√ Pengertian Birokrasi, Ciri, Jenis, Karakteristik dan Perannya Lengkap

Pengertian Birokrasi, Ciri, Jenis, Karakteristik dan Perannya Lengkap – Pada pembahasan kali ini Seputar Pengetahuan kan menjelaskan tentang birokrasi. Birokrasi berhubungan dengan instrumen penting dalam masyarakat modern.

Pengertian Birokrasi, Ciri, Jenis, Karakteristik dan Perannya Lengkap

Dilihat dari bahasanya, birokrasi bersumber dari kata “Biro” yang artinya meja dan “Kratein” yang artinya pemerintahan. Dengan seperti itu birokrasi mempunyai arti meja pemerintahan. Untuk lebih detailnya silakan simak pembahasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Birokrasi

Dalam KBBI Birokrasi secara bahasa diartikan sebagai sistem pemerintahan yang dilakukan oleh pegawai pemerintahan karena sudah berpegang dengan hierarki dan jenjang jabatan.

Sedangkan dalam Wikipedia, Birokrasi berasal dari kata “Bureaucracy” yang artinya sebagai sebuah organisasi yang mempunyai rantai komenado dengan bentuk piramida, dimana lebih banyak orang berada ditingkat bawah daripada tingkat atas, biasanya ditemui pada instansi yang sifatnya sipil atau militer.

Pengertian birokrasi menurut para ahli dikemukakan oleh Michael G. Roskin, et.al. Definisi birokrasi menurut nya adalah setiap organisasi besar yang terdiri atas para pejabat yang diangkat yang mana fungsi utamanya adalah untuk menjalankan atau mengimplementasikan (to implement) kebijakan-kebijakan yang telah diputuskan atau diambil oleh para pengambil keputusan (decision makers).

Dengan ungkatan lain birokrasi merupakan struktur yang sudah diorganisasi atau sistem rasional yang telah dirancang sedemikian rupa bentuknya supaya memungkinkan terjadinya kebijakan publik yang efektif dan efisien.

Birokrasi dijalankan dengan beberapa prosedur atau aturan yang sifatnya tetap. Sedangkan komando dalam bentuk hirarki kewenangan dimana berjalan atau mengalir dari atas kebawah.

Birokrasi dinamakan juga sebagai badan yang melakukan penyelenggaraan layanan publik (Civil Service). Birokrasi tersusun atas individu yang diangkat eksekutif dan posisi mereka selalu datang dan pergi. Dalam artian, individu itu duduk didalam birokrasi karena dipertahankan menurut prestasi kerjanya dan kadan-kadan mereka dikeluarkan karena prestasi kerjanya kurang baik.

Ciri-Ciri Birokrasi

Max Weber menerangkan bahwa ciri-ciri birokrasi antara lain yakni:

  • Jabatan administrasi yang diorganisir atau tersusun secara hierarkis.
  • Masing-masing jabatan mempunyai area kompetensi sendiri-sendiri.
  • Pegawai negeri ditetapkan, tidak dipilih menurut pada kualitas teknik yang ditunjukan dengan ijazah atau ujian.
  • Pegawai negeri mendapatkan gaji tetap sesuai dengan pangkat atau kedudukannya.
  • Pekerjaan adalah karier yang terbatas, atau pada intinya, pekerjaannya sebagai pegawai negeri.
  • Para pejabat tidak mempunyai kantor sendiri
  • Para pejabat sebagai subjek untuk melakukan pengontrolan dan pendisiplinan
  • Promosi didasarkan dari pertimbangan kemampuan yang melebihi rata-rata.

Jenis-Jenis Birokrasi Negara

Ideal typhus Amerika Serikat menyatakan bahda bisa diketahui tipe-tipe birokrasi negara yang dapat digunakan untuk memisahkan tipe birokrasi. Dengan mengetahui Ideal typhus ini dapat membandingkan dengan birokrasi yang ada di Indonesia. Di Amerika Serikat ata empat jenis birokrasi antara lain yaitu:

Departemen-Departemen di Dalam Kabinet (The Cabinet Departements)
Dalam birokrasi tersusun atas beberapa lembaga birokrasi yang dibagi berdasar dari tugasnya. Seperti departemen pertahanan, departemen pendidikan, departemen kesehatan dan departemen lain yang mempunyai tugas untuk melaksanakan kebijakan yang sudah ditetapkan oleh lembaga eksekutif dan yudikatif.

Agen-Agen Federal (Federal Agencies)
Agen-agen federal adalah ungkapan lain dari tangan kanan dari lembaga keprisidenan. Agen ini terbentuk dengan dasar dari pilihan presiden yang sedang memerintah ketika itu. Contohnya NASA dan FBI (Federal Bereau Investigation). Sedang untuk di Indonesia contohnya seperti LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) dan BATAN (Badan Tenaga Atom Nasional)

Perusahaan-Perusahaan Federal Milik Federal (Federal Corporation)
Adapun jenis birokrasi ini adalah birokrasi yang menyatukan antara lembaga pemerintah dengan lembaga bisnis. Contoh di Indonesia adalah BUMN (Bada Usaha Milik Negara). Garuda Indonesia Airways (GIA). Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA). Bank Mandiri dan Perusahaan Listrik Negara (PLN)

Agen-Agen Pengaturan Independen (Independent Regulatory Agencies)
Agen-Agen pengaturan independe adalah birokrasi yang dibuat untuk keperluan dalam menyelengggarakan regulasi ekonomi atas dunia bisnis. Contoh birokrasi seperti ini di Indonesia adalah BPPN (Badan Penyehatan Perbankan Nasional), KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), KPPU (Komisi Pengawasan Persaingan Usaha), KPU (Komisi Pemilihan Umum), KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) dan lain sebagainya.

Karakteristik Birokrasi

Max Weber menyatakan karakteristik yang ideal dari birokrasi yakni:

  • Kerja yang ketat pada peraturan (rule)
  • Tugas yang sifatnya khusus (spesialisasi)
  • Kaku dan sederhana (zakeliik)
  • Diselenggarakan secara resmi (formal)
  • Diatur dari atas ke bawah (heirarchi)
  • Berpedokan pada logika (rational)
  • Tersentralistis (otorithy)
  • Taat dan patuh (obedience)
  • Disiplin (dicipline)
  • Terstruktur (sistematic)
  • Tanpa pandang bulu (impersonal)

Pengertian Birokrasi, Ciri-Ciri, Jenis, Karakteristik, Peran Terlengkap

Peran Birokrasi dalam Pemerintahan Modern

Michael G. Roskin, et.al menyatakan birokrasi mempunyai peranan penitng dalam sebuah pemerintahan modern. Peran birokrasi pada pemerintahan modern antara lain yaitu:

Administrasi
Peran administrasi pemerintahan modern mencakup kegiatan administrasi, pengaturan, pelayanan, perizinan, dan pengumpul informasi.

Pelayanan
Birokrasi bertujuan sebagai pelayanan masyarakat atau kelompok tertentu. Misalnya untuk di Indonesia adalah Badan Metereologi dan Geofisika (BMG).

Pengaturan (Regulation)
Peran pengaturan dari birokrasi adalah dibuat untuk memberikan kesejahteraan masyarakat.

Pengumpul Informasi (Information Gathering)
Badan birokrasi dijadikan ujung tombak jalannya kebijaksanaan sebuah negara untuk menyiapkan data yang berkaitan dengan kebijaksanaan terhadap beberapa pelanggaran atau kebutuhan dalam menentukan kebijakan baru dengan situasi faktual.

Menurut Andrew Heywood, peran birokrasi antara lain yakni:

  • Melaksanakan administrasi
  • Nasehat kebijakan (policy advice)
  • Artikulasi kepentingan
  • Stabilitas politik

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Birokrasi, Ciri, Jenis, Karakteristik dan Perannya Lengkap. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi