√ Pengertian Fasisme, Ciri dan Contohnya (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Fasisme, Ciri dan Contohnya (Pembahasan Lengkap) – Setiap Ideologi mempunyai tujuan dan cara sendiri sehingga bisa menjalankan Negaranya. Tetapi beberapa ideologi masih ada yang menolak dan memakai ideologi tersebut, salah satunya yaitu Ideologi Fasisme. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan artikel Seputar Pengetahuan yang akan membahas pengertian fasisme, ciri, dan contohnya.

Pengertian Fasisme, Ciri dan Contohnya (Pembahasan Lengkap)

Awalnya, fasisme sangat menentang komunisme, sosialisme, liberalisme dan ingin membentuk sebuah negara yang oto-riter-totaliter.  Sistem paham ideologi ini muncul di Italia tahun 1922 dan 1945 yang didirikan oleh Benito Mussolini, juga gerakan serupa di Jerman dan Spanyol.

Pengertian Ideologi Fasisme

Pengertian Ideologi adalah kumpulan ide tau gagasan. Ideologi dalam sebuah Negara bisa diartikan dengan tujuan, visi atau cara memandang sesuatu.

Pengertian Fasisme adalah sebuah tindakan radikal ideologi nasionalis otoriter politik. Fasis berusaha untuk mengatur bangsa menurut perspektif korporatis, nilai, dan sistem, termasuk sistem politik dan ekonomi.

Tujuan ideologi fasisme secara umum adalah membuat individu dan masyarakat berpikir dan bertindak seragam. Para fasisme menggunakan kekuatan dan kekerasan bersama dengan menggunakan metode propaganda bahkan genosida untuk mencapai tujuannya.

Ciri-ciri Fasisme

Ada beberapa ciri-ciri fasisme yang perlu diketahui sebagai berikut.

  • Pemerintahan bersifat otoriter dan totaliter.
  • Sistem pemerintahan satu partai.
  • Negara dijadikan alat permanen untuk mencapai tujuan negara.
  • Mempercayai adanya perbedaan antara orang yang memerintah dan yang diperintah, antara elite dan massa.
  • Membenci kemerdekaan berbicara dan berkumpul.
  • Tidak rasional
  • Tidak mengakui persamaan derajat manusia
  • Tidak mengakui oposisi

Unsur-unsur Fasisme

Pelopor dan tokoh Ideologi Fasisme adalah Nazisme Hitler dengan bukunya Mein Kampft, dan Mussolini dengan Doktrine of Fascism.

  1. Ketidakpercayaan pada kemampuan nalar
  2. Pengingkaran derajat kemanusiaan
  3. Kode perilaku yang didasarkan pada kekerasan dan kebohongan
  4. Pemerintahan oleh kelompok elit
  5. Totaliterisme
  6. Rasialisme dan imperialisme
  7. Ideologi fasisme memiliki unsur yang menentang hukum dan ketertiban internasional

Sifat Ideologi Fasisme

Ideologi Fasisme memiliki beberapa sifat yaitu:

Rasisme

Merupakan paham yang menerapkan penggolongan atau pembedaan ciri-ciri fisik (misalnya warna kulit) di dalam masyarakat. Dapat diartikan juga sebagai  paham diskriminasi suku, agama, ras, golongan untuk tujuan tertentu.

Militerisme

Merupakan pemerintahan yang didasari jaminan keamanan pada kekuatan militer. Mengklaim bahwa perkembangan dan pemeliharaan militer adalah tujuan terpenting dari masyarakat.

Sehingga dalam kebijakan nya pertimbangan militer lebih diutamakan. Mereka yang terlibat dalam dinas militer pun mendapatkan perlakuan istimewa.

Ultra Nasionalis

Merupakan sikap membanggakan suatu negara (negaranya sendiri) secara berlebihan dan sangat merendahkan negara yang lain. Akibatnya akan mudah sekali memancing pertengkaran/peperangan

Imperialisme

Merupakan politik untuk menguasai seluruh dunia (dengan paksaan) untuk kepentingan diri sendiri yang dibentuk sebagai imperium (hak memerintah) nya. Pelajari secara lengkap di artikel khusus imperialisme.

Pengertian Fasisme Ciri dan Contohnya (Pembahasan Lengkap)

Kelebihan Negara dengan ideologi Fasisme

Ada beberapa keunggulan dari ideologi fasisme antara lain:

  • Mempunyai rasa kesatuan nasional
  • Bisa mengambil keputusan pemerintahan yang cepat
  • Mempunyai tingkat pengawasan dan disiplin yang tinggi
  • Pemerintahan dipegang oleh ahlinya

Kekurangan Negara dengan ideologi fasisme

  • Berharapan dengan tekanan dan kekerasan yang menjadikan rakyat gemetar ketakutan.
  • Diktaktor fasis dan pemerintah yang memimpin menggunakan kekuatan yang brutal, pertumpahan darah, agresi.
  • Kekerasan menjadi hukum, mengirim gelombang teror ke seluruh rakyat melalui polisi rahasia dan miliki fasis yang melumpuhkan rakyat dengan rasa takut.

Fasis muncul dan berkembang di negara-negara yang relatif lebih makmur dan secara teknologi lebih maju, seperti: Italia, Jerman, Spanyol dan Jepang.

Kesimpulan daripada Ideologi Fasisme yaitu merupakan sebuah paham politik yang menjunjung kekuasaan absolut tanpa demokrasi.

Demikian ulasan tentang Pengertian Fasisme, Ciri dan Contohnya (Pembahasan Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan untuk kita semua. Terimakasih.

Daftar Isi