√ Pengertian Paragraf Argumentasi, Ciri, Cara Membuat, Jenis dan Contohnya

Pengertian Paragraf Argumentasi, Ciri, Cara Membuat, Jenis dan Contohnya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Paragraf Argumentasi. Yang meliputi pengertian, ciri-ciri, cara membuat, jenis-jenis dan cara membuat paragraf argumentasi dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami.

Pengertian Paragraf Argumentasi, Ciri, Cara Membuat, Jenis dan Contohnya

Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Paragraf Argumentasi

Paragraf argumentasi merupakan paragraf yang mengandung pendapat atau sikap yang diikuti dengan alasan, contoh dan bukti yang meyakinkan menjadikan pembaca akan memberikan isi paragraf tersebut.

Definisi lain dari paragraf argumentasi yaitu paragraf yang gagasan utamanya dikembangkan dengan acara menerangkan pendapat, ulasan, bahasan atau ide pribadi dari penulis.

Tujuan paragraf argumentasi adalah dapat meyakinkan atau mempengaruhi pembaca supaya memiliki pendapat yang sama dengan penulis. Supaya tujuan tersebut bisa terlaksana, maka paragraf argumentasi harus diikuti dengan fakta akurat seperti data, hasil penelitian, teori ahli, contoh dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan untuk memperkuat pendapat yang diterangkan.

Ciri-ciri Paragraf Argumentasi

Paragraf argumentasi memiliki ciri atau karakteristik sebagai berikut:

  • Mengandung pendapat, pandangan atau keyakinan penulis kepada sebuah permasalahan
  • Mempunyai data akurat yang dipakai untuk meyakinkan pembaca
  • Menerangkan permasalahan dengan cara menganalisa dan menganalogikan
  • Pada akhir diberikan kesimpulan dalam bentuk pendapat yang lebih luas bukan merupakan penegasan kembali pada topik utama.

Cara Membuat Paragraf Argumentasi

Untuk membuat suatu paragraf argumentasi terdapat beberapa langkah yang harus diikuti, yaitu:

  • Menetapkan tema atau topik permasalahan yang hendak dibahas
    Merumuskan tujuan penulisan paragraf
  • Menyatukan data atau bahan. Data tersebut bisa dalam bentuk bukti, fakta, atau pernyataan yang mendukung.
  • Membuat kerangka paragraf tersebut
  • Melakukan pengembangan kerangka yang sudah dibuat sehingga menjadi paragraf

Jenis-jenis Dan Contoh Paragraf Argumentasi

Paragraf argumentasi memiliki beberapa jenis, antara lain dibawah ini:

Paragraf Argumentasi Sebab Akibat

Paragraf Argumentasi sebab akibat ini dimulai dengan pendapat yang berbentuk sebab-sebab dari permasalahan tertentu yang pada akhirnya diarahkan kepada sebuah kesimpulan umum yang dinamakan dengan akibat dari sebab-sebab tersebut. Dibawah ini adalah contoh paragraf argumentasi sebab akibat.

Pendidikan di Indonesia masih berada dibelakang dari pendidikan negara-negara lain di dunia. Bahkan negara kita masih kalah dengan negara tetanggga kita, yakni Malaysia dan Singapura dalam hal pendidikan.

Hal ini dapat dilihat dari banyaknya penduduk mereka yang melanjutkan pendidikan sampai ke perguruan tinggi. Sedangkan di Indonesia, jumlah penduduk yang mengenyam pendidikan masih jauh tertinggal, bahan di daerah-daerah tertinggi seperti Papua, NTT, NTB dan daerah lainnya.

Tertinggalnya pendidikan di daerah-daerah seperti itu dikarenakan oleh tidak meratanya pendidikan di Negara kita. Pemerintah hanya membangun fasilitas-fasilitas pendidikan di daerah-daerah perkotaan.

Dan juga karena minimnya jumlah guru di daerah tersebut menambah semakin jauhnya akses pendidikan di tempat itu. Akibatnya pendidikan di Indonesia tidak merata dan tertinggal, menjadikan tidak bisa bersaing dengan Negara-Negara lain di dunia.

Paragraf Argumentasi Akibat-Sebab

Paragraf argumentasi ini dimulai dengan pendapat-pendapat yang dalam bentuk akibat dari suatu permasalahan tertentu dan pada akhir bagian paragraf tersebut dijelaskan apa yang menjadi sebab akibat-akibat tersebut. Dibawah ini adalah contoh paragraf akibat-sebab.

Jumlah kecelakaan di jalan raya tahun ini melonjak tajam. Babhkan lebih parah dari lima tahun terakhir. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh pihak kepolisian, tahun lalu jumlah kasus kecelakaan di jalan hanya sekitar 4.500, dibandingkan dengan tahun ini yang telah mencapai 5.300 kasus, di H+2 lebaran, menjadikan dipaskan akan makin bertambah jumlahnya.

Dari 5.300 kasus itu, presentase yang paling banyak merupakan kendaraan bermotor. Tingginya angka kecelakaan ini dikarenakan oleh bertambahnya jumla pemudik yang memakai kendaaran bermotor.

Paragraf Argumentatif Rincian

Paragraf argumentasi rincian merupakan paragraf argumentasi yang mengandung pendapat dan alasan penulis yang diikuti dengan beberapa rincian. Dibawah ini adalah contoh paragraf argumentasi rincian:

Penggalian pasar yang dilakukan di daerah dataran tinggi yang ada di aliran hulu sungai seharusnya memperoleh perhatian dari pemerintah, karena apabila dibiarkan berkelanjutan maka akan terjadi kerusakan alam yang dapat mengakibatkan bencana yang bisa membuat rugi semua masyarakat yang tinggal di sekitarnya. Bukti bencana alam yang disebabkan penggalian pasar disekitar perbukitan secara nyata sebagai penyebab bencana alam diantaranya:

  • Banjir bandang, contoh terbaru adalah banjir bandang di daerah garut yang teridentifikasi disebabkan karena rusaknya area dataran tinggi di daerah hulu sungai cimanuk
  • Kerusakan alam, kerusakan alam yang terjadi merupakan rusaknya lingkungan dan gundulnya hutan yang ada di sekitar pasar
  • Pencemaran lingkungan , asap kendaraan proyek penggalian pasar dan pengolahan batu mengakibatkan penyakit ispa dan dirasakan oleh warga sekitar pembangunan pasar
  • Dan lain sebagainya.

Pengertian Paragraf Argumentasi, Ciri-Ciri, Cara Membuat, Jenis, Contoh

Paragraf Argumentatif Contoh

Paragraf argumentatif contoh merupakan paragraf yang mengandung pendapat dan alasa penulis yang diikuti dengan beberapa contoh sebagai bukti bahwa pendapat penulis benar dan tidak dapat di sanggkal lagi oleh pembaca. Dibawah ini adalah contoh paragraf argumentatif contoh.

Facebook memang dibuat khusus untuk media pertemanan secara dunia maya tetapi pada kenyataannya media sosial yang satu ini tidak selamanya memberikan efek positif. Ini disebabkan terdapat beberapa tindakan kriminal yang sumbernya dari media sosial ini. Contohnya adalah penculikan, penipuan, dan efek negatif lainn yang berhasil di ungkap oleh kepolisian, oleh sebab itu bijak dan selalu berhati-hati pada saat memakai aplikasi ini.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Paragraf Argumentasi, Ciri, Cara Membuat, Jenis dan Contohnya, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi