Macam-macam Motif Ekonomi dan Contohnya

Macam-macam Motif Ekonomi dan Contohnya – Dalam pembahasan kali ini, seputarpengetahuan.co.id akan membahas mengenai macam-macam motif ekonomi. Motif ekonomi seseorang saat melakukan tindakan ekonomi tidak hanya didorong oleh satu keinginan tapi didorong oleh banyak keinginan. Adapun macam-macam motif ekonomi yang mendorong manusia melakukan berbagai aktivitas akan dijelaskan berikut ini.

Macam-macam Motif Ekonomi dan Contohnya

Mari kita bahas lengkap apa saja motif ekonomi yang ada disini.

Macam-Macam Motif Ekonomi

Ada beberapa macam motif ekonomi, diantaranya yaitu:

1. Motif Dalam Memenuhi Kebutuhan

Motif memenuhi kebutuhan adalah tindakan manusia didorong oleh hasrat ingin memenuhi kebutuhan. Untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, setiap orang memiliki kebutuhan, baik berupa barang maupun jasa yang harus dipenuhi. Biasanya kebutuhan tersebut sifatnya tidak terbatas, sedangkan alat pemuasnya terbatas. Oleh sebab itu, setiap orang harus dengan perhitungan yang cermat dan matang supaya mendapatkan hasil sesuai dengan harapan. Kecenderungan manusia adalah senantiasa mencapai kemakmuran bagi kehidupannya. Kemakmuran diartikan sebagai kondisi dimana manusia dapat memenuhi sebagian besar kehidupannya.

Contoh: seseorang bekerja keras untuk mendapatkan uang yang nantinya uang itu dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhannya setiap hari.

2. Motif Memperoleh Laba

Motif untuk memperoleh laba adalah segala sesuatu yang mendorong manusia melakukan tindakan ekonomi untuk mendapatkan laba. Seseorang memenuhi kebutuhan hidupnya dilator belakangi oleh motif atau harapan untuk mendapatkan laba/keuntungan. Motif ini merupakan dorongan yang timbul dengan tujuan untuk memperoleh tambahan manfaat, baik berupa uang maupun barang. Dengan mendapatkan keuntungan diharapkan kekayaan seseorang dapat bertambah dan ia dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya secara lebih baik.

Contoh: seorang pedagang buah menjual buah yang kualitasnya baik dengan harga relative murah dan melayaninya dengan sangat ramah. Banyak orang yang membeli sehingga iamendapatkan keuntungan yang banyak.

3. Motif Mendapatkan Kekuasaan Ekonomi

Motif untuk mendapatkan kekuasaan ekonomi adalah keinginan manusia yang sudah makmur, tetapi masih melakukan tindakan ekonomi karena dorongan untuk memperoleh kekuasaan di berbagai kegiatan usaha dalam perekonomian.

Contoh: di suatu kelurahan sedang terjadi pemilihan lurah baru. Pak Wibowo adalah salah seorang calon lurah, Ia memodali perbaikan jalan yang rusak dikampungnya, menyelenggarakan pengobatan gratis kepada masyarakat di kampungnya dengan harapan dalam pemilihan kepala desa nanti, ia mendapat dukungan dari masyarakat sekitar.

4. Motif Mendapatkan Penghargaan

Motif mendapatkan penghargaan adalah tindakan manusia yang didorong untuk mendapatkan penghargaan. Penghargaan dari orang lain akan memberikan kepuasaan tersendiri bagi pelaku kegiatan ekonomi. Penghargaan yang dimaksud bukan sekedar mendapat pujian atau piagam tetapijuga ingin status sosial yang lebih tinggi dari masyarakat sekitar.

Contoh: ada seorang manager atau pengusaha tetap melakukan kegiatan ekonomi dengan kerja keras walaupun keuntungan dan kemakmuran sudah diraihnya. Hal ini dilakukan agar ia tampil sebagai manager yang handal dan disegani. Prestasi tsb tidak jarang membuahkan penghargaan dari pemerintah maupun kalangan pengusaha. Misalnya manager tsb digolongkan kedalam Top Manager versi sebuah majalah ekonomi dan perusahaan yang dikelolanya menerima penghargaan dari pemerintah.

Macam Macam Motif Ekonomi Dan Contohnya Lengkap

5. Motif Sosial

Motif sosial adalah segala sesuatu yang mendorong manusia melakukan tindakan ekonomi karena ingin menolong sesama. Manusia adalah makhluk ekonomi sekaligus makhluk sosial. Selain memperhatikan kepentingan diri sendiri, manusia juga harus peduli terhadap sesamanya. Motif sosial merupakan dorongan bahwa dengan tindakan ekonomi yang dilakukannya dapat memberikan manfaat atau keuntungan bagi orang lain.

Contoh: seseorang sudah suskses dengan usahanya lalu ia membangun sebuah yayasan untuk panti jompo dan anak yatim.

Nah itulah pembahasan singkat mengenai Macam-macam Motif Ekonomi dan Contohnya, semoga dapat memberikan manfaat bagi para pembaca. Sekian terimakasih 🙂

Sumber: IPS Terpadu Mandat Kelas 7

Daftar Isi