√ Pengertian Lembaga Pendidikan Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

Pengertian Lembaga Pendidikan Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) – Pendidikan sangat dibutuhkan oleh siapapun, sejak manusia dilahirkan ke muka bumi sampai akhir hayatnya. Sebelumnya telah dijelaskan mengenai pengertian pendidikan dan kali ini akan membahas tentang apa pengertian dari lembaga pendidikan.

Pengertian Lembaga Pendidikan Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

Mari kita bahas lembaga pendidikan dengan seksama.

Pengertian Lembaga Pendidikan

Menurut KBBI, kata lembaga  ialah asal mula, bentuk asli, suatu badan keilmuan. Lembaga dalam bahasa Inggris disebut intitute, yakni sarana ataupun organisasi untuk mencapai sebuah tujuan tertentu. Secara sederhana pendidikan sering diartikan sebagai salah satu usaha manusia dalam upaya untuk membina kepribadiannya sesuai dengan norma dan nilai-nilai yang ada di dalam masyarakat. Dan pendidikan itu sendiri dapat diartikan sebagai usaha yang dijalankan atau dilaksanakan oleh individu atau kelompok orang untuk menjadi dewasa dan mencapai taraf hidup yang lebih tinggi dan terarah.

Jadi, lembaga pendidikan adalah suatu tempat atau wadah dimana proses pendidikan berlangsung yang dilaksanakan  dengan tujuan untuk mengubah tingkah laku seseorang ke arah yang lebih baik melalui interaksi dengan lingkungan sekitar serta wawasan dan pengetahuan yang diperoleh. Lingkungan pendidikan antara lain pendidikan formal (sekolah), informal (keluarga) dan non formal (masyarakat). Lingkungan pendidikan itu sangat urgen dalam sebuah proses pendidikan karena fungsinya sangat menunjang PBM yang tertib dan nyaman.

Pengertian Lembaga Pendidikan Menurut Para Ahli

Pengertian Lembaga Pendidikan Menurut Para Ahli

Ada beberapa para ahli yang mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian lembaga pendidikan, yaitu antara lain:

  1. Prof. Dr. Umar Titahardja & Drs. La Sula: Menjelaskan bahwa lembaga pendidikan adalah tempat berlangsungnya proses pendidikan terkhusus pada lingkungan utamanya yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat.
  2. Drs. H. Abu Ahmadi & Dra. Nur Uhbiyati: Lembaga pendidikan merupakan suatu badan usaha yang bergerak & bertanggung jawab atas diselengarakannya pendidikan yang diijalankan oleh para pendidik dan peserta didik.
  3. Hasbullah: Mengemukakan bahwa lembaga pendidikan merupakan wadah atau tempat berlangsungnya sebuah  proses pendidikan yang terdiri pendidikan keluarga, sekolah dan masyarakat.
  4. Enung K. Rukiyati dkk: Lembaga pendidikanialah tempat atau wadah dimana proses pendidikan berlangsung secara bersamaan dengan proses  kebudayaan.
Baca Juga:  √ Pengertian Dan Metode Penalaran Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

Jadi, lembaga pendidikan itu merupakan suatu badan yang mengelola dan mengadakan kegiatan sosial, keagamaan, budaya, observasi atau penelitian, keterampilan dll. Atau secara umum lembaga pendidikan menawarkan bentuk pendidikan formal yang dimulai dari jenjang pra-sekolah hingga ke perguruan tinggi yang sifatnya khusus dan umum, negeri maupun swasta juga merupakan tempat bersosialisasi lanjutan dari lingkungan keluarga.

Demikian pembahasan kali tentang Pengertian Lembaga Pendidikan Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap), semoga dapat bermanfaat. Kunjungi juga artikel terkait macam-macam lembaga pendidikan dan fungsinya dalam artikel selanjutnya.