√ Pengertian Sumber Daya Ekonomi, Klasifikasi Jenis & Perannya

Pengertian Sumber Daya Ekonomi, Klasifikasi Jenis & Perannya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Sumber Daya Ekonomi. Yang meliputi pengertian, klasifikasi jenis dan peran sumber daya ekonomi dengan penjelasan lengkap dan mudah dipahami.

Pengertian Sumber Daya Ekonomi, Klasifikasi Jenis & Perannya

Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Sumber Daya Ekonomi

Sumber daya ekonomi merupakan seluruh alat yang dapat dipakai oleh manusia yang bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan hidupnya. Seperti yang sudah diketahui, manusia adalah makhluk ekonomi sehingga tidak pernah merasa puas.

Hal itu yang membuat manusia harus selalu berupaya memenuhi kebutuhannya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut diperlukan berbagai alat. Segala jenis alat yang dipakai dalam ekonomi dan untuk pemenuhan kebutuhan hidup itu disebut dengan sumber daya ekonomi.

Klasifikasi Jenis Sumber Daya Ekonomi

Dilihat dari garis besarnya, sumber daya ekonomi dibagi menjadi tiga jenis, yakni sumber daya alam (SDA), sumber daya manusia (SDM) dan sumber daya modal.

Sumber Daya Alam (SDA)

Sumber daya alam merupakan segala sesuatu yang ada di alam sekitar dan bisa digunakan untuk menjadi barang atau jasa yang dimanfaatkan untuk pemenuhan kebutuhan hidup manusia.

Secara sederhana, kebutuhan manusia dapat dipenuhi oleh alam. Karena sebagian besar kebutuhan manusia bersumber dari alat seperti makanan, tempat tinggal, dan lain sebagainya. Walaupun terdapat beberapa benda yang harus melalui proses produksi lebih dulu. Sumber daya alam dibagi menjadi dua jenis, yakni:

Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui
Sumber daya alam yang bisa diperbaharui merupakan sumber daya alam bersiklus yang masih bisa bertambah dengan ada atau tidaknya campur tangan manusia.

Contoh sumber daya alam yang bisa diperharui adalah air, tanah, angin, hewan darat, hewan air, nuklir, tumbuhan, tanaman, pepohonan, dan lain-lain.

Sumber Daya Alam Yang Tidak Dapat Diperbaharui
Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui merupakan sumber daya alam yang mempunyai jumlah terbatas dan memerlukan proses yang sangat lama supaya sumber daya alam tersebut tersedia kembali.

Contoh sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui antara lain emas, batu bara, minyak bumi, gas bumi, tembaga, intan, besi dan lain-lain.

Sumber Daya Manusia (SDM)

Sumber daya manusia adalah sumber daya ekonomi yang paling penting, karena perekonomian suatu negara dipengaruhi oleh sumber daya manusia yang ada pada negara tersebut. Kemakmuran suatu negara terjamin jika manusia mempunyai kualitas sumber daya manusia yang tinggi.

Untuk meraih kualitas sumber daya manusia yang tinggi dapat dilakukan cara dengan melalui jalur pendidikan.

Pendidikan yang harus ditekankan berhubungan dengan kualitas sumber daya manusia antara lain ilmu pengetahuan dan teknologi. Tujuannya supaya dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut untuk menaikan daya saing.

Terdapat beberapa unsur yang harus ada untuk membantu terbentuknya kualitas sumber daya manusia. Unsur tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Akhlak
  • Keahlian
  • Kekuatan fisik

Sumber Daya Modal

Modal berhubungan dengan hal yang dipakai untuk menghasilkan barang dan jasa. Sumber daya modal bukan saja berbentuk uang tetapi juga dapat berupa hal lain. Beberapa alat yang dapat dibagi sebagai modal, antara lain adalah uang, tanah, informasi, teknologi, peralatan, dan lain sebagainya. Modal bisa diklasifikasikan menjadi beberapa jenis, antara lain, yakni:

Modal Menurut Pemiliknya
Menurut pemiliknya modal dibagi menjadi dua macam, yakni:

  • Modal Perseorangan
  • Modal Masyarakat

Modal Menurut Wujudnya
Menurut wujudnya modal dibagi menjadi dua macam, yakni:

  • Modal Konkret (Modal Nyata), adalah modal yang dapat dilihat, diukur, atau ditimbang. Seperti uang
  • Modal Abstrak, adalah modal yang tidak dapat dilihat tetapi hasilnya bisa dirasakan. Seperti keterampilan.

Modal Menurut Sifatnya
Menurut sifatnya modal dibagi menjadi dua macam, yakni:

  • Modal Tetap. Adalah modal yang dapat dipakai berulang kali dalam masa produksi. Seperti mesin dan kantor
  • Modal Lancar. Adalah modal yang akan habis terpakai dalam satu kali produksi. Seperti uang kertas

Modal Menurut Bentuknya
Menurut bentuknya modal dibagi menjadi dua macam, yakni:

  • Uang
  • Barang

Modal Menurut Sumbernya
Menurut sumbernya, modal dibagi menjadi dua macam, yakni:

  • Modal Sendiri
  • Modal Pinjaman

Pengertian Sumber Daya Ekonomi, Klasifikasi Jenis, Peran

Peran Sumber Daya Ekonomi Dalam Pembangunan

Dalam pembangunan, sumber daya ekonomi yang sangat berperan adalah sumber daya manusia dan sumber daya alam. Tujuan pembangunan tersebut adalah untuk memajukan ekonomi di sebuah negara. Pembangunan banyak dilakukan pada sektor pertanian, perikanan dan kelautan.

Hal yang sering ditekankan dalam pembangunan yaitu peningkatan kualitas sumber daya manusia. Dengan adanya kualitas sumber daya manusia yang tinggi maka laju pembangunan akan lebih cepat dan waktu yang diperlukan untuk memperbaiki kondisi ekonomi lebih singkat.

Sumber daya manusia mempunyai banyak peranan penting sebagai tenaga kerja, tenaga ahli, pimpinan perusahaan, produsen, usahawan, pencipta dan pengembang ilmu pengetahuan dan teknologi dan juga berperan mengorganisasikan pemakaian berbagai faktor produksi.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Sumber Daya Ekonomi, Klasifikasi Jenis & Perannya, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi