Isi Perjanjian Renville, Tujuan dan Dampaknya (Bahas Lengkap)

Isi Perjanjian Renville, Tujuan dan Dampaknya (Bahas Lengkap) – Bertemu lagi dengan artikel yang akan dibahas kali ini tentang perjanjian renville, pasti banyak yang belum mengetahui tentang perjanjian renville dan juga isi perjanjian tersebut.

Isi Perjanjian Renville, Tujuan dan Dampaknya (Bahas Lengkap)

Jadi sekarang kita akan membahas mengenai isi penjanjian renville supaya para pembaca dapat memahami dan juga mengetahui apa isi dari perjanjian renville. Supaya lebih jelasnya mari langsung saja kita bahas artikel berikut ini.

Isi Perjanjian Renville

Perjanjian renville ialah persetujuan yang sudah diadakan perundingan-perundingan yang sudah menghasilkan isi dari persetujuan dan juga perjanjian-perjanjian yang disebut dengan perjanjian renville atau juga persetujuan renville, perjanjian adalah perundingan yang berlangsung dikapal renville.  Kapal milik AS di bulan desember 1947 sehingga nama dari persetujuan ataupun perjanjian renville, renville tersebut diambil dari perundingan yang terjadi di kapal renville.

Pada persetujuan tersebut terdapat banyak poin atau isi dari pokok didalam persetujuan ataupun perjanjian yang ada didalam perjanjian ini dan juga didalam perjanjian renville mempunyai akibat bagi indonesia. Dikarenakan sangat merugikan pada isi pokoknya ini yang mengakibatkan tindakan dari belanda tidak berhenti dan juga lenyap tetapi semakin bertambah dan juga kekisruhan semakin bertambah banyak, karena akibat yang disebabkan isi pokok tersebut.

Perjanjian renville membuat belanda melakukan berbagai macam tindakan tanpa seizin dan juga persetujuan indonesia, sehingga perjanjian renville sama sekali tidak membuahkan hasil dan juga memberikan keuntungan bagi indonesia. Untuk lebih jelas tentang perjanjian renville mari kita lanjutkan pembahasan selanjutnya.

Perjanjian Renville

Dengan perantara dari KTN pada akhirnya dapat diadakannya perundingan kembali. Dan perundingan berlangsung di atas kapan renville, milik dari AS di bulan desember 1947. Delegasi indonesia yang diketuai oleh Amir Syarifudin, sedangkan dari delegasi belanda yang diketuai oleh Abdulkadir Wijoyoatmojo. Dan perundingan ini menghasilkan persetujuan renville yang juga ditandatangani oleh kedua belah pihak di bulan januari 1948.

Isi Pokok Perjanjian Renville

Isi dari perjandian ini mempunyai pokok didalamnya apa saja pokok tersebut? mari kita bahas dibawah ini.

  1. Belanda tetap berdaulat atas seluruh indonesia sampai kedaulatan diserahkan kepada republik indonesia serikat, yang harus segera dibentuk.
  2. RIS memiliki kedudukan yang sejajar dengan negeri belanda didalam UNI Indonesia-Belanda.
  3. Republik indonesia menjadi bagian negara dari RIS.
  4. Pasukan dari republik indonesia yang ada didaerah penduduk harus ditarik masuk ke daerah republik indonesia.
  5. Sebelun terbentuknya RIS belanda bisa menyerahkan sebagian dari kekuasaannya kepada pemerintahan federal sementara.

Tujuan Perjanjian Renville

Untuk menunjukan pada dunia internasional bahwa republik indonesia hanya salah satu negara kecil yang ada pada wilayah indonesia.

Dampak Dari Perjanjian Renville

Akibat dari perjanjian renville bagi republik indonesia, agar lebih jelasnya apa saja dampak yang disebabkan mari kita lanjutkan pembahasan berikut ini.

Isi Perjanjian Renville, Tujuan Dan Dampaknya Lengkap

  • Kabinet Amir Syarifudin Bubar ( Januari 1948)
    Karena kebijaksanaan politiknya yang menyetujui perjanjian renville yang ditentang keras oleh sebagian besar rakyat dan juga partai-partai. Perjanjian itu sangatlah merugikan bangsa indonesia.
  • Wilayah Kekuasaan Republik Indonesia Makin Berkurang
    Daerah-daerah yang direbut oleh belanda pada perang kolonial I yang lepas dari republik indonesia. Wilayah republik, baik di jawa ataupun di sumatra terpecah-pecah. Didaerah satu dengan yang lainnya terpisah dari daerah pendudukan belanda.
  • Medan Bersenjata Makin Menyempit
    Ribuan pasukan dari republik indonesia terpaksa harus hijrah dari daerah-daerah penduduk. Walaupun mereka sering melancarkan perang gerilya di belakang belanda.

Itulah penjelasan yang telah diberikan tentang Isi Perjanjian Renville, Tujuan dan Dampaknya (Bahas Lengkap) perjanjian ini memiliki poin atau pokok didalamnya, semoga bermanfaat 🙂

Baca juga:

Daftar Isi