Ragam Hias Flora : Pengertian, Tujuan, Media dan Contohnya

Ragam Hias Flora : Pengertian, Tujuan, Media dan Contohnya – Apakah yang dimaksud dengan ragam hias flora ?,Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya, meliputi tujuan,contoh dan tentunya hal-hal lain yang juga melingkupinya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya


Ragam Hias Flora : Pengertian, Tujuan, Media dan Contohnya


Ragam hias ialah wujud dasar dari hiasan yang umumnya digunakan pada suatu karya seni serta akan jadi suatu pola ataupun pattern yang diulang- ulang.

Sebaliknya secara etimologis frase ragam hias berasal dari bahasa Yunani yang berarti“ Oranere” yang maksudnya hiasan ataupun menghias.

Flora ialah sebutan buat menyebut tumbuh- tumbuhan. Jadi, Ragam hias flora ialah macam hias ataupun motif yang mempunyai wujud ataupun objek tumbuh- tumbuhan. Ragam hias mempunyai pengertiannya sendiri. Terlepas dari jenisnya yang mencangkup flora, fauna, geometris maupun figuratif.


Tujuan Ragam Hias

Tujuan dari terdapatnya macam hias ini merupakan:

  • Melenyapkan kekosongan pada sesuatu permukaan dari karya seni
  • Memperindah tampilan dari karya seni
  • Menaikkan nilai jual

Indonesia merupakan negeri yang kaya hendak kebudayaan serta keseniannya. Karya seni rupa tradisional yang dapat ditemui di indonesia jumlahnya tidak terhitung. Nyaris tiap wilayah mempunyai perbandingan karya seni warnanya tiap- tiap. Mulai dari sejarah, guna, metode sampai motifnya.

Perbedaan- perbedaan tersebut tercipta serta dibentuk sebab terdapatnya perbandingan kebudayaan. Semacam pebedaan antara kebudayaan suku jawa dengan kebudayaan suku batak, maupun perbandingan kebudayaan nusa tenggara timur dengan kebudayaan Sumatera Selatan.

Macam hias flora yang terdapat di Indonesia sendiri mempunyai lumayan banyak tipe serta bermacam- macam. Umumnya Macam hias diterapkan pada karya seni rupa murni serta karya seni rupa terapan. Motif ataupun macam hias tersebut dapat ditemui pada tenunan semacam kain batik, songket, ukiran atupun pada karya seni ukir katu maupun pahatan batu.

Pada sebagian karya seni tradisional, motif ataupun macam hias pula mempunyai arti spiritual dibaliknya. Wujud tumbuh- tumbuhan yang pula ialah mahluk hidup ini mempunyai ceritra serta nilai- nilai keyakinan dibaliknya.

Baca Juga:  Pola Aliran Sungai : Pengertian, Jenis dan Bentuknya

Media Ragam Hias Flora

Macam hias flora umumnya digunakan pada sebagian media tertentu bagaikan lukisan, tenunan, ukiran, ataupun pahatan. Bisa jadi kalian pula telah lumayan familier dengan sebagian macam hias flora pada sebagian media berikut ini.

  • Pola kain batik
  • Kain tenun
  • Kain songket
  • Ukiran kayu
  • Pahatan batu
  • Guci ataupun pot bunga

Contoh Ragam Hias Flora

Pola tanaman berbentuk macam hias flora dalam wujud lukisan ataupun ukiran memanglah banyak disukai. Sentuhan estetis dari pola bunga ataupun dedaunan senantiasa sesuai dijadikan bagaikan pemanis ataupun riasan. Nah, kalian dapat memilah bermacam berbagai macam hias flora yang umumnya terbuat dengan pola- pola berikut.

  • Ragam Hias Bunga

Pastinya banyak tipe bunga menawan yang kalian tahu di Indonesia dengan bermacam- macam corak serta wujudnya. Tipe bunga- bungaan memanglah sejuk serta aman buat dipangan. Oleh sebab itu, banyak pola bunga- bungaan yang terbuat ilustrasi berupa lukisan pada media kain batik ataupun ukiran di vas bunga.

  • Ragam Hias Dedaunan

Tidak hanya motif bunga, motif daun pula jadi salah satu motif yang disukai. Warna dedaunan dengan corak yang terang umumnya membagikan kesan riang serta senang. Tidak heran bila banyak kain batik dengan macam hias dedaunan yang terbuat buat baju acara. Nah, macam hias ini diseleksi supaya dapat membagikan kesan berbahagia untuk orang yang melihatnya.

  • Ragam Hias Bunga serta Dedaunan

Campuran dari macam hias bunga serta dedaunan umumnya dikombinasikan buat lebih menunjukkan kesan elok. Gabungan pola bunga serta dedaunan hendak timbul bagaikan pola yang nampak lebih semarak. Nah, gabungan warna ini pula umumnya banyak dipakai pada media kain batik.

  • Ragam Hias Daun Paku

Tipe daun paku yang wujudnya memanjang ini bisa jadi hendak menegaskan kalian pada eksperimen riset di sekolah. Ya, tipe daun memanjang dengan garis tegas ini mempunyai arti yang lebih berwibawa. Tidak heran bila campuran corak yang digunakan buat macam hias flora ini lebih tajam serta harga kain batiknya dibanderol dengan harga yang lebih besar.

  • Ragam Hias Batik Berakar

Bila dilihat dari polanya, macam hias batik berakar lebih rumit serta ramai dibanding pola yang lain. Kerap terbuat pada media kain batik, umumnya warna ini dikombinasikan di atas kain bercorak putih ataupun gelap. Motif kain batik ini kerap kali diseleksi oleh para perempuan serta cenderung identik dengan wujud ibu- ibu.

  • Ragam Hias Lukisan Bunga Naga

Macam hias flora satu ini bisa jadi lumayan rumit untuk sebagian orang. Tetapi, pola bunganya pula disukai sebab membagikan kesan elegan serta elok. Umumnya, pola macam hias bunga naga terbuat dalam sebagian sesi. Ya, sebab pola bunganya tidak gampang buat dituntaskan dalam satu kali pengerjaan serta dapat dibesarkan dalam sebagian wujud.

  • Ragam Hias Bunga Mawar dan Kembang

Warna bunga mawar banyak ditemui pada media kain, riasan, ataupun ukiran. Ya, lukisan bunga mawar pula umumnya dikombinasikan dengan kembang. Macam hias flora ini umumnya terbuat dalam pola yang lebih tertib serta kesekian. Tidak hanya kerap dipakai buat pola kain batik, kalian pula bisa jadi menciptakan pola ini pada warna di lantai.

  • Ragam Hias Tenun Kembang Mahkota

Pola kain tenun berbentuk macam hias flora ini umumnya nampak semacam warna bunga pada biasanya. Tetapi, kalian dapat memandang pada bagian ujung tiap pola buat memandang bagian mahkota dari istilah yang diartikan. Tidak hanya kain tenun, bisa jadi kalian pula dapat menciptakan pola ini pada media ukiran, ubin, ataupun ventilasi di bangunan.

Baca Juga:  √ Jenis Karya Seni Patung dan Penjelasannya (Terlengkap)

Ragam Hias Flora : Pengertian, Tujuan, Media dan Contohnya

  • Ragam Hias Tenun Tumbuhan Cemara

Wujud tumbuhan cemara yang diilustrasikan dalam macam hias flora umumnya hendak timbul bagaikan pola ikonik. Walaupun gampang dikenali, warna ini tidak membosankan serta malah banyak terbuat bagaikan kreasi tenunan yang elok. Proses tenun ini lumayan menghabiskan waktu sehingga harga kain lumayan besar.

  • Ragam Hias Campuran Burung serta Dedaunan

Ragam hias flora pula kerap kali dikombinasikan dengan motif burung. Umumnya, pola ini timbul dalam gabungan pola pepohonan serta burung yang hinggap di dahannya. Nah, pola ini lebih banyak timbul bagaikan ukiran pada bahan kayu ataupun batu. Sebagai riasan, gabungan ragam hias burung serta dedaunan lumayan terkenal serta disukai banyak orang.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Ragam Hias Flora : Pengertian, Tujuan, Media dan Contohnya, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.