√ 20 Pengertian Kebijakan Publik Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

20 Pengertian Kebijakan Publik Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang kebijakan publik. Yang mana penjelasan ini berdasarkan pendapat para ahli dengan pernyataan yang tentunya berbeda satu sama lainnya. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

20 Pengertian Kebijakan Publik Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

Mari kita bahas pengertian kebijakan publik dengan sangat lengkap.

Pengertian Kebijakan Publik Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari kebijakan publik menurut ahlinya.

1. Easton (1969)

Pengertian kebijakan publik menurut Easton adalah pengalokasian nilai-nilai kekuasaan untuk seluruh masyarakat yang keberadaannya mengikat

2. Thomas R. Dye (1981)

Pengertian kebijakan publik menurut Thomas R. Dye adalah adalah sebagai apa yang tidak dilakukan maupun apa yang dilakukan oleh pemerintah.

3. Chandler dan Plano (1988)

Pengertian kebijakan publik menurut Chandler dan Plano adalah pemanfaatan yang strategis terhadap sumber daya sumber daya yang ada untuk memecahkan masalah-masalah publik atau pemerintah.

4. Jonnes (1977)

Pengertian kebijakan publik menurut Jonnes adalah suatu kelanjutan kegiatan pemerintah di masa lalu dengan hanya mengubahnya sedikit demi sedikit.

5. Anderson (1975)

Pengertian kebijakan publik menurut Anderson adalah kebijakan-kebijakan yang dibangun oleh badan-badan dan pejabat-pejabat pemerintah.

6. Chief J. O. Udoji (1981)

Pengertian kebijakan publik menurut Chief J.O Udoji adalah An sanctioned of action addressed to a particular problem or group of related problems that affect society at large. Artinya adalah suatu tindakana bersanksi yang mengarah pada suatu tujuan tertentu yang diarahkan pada suatu masalah atau sekelompok masalah tertentu yang saling berkaitan yang mempengaruhi sebagaian besar warga masyarakat.

7. Erward

Pengertian kebijakan publik menurut Edward adalah What governmernt say and do, or do not do. It is the goals or purposes of governments programs. Artinya apa yang dinyatakan dan dilakukan atau tidak dilakukan oleh pemerintah termasuk kebijakan publik.

8. Woll (1966)

Pengertian kebijakan publik menurut Woll adalah sejumlah aktivitas pemerintah untuk memecahkan masalah di masyarakat, baik secara langsung maupun melalui berbagai lembaga yang mempengaruhi kehidupan masyarakat.

9. W.N. Dunn

Pengertian kebijakan publik menurut W.N. Dunn adalah suatu daftar tidakan yang saling berhubungan yang disusun oleh instansi atau pejabat pemerintah antara lain dalam bidang pertahanan, kesehatan, pendidikan, kesejahteraan, pengendalian kriminalitas, dan pembangunan perkotaan.

10. Irfan Islami

Pengertian kebijakan publik menurut Irfan Islami adalah serangkaian tindakan yang ditetapkan dan dilaksanakan atau tidak dilaksanakan oleh pemerintah yang mempunyai tujuan atau berorientasi pada tujuan tertentu, demi kepentingan selurh masyarakat.

11. Thomas Dye

Pengertian kebijakan publik menurut Thomas Dye adalah segala sesuatu yang dikerjakan atau tidak dikerjakan oleh pemerintah, mengapa suatu kebijakan harus dilakukan dan apakah manfaat bagi kehidupan bersama harus menjadi pertimbangan yang holistik agar kebijakan tersebut mengandung manfaat yang besar bagi warganya dan berdampak kecil dan sebaliknya tidak menimbulkan persoalan yang merugin, walaupun demikian pasti ada yang diuntungkan dan ada yang dirugikan, disinilah letakanya pemerintah harus bijaksana dalam menetapkan suatu kebijakan.

12. Robert Eyestone

Pengertian kebijakan publik menurut Robert Eyestone adalah hubungan suatu unit pemerintah dengan lingkungannya.

13. Sulaiman (1988:5)

Pengertian kebijakan publik menurut Sulaiman adalah sebagai kebijakan negara/pemerintah adalah kebijakan yang dikembangkan oleh badan-badan atau lembaga dan pejabat pemerintah.

14. Bill Jenkins

Pengertian kebijakan publik menurut Bill Jenkins adalah suatu keputusan berdasarkan hubungan kegiatan yang dilakukan oleh aktor politik guna menentukan tujuan dan mendapat hasil berdasarkan pertimbangan situasi tertentu

15. G. Peters

Pengertian kebijakan publik menurut G.Peters adalah sejumlah sebuah kegiatan pemerintah, baik yang dikerjakan sendiri atau melalui suatu lembaga lain yang akan mempengaruhi dalam kehidupan masyarakat

16. Carl Friedrich

Pengertian kebijakan publik menurut Carl Friedrich adalah sebuah usulan arah tindakan atau sebuah kebijakan yang diajukan oleh seseorang, kelompok atau sebuah pemerintah agar untuk mengatasi suatu hambatan atau untuk memanfaatkan sebuah kesempatan pada sebuah lingkungan tertentu dalam rangka untuk mencapai suatu tujuan atau dapat merealisasikan suatu sasaran.

17. Henz Eulau dan Kenneth Previt

Pengertian kebijakan publik menurut Henz Eulau dan Kenneth Previt adalah sebagai suatu keputusan yang tetap dan yang ditandai oleh kelakuan yang berhubungan dan berulang-ulang pada mereka yang membuat sebuah kebijakan dan yang melaksanakannya.

18. Amara Raksasataya

Pengertian kebijakan publik menurut Amara Raksasataya adalah sebuah rangkaian suatu tindakan yang saling berhubungan.

Pengertian Kebijakan Publik Menurut Para Ahli

19. Wikipedia

Pengertian kebijakan publik menurut Wikipedia adalah kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh pemerintah sebagai pembuat kebijakan untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu di masyarakat dimana dalam penyusunannya melalui berbagai tahapan.

20. Leo Agustino (2008:7)

Pengertian kebijakan publik menurut Leo Agustino adalah serangkaian tindakan/kegiatan yang diusulkan oleh seseorang kelompok atau pemerintah dalam suatu lingkungan tertentu dimana terdapat hambatan-hambatan (kesulitan) dan kemungkinan-kemungkinan (kesempatan) dimana kebijakan tersebut diusulkan agar berguna dalam mengatasinya untuk mencapai tujuan yang dimaksud.

Demikianlah telah dijelaskan tentang 20 Pengertian Kebijakan Publik Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi