√ Pengertian Akulturasi, Bentuk, Faktor, Dampak & Contohnya (Lengkap)

Pengertian Akulturasi, Bentuk, Faktor, Dampak & Contohnya (Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Akulturasi. Yang meliputi pengertian, bentuk-bentuk, faktor yang mempengaruhi, dampak dan contoh akulturasi dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Akulturasi, Bentuk, Faktor, Dampak & Contohnya (Lengkap)

Mari kita bahas pengertian akulturasi terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Akulturasi

Akulturasi merupakan sebuah proses sosial yang muncul ketika suatu kelompok manusia dengan kebudayaan tertentu menghadapi unsur dari suatu kebudayaan asing. Akulturasi juga didefinisikan dengan bersatunya dua kebudayaan atau lebih menjadikan terbentuknya kebudayaan baru namun tidak menghilangkan kebudayaan asli.

Pengertian Akulturasi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari akulturasi yang dibahas oleh ahlinya.

  1. Nardy

    Pengertian Akulturasi menurut Nardy adalah proses sosial yan gtimbul jika suatu kelompok manusia dengan kebudayaan tertentu dihadapkan dengan unsur-unsur dari kebudayaan asing dengan sedemikian rupa, sehingga unsur kebudaan asing lambat laun diterima dan diolah ke dalam kebudayaan sendiri tanpa menyebabkan hilangnya kepribadian kebudayaan sendiri.

  2. Hasyim (2011)

    Pengertian Akulturasi menurut Hasyim adalah perpaduan antara kedua budaya yang terjadi dalam kehidupan serasi dan damai.

  3. John W. Berry (2005:698)

    Pengertian Akulturasi menurut John W. Berry adalah proses perubahan budaya dan psikologis yang terjadi sebagai akibat kontrak antara dua atau lebih kelompok dan anggota masing-masing kelompok.

  4. Dwi Hayudiarto (2005:37)

    Pengertian Akulturasi menurut Dwi Hayudiarto adalah proses sosial yang timbul ketika suatu kelompok manusia dengan suatu kebudayaan tertentu dihadapkan dengan unsur-unsur dari suatu kebudayaan asing dengan sedemikian rupa sehingga unsur kebudayaan asing tersebut lambat laun diterima dan diolah ke dalam kebudayaan sendiri tanpa menyebabkan kepribadian kebudayaan hilang.

  5. Suyono

    Pengertian Akulturasi menurut Suyono adalah pengambilan atau penerimaan satu atau beberapa unsur kebudayaan yang berasal dari pertemuan dua atau beberapa unsur kebudayaan yang saling berhubungan atau saling bertemu.

  6. Koentjaraningrat

    Pengertian Akulturasi menurut Koentjaraningrat adalah proses sosial yang timbul ketika suatu kelompok manusia dengan suatu kebudayaan tertentu dihadapkan dengan unsur-unsur dari suatu kebudayaan asing dengan sedemikian rupa, sehingga unsur dari kebudayaan asing tersebut lambat laun diterima dan diolah kedalam kebudayaan sendiri tanpa menyebabkan hilangnya kepribadian budaya itu sendiri.

  7. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

    Pengertian Akulturasi menurut KBBI adalah penyerapan yang terjadi oleh seorang individu atau sekelompok masyarakat, terhadap beberapa sifat tertentu dari kebudayaan kelompok lain sebagai akibat dari kontak ataupun dari interaksi kedua kelompok kebudayaan tersebut.

Bentuk-Bentuk Akulturasi

Adapun bentuk-bentuk dari akulturasi adalah sebagai berikut:

  • Substitusi
    Substitusi merupakan suatu penggantian unsur yang lama diganti dengan unsur yang baru dengan menambah nilai lebih untuk pemakainya.
  • Sinkretisme
    Unsur budaya yang lama secara bersama dengan unsur budaya baru membentuk sebuah sistem baru. Dari perpaduan ini terjadi pada sistem keagamaan.
  • Penambahan (Addition)
    Addition merupakan unsur budaya lama yang dilakukan penambahan dengan unsur budaya baru menjadikan ada pemberian sebuah nilai tambah.
  • Penggantian (Deculturation)
    Unsur budaya yang lama hilang diganti dengan unsur budaya baru. Misalnya delman, ataupun andong yang diganti dengan angkot atau angkutan motor.
  • Originasi
    Adanya unsur budaya yang baru yang tentunya tidak dikenal memunculkan perubahan besar pada kehidupan masyarakat. Seperti masuknya listrik ke desa.
  • Penolakan (Rejection)
    Akibat adanya proses perubahan sosial budaya yang begitu cepat, memberikan dampak negatif yang terjadinya penilaian dari beberapa anggota masyarakat yang tidak siap dan tidak setuju pada adanya proses pencampuran tersebut. Contohnya beberapa orang masih percaya dengan kepada dukun.

Faktor Yang Mempengaruhi Akulturasi

Terdapat beberapa faktor yang menjadi pengaruh akulturasi, antara lain adalah faktor internal dan faktor eksternal.

Faktor Internal

  • Bertambah dan berkurangnya penduduk (kelahiran, kematian dan perpindahan)
  • Terdapat penemuan baru
  • Discovery, penemuan ide maupun alat baru yang sebelumya belum pernah ada.
  • Invention atau penyempurnaan penemuan baru
  • Innovation atau pembaruan yang dilakukan penerapan pada kehidupan masyarakat menjadikan bisa menambah, melengkap maupun mengganti yang sudah ada.
  • Konflik yang terjadi dalam masyarakat.
  • Pemberontakan ataupun revolusi.

Faktor Eksternal

  • Perubahan alam
  • Peperangan
  • Terpengaruh dari kebudayaan lain dengan cara difusi (penyebaran kebudayaan), akulturasi (pembauran dari budaya yang masih terlihat dengan sifat khasnya masing-masing), asimilasi (pembauran antar budaya yang menghasilkan budaya yang sama sekali baru batas budaya lama tidak tampak lagi)

Dampak Akulturasi

Saebani (2012:191) menyatakan, dampak akulturasi yakni:

  • Terjadinya perubahan cara pandang tentang kehidupan bermasyarakat dari yang sebelumnya sudah lama ke hal yang baru, seperti silaturahmi pada orang tua yang juga kerbaat harus dengan cara berhadap-hadapan, kini dapat dilakukan melalui telepon seluler, pesan singkat dan lain-lain.
  • Terjadinya perubahan pergaulan dan makin terbukanya hal yang dianggap tabu, misalnya seperti hubungan sesama remaja yang semakin terbuka.
  • Terbukanya suatu wawasan masyarakat mengarah pada pengetahuan yang luas, misalnya penemuan baru yang mudah diketahui dan teknologi yang canggih.
  • Perubahan mentalitas, rasa malu dan kepiawaian masyarakat.

Pengertian Akulturasi, Bentuk-Bentuk, Faktor, Dampak, Contoh

Contoh Akulturasi

Proses akulturasi yang ada pada masyarakat menunjukkan banyak hasil yang ikut berperan sampai saat ini, mulai dari seni bangunan seperti masjid, makan dan juga istana.

Seni ukir relief yang menghiasi Masjid, makam Islam dan lain-lain. Sistem kalender, Angpaw (Negeri China), Hallowen (Eropa), Thanks Giving (Eropa), Valentine (Eropa) dan lain-lain.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Akulturasi, Bentuk, Faktor, Dampak & Contohnya (Lengkap), semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi