Macam-macam Lembaga Pendidikan Dan Fungsinya (Lengkap)

Macam-macam Lembaga Pendidikan Dan Fungsinya (Lengkap) – Bicara mengenai pendidikan pasti semuanya telah mengalami atau sedang menjalani proses pendidikan. Dimana setiap manusia yang telah dikaruniai akal pikiran atau dibekali otak untuk berpikir sehingga manusia diharuskan untuk belajar dan terus belajar sepanjang hidupnya. Bahkan dalam agama Islampun telah diterangkan bahwa bertholabul ‘ilmi (menuntut ilmu) adalah kewajiban setiap muslim.

Tidak hanya bagi orang yang beragama Islam saja menuntut ilmu itu wajib, tapi semua yang berakal sehat pasti membutuhkan pendidikan. Sebelumnya kita telah bahas apa itu pendidikan dan pengertian lembaga pendidikan yang dijelaskan oleh para ahli. Apa saja bentuk atau macam-macam lembaga pendidikan itu dan bagaimana fungsinya dalam kehidupan sehari-hari? Yupz pembahasan kali ini saya akan sedikit menjabarkan dari pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Macam-macam Lembaga Pendidikan Dan Fungsinya (Lengkap)

Berikut ini merupakan macam-macam lembaga pendidikan yang dibahas dengan lengkap, mari simak pembahasan berikut.

Macam-Macam Lembaga Pendidikan

Setelah jelas kita mempelajari mengenai apa itu arti dari lembaga pendidikan, maka kita sekarang akan fokus pada bentuk-bentuk maupun macam-macam lembaga pendidikan. Yang mana lembaga pendidikan yaitu suatu wadah yang digunakan untuk berlangsungnya individu untuk menyerap ilmu atau belajar yang mana bersangkutan dengan lingkungan atau tempat. Terdapat beberapa macam dari lembaga pendidikan diantaranya yaitu:

1. Lembaga Pendidikan Informal

Pendidikan informal yatu salah satu lembaga pendidikan yang terjadi pada lingkungan keluarga, yang mana keluarga yaitu sebagai wadah untuk pertama kali seorang anak mendapatkan didikan serta bimbingan langsung oleh anggota keluarganya terlebih lagi dari orang tua.  Sehingga disini anak akan lebih sering serta banyak menerima asupan pendidikan yang ada pada lingkungan keluarga, sehingga pendidikan informal ini sangat penting untuk tumbuh kembang bagi anak. Pendidikan yang terdapat pada lingkungan keluarga ini juga tidak mengenal ruang dan waktu,yang mana dapat dilakukan kapan saja dan kapanpun tanpa ada batasan usia.

2. Lembaga Pendidikan Formal

Lembaga pendidikan yang satu ini ialah sebuah lembaga pendidikan yang mempunyai aturan-aturan, teratur dan juga sistematis serta mempunyai tingkat jenjang pendidikan yang awalnya dimulai dari tingkat SD hingga ke Perguruan Tinggi. Pendidikan formal sendiri mempunyai batas usia yang berlaku dari SD hingga SLTA. Wadah pendidikan ini merupakan sekolah dan mempunyai banyak perbedaan dengan pendidikan yang didapatkan pada lingkungan keluarga.

Pada pendidikan formal ini dalam proses belajarnya diatur, tingkatan kelas yang berbeda-beda, yang mana telah mengikuti aturan kurikulum, materi pelajaran sifatnya intelektual, akademis serta berkesinambungan dan juga mempunyai anggaran atau biaya pendidikan yang telah ditentukan yang mana sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan. Lembaga pendidikan formal ini yakni pendidikan di sekolah yang merupakan lanjutan dari pendidikan di lingkungan keluarga serta digunakan sebgai jembatan bagi anak untuk terjun dalam kehidupan yang bermasyarakat.

3. Lembaga Pendidikan Non Formal

Lembaga pendidikan yang satu ini didapat atau diperoleh dari lingkungan yang ada di masyarakat. Apa yang terjadi pada masyarakat yang mana itulah pendidikan serta pembelajaran bagi setiap individu. Layanan pendidikan yang ada di lingkungan masyarakat ini dibutuhkan warganya sebagai sarana tambahan, sebagai pengganti maupun pelengkap dari pendidikan yang didapatkan di sekolah atau di rumah.

Materi yang diperoleh sifatnya praktis serta sesuai dengan yang diperlukan oleh masyarakat saat itu. Pembelajaran ini didapatkan secara langsung atau praktik. Program yang dibuatpun sesuai yang diperlukan masyarakat. Berbeda seperti pada pendidikan formal dan in formal, yang mana pendidikan yang terdapat pada masyarakat tidak mengenal jenjang usia serta waktu yang tidak ditentukan.

Fungsi Lembaga Pendidikan

Setelah kita mengetahui bentuk atau macam-macam dari lembaga pendidikan, kita juga perlu untuk mengetahui apa fungsi dari lembaga pendidikan tersebut. Secara umum lingkungan pendidikan memiliki fungsi sebagai pembentuk karakter anak atau peserta didik agar mereka menjadi lebih baik serta untuk membantunya dalam berinteraksi dengan berbagai macam lingkungan yang ada disekitarnya dan juga untuk menambah wawasan luas bagi anak didik.  Berikut ini penjelasannya secara spesifik.

Lembaga Informal

Berikut ini merupakan fungsi pendidikan di lingkungan keluarga diantaranya sebagai berikut:

  • Menanamkan nilai-nilai kegamaan;
  • Untuk menumbuhkan rasa ingin tahu dalam berbagi hal yang baru diketahui;
  • Berguuna untuk menumbuhkan rasa kasih sayang terhadap sesama;
  • Untuk menanamkan dasar-dasar pendidikan moral pada sang anak;
  • Menjamin kehidupan terhadap emosional dari sang anak;
  • Sebagai pengalaman pertama bagi masa kanak-kanaknya.

Pada pendidikan keluarga ini banyak didapatkan serta diserap oleh sang anak mulai dari pengetahuan dasar pada agama, sebuah keterampilan, serta kemandirian, pengetahuan dasar mengenai solidaritas, kasih sayang, serta norma-norma sosial, etika sopan santun, dan masih banyak pembelajaran lainnya.

Lembaga Pendidikan Formal

Lembaga pendidikan formal sendiri juga sangat berperan penting untuk membantu pendidikan yang ada pada likngkungan keluarga yang bertugas untuk mendidik serta memberikan pelajaran maupun pengetahuan luas serta untuk memperbaiki perilaku anak didik. Jadi fungsi dari lembaga pendidikan formal atau sekolah yaitu sebagai berikut:

  • Unruk mengembangkan pola berpikir pada anak didik, serta untuk mencerdaskan dan memberikan pengetahuan yang luas untuk peserta didik;
  • Untuk menanamkan kedisplinan anak, sebab peserta didik harus mentaati segala peraturan sekolah;
  • Menanamkan rasa sifat dalam tanggung jawab;
  • Sebagau tempat bersosialisasi dengan teman sebaya, para pendidik maupun orang yang terdapat pada lingkngan sekitar;
  • Sebagai sarana pengenalan segala budaya dan aspeknya;
  • Untuk menumbuhkan sifat kedewasaan pada anak didik;
  • Membentuk kepribadian;
  • Sebagai sarana untuk mengembangkan bakat anak didik untuk terjun dalam masyarakat;
  • Memberikan bekal yang cukup dan sesuai dengan kebutuhannya di masyarakat.

Macam Macam Lembaga Pendidikan Dan Fungsinya

Lembaga Non Formal

Lingkungan masyarakat juga mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam perkembangan seseorang, yang mana lingkungan masyarakat berperan penting dalam upaya untuk penyelenggaraan pendidikan, sebab di masyarakatlah yang dapat membantu untuk pengadaan dari sarana serta prasarana  juga menyediakan lapangan kerja untuk warganya. Terdapat ppula fungsi lembaga non formal maupun lingkungan yang ada pada masyarakat antara lain:

  • Sebagai sarana untuk mengembangkan potensi serta skill yang ada dari setiap individu;
  • Transmisi atau pemindahan kebudayaan;
  • Untuk mengembangankan sikap serta kepribadian yang lebih profesional;
  • Menjamin integrasi kehidupan sosial;
  • Melestarikan kebudayaan yang ada;
  • Berpartisipasi secara maksimal dalam kehidupan sosial dan bermasyarakat.

Tujuan lembaga Pendidikan

  • Digunakan sebagai pelaksanaan mengenai suatu kegiatan belajar-mengajar untuk para peserta didik, baik dalam lingkup keluarga, sekolah, maupun pada lingkungannya.
  • Sebagai pelaksana dalam suatu kegiatan pendidikan yang sesuai dengan jenjang pendidikan serta kurikulum yang sebelumnya telah berlaku.
  • Guna memberikan suatu bimbingan konseling untuk para peserta didik.

Masih banyak lagi fungsi-fungsi lembaga pendidikan lainnya. Namun hanya sebatas itu dulu yang bisa saya bahas pada artikel kali ini. Semoga pembahasan mengenai Macam-macam Lembaga Pendidikan Dan Fungsinya (Lengkap), dapat bermanfaat dan ditunggu saran serta masukan sebagai tambahan dan pengoreksian artikel ini. Sekian terimakasih.

Daftar Isi