√ Pengertian Lingkungan Sosial dan Jenisnya (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Lingkungan Sosial dan Jenisnya (Pembahasan Lengkap) – Pada pembahasan artikel kali ini ialah mengenai lingkungan sosial. Tentu di dalam kehidupan kita telah mengalami berada di dalam lingkungan sosial.

Pengertian Lingkungan Sosial dan Jenisnya (Pembahasan Lengkap)

Akan tetapi terkadang kita tidak mengetahui apa sebenarnya yang dimaksud dengan lingkungan sosial tersebut. dan bagaimana cara kita berperilaku di dalam lingkungan sosial dengan baik, serta apa saja jenis dari lingkungan sosial itu sendiri. Oleh karena itu lah artikel kali ini akan menjelaskan supaya bisa membantu para pembaca yang membutuhkan informasi yang akan kita bahas di bawah ini.

Pengertian Lingkungan Sosial

Lingkungan sosial ialah interaksi diantara masyarakat dengan lingkungan, ataupun lingkungan yang juga terdiri dari makhluk sosial atau manusia. Lingkungan sosial inilah yang kemudian membentuk sebuah sistem pergaulan yang mempunyai peranan besar di dalam membentuk sebuah kepribadian seseorang, dan kemudian terjadilah sebuah interaksi diantara orang atau juga masyarakat dengan lingkungannya.

Lingkungan sosial dari seseorang pertamakali dibentuk di dalam lingkungan keluarga, dan kemudian lingkungan keluarga yang menjadi media pertama yang mempunyai pengaruh terhadap perilaku dari seseorang dan yang paling utama adalah anak-anak. Karena di dalam lingkungan keluarga setiap anggota dari keluarga terutama anak-anak diberikan berbagai macam pendidikan agar dapat menjadi seorang anak yang mandiri.

Selain bisa mengarahkan anak menjadi mandiri, anak juga bisa mengambil sebuah keputusan untuk dirinya sendiri agar dapat mengembangkan kemampuan dirinya seperti mental, sosial, emosional ataupun fisik yang dimilikinya. Sehingga anak tersebut dapat mengembangkan sebuah kehidupan yang sehat serta produktif.

Dan untuk menciptakan suasana yang ada di dalam lingkungan keluarga, harus kita ciptakan suasana yang kondusif atau saling terbuka di dalam setiap permasalahan yang ada, sehingga akan muncul rasa saling menyayangi dan juga mempercayai diantara satu sama lainnya.

Oleh karena itulah lingkungan keluarga merupakan hal yang berpengaruh besar di dalam mendapatkan bekal untuk bisa melakukan sosialisasi di dalam sebuah lingkungan sosial yang sangat luas. Dan tidak hanya bisa dilakukan di dalam suasana rumah saja, melainkan juga dapat untuk digunakan sebagai bekal di dalam lingkungan sosial ataupun di dalam hidup bermasyarakat.

Pengertian Lingkungan Sosial Dan Jenisnya Lengkap

Jenis-Jenis Lingkungan Sosial

Selain dari penjelasan yang telah diberikan mengenai pengertian dari lingkungan sosial, masih ada yang akan dijelaskan lagi mengenai jenis dari lingkungan sosial itu sendiri, jenis lingkungan sosial yang dibedakan menjadi 2. Untuk bisa memahaminya dengan lebih jelas akan dijelaskan lagi berikut ini.

1. Lingkungan Sosial Primer

Ialah lingkungan sosial yang mana terdapat sebuah hubungan yang erat diantara anggota satu dengan anggota lainnya, anggota satu yang saling mengenal baik dengan anggota yang lainnya.

2. Lingkungan Sosial Sekunder

Ialah lingkungan sosial yang mempunyai hubungan diantara anggota satu dengan anggota yang lainnya mempunyai jarak atau kurang akrab.

Sekian penjelasan yang bisa untuk artikel kali ini berikan mengenai Pengertian Lingkungan Sosial dan Jenisnya (Pembahasan Lengkap), dengan penjelasan diatas bisa untuk disimpulkan bahwa setiap sikap, perilaku setiap anak pada lingkungan sosial merupakan pengaruh yang besar dari lingkungan keluarga, jadi bentuklah sebuah keluarga dengan keterbukaan agar menjadikan setiap anggota merasa perduli, percaya dan menyayangi diantara satu dengan yang lainnya. Semoga bermanfaat 🙂

Daftar Isi