Pengertian Kelompok Sosial Menurut Para Ahli : Ciri, Syarat dan Macam-Macam Kelompok Sosial

Pengertian Kelompok Sosial Menurut Para Ahli : Ciri, Syarat dan Macam-Macam Kelompok Sosial – Apa yang dimaksud Kelompok Sosial ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apa itu kelompok sosial menurut apara ahli dan unsur -unsur lain yang melingkupinya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Pengertian Kelompok Sosial Menurut Para Ahli : Ciri, Syarat dan Macam-Macam Kelompok Sosial


Secara Umum Pengertian Kelompok sosial merupakan sekumpulan atau segolongan manusia yang saling berinteraksi satu dengan yang lain serta mempunyai kesadaran terhadap suatu keanggotaan di dalam sebuah kelompok bersama.Suatu kelompok menjadi sosial ketika interaksi saling berinteraksi di antara para pesertanya. Interaksi sosial adalah kondisi dasarnya.

Kelompok sosial adalah fondasi masyarakat dan budaya. Manusia juga merupakan produk kehidupan kelompok. Sebagian besar antropolog percaya bahwa manusia memulai hidupnya di bumi ini dengan hidup bersama. Manusia selalu bergantung pada sesamanya dalam pertahanan, makanan, dan tempat tinggal. Kepuasan berbagai kebutuhan hanya bisa dilakukan dengan kerja sama di antara berbagai kalangan di masyarakat.

Berikut adalah Pengertian Kelompok Sosial dari para ahli diantaranya :

Merrill

Kelompok sosial adalah dua atau lebih orang dalam komunikasi selama periode waktu yang cukup dan yang bertindak sesuai dengan fungsi atau tujuan bersama.

A.W. Green

mengatakan “Agregat individu yang bertahan dalam waktu, yang memiliki satu atau lebih minat atau kegiatan yang sama dan yang terorganisir”.

Emory S. Bogardus

Kelompok sosial adalah sejumlah orang, dua atau lebih yang memiliki objek perhatian yang sama, yang saling menstimulasi, yang memiliki kesetiaan bersama dan berpartisipasi dalam kegiatan terkait disebut sebagai kelompok.

Willa Huky

Kelompok sosial adalah suatu unit yang terdiri dari dua orang atau lebih yang saling berkomunikasi dan berinteraksi.

George Homans

Kelompok sosial adalah suatu kumpulan individu yang melakukan kegiatan, interaksi dan memiliki perasaan untuk membentuk suatu keseluruhan yang terorganisasi dan berhubugan dengan timbal balik.

Hendropuspito

Kelompok sosial adalah suatu kumpulan nyata dan teratur dari individu yang melaksanakan perannya secara berhubungan untuk mencapai tujuan bersama.

Giddens

Kelompok sosial adalah sejumlah orang yang berinteraksi satu sama lain secara teratur.

Baca Juga:  √ Pengertian Geopolitik, Fungsi, Tujuan, Aspek & Kedudukannya

Johnson

Kelompok sosial adalah dua orang atau lebih yang saling berinterakasi dengan cara yang terpola sebagai sebuah kelompok oleh mereka sendiri dan orang lain.

Joseph S.Roucek

Kelompok sosial adalah suatu kelompok yang meliputi dua manusia atau lebih yang diantara mereka terdapat pola interaksi yang dapat dipahami oleh orang lain atau anggotanya dengan keseluruhan.

Robert K.Merton

Kelompok sosial adalah sejumlah orang yang saling berinteraksi yang sesuai dengan pola yang telah mapan.

Soerjono Soekanto

Kelompok sosial adalah satu kesatuan atau himpunan manusia yang saling berhubungan diantara mereka dengan adanya timbal balik dan saling memengaruhi.

Mac Iver Dan Charles H.Page

Kelompok sosial sebagai satu kesatuan atau himpunan manusia yang hidup bersama karena adanya interaksi antara mereka.

Roland Freedman Cs

Menurut Roland Freedman Cs, Kelompok Sosial adalah organisasi terdiri atas dua atau lebih individu yang tergantung oleh ikatan – ikatan suatu sistem ukuran – ukuran kelakuan yang diterima dan disetujui oleh semua anggotanya.

Sherif

Menurut Sherif, Kelompok Sosial adalah suatu kesatuan sosial yang terdiri atas dua atau lebih individu yang telah mengadakan interaksi sosial yang cukup intensif dan teratur, sehingga diantara individu itu sudah terdapat pembagian tugas, struktur dan norma-norma tertentu, yang khas bagi kesatuan sosia tersebut.


Ciri-ciri Kelompok Sosial

Dasar pengelompokan mungkin banyak tetapi pembagian populasi berdasarkan usia, jenis kelamin, pendapatan, profesi dan lainnya memberi mereka berbagai jenis kelompok sosial. Berikut ini adalah:

  • Jumlah Individu yang diberikan dua atau lebih
  • Hubungan timbal balik ada di antara para anggotanya
  • Ini dibentuk untuk Sasaran dan Sasaran Bersama
  • Memiliki rasa persatuan dan solidaritas yang menghasilkan kesetiaan dan simpati
  • Perasaan kagum yang kuat yang mengembangkan kerja sama
  • Norma dan peraturan kelompok (tertulis atau tidak tertulis) harus dipatuhi untuk kelompok kontrol
  • Perilaku Serupa untuk mencapai tujuan bersama
  • Kesadaran tentang keanggotaannya untuk membedakan mereka dari kelompok lain
  • Ini dinamis, bukan statis
  • Kelompok Kontrol (kontrol langsung atau tidak langsung) untuk aktivitas anggota

Syarat Kelompok Sosial

Berikut ini adalah syarat-syarat kelompok sosial:

  • Adanya kesadaran sebagai bagian dari kelompok yang bersangkutan.
  • Adanya hubungan timbal balik antar anggota.
  • Adanya faktor pengikat seperti kesamaan ideologi, kepentingan dan nasib.
  • Bersistem dan berproses.
  • Mempunyai struktur, kaidah dan pola perilaku yang sama.

Pengertian Kelompok Sosial Menurut Para Ahli : Ciri, Syarat dan Macam-Macam Kelompok Sosial

Macam-Macam Kelompok Sosial Dan Contoh

Berikut ini adalah macam-macam atau jenis-jenis kelompok sosial beserta contohnya.

Kelompok Statistik

Kelompok Statistik yakni kelompok yang bukan organisasi, tidak memiliki hubungan sosial dan kesadaran jenis di antaranya. Contohnya kelompok penduduk usia 15-20 tahun di sebuah kecamatan.

Baca Juga:  √ Pengertian Interaksi Sosial Disosiatif dan Bentuknya (Lengkap)

Kelompok Kemasyarakatan

elompok kemasyarakatan yakni kelompok yang memiliki persamaan tetapi tidak memiliki organisasi dan hubungan sosial di antara anggotanya.

Kelompok Sosial

Kelompok sosial yakni kelompok yang anggotanya memiliki kesadaran jenis dan berhubungan satu dengan yang lainnya, tetapi tidak terikat dalam ikatan organisasi. Contohnya kelompok pertemuan, kerabat dan lainnya.

Kelompok Asosiasi

Kelompok asosiasi adalah kelompok yang anggotanya mempunyai kesadaran jenis dan ada persamaan kepentingan pribadi maupun kepentingan bersama. Dalam asosiasi, para anggotanya melakukan hubungan sosial, kontak dan komunikasi, serta memiliki ikatan organisasi formal. Contohnya : Negara, sekolah dan lain sebagainya.

Proses Terbentuknya Kelompok Sosial

Suatu kelompok social terdipta dengan adanya naluri manusia yang tidak bisa hidup sendiri disertai dengan rasa ingin bersatu dengan manusia yang lain.Oleh karena itu, bersatunya atau bergabungnya seseorang dengan sebuah kelompok seringkali merupakan sebuah hal yang murni timbul dari kehendaknya sendiri tanpa adanya paksaan dari siapa dan mana pun.

Faktor utama yang menjadikan seorang individu may bergabung dalam sebuah kelompok sosial yaitu adanya kedekatan dan juga kesamaan pada individu yang lain.Kelompok sosial akan tercipta dengan diawali adanya kontak sosial serta komunikasi sosial yang akan menghasilkan proses sosial di dalam interaksi sosial.

Nilai dan Norma dalam Kelompok Sosial

Sebuah kelompok sosial akan sangat dipengaruhi dari nilai, norma serta peraturan yang diberlakukan dalam kelompok itu sendiri.

Kegiatan yang ada dalam kelompok tidak akan berlangsung secara acak dan juga bebas, namun harus tetepa sesuai dengan norma dan juga nilai yang ada.

Norma dan nila tersebut muncul dari adanya suatu proses interaksi yang terjadi pada anggota kelompok. Penilaian tersebut muncul dengan cara menilai kepantasan dan ketidakpastian suatu perbuatan yang terjadi di dalam kelompok yang bersangkutan.

Fungsi Kelompok Sosial

Berikut beberapa fungsi dari kelompok sosial, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Sarana untuk tiap individu dalam melakukan berbagai macam hal.
  • Memenuhi kebutuhan dari tiap-tiap individu yang bergabung dalam suatu kelompok tersebut.
  • Membantu dalam mengembangkan diri sekaligus perspektif dalam individu.
  • Meningkatkan produktivitas dan juga semangat dari tiap-tiap individu.
  • Menyediakan tempat untuk semua individu yang tergabung di dalamnya.
  • Menyatukan anggota dengan tujuan atau pemikiran yang sama.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Pengertian Kelompok Sosial Menurut Para Ahlisemoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.