√ Pengertian Primordialisme, Ciri, Macam, Dampak & Contohnya

Pengertian Primordialisme, Ciri, Macam, Dampak & Contohnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tetang Primordialisme. Yang mana dalam pembahasn kali ini menjelaskan pengertian primordialisme menurut para ahli, ciri, macam jenis, dampak dan contohnya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel berikut ini.

Pengertian Primordialisme, Ciri, Macam, Dampak & Contohnya

Sebagai identitas sebuah golongan atau juga kelompok sosial, primordialisme merupakan faktor yang penting didalam memperkuat ikatan golongan atau juga kelompok bersangkutan didalam menghadapi ancaman dari luar. Primordialisme juga bisa membangkitkan prasangka serta permusuhan terhadap golongan atau juga kelompok sosial lainnya.

Pengertian Primordialisme

Primordil atau juga Primordialisme secara etimologi berasal dari bahasa Latin yaitu primus yang memiliki arti pertama dan ordiri yang memiliki arti tenunan atau ikatan.

Pengertian primordialisme secara umum ialah suatu pandangan atau juga paham yang memegang teguh hal-hal yang dibawanya sejak kecil, baik itu mengenai tradisi, adat-istiadat, kepercayaan, atau juga segala sesuatu yang terdapat di dalam lingkungan pertamanya.

Pengertian Primordialisme Menurut Para Ahli

Untuk dapat lebih mengerti tentang Primordialisme, dibawah ini beberapa pendapat yang dikemukakan oleh para ahli, diantaranya sebagai berikut:

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, Primordialisme adalah suatu perasaan kesukuan yang berlebihan.

Robuskha and Shepsle

Menurut Robuskha and Shepsle, Primordialisme adalah loyalitas yang berlebihan terhadap suatu budaya subnasional yakni seperti suku bangsa, agama, ras, kederahan & keluarga.

Stephen K. Sanderson

Menurut Stephen K. Sanderson, bahwa Primordialisme berhubungan dengan suatu studi etnisitas. Pada suatu pandangan bahwa identitas etnis adalah hal yang melekat pada individu dan yang sulit untuk dihapuskan.

Ramlan Surbakti

Menurut Ramlan Surbakti, Primordialisme adalah suatu keterkaitan seseorang didalam kelompok atas dasar ikatan kekerabatan, suku bangsa dan juga adat-istiadat sehingga melahirkan pola perilaku dan juga cita-cita yang sama.

William G. Sumner

Menurut William G. Sumner, Primodialisme adalah suatu persamaan persaudaraan yang ditunjukkan dengan kerja sama, yang saling membantu dan juga saling menghormati dan memiliki persamaan solidaritas, kesetian terhadap kelompoknya serta juga kesedian berkorban demi kelompok.

Charles Horton Cooley

Menurut Charles Horton Cooley, Primordialisme adalah suatu kelompok primer yang menentukan kepribadian manusia didalam menjalani kehidupannya. Kelompok primer tersebut cenderung dibawa oleh seseorang sejak lahir sehingga muncul adanya suatu perasaan bersama dalam membentuk kesatuan (primordial atau primordialisme).

Fadli Iblaze

Menurut Fadli Iblaze, Primordialisme adalah suatu paham yang pertama kali dikenal oleh seseorang disaat mengalami pertumbuhan. Sehingga dari hal tersebut mendorong pola perilaku khas didalam membertuk ikatan kelompok yang sama.

Ilyas Smt

Menurut Ilyas Smt, Primordialisme adalah ide bersama dari anggota masyarakat yang memiliki kesamaan untuk berkelompok itu dengan berdasarkan suku bangsa, atau juga bidang lainnya, seperti misalnya idiologi, agama, dukungan politik, serta kepercayaan.

Ciri Primordialisme

Dibawah ini adalah ciri-ciri dari primordialisme, diantaranya sebagai berikut :

  • Berwujud Sebagai Identitas Kelompok
  • Konsekuensi dari Adanya Masyarakat Multikultural
  • Lahir Sikap untuk Mempertahankan Keutuhan Kelompok
  • Memicu Permusuhan
  • Nilai-Nilai yang Berkaitan dengan Sistem Keyakinan
  • Cita-Cita yang Sama

Macam Jenis Primodialisme

Dibawah ini adalah jenis-jenis dari primodialisme, antara lain:

Primordialisme Suku

Primordialisme Suku adalah seseorang yang terikat dengan sukunya sendiri daripada suku yang lain.

Primordialisme Agama

Primordialisme Agama adalah berpegang kepada suatu agama, tanpa menghormati serta berbuat adil terhadap pemeluk agama lainnya.

Primordialisme Kedaerahan

Primordialisme Kedaerahan adalah seseorang yang terikat dengan daerahnya sendiri ketimbang daerah lainnya.

Pengertian Primordialisme Ciri Macam Dampak & Contohnya

Dampak Primordialisme

Terdapat dampak yang ditimbulkan dari Promordialisme ini ada positif dan negatif, antara lain sebagai berikut :

Dampak Negatif Primordialisme

  • Mengganggu kelangsungan hidup suatu bangsa.
  • Menghambat modernisasi dan pembangunan.
  • Menghambat hubungan antar bangsa.
  • Menghambat proses asimilasi dan integrasi.
  • Mengurangi dan menghilangkan objektivitas ilmu pengetahuan.
  • Menyebabkan terjadinya diskriminasi.
  • Menimbulkan konflik antara kebudayaan suku-suku bangsa.

Dampak Positif Primordialisme

  • Memperkuat cinta tanah air.
  • Memunculkan kesetiaan terhadap bangsa.
  • Membangkitkan semangat patriotisme.
  • Menjaga keutuhan dan kestabilan budaya.

Contoh Primordialisme

Berikut ini beberapa contoh dari primordialisme diantaranya ialah gerakan separatisme Aceh Merdeka, Organisasi Papua Merdeka, dan lain sebagainya.

Demikian penjelasan singkat tentang Pengertian Primordialisme, Ciri, Macam, Dampak & Contohnya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terimakasih.

Daftar Isi