√ Paragraf Naratif : Pengertian, Ciri, Macam dan Contohnya

Paragraf Naratif : Pengertian, Ciri, Macam dan Contohnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Paragraf Naratif. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian paragraf naratif, ciri, macan dan contohnya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel paragraf naratif dibawah ini.

Paragraf Naratif : Pengertian, Ciri, Macam dan Contohnya

Paragraf Naratif yaitu serangkaian kalimat yang tersusun dan digunakan sebagai penjelas ide pokok. Ada berbagai cara dalam membuat kalimat agar dapat menjadi paragraf yang mudah untuk dipahami.

Teknik ini disebut juga teknik pengembangan paragraf yaitu cara dalam merangkai kalimat dengan pola pengembangan paragraf.

Ada berbagai pola dalam pengembangan paragraf yakni pola induktif, sebab akibat, deduktif, proses, deskriptif, pertentangan, contoh, kronologis dan perbandingan.

Pada pengertian lain Paragraf naratif yaitu jenis karangan yang mengungkapkan suatu peristiwa, pengalaman peribadi, kisah yang berdasarkan urutan peristiwa atau kejadian. Paragraf ini juga merupakan paragraf yang berisi tentang pemaparan pada suatu kejadian yang tersusum dalam kesatuan waktu.

Hal ini biasa terjadi atau dalam keadaan peristiwa dimana tokohnya mengalami kejadian yang penting. Perihal yang dialami oleh tokoh atau konflik antar tokoh membuat bagian ini menjadi menarik dalam sebuah naratif.

Didalam paragraf naratif kalimat satu dengan lainnya memiliki hubungan yang berurutan. Setiap peristiwa yang ditampilkan dalam bentuk kalimat yang mempunyai sifat kronologis. Agar dapat menghubungkan antara kalimat lainnya biasanya paragraf tersebut digunakan penghubung atau konjungsi.

Ciri Paragraf Naratif

Berikut ini adalah beberapa ciri dari paragraf naratif, antara lain yaitu:

  • Ada tokoh, tempat, waktu, serta suasana yang diceritakan.
  • Mementingkan urutan waktu atau urutan peristiwa.
  • Tidak hanya terdapat didalam karya fiksi (cerpen, novel, roman) serta terdapat dalam tulisan nonfiksi (biografi, cerita nyata didalam surat kabar, sejarah, riwayat perjalanan)

Contoh Paragraf Naratif

Dialah Amelia. Umur tujuh tahun. Ibunya merupakan asisten rumah tangga, sedangkan ayahnya berkerja sebagai petani. Mereka tinggal di Kreyan, sebuah desa subur yang berada di daerah malang. Walaupun upah sang ayah kecil, istri dan anaknya itu hidup bahagia. Amel punya boneka Bear besar.

Minggu pagi, 22 Januari, si kecil seperti biasa menemani ibu menyiapkan makan didapur sedangkan ayahnya berada di ruang tamu sambil menonton tv.  Pada saat itu tanah tiba-tiba bergoyang, bergetar lebih dari 30 detik. Secepat kilat ibunya menyampiri Amel, bergegas ketanah lapang dan juga sang ayah pun berlari keluar rumah.

Dari kejauhan mereka melihat rumah mereka sudah roboh sama dengan tanah dan debu sudah naik. Sambil menggendong Amel, dia dengan napas sesak dihampiri dengan oleh ayahnya. Tidak hanya rumah mereka yang roboh ada pula rumah lain yang mengalami hal yang sama.

Paragraf Naratif Pengertian Ciri Macam dan Contohnya

Macam Paragraf Naratif

Pada umumnya paragraf naratif dapat dibedakan menjadi 2 macam, antara lain yaitu:

Paragraf Naratif Urutan Waktu

Paragraf naratif urutan waktu yakni paragraf yang menonjolkan sisi urutan waktu terjadinya peristiwa. Hal tersebut sering disebut dengan istilah kronologi yang mana kata yang menunjukan penanda waktu. Contohnya mulai besok, dua minggu yang lalu, beberapa hari yang lalu, pukul 10.00 WIB, kemarin, serta nanti.

Paragraf naratif ini dapat berupa fakta serta fiktif. Naratif fakta ini berupa biografi atau autobiografi suatu tokoh. Naratif fiktif ini berupa karya sastra yang membentuk prosa, seperti misalnya cerpen, novel, serta drama.

  • Contoh Paragraf Naratif Urutan Waktu

Siang ini suasana tampak lain dari hari-hari sebelumnya. Semua siswa dan siswa tampak antusias dan juga bersemangat. Karena pada pukul 13.00 nanti akan diadakan karnaval kebudayaan yang melibatkan semua siswa dan siswa kelas 4 sampai kelas 6 tanpa kecuali. Semua bentuk perlengkapan kostum dan properti sudah disiapkan beberapa hari sebelum karnaval kebudayaan ini dilaksanakan.

Paragraf Naratif Urutan Tempat Kejadian

Pada paragraf naratif urutan kejadian biasanya paragraf ini menonjolkan tempat atau lokasi terjadinya kejadian atau peristiwa.

  • Contoh Paragraf Naratif Urutan Tempat

Di halaman depan gedung pengadilan yang besar itu berkerumun ribuan orang. Kabarnya mereka akan menjadi suporter dari salah satu temannya yang nanti akan diadili dalam kasus pencemaran nama baik. Setibanya diruang sidang, hakim itu membuka persidangan. Gerombolan orang tadi sebagian sudah memenuhi kursi didalam ruang yang sama. Tidak terkendali sekali suasananya persidangan tersebut. Hakim berusaha untuk menenangkan suasana. Sidang diskor. Jaksa, hakim, dan juga pengacara meninggalkan tempat menuju ruang khusus di lantai dua. Di sana, saksi serta juga terdakwa duduk gelisah.

Demikian penjelasan tentang Paragraf Naratif : Pengertian, Ciri, Macam dan Contohnya, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Daftar Isi