Contoh Kronologi : Pengertian dan Fungsi Kronologi

Contoh Kronologi : Pengertian dan Fungsi Kronologi – Apa yang di maksud kronologi dan apa contohnya ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas kronologi dan hal-hal lain tentangnya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Contoh Kronologi : Pengertian dan Fungsi Kronologi


Kronologi merupakan catatan kejadian atau peristiwa yang telah terjadi,berikut adalah beberapa contoh kronologi daintaranya adalah sebagai berikut :

Kronologi Kecelakaan

Pada tanggal 5 Juni 2018, pukul 13.00 WIB saya sedang bertugas mengantarkan barang pesanan dari toko Bukalapak yaitu sebuah LCD dengan menggunakan mobil inventaris perusahaan jasa pengiriman barang tempat saya bekerja.

Pada saat itu saya mengendarai mobil dengan kecepatan 80KM/jam dan tepat di perempatan Jl. Kuningan ada sebuah motor didepan saya tiba tiba berhenti mendadak. Saya pun berusaha menghidndarinya dengan membanting stir ke kiri dan akhirnya saya menabrak tiang listrik. Kepada saya terbentur stri mobil dan saya pun tidak sadarkan diri. Hingga pukul 22.15 malam saya baru tersadar dan sudah berada di rumah sakit.

Ternyata orang yang mengendarai sepeda motor tersebut bertanggung jawab dengan mengganti rugi kerusakan mobil dan bersedia membayar biaya pengobatan saya.

Kronologi Sejarah Soeharto mengundurkan diri

12 Mei Tragedi Trisakti, 4 Mahasiswa Trisakti terbunuh.

13 Mei Kerusuhan Mei 1998 pecah di Jakarta. Kerusuhan juga terjadi di kota Solo. Soeharto yang sedang menghadiri pertemuan negara-negara berkembang G-15 di Kairo, Mesir, memutuskan untuk kembali ke Indonesia. Sebelumnya, dalam pertemuan tatap muka dengan masyarakat Indonesia di Kairo, Soeharto menyatakan akan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai presiden. Etnis Tionghoa mulai eksodus meninggalkan Indonesia.

14 Mei Demonstrasi terus bertambah besar hampir di seluruh kota-kota di Indonesia, demonstran mengepung dan menduduki gedung-gedung DPRD di daerah.

18 Mei Ketua MPR yang juga ketua Partai Golkar, Harmoko, meminta Soeharto untuk turun dari jabatannya sebagai presiden.

19 Mei Soeharto berbicara di TV, menyatakan dia tidak akan turun dari jabatannya, tetapi menjanjikan pemilu baru akan dilaksanakan secepatnya. Beberapa tokoh Muslim, termasuk Nurcholis Madjid dan Abdurrahman Wahid, bertemu dengan Soeharto.

20 Mei Harmoko mengatakan Soeharto sebaiknya mengundurkan diri pada Jumat 22 Mei, atau DPR/MPR akan terpaksa memilih presiden baru. Sebelas menteri kabinet mengundurkan diri, termasuk Ginandjar Kartasasmita, milyuner kayu Bob Hasan, dan Gubernur Bank Indonesia Syahril Sabirin.

21 Mei Soeharto mengumumkan pengunduran dirinya pada pukul 9.00 WIB Wakil Presiden B.J. Habibie menjadi presiden baru Indonesia.

Pengertian Kronologi

Setelah melihat beberapa contoh kronologi diatas kita tentu dapat mengerti dengan mudah apa pengertian dari kronologi tersebut :

Secara etimologi pengertian kronologi berasal dari bahasa Yunani “Chronos” yang berarti waktu dan “logos” yang berarti ilmu. Sedangkan secara terminologi pengertian kronologi adalah ilmu tentang waktu. Secara umum, kronologi dalam sejarah diartikan sebagai urutan peristiwa dari peristiwa yang paling lama terjadi hingga yang paling akhir.

Kronologi adalah catatan kejadian-kejadian yang diurutkan sesuai dengan waktu terjadinya. Kronologi dalam peristiwa sejarah bisa membantu merekonstruksi kembali suatu peristiwa berdasarkan urutan waktu secara tepat, selain itu bisa juga membantu untuk membandingkan kejadian sejarah dalam waktu yang sama di tempat berbeda yang terkait peristiwanya.

Kronologi merupakan salah satu cabang ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia, maka sejarah memiliki aspek kronologi. Aspek kronologi yaitu aspek periodisasi yang didasarkan pada perkembangan urutan waktu.

Selain pengertian diatas, adapula pengertian kronologi menurut para ahli, salah satunya yaitu:
Menurut Hendrayana (2009:13), Kronologi sejarah berkaitan dengan periodesasi sejarah. Kronologi sejarah diperlukan karena dalam peristiwa-peristiwa sejarah terdiri berbagai jenis dan bentuk yang berbeda. Setiap peristiwa perlu diklasifikasi berdasarkan jenis dan bentuk peristiwanya. Peristiwa-peristiwa yang telah diklasifikasikan itu lalu disusun secara runtut berdasarkan waktu kejadian berlangsung. Sehingga dapat diartikan bahwa masing-masing peristiwa tersebut disusun dari masa yang paling awal hingga masa yang paling akhir.

Contoh Kronologi : Pengertian dan Fungsi Kronologi

Fungsi Kronologi

Adapun fungsi kronologi dalam sejarah, diantaranya yaitu:

  • Membantu menghindari terjadinya kerancuan dalam pembabakan waktu sejarah
  • Merekonstruksi peristiwa sejarah yang terdapat di masa lalu yang berdasarkan urutan waktu yang tepat.
  • Menghubungkan dan juga membandingkan sejarah di tempat lain dalam waktu yang sama
  • Mempermudah dalam Pembelajaran Sejarah atau peristiwa yang teleh lewat yang ingin kembali di ketahui
  • Mempermudah dalam menarik hubungan sebab akibat suatu peristiwa
  • Mempermudah dalam penggolongan peristiwa sejarah berdasar kejadian

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Contoh Kronologisemoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi