Tarian Daerah Terpopuler Di Indonesia

Tarian Daerah Terpopuler Di Indonesia – Apa sajakah Tarian Daerah di Indonesia terpopuler ?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya hal lain yang juga melingkupinya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.


Tarian Daerah Terpopuler Di Indonesia


Indonesia ialah negeri besar yang terdiri dari banyak suku serta budaya dimana di setiap wilayah mempunyai tradisinya masing masing. Dalam masing- masing tradisi serta kebudayaan wilayah umumnya pula ada tarian wilayah tersebut. Baik yang digunakan untuk tarian keagamaan, tarian seni maupun tarian ekspresi warga.

Walaupun tarian– tarian tersebut masih bertabiat tradisional tetapi banyak kebudayaan lokal spesialnya tarian daerah kita yang sudah diketahui di manca negara.

Tarian daerah di Indonesia banyak yang populer dan diakui oleh dunia, contohnya tari Saman. Tari Saman, Indonesia sudah pernah mendapat gelar “The Best Performance” di “The Internationaly Fork Festival” pada tahun 2013.Para penari berhasil membuat para penonton festival yang dilaksanakan di Yunani tersebut menjadi terpukau.

Dari ribuan tarian daerah yang terdapat di Indonesia, berikut beberapa tarian daerah yang paling populer dan beberapa diantaranya telah dikenal dan diakui dunia :


Tarian Daerah Populer Indonesia


  • Tari Saman (Aceh)

Tari Saman ialah tari yang berasal dari Suku Gayo. Tarian Saman umumnya di tampilkan untuk memperingati hari-hari penting adat istiadat masyarakat Aceh. Tari saman juga ditampilkan untuk memperingati kelahiran Nabi Muhamad SAW. Beberapa literatur menyebutkan bahwa tari Saman dikembangkan oleh Syekh Saman, yaitu seorang ulama yang berasal dari Gayo di Aceh Tengggara.

Tari Saman sangat dikenal dunia, bahkan UNESCO sudah menetapkan tari daerah ini sebagai “Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity” pada tahun 2011.

Tarian ini dibawahkan oleh sekelompok penari yang memiliki jumlah ganjil. Keunikan tarian ini ada pada suara yang berasal dari gerakan tangan para penari. Berbeda dengan gerakan tari lain dengan penarinya yang bergerak bebas, tari saman dibawakan oleh penarinya dengan duduk.


  • Tari Kecak (Bali)

Tari kecak merupakan jenis seni drama khas dari Bali. Tari Kecak menggambarkan cerita tentang tokoh Pewayangan yang bernama Ramayana.Tarian daerah yang berasal dari Bali ini umumnya disebut sebagai tari Sanghyang yang dipertunjukkan ketika upacara keagamaan.

Tarian ini dimainkan sekelompok penari yang berjumlah 70 orang yang berbaris melingkar.Keunikan tarian ini terlihat dari para penarinya yang mampu dibakar api, namun masih kebal dan tak terbakar. Para penari laki-laki meriakan kata “cak cak cak. dan dari situlah nama tari Kecak diambil.


  • Tari Jaipong (Jawa Barat)

Tari Jaipong adalah salah satu tarian daerah yang berasal dari Jawa Barat. Tarian Jaipong adalah peleburan dari beberapa tradisional seperti pencak silat, ketuk tilu, wayang golek dan lain sebagainya, Tarian ini telah menjadi ikon kesenian daerah Jawa Barat.

Jaipong lahir dari sosok seniman kreatif dan bertangan dingin H Suanda tahun 1976 di Karawang, Jawa Barat.Tarian ini dipertontonkan untuk menyambut tamu mancanegera yang berkunjung ke daerah Jawa Barat. Gerakannya yang erotis dan vulgar membuat tarian ini menjadi perbincangan hangat di awal kemunculannnya.


  • Tari Piring (Sumatra Barat)

Sumatera Barat mempunyai tarian daerah yang populer. Tarian ini dinamakan tari Piring dikarenakan penggunaan properti piring pada gerakan tariannya. Dahulu, Tari Piring dilakukan para laki-laki dan perempuan untuk membawakan sesembahan bagi para dewa sebagai wujud rasa syukur terhadap panen yang melimpah.

Keunikan tarian ini ada pada gerakan penarinya yang cepat, atraktif dan sangat indah dengan piring ditangan mereka yang sama sekali tidak terjatuh.Gerakan tarian ini dimulai dengan koreografi para penarinya dan meletakkan piring ditangannya tanpa terlepas apalagi terjatuh. Para penari mulai bergerak ketika alat musik talempong dan saloang dibunyikan.


  • Tari Pendet (Bali)

Tari pendet merupakan tari sambutan yang berasal dari Pulau Dewata, Bali. Tarian ini adalah salah satu kesenian tradisional yang terkenal dari Bali. Tari pendet sering ditampilkan di acara kebudayaan atau penyambutan tamu besar.

Awalnya, tari ini adalah tari tradisional yang menjadi bagian dari upacara Piodalan di Pura atau tempat suci keluarga.Tarian ini melambangkan ungkapan rasa syukur masyarakat Bali dalam menyambut para dewata yang turun dari kayangan.

Keindahan gerakan tari pendet dilihat dari gerakannya yang amat komplit. Gerakan tarian ini memakai hampir seluruh bagian tubuh, mulai dari badan, tangan, jari, leher dan gerakan ekspresif seperti pada gerakan mata dan mimik muka.


  • Tari Reog Ponorogo

Tarian daerah lainnya berasal yaitu dari Jawa Timur, tepatnya Ponorogo .Versi resmi alur cerita Reog Ponorogo merupakan cerita tentang raja Ponorogo yang berniat melamar putri Kediri yang bernama Dewi Ragil Kunig.

Tetapi, ketika ditengah perjalanan sang raja dicegat oleh raja Singaborang dari kerajaan Kediri. Pasukan raja Singaborang terdiri atas merak dan singa, sedangkan dipihak Ponorogo mempunyai raja Kelono dan wakilnya Anom yang diwakili oleh warok.

Inti cerita tari Reog Ponorogo ini merupakan menceritakan perang antara kerajaan Kediri dan kerajaan Ponorogo dan mengadu ilmu hitam antara keduanya. Hal ini ditunjukkan dengan para penarinya yang “kerasukan” saat mementaskan tarian.

Hingga kini, pertunjukan Reog umumnya dipentaskan di acara pernikahan, khitanan dan hari besar nasional. Biasanya, pertunjukkan Reog terdiri atas rangakaian 2 hingga 3 tarian pembukaan.

Tarian pertama biasanya diwakili oleh 6 hingga 8 orang laki-laki berpakaian hitam yang melambangkan pasukan singa yang gagah dan pemberani. Sedangkan, tarian kedua dimainkan oleh 6 hingga 8 gadis yang menaiki kuda.


  • Tari Barong

Selain tari Kecak dan tari Pendet, Bali juga mempunyai tari Barong yang tidak kalah populer. Tarian ini menggambarkan pertarungan antara kebajikan dan juga kebatilan. Wujud kebajikan dilakonkan oleh Barong (Dharma) yaitu wujud penari dengan kostum binatang yang berkaki empat.

Sementara wujud kebatilan (Adharma ) dimainkan oleh Rangda, yaitu sosok yang Rangda, yaitu penari dengan kostum yang memiliki dua taring runcing di mulutnya.

Tarian Daerah Terpopuler di Indonesia


Nama Nama Tarian Daerah Di Indonesia

Berikut adalah nama nama tarian daerah 34 provinsi dan asalnya,lengkap

1 Tari Seudati Berasal dari Aceh Darussalam
2 Tari Saman Meuseukat Berasal dari Aceh Darussalam
3 Tari Pukat Berasal dari Aceh Darussalam
4 Tari Rampai Berasal dari Aceh Darussalam
5 Tari Ratoh Duek Berasal dari Aceh Darussalam
6 Tari Ula-ula Lembing Berasal dari Aceh Darussalam
7 Tari Laweut Berasal dari Aceh Darussalam
8 Tari Likok Pulo Berasal dari Aceh Darussalam
9 Tari Rapa’i Geleng Berasal dari Aceh Darussalam
10 Tari Ratéb Meuseukat Berasal dari Aceh Darussalam
11 Tari Rabbani Wahed Berasal dari Aceh Darussalam
12 Tari Ranup lam Puan Berasal dari Aceh Darussalam
13 Tari Legong Berasal dari Bali
14 Tari Kecak Berasal dari Bali
15 Tari Arje Berasal dari Bali
16 Tari Cendrawasih Berasal dari Bali
17 Tari Trunajaya Berasal dari Bali
18 Tari Barong. Berasal dari Bali
19 Tari Pendet Berasal dari Bali
20 Tari Baris Berasal dari Bali
21 Tari Panji Semirang Berasal dari Bali
22 Tari Puspanjali Berasal dari Bali
23 Tari Margapati Berasal dari Bali
24 Tari Wirayudha Berasal dari Bali
25 Tari Gopala Berasal dari Bali
26 Tari Topeng Berasal dari Bali
27 Tari Condong Berasal dari Bali
28 Tari Janger Berasal dari Bali
29 Tari Sekapur Sirih Berasal dari Bangka Belitung
30 Tari Campak Berasal dari Bangka Belitung
31 Tari Sepen Berasal dari Bangka Belitung
32 Tari Beripat Berasal dari Bangka Belitung
33 Tari Pendulang Timah Berasal dari Bangka Belitung
34 Tari Men Sahang Lah Mirah Berasal dari Bangka Belitung
35 Tari Gi Ke Aik Berasal dari Bangka Belitung
36 Tari Andun Berasal dari Bengkulu
37 Tari Bidadari Teminang Anak Berasal dari Bengkulu
38 Tari Tombak Kerbau Berasal dari Bengkulu
39 Tari Putri Gading Cempaka Berasal dari Bengkulu
40 Tari Pukek Berasal dari Bengkulu
41 Tari Kejei Berasal dari Bengkulu
42 Tari Penyambutan Berasal dari Bengkulu
43 Tari Dzikir Saman Berasal dari Banten
44 Tari Katuran Berasal dari Banten
45 Tari Gitik Cokek Berasal dari Banten
46 Tari Bedug Warnane Berasal dari Banten
47 Tari Gitek Ganjen Berasal dari Banten
48 Tari Walijamaliha Berasal dari Banten
49 Tari Grebeg Terbang Gede Berasal dari Banten
50 Tari Bendrong Lesung Berasal dari Banten
51 Tari Bentang Banten Berasal dari Banten
52 Tari Topeng Berasal dari DKI Jakarta
53 Tari Yapong Berasal dari DKI Jakarta
54 Tari Sembah Berasal dari DKI Jakarta
55 Tari Sirih Kuning Berasal dari DKI Jakarta
56 Tari Lenggang Nyai Berasal dari DKI Jakarta
57 Tari Japin Betawi Berasal dari DKI Jakarta
58 Tari Cokek Berasal dari DKI Jakarta
59 Tari Dana – dana Berasal dari Gorontalo
60 Tari Elengge Berasal dari Gorontalo
61 Tari Tanam Padi Berasal dari Gorontalo
62 Tari Sabe Berasal dari Gorontalo
63 Tari Mopohuloo / Modepito Berasal dari Gorontalo
64 Tari Saronde Berasal dari Gorontalo
65 Tari Langga Berasal dari Gorontalo
66 Tari Tulude Berasal dari Gorontalo
67 Tari Sekapur Sirih Berasal dari Jambi
68 Tari Selampit Delapan Berasal dari Jambi
69 Tari Rangguk Berasal dari Jambi
70 Tari Inai Berasal dari Jambi
71 Tari Tauh Berasal dari Jambi
72 Tari Nitih Mahligai Berasal dari Jambi
73 Tari Sekato Berasal dari Jambi
74 Tari Liang Asak Berasal dari Jambi
75 Tari Serengkuh Dayung Berasal dari Jambi
76 Tari Rentak Kudo Berasal dari Jambi
77 Tari Kisan Berasal dari Jambi
78 Tari Topeng Kuncaran Berasal dari Jawa Barat
79 Tari Merak Berasal dari Jawa Barat
80 Tari Jaipong Berasal dari Jawa Barat
81 Tari Wayang Berasal dari Jawa Barat
82 Tari Ketuk Tilu Berasal dari Jawa Barat
83 Tari Keurseus Berasal dari Jawa Barat
84 Tari Buyung Berasal dari Jawa Barat
85 Tari Ronggeng Bugis Berasal dari Jawa Barat
86 Tari Sampiung Berasal dari Jawa Barat
87 Tari Serimpi Berasal dari Jawa Tengah
88 Tari Bambangan Cakil Berasal dari Jawa Tengah
89 Tari Kendalen Berasal dari Jawa Tengah
90 Tari Kethek Ogleng Berasal dari Jawa Tengah
91 Tari Sintren Berasal dari Jawa Tengah
92 Tari Jlantur Berasal dari Jawa Tengah
93 Tari Langen Asmara Berasal dari Jawa Tengah
94 Tari Driasmara Berasal dari Jawa Tengah
95 Tari Bondan Payung Jawa Tengah
96 Tari Bedhaya Berasal dari Jawa Tengah
97 Tari Gambyong Berasal dari Jawa Tengah
98 Tari Beksan Wireng Jawa Berasal dari Tengah
99 Tari Kuda Lumping Berasal dari Jawa Tengah
100 Tari Jathilan Berasal dari Jawa Tengah
101 Tari Prawiroguno Berasal dari Jawa Tengah
102 Tari Kumbang Berasal dari Jawa Tengah
103 Tari Merak Berasal dari Jawa Tengah
104 Tari Angsa Berasal dari Jawa Tengah
105 Tari Wira Pertiwi Berasal dari Jawa Tengah
106 Tari Remong / Remo Berasal dari Jawa Timur
107 Tari Jejer Berasal dari Jawa Timur
108 Tari Tanduk Majeng Berasal dari Jawa Timur
109 Tari Reog Kendang Berasal dari Jawa Timur
110 Tari Glipang Berasal dari Jawa Timur
111 Tari Gandrung Banyuwangi Berasal dari Jawa Timur
112 Tari Reog Ponorogo Berasal dari Jawa Timur
113 Tari Jaranan Buto Berasal dari Jawa Timur
114 Tari Gembu/Gambu Berasal dari Jawa Timur
115 Tari Beskalan Berasal dari Jawa Timur
116 Tari Sri Panganti Berasal dari Jawa Timur
117 Tari Momong Berasal dari Kalimantan Barat
118 Tari Zapin Tembung Berasal dari Kalimantan Barat
119 Tari Tandak Sambas Berasal dari Kalimantan Barat
120 Tari Pingan Berasal dari Kalimantan Barat
121 Tari Jonggan Berasal dari Kalimantan Barat
122 Tari Kondan Berasal dari Kalimantan Barat
123 Tari Kinyah Uut Danum Berasal dari Kalimantan Barat
124 Tari Pala Berasal dari Kalimantan Barat
125 Tari Pedang Berasal dari Kalimantan Barat
126 Tari Baksa Kembang Berasal dari Kalimantan Selatan
127 Tari Radab Rahayu Berasal dari Kalimantan Selatan
128 Tari Kuda Gepang Berasal dari Kalimantan Selatan
129 Tari Tambun dan Bungai Berasal dari Kalimantan Tengah
130 Tari Balean Dadas Berasal dari Kalimantan Tengah
131 Tari Hugo dan Huda Berasal dari Kalimantan Tengah
132 Tari Putri Malawen Berasal dari Kalimantan Tengah
133 Tari Tuntung Tulus Berasal dari Kalimantan Tengah
134 Tari Giring-giring Berasal dari Kalimantan Tengah
135 Tari Manasai Berasal dari Kalimantan Tengah
136 Tari Balian Bawo Berasal dari Kalimantan Tengah
137 Tari Balian Dadas Berasal dari Kalimantan Tengah
138 Tari Manganjan Berasal dari Kalimantan Tengah
139 Tari Kanjan Halu Berasal dari Kalimantan Tengah
140 Tari Deder Berasal dari Kalimantan Tengah
141 Tari Mandau Berasal dari Kalimantan Tengah
142 Tari Kinya Berasal dari Kalimantan Tengah
143 Tari Gong Berasal dari Kalimantan Timur
144 Tari Perang Berasal dari Kalimantan Timur
145 Tari Hudog dan Belian Berasal dari Kalimantan Timur
146 Tari Maropeng Berasal dari Kalimantan Timur
147 Tari Gantar Berasal dari Kalimantan Timur
148 Tari Ngeleway Berasal dari Kalimantan Timur
149 Tari Kencet Berasal dari Kalimantan Timur
150 Tari Datun Berasal dari Kalimantan Timur
151 Tari Kejien Berasal dari Kalimantan Timur
152 Tari Ngerangkaw Berasal dari Kalimantan Timur
153 Tari Kancet Ledo Berasal dari Kalimantan Utara
154 Tari Jepen Berasal dari Kalimantan Utara
155 Tari Magunatip (Lalatip) Berasal dari Kalimantan Utara
156 Tari Jugit Berasal dari Kalimantan Utara
157 Tari Blunde (Blundik) Berasal dari Kalimantan Utara
158 Tari Mance (Bemance) Berasal dari Kalimantan Utara
159 Tari Bangun Berasal dari Berasal dari Kalimantan Utara
160 Tari Jangget Berasal dari Lampung
161 Tari Bedana Berasal dari Lampung
162 Tari Malinting Berasal dari Lampung
163 Tari Lenso Berasal dari Maluku
164 Tari Cakalele Berasal dari Maluku
165 Tari Perang Berasal dari Maluku Utara
166 Tari Nabar Ilaa Berasal dari Maluku Utara
167 Tari Mpaa Lenggogo Berasal dari Nusa Tenggara Barat
168 Tari Batunganga Berasal dari Nusa Tenggara Barat
169 Tari Mpaa Sampari Berasal dari Nusa Tenggara Barat
170 Tari Gendang beleq Berasal dari Nusa Tenggara Barat
171 Tari Oncer Berasal dari Nusa Tenggara Barat
172 Tari Jangger Berasal dari Nusa Tenggara Barat
173 Tari Aristanewang Berasal dari Nusa Tenggara Barat
174 Tari Burdah Putra Mataram Berasal dari Nusa Tenggara Barat
175 Tari Daha Lira Berasal dari Nusa Tenggara Barat
176 Tari Gandrung Rembak Berasal dari Nusa Tenggara Barat
177 Tari Hadrah Berasal dari Nusa Tenggara Barat
178 Tari pertemuan Berasal dari Nusa Tenggara Barat
179 Tari Rudat Berasal dari Nusa Tenggara Barat
180 Tari Perang Berasal dari Nusa Tenggara Timur
181 Tari Gareng Lameng Berasal dari Nusa Tenggara Timur
182 Tari Meminang Berasal dari Nusa Tenggara Timur
183 Tari hopong Berasal dari Nusa Tenggara Timur
184 Tari Likurai Berasal dari Nusa Tenggara Timur
185 Tari Manekat Berasal dari Nusa Tenggara Timur
186 Tari Dodakado Berasal dari Nusa Tenggara Timur
187 Tari Teotona Berasal dari Nusa Tenggara Timur
188 Tari Leke Berasal dari Nusa Tenggara Timur
189 Tari Poto Wolo Berasal dari Nusa Tenggara Timur
190 Tari Wojorana Berasal dari Nusa Tenggara Timur
191 Tari Todagu Berasal dari Nusa Tenggara Timur
192 Tari Kandingangu Berasal dari Nusa Tenggara Timur
193 Tari Yappa Iya Berasal dari Nusa Tenggara Timur
194 Tari Hedung Berasal dari Nusa Tenggara Timur
195 Tari Suanggi Berasal dari Papua Barat dan Tengah
196 Tari Perang Berasal dari Papua Barat dan Tengah
197 Tari Selamat Datang Berasal dari Papua Timur
198 Tari Musyoh Berasal dari Papua Timur
199 Tari Tandak Riau Berasal dari Riau
200 Tari Joged Lambak Berasal dari Riau
201 Tari Alu Berasal dari Riau
202 Tari Ayam Sudur Berasal dari Riau
203 Tari Betabik Berasal dari Riau
204 Tari Boria Berasal dari Riau
205 Tari Damnah Berasal dari Riau
206 Tari Dayung Sampan Berasal dari Riau
207 Tari Dendang Dangkong Berasal dari Riau
208 Tari Engku Puteri Berasal dari Riau
209 Tari Gobang Berasal dari dari Kepulauan Anambas Riau
210 Tari Joged Bebtan Berasal dari Riau
211 Tari Joged Dangkong Berasal dari Riau
212 Tari Joged Kak Long dari Moro, Karimun Berasal dari Riau
213 Tari Joged Karimun Berasal dari Riau
214 Tari Joged Mak Dare Berasal dari Riau
215 Tari Joged Makcik Normah Berasal dari dari Batam Riau
216 Tari Joged Pantai Nongsa Berasal dari Riau
217 Tari Jogi Berasal dari Riau
218 Tari Ikan Kekek Berasal dari Riau
219 Tari Inai Berasal dari Riau
220 Tari Laksemane Bentan Berasal dari Riau
221 Tari Lang-lang Buana Berasal dari Riau
222 Tari Lenggang Cecak Berasal dari Riau
223 Tari Makyong Berasal dari Riau
224 Tari Marhaban Berasal dari Riau
225 Tari Marwah Gonggong dari Tanjungpinang Berasal dari Riau
226 Tari Masri Berasal dari Riau
227 Tari Melemang Berasal dari Riau
228 Tari Mendu Berasal dari Riau
229 Tari Menjunjung Duli Berasal dari Riau
230 Tari Mustika Kencana Berasal dari Riau
231 Tari Pasang Rokok Berasal dari Riau
232 Tari Persembahan Berasal dari Riau
233 Tari Rokana Berasal dari Riau
234 Tari Sekapur Sirih Berasal dari Riau
235 Tari Semah Kajang Berasal dari Riau
236 Tari Sirih Lelat Berasal dari Riau
237 Tari Tandak Berasal dari Riau
238 Tari Tandak Pengasih Berasal dari Riau
239 Tari Tarek Rawai Berasal dari Riau
240 Tari Tebus Kipas Berasal dari Riau
241 Tari Topeng Berasal dari Riau
242 Tari Zapin Berasal dari Riau
243 Tari Zapin Penyengat Berasal dari Riau
244 Tari Zapin Pesisir Berasal dari Riau
245 Tari Zapin Pulau Tujuh Berasal dari Riau
246 Tari Zapin Rentak Melayu Berasal dari Riau
247 Tari Zapin Tradisi Berasal dari Riau
248 Tari Zikir Barat Berasal dari Riau
249 Tari Toerang Batu Berasal dari Sulawesi Barat
250 Tari Ma’ Bundu Berasal dari Sulawesi Barat
251 Tari Bamba Manurung Berasal dari Sulawesi Barat
252 Tari Patuddu Berasal dari Sulawesi Barat
253 Tari Bulu Londong Berasal dari Sulawesi Barat
254 Tari Kipas Berasal dari Sulawesi Selatan
255 Tari Bosara Berasal dari Sulawesi Selatan
256 Tari Lumense Berasal dari Sulawesi Tengah
257 Tari Peule Cinde Berasal dari Sulawesi Tengah
258 Tari Pamonte Berasal dari Sulawesi Tengah
259 Tari Balumpa Berasal dari Sulawesi Tenggara
260 Tari Dinggu Berasal dari Sulawesi Tenggara
261 Tari Malulo Berasal dari Sulawesi Tenggara
262 Tari Maengkat Berasal dari Sulawesi Utara
263 Tari Polopalo Berasal dari Sulawesi Utara
264 Tari Poco-poco Berasal dari Sulawesi Utara
265 Tari Cakalele Berasal dari Sulawesi Utara
266 Tari Kabasaran Berasal dari Sulawesi Utara
267 Tari Tetengesan Berasal dari Sulawesi Utara
268 Tari Mane’e Berasal dari Sulawesi Utara
269 Tari Gunde Berasal dari Sulawesi Utara
270 Tari Tumatenden Berasal dari Sulawesi Utara
271 Tari Uwela Berasal dari Sulawesi Utara
272 Tari Mesalai Berasal dari Sulawesi Utara
273 Tari Mokosambe Berasal dari Sulawesi Utara
274 Tari Pasasanggorama Berasal dari Sulawesi Utara
275 Tari Piring Berasal dari Sumatera Barat
276 Tari Payung Berasal dari Sumatera Barat
277 Tari Tabuik Berasal dari Sumatera Barat
278 Tari Alang Babega Minangkabau Berasal dari Sumatera Barat
279 Tari Ambek-Ambek Koto Anau Berasal dari Sumatera Barat
280 Tari Barabah Berasal dari Sumatera Barat
281 Tari Gelombang Berasal dari Sumatera Barat
282 Tari Indang Badindin Berasal dari Sumatera Barat
283 Tari Kain Paisia Selatan Berasal dari Sumatera Barat
284 Tari Kiek Gadih Minang Berasal dari Sumatera Barat
285 Tari Lilin Berasal dari Sumatera Barat
286 Tari Paten Berasal dari Sumatera Barat
287 Tari Pasambahan Minang Berasal dari Sumatera Barat
288 Tari Piring Kubu Durian Padang Berasal dari Sumatera Barat
289 Tari Rancak Minangkabau Berasal dari Sumatera Barat
290 Tari Rancak Di Nan Jombang Berasal dari Sumatera Barat
291 Tari Randai Berasal dari Sumatera Barat
292 Tari Sabalah Berasal dari Sumatera Barat Sumatera Barat
293 Tari Sinar Riau Berasal dari Sumatera Barat
294 Tari Tempurung Berasal dari Sumatera Barat
295 Tari Tudung Saji Minangkabau Berasal dari Sumatera Barat
296 Tari Tanggal Berasal dari Sumatera Selatan
297 Tari Putri Bekhusek Berasal dari Sumatera Selatan
298 Tari Madik (Nindai) Berasal dari Sumatera Selatan
299 Tari Tenun Songket Berasal dari Sumatera Selatan
300 Tari Rodat Cempako Berasal dari Sumatera Selatan
301 Tari Mejeng Basuko Berasal dari Sumatera Selatan
302 Tari Tanggai Berasal dari Sumatera Selatan
303 Tari Gending Sriwijaya Berasal dari Sumatera Selatan
304 Tari Sebimbing Sekundang Berasal dari Sumatera Selatan
305 Tari Pagar Pengantin Sumatera Selatan
306 Tari Kebagh (Kemban Bidudari atau Bidudari) Berasal dari Sumatera Selatan
307 Tari Putri Bekhusek Berasal dari Sumatera Selatan
308 Tari Serampang Dua Belas Berasal dari Sumatera Utara
309 Tari Tor Tor Berasal dari Sumatera Utara
310 Tari Manduda Berasal dari Sumatera Utara
311 Tari Baluse Berasal dari Sumatera Utara
312 Tari Kuda Kuda Berasal dari Sumatera Utara
313 Tari Gundala Gundala Berasal dari Sumatera Utara
314 Tari Mulih Mulih Berasal dari Sumatera Utara
315 Tari Baka Berasal dari Sumatera Utara
316 Tari Begu Delleng Berasal dari Sumatera Utara
317 Tari Muncang Berasal dari Sumatera Utara
318 Tari Piso Surit Berasal dari Sumatera Utara
319 Tari Endeng Endeng Berasal dari Sumatera Utara
320 Tari Tortor Naposo Bulung Berasal dari Sumatera Utara
321 Tari Guro Guro Aron Terang Bulan Berasal dari Sumatera Utara
322 Tari Toping Toping Berasal dari Sumatera Utara
323 Tari Haroan Bolon Berasal dari Sumatera Utara
324 Tari Manduda Berasal dari Sumatera Utara
325 Tari Tatak Menapu Kopi Berasal dari Sumatera Utara
326 Tari Tatak Garo Garo Berasal dari Sumatera Utara
327 Tari Dembas Simanguda Berasal dari Sumatera Utara
328 Tari Tatak Muat Page Sumatera Utara
329 Tari Tatak Renggisa Sumatera Utara
330 Tari Balanse Madam Sumatera Utara
331 Tari Perang Berasal dari Sumatera Utara
332 Tari Maena Berasal dari Sumatera Utara
333 Tari Moyo Berasal dari Sumatera Utara
334 Tari Serampang Dua Belas Berasal dari Sumatera Utara
335 Tari Tradisional makyong Berasal dari Sumatera Utara
336 Tari Tradisional Kuda Kepang Berasal dari Sumatera Utara
337 Tari Tradisional Inang Berasal dari Sumatera Utara
338 Tari Serimpi Sangupati Berasal dari D.I. Yogyakarta
339 Tari Bedaya Berasal dari D.I. Yogyakarta
340 Tari Merak Berasal dari D.I. Yogyakarta
341 Tari Lawung Ageng Berasal dari D.I. Yogyakarta
342 Tari Rara Ngigel Berasal dari D.I. Yogyakarta
343 Tari Kumbang Yogyakarta Berasal dari D.I. Yogyakarta
344 Tari Beksan Srikandi Suradewati Berasal dari D.I. Yogyakarta
345 Tari Klono Rojo Yogyakarta (Klana Raja) Berasal dari D.I. Yogyakarta
346 Tari Golek Ayun-Ayun Yogyakarta Berasal dari D.I. Yogyakarta
347 Tari Arjuna Wiwaha Berasal dari D.I. Yogyakarta
348 Tari Satrio Watang Yogyakarta Berasal dari D.I. Yogyakarta
349 Tari Golek Sulung Dayung Yogyakarta Berasal dari D.I. Yogyakarta
350 Tari Langen Asmoro Yogyakarta Berasal dari D.I. Yogyakarta
351 Tari Topeng Walang Kekek Yogyakarta Berasal dari D.I. Yogyakarta
352 Tari Angguk Berasal dari D.I. Yogyakarta

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang  Tarian Daerah Terpopuler di Indonesia, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi