Letak Indonesia Secara Geografis : Pengertian, Dampak, Faktor Pendukung, Kelebihan dan Kekurangannya

Letak Indonesia Secara Geografis : Pengertian, Dampak, Faktor Pendukung, Kelebihan dan Kekurangannya – Apakah yang di maksud dengan Letak Geografis Indonesia ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang letak geografis indonesia dan hal-hal lain tentangnya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Letak Indonesia Secara Geografis : Pengertian, Dampak, Faktor Pendukung, Kelebihan dan Kekurangannya


Letak geografis adalah letak posisi penentuan suatu daerah dengan daerah yang lain dilihat dari tempat di bagian mana dari bumi wilayah itu terletak atau berada.

Secara geografis, Indonesia terletak di antara Benua Australia dan Asia, serta di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Sedangkan secara astronomis, Indonesia terletak di 6°LU(Lintang Utara) – 11°LS (Lintang Selatan) dan 95°BT(Bujur Timur)-141°BT(Bujur Timur).


Dampak Letak Geografis Indonesia

Indonesia memiliki tiga iklim utama yaitu iklim panas (tropis), iklim muson (musim), dan iklim laut.
Iklim muson terjadi karna pengaruh angin musim yang bertiup berganti arah setiap setengah tahun sekali. Angin yang bertiup berasal dari timur laut dan bersifat kering sehingga akan menimbulkan musim kemarau terjadi pada bulan April hingga Oktober. Sementara itu, Angin bertiup yang berasal dari barat daya dan bersifat basah sehingga akan menimbulkan terjadinya musim hujan terjadi pada bulan Oktober hingga April.

Iklim laut terjadi karena posisi Indonesia yang banyak dikelilingi oleh laut dan samudera. Sehingga iklim ini menyebabkan lebih banyak mengalami musim penghujan.Sementara iklim panas atau tropis akan menyebabkan udara rata-rata yang ada di Indonesia menjadi panas. Hal tersebut terjadi karena Indonesia adalah negara yang terletak di sekitar garis khatulistiwa.

letak geografis Indonesia juga menyebabkan Indonesia memiliki dua musim. Hal ini dipengaruhi oleh angin musim yang berhembus tiap enam bulan sekali.Selain itu letak Indonesia yang berada di persilangan lalu lintas dunia membuat Indonesia sangat ramai dan menguntungkan jika ditinjau dari segi ekonomi.

Letak geografis indonesia juga berbatasan dengan negara-negara lainnya seperti berikut:

Baca Juga:  Bioma : Pengertian, Fungsi, Ciri, Faktor dan Jenisnya

Sebelah Utara, Indonesia berbatasan dengan Malaysia, Singapura, dan Filipina
Sebelah Selatan, Indonesia berbatasan dengan Australia
Sebelah Barat, Indonesia berbatasan dengan Samudera Hindia
Sebelah Timur, Indonesia berbatasan dengan Papua Nugini


Faktor Pendukung Letak Geografis Indonesia

Letak geografis Indonesia yang disebutkan di atas dipengaruhi oleh beberapa faktor. Berikut ini faktor-faktor pendukung tersebut :

Letak Astronomis

Letak astronomis merupakan letak suatu negara ataupun wilayah yang bisa diamati melalui garis bujur dan garis lintang astronomisnya.

Berdasarkan garis lintang 6°LU-11°LS, Indonesia berada di wilayah dengan iklim tropis yang mempunyai ciri-ciri:

  • curah hujan yang tinggi
  • terdapat hutan hujan tropis yang luas
  • sinar matahari sepanjang tahun
  • dan, kelembaban udara yang tinggi

Selain itu, Indonesia berada di garis bujur 95°BT-141°BT. Letak ini menyebabkan Indonesia memiliki tiga daerah waktu.Yaitu :

  • Waktu Indonesia bagian Barat (WIB)

Daerah yang berada di Indonesia bagian barat mempunyai selisih waktu +7 terhadap GMT (Greenwich Mean Time). Wilayah-wilayahnya antara lain yaitu Sumatera, Jawa, Madura, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

  • Waktu Indonesia bagian Tengah (WITA)

Wilayah Indonesia tengah mempunyai selisih waktu +8 terhadap GMT (Greenwich Mean Time). Wilayah-wilayahnya antara lain yaitu Bali, Nusa Tengara, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Pulau Sulawesi, dan pulau-pulau kecil sekitarnya.

  • Waktu Indonesia bagian Timur (WIT)

Indonesia bagian timur mempunyai selisih waktu +9 terhadap GMT (Greenwich Mean Time). Wilayah-wilayahnya antara lain adalah Kepulauan Maluku, Papua, Papua Barat, dan pulau-pulau kecil sekitarnya.

Selain itu, letak Astronomis Indonesia memiliki beberapa pengaruh sebagai berikut:

  • tidak mempunyai musim dingin yang merepotkan
  • suhu udara cenderung hangat hingga panas
  • curah hujan yang cukup tinggi
  • banyak terdapat hutan hujan tropis.

Letak Fisiologis

Letak fisiologis merupakan posisi dimana wilayah dapat diamati menurut segi fisiknya. Yaitu garis bujur dan garis lintang, letak dengan wilayah lain, jenis batuan yang ada, relief permukaan bumi dan semua yang berkaitan dengan laut.

Letak fisiologis sendiri merupakan gabungan dari letak geografis, astronomis, geologis dan zona laut. Terdapat 3 lautan besar yang mengelilingi Indonesia dan menjadi batas dari zona laut.Dimana di selatan Indonesia berhadapan dengan Samudera Hindia, di utara berhadapan dengan laut Cina Selatan. Serta di bagian timur dengan Samudera Pasifik.

Baca Juga:  √ Pengertian Erosi, Penyebab, Dampak, Proses & Jenisnya (Lengkap)

Letak Geologis

Indonesia memiliki letak geologis di antara 2 sirkum yaitu Sirkum Mediterania dan Sirkum Pasifik. Dan terletak pada tiga lempeng utama dunia, yaitu lempeng Pasifik, Australian dan Eurasia. Letak geologis sendiri merupakan letak wilayah yang dilihat dari faktor kondisi batuan di permukaan bumi.

Posisi ini yang membuat Indonesia sering sekali dilanda gempa dan gunung meletus. Bahkan sebagian besar gunung-gunung di Idnonesia merupakan gunung api aktif.

Letak Indonesia Secara Geografis : Pengertian, Dampak, Faktor Pendukung, Kelebihan dan Kekurangannya

Kelebihan Letak Geografis Indonesia

Inilah beberapa kelebihan karena letak geografis indonesia,yaitu:

  • Indonesia terletak di antara 2 Benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia. Sehingga indonesia dapat menjalin hubungan yang baik di negara-negara di benua tersebut.
  • Begitu banyaknya pulau di Indonesia membuat Indoensia kaya akan budaya.
  • Laut yang luas dan garis pantai yang panjang memungkinkan hasil laut di Indonesia yang kaya seperti ikan, karang, minyak bumi, dan mineral lainnya.
  • Indonesia berada di kawasan Tropis, membuatnya kaya akan hasil hutan sebab ada banyak sekali jenis tanaman dan mudahnya tumbuhan hidup subur.
  • Tanah subur di Indonesia menghasilkan banyak jenis pertanian.
  • Indonesia menjadi paru-paru dunia karena wilayah hutan di Indonesia yang luas.

Kekurangan Letak Geografis Indonesia

Selain memiliki kelebihan, letak geografis Indonesia memiliki beberapa kekurangan sebagai berikut:

  • berpotensi rusaknya lingkungan fisik seperti lahan kritis dan abrasi, pencemaran air dan udara.
  • Munculnya kerusakan lingkungan biotis seperti ilegal logging, penurunan flora dan fauna, kerusakan sistem pantai, danau, dan sungai.
  • kerusakan SDA seperti illegal mining, illegal fishing, dan eksploitasi berlebihan.
  • bencana alam gempa bumi, longsor, tsunami, erosi, banjir, kekeringan, badai dan semacamnya.
  • kurangnya pengembangan potensi seni dan budaya lokal dari setiap etnik dan pudarnya ciri kehidupan mulai dari bahasa, adat istiadat, bangunan rumah, serta tata cara pergaulan.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Letak Indonesia Secara Geografis , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.