Properti Tarian Gambyong : Pengertian, Sejarah dan Fungsi Tari Gambyong

Properti Tarian Gambyong : Pengertian, Sejarah dan Fungsi Tari Gambyong – Apa saja yang kamu ketahui tentang tari gambyong ?, Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentu hal-hal yang juga melingkupinya. Mari kita simak pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Properti Tarian Gambyong : Pengertian, Sejarah dan Fungsi Tari Gambyong


Gambyong merupakan nama tarian khas wilayah Jawa Tengah. Tarian ini timbul awal kali di daerah Surakarta, diciptakan seseorang wanita penari jalanan. Walaupun diciptakan oleh seniman jalanan, tetapi siapa sangka Tari Gambyong terus terkenal serta senantiasa bertahan hingga saat ini ini. Apalagi tarian ini turut membentuk bukti diri kesenian wilayah Provinsi Jawa Tengah.

Tari Gambyong kerap dibawakan oleh sekelompok penari wanita dengan gerakan tari yang menarik buat ditonton. Gerakan tarian yang pelan seakan menghipnotis pemirsa serta terhanyut melihat tarian. Gerakan tersebut menggambarkan watak lemah lembut dari seseorang perempuan dengan seluruh keindahannya.

Umumnya tari gambyong ini dipertunjukkan dikala berlangsung festival budaya. Banyak keunikan- keunikan yang terdapat pada tari gambyong. Kamu bisa memandang keunikan tersebut dari bermacam sisi, antara lain merupakan dari segi musik yang mengiringinya, kostum yang dipakai, serta properti yang lain.

Banyak properti tari gambyong yang harus Kamu tahu. Properti tari ialah seluruh tipe perlengkapan serta peralatan tari yang jadi karakteristik khas serta membedakan tiap tarian yang terdapat. Tiap properti hendak dipaparkan secara perinci serta harus terdapat tiap kali Kamu hendak menggelar pertunjukan tari gambyong.


Sejarah Tari Gambyong

Awal mulanya, tarian Gambyong ialah kesenian yang berasal dari wilayah Surakarta, tetapi setelah itu terus dibesarkan di wilayah Jawa yang lain.Dimana pada dini penciptaannya, tarian ini hendak dipentaskan buat menyongsong para tamu kesultanan maupun kala upacara adat keraton saja.

Tetapi bersamaan pertumbuhan jaman, tarian ini telah mulai diketahui warga luas serta digunakan bagaikan fasilitas hiburan dalam sebagian kegiatan, misalnya kegiatan keagamaan ataupun perkawinan.

Sesungguhnya Tari Gambyong ialah wujud pengembangan dari tarian Tayub yang umumnya dipentaskan pada upacara panen ataupun dikala proses menanam padi diawali.

Pemakaian nama Gambyong sendiri diambil dari penari yang populer pada masa itu, ialah Sri Gambyong yang populer mempunyai keluwesan kala menari dan mempunyai suara yang begitu merdu.

Kepopuleran Sri Gambyong dikala itu hingga ke kuping sultan. Kala itu Sri Gambyong mengantarkan tarian Tayub yang dia sediakan spesial buat Raja Pakubuwono IV di area keratin Surakarta.Semenjak dikala itu, tari Tayub yang dimainkan oleh Sri Gambyong kemudan diberi nama Tari Gambyong.


Macam- Macam Properti Tari Gambyong

  • Kostum

Kostum utama yang dipakai dalam tarian ini merupakan selendang. Selendang ialah kostum yang harus dipakai oleh seseorang penari bagaikan aksesoris properti tari gambyong. Umumnya selendang dikalungkan pada bagian leher ataupun dipakai di bagian pundak.

Umumnya corak selendang yang digunakan juga tidak sembarangan serta sudah didetetapkan, ialah corak kuning keemasan. Pemilihan corak kuning tersebut sebab corak kuning jadi lambang kekayaan, sebaliknya corak selendang hijau bagaikan peralatan tari gambyong mempunyai arti serta ialah lambang dari kesuburan.

  • Kemben

Orang yang hendak melaksanakan pentas tari gambyong umumnya memakai kostum spesial ialah kemben. Kemben merupakan kostum yang berperan buat menutup bagian dada penari gambyong yang mana pada kostum tersebut bagian bahunya terbuka.

Baca Juga:  Teks Deskripsi : Pengertian, Ciri, Jenis, Struktur, Kaidah Kebahasaan dan Contohnya

Kemben banyak ditemukan di wilayah Jawa, spesialnya. Umumnya kemben dalam wujud sepotong kain yang bisa dipakai buat menutup badan seorang. Pada biasanya berbentuk kain polos ataupun kain batik. Pada pentas tari gambyong digunakan kemben yang bermotif batik.

Sebaliknya, bawahannya umumnya penari mengenakan kain panjang dengan motif berbentuk batik. Dalam kebudayaan Jawa, kain bermotif batik tersebut diketahui dengan sebutan jarit ataupun jarik. Motif jarik umumnya bermacam- macam.

  • Gelungan

Gelungan ialah salah satu tipe hiasan yang diletakkan di atas kepala. Terdapat 4 tipe gelungan yang bisa digunakan oleh seseorang perempuan. Umumnya penari gambyong pula memakai gelungan bagaikan hiasan di kepalanya. Perihal ini bertujuan buat membuat penari nampak anggun serta menawan sehingga lezat buat ditatap.

Terdapat 4 berbagai gelungan yang dapat digunakan oleh seseorang perempuan serta umumnya pula digunakan oleh seseorang penari, antara lain merupakan gelungan mabunga tegeh, pepusungan, papudakan serta kekendon.

Gelungan mabunga tegeh mempunyai identitas bagian depannya ditutupi tumpukan bunga. Bunga tersebut tersusun atas betitis serta bunga yang dirangkai dengan wujud piramida ataupun bulan tumanggal. Umumnya tipe gelungan ini dipakai penari pada tari sekar jagat, tari selat segara serta tari gadis Oleg Tamulilingan.

Gelungan pepusungan mempunyai identitas Kamu bisa memandang terdapatnya lipatan rambut pada sisi balik, depan serta samping. Rangkaian bunga kamboja ikut menghiasi gelungan tipe ini yang diketahui dengan sebutan bancangan. Gelungan tipe ini bisa Kamu jumpai pada Legong Keraton, Calonarang, Parwa, Arja serta lain- lain.

Gelungan papudakan memiliki karakteristik khas ialah ada mahkota dalam wujud segitia yang terletak di balik gelungan. Mahkota tersebut jadi lambang kemuliaan serta keagungan. Kamu bisa menjumpai tipe gelungan ini pada tari Legong Keraton, tokoh gadis pada gambuh serta lain- lain.

  • Sampur

Sampur ialah salah satu peralatan tari yang harus digunakan oleh seseorang penari. Sampur dipakai oleh seseorang penari perempuan. Perihal ini disebabkan berdialog menimpa sampur umumnya identik dengan seseorang perempuan.

Pada biasanya sampur berupa kain panjang. Umumnya sampur mempunyai corak yang bermacam- macam. Kamu bisa memilah sampur cocok dengan kostum yang dipakai dikala hendak menari. Kamu bisa memanfaatkannya dengan metode mengikatkan sampur pada perut. Tidak hanya itu, pada sebagian tipe tarian terdapat pula penari yang menggantungkan sampur pada bagian bahu.

  • Gelang

Gelang merupakan salah satu properti tari gambyong yang harus digunakan oleh penari. Guna mengenakan gelang merupakan bagaikan hiasan yang umumnya digunakan pada pergelangan tangan baik tangan kanan ataupun tangan kiri. Pada biasanya, gelang berupa bundaran. Corak gelang bermacam- macam serta bisanya cocok dengan kostum yang dipakai oleh seseorang penari.

Terdapatnya pernak- pernik ataupun properti berbentuk gelang bisa menaikkan nilai estetika serta bisa membuat cantik penampilan penari itu sendiri. Perihal ini menimbulkan penari tersebut lezat buat ditatap.

  • Kalung

Kalung pula jadi salah satu properti tari gambyong yang menempel pada leher penari serta jadi karakteristik khas seseorang perempuan yang melaksanakan pementasan seni tari gambyong. Guna kalung untuk penari merupakan bagaikan hiasan yang bisa membuat cantik serta memperindah penampilan.

Baca Juga:  √ Pengertian Surat Kuasa, Fungsi, Macam, Ciri dan Unsurnya (Lengkap)

Penari hendak nampak anggun dengan mengenakan pernak- pernik berbentuk kalung yang ialah bagian dari perhiasan perempuan. Pernak- pernik kalung ini umumnya dipakai oleh seseorang penari perempuan. Terdapat juga wujud kalung yang dipakai oleh seseorang penari juga beragam jenisnya.

  • Anting- anting

Anting- anting pula ialah salah satu pernak- pernik bonus yang bisanya dipakai oleh penari perempuan pada bagian kuping. Guna anting- anting merupakan bagaikan hiasan yang bisa membuat cantik penampilan seseorang penari gambyong.

  • Stagen

Stagen pula ialah salah satu properti tari gambyong yang harus dikenakan oleh seseorang penari. Stagen ialah suatu kain yang bisa digunakan buat melilit pinggang. Gunanya nyaris mirip seperti ikat pinggang.

  • Bunga melati

Umumnya rambut penari hendak dimasukkan pada kantong rambut. Kamu pula hendak menjumpai pernak- pernik di rambut berbentuk roncean bunga melati yang terletak di bagain samping kepala. Bunga tersebut jatuh ke bagian pundak.

  • Perlengkapan musik

Tari gambyong umumnya diiringi dengan tembang Jawa serta musik. Terdapat juga perlengkapan musik yang digunakan buat mengiringi tari gambyong antara lain merupakan kenong, kendang, gambang serta gong.

Kendang ialah perlengkapan musik utama dalam tarian gambyong. Pada biasanya kendang berperan bagaikan patokan serta kode untuk pemain musik buat menciptakan bunyi. Tidak hanya itu, jadi pedoman untuk penari buat melaksanakan sesuatu gerakan. Pada tari gambyong, kendang diketahui dengan sebutan otot tarian ataupun diucap pula bagaikan nyawa dalam tarian tersebut.

Perihal ini disebabkan kendang jadi penentu irama tari gambyong serta penentu musik. Terdapatnya iringan perlengkapan musik kendang ini bisa tingkatkan nilai estetika di tiap pertunjukan tari gambyong ini. Perlengkapan musik kendang dimainkan dengan metode ditabuh.

Gong ialah salah satu perlengkapan musik pengiring buat pementasan tari gambyong. Perlengkapan musik tersebut metode memainkannya merupakan dengan dipukul memakai sesuatu perlengkapan semacam stik pendek.

Gambang ialah perlengkapan musik pendukung yang mengiringi tari gambyong. Metode memainkan perlengkapan musik ini merupakan dengan dipukul mengenakan perlengkapan pemukul berupa bundar serta berjumlah 2 buah.

Kenong ialah salah satu perlengkapan musik yang kehadirannya berarti dalam mengiringi tari gambyong. Perlengkapan musik tradisional Jawa ini ialah bagian dari perlengkapan musk gamelan yang metode memainkannya merupakan dengan dipukul mengenakan perlengkapan berbahan kayu yang dilapisi kain.

Properti Tarian Gambyong : Pengertian, Sejarah dan Fungsi Tari Gambyong

Fungsi Tari Gambyong

  • Tarian gambyong senantiasa terdapat pada upacara ritual pertanian jaman dahulu, perihal ini berperan supaya kesuburan padi serta perolehan panen jadi melimpah. Dewi Padi( Dewi Sri) akan ditafsirkan penari- penari yang lagi menari.
  • Saat sebelum pihak keraton Mangkunegara Surakarta menata ulang serta membakukan struktur gerakannya, tarian gambyong ini merupakan kepunyaan rakyat sebagai bagian upacara.
  • Saat ini, tarian ini dipergunakan buat memeriahkan kegiatan resepsi pernikahan serta menyongsong tamu- tamu kehormatan ataupun kenegaraan

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Properti Tari Gambyong  , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya