi ketidakadilan atau ketidaksetaraan distribusi hal yang dianggap begitu penting bagi masyarakat. Agar lebih mudah memahaminya simak penjelasan dibawah ini.

Pengertian Kesenjangan Sosial

Pada pengertian kesenjangan sosial yaitu suatu kondisi atau keadaan yang tidak seimbang dalam kehidupan sosial didalam masyarakat baik individu ataupun kelompok yang mana terjadi ketidaksetaraan dan keadilan distribusi hal yang dianggap penting bagi masyarakat.

Didalam kesenjangan sosial tentu berkairan dengan adanya perbedaan yang nyata baik segi finansial masyarakat berupa jasa, kekayaan, barang atau lainnya. Untuk kesenjangan sosial ekonomi dapat dilihat dengan adanya peluang dan manfaat yang tidak sama untuk posisi sosial yang berbeda dalam masyarakat.

Faktor Penyebab Kesenjangan Sosial

Terdapat beberapa faktor penyebab adanya kesenjangan sosial antara lain yaitu:

Perbedaan Sumber Daya Alam

Pada perekonomian dalam suatu daerah atau tempat hal yang bisa berpengaruh oleh sumber daya adalm (SDA) yang terdapat pada suatu daerah tersebut. Dengan berjalannya laju ekonomi dapat meningkat bila adanya SDA yang dapat dikelola secara baik.

Baca Juga:  9 Fungsi Lembaga Keluarga dan Penjelasannya

Hal ini menjadi faktor akan pentingnya SDA pada suatu daerah, bila pada suatu daerah tersebut kekurangan SDA maka akan mempengaruhi lajur perekonomian daerah tersebut.

Kebijakan Pemerintah

Disamping melihat dari SDA, hal penting lainnya yaitu kebijakan pemerintah yang mana dapat mempengaruhi kesenjangan sosial didalam masyarakat. Misalnya kebijakan dalam melaksanakan program transmigrasi, dimana masyarakat pendatang akan lebih cepat maju dibandingkan dengan warga asli.

Kebijakan yang diberikan pada warga pendatang menjadi kesempatan lebih besar yang menjadikan mereka lebih cepat berkembang. Hal tersebut yang menimbulkan kesenjangan sosial antara dua kelompok masyarakat itu.

Pengaruh Globalisasi

Pengeruh globalisasi bisa dimanfaatkan dalam mencapai kemajuan perkembangan. Akan tetapi bila meninjau dari satu sisi, globalisasi dapat menimbulkan terjadinya kesenjangan ekonomi didalam masyarakat.

Kesenjangan sosial dapat terjadi bilamana masyarakat tidak dapat beradaptasi atau menyesuaikan diri serta tidak dapat memanfaatkan moment globalisasi dengan efektif.

Demografis

Demografis dapat dilihat dari tingkat pertumbuhan masyarakat, lapangan pekerjaan, kesehatan, pendidikan, struktur kependudukan pada suatu daerah atau wilayah.

Dalam hal ini meninjau kondisi demografis dari suatu daerah dapat berbeda dengan daerah lainnya. Oleh karena itu kesenjangan sosial pun dapat terjadi karena produktifitas kerja masyarakat dalam suatu daerah dengan lainnya berbeda.

Letak dan Kondisi Geografis

Pertumbuhan dan perkembangan dalam suatu daerah dapat dipengaruhi oleh letak dan kodisi geografis daerah atau wilayahnya. Contohnya pada masyarakat yang berada didataran tinggi akan lebih sulit dan membutuhkan waktu untuk membangung infrastruktur ketimbangan masyarakat yang terdapat pada dataran rendah

Dampak Kesenjangan Sosial

Dari berbagai faktor tersebut tentu akan terjadi dampat kesenjangan sosial yang terjadi dimasyarakat. Dalam hal ini dampak kesenjangan sosial bisa dampak tersebut menjadi positif atau negatif, antara lain yaitu:

Dampak Positif

  • Mengakibatkan pembagian kerja itu secara lebih merata serta adil;
  • Akan dapat menghilangkan keadaan yang bisa memicu stress;
  • Akan dapat merileksasikan pikiran serta raga;
  • Bisa mempercepat proses kegiatan/aktivitas seseorang.
Baca Juga:  √ Pengertian Pengendalian Sosial dan Cirinya (Bahas Lengkap)

Dampak Negatif

  • Dapat menumbuhkan sifat malas bagi masyarakat tertentu;
  • Adanya ketidakpuasaan dengan sesuatu hal;
  • Seseorang itu akan mudah putus asa sehingga akan menghambat mobilitas kerja seseorang;
  • dapat menimbulkan kecemburuan sosial;
  • Munculnya tindak kriminalitas (kejahatan).

Contoh Kesenjangan Sosial

Berikut ini beberapa contoh kesenjangan sosial yang terjadi dimasyarakat, antara lain yaitu:

Kesenjangan Sosial Pengertian Faktor Dampak dan Contohnya

Kesenjangan Sosial Ekonomi

Pada contoh kenjangan sosial ekonomi dapat melihat yang terjadi dikehidupan masyarakat secara langsung. Bagi orang yang memiliki perekonomian baik maka sudah tentu akan mendapatkan fasilitas baik pula. Sebaliknya bagi masyarakat yang memiliki perekonomian menengah ke bawah sudah tentu mendapatkan fasilitas atau pelayanan yang secukupnya atau kurang baik.

Kesenjangan Sosial Pendidikan

Selanjutnya kesenjangan sosial pendidikan yang mana dapat menyebabkan terjadinya kesenjangan sosial dalam masyarakat. Dengan perbedaan tingkat pendidikan akan membentuk kesenjangan sosial yang mana menjadi syarat untuk mendapatkan suatu pekerjaan yang diinginkan.

Semakin tinggi tingkat pendidikannya maka dapat lebih mudah memilih pekerjaan yang sesuai dengan yang diinginkan baik. Hal inilah yang dapat menimbulkan kesenjangan sosial dalam taraf pendidikan yang terjadi di masyarakat.

Kesenjangan Sosial Budaya

Kesenjangan sosial budaya yang dapat terjadi pada kekalahan eksistensi, modal, publikasi budaya atau lainnya. Dalam hal ini akan terjadi dalam kesenjangan sosial pada suatu daerah yang keterbelakangan budaya. Bila dalam suatu daerah terdapat pengelola yang baik baik segi menampilkan budaya, publikasi pada masyarakat lain maka akan berkembang daerah tersebut.

Demikian penjelasan tentang Kesenjangan Sosial : Pengertian, Faktor, Dampak dan Contohnya, semoga dapat bermanfaat.