Pengertian Argumentasi : Pengertian Menurut Para Ahli, Ciri dan Tujuan

Pengertian Argumentasi : Pengertian Menurut Para Ahli, Ciri dan Tujuan – Apakah Pengertian Argumentasi itu ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apa yang dimaksud argumentasi dan unsur -unsur lain tentangnya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Pengertian Argumentasi : Pengertian Menurut Para Ahli, Ciri dan Tujuan


Istilah “argumentasi” berasal dari Bahasa Inggris “argumentation” yang berarti uraian, pembuktian, atau dalil. Sehingga argumentasi bisa juga didefinisikan sebagai suatu usaha untuk meyakinkan orang lain dengan menyampaikan pendapat, pernyataan, sikap yang didukung fakta yang benar.

Secara umum, pengertian argumentasi (argumentation) adalah suatu tindakan atau proses penalaran secara sistematis untuk mendukung ide, tindakan, atau teori, dengan tujuan untuk meyakinkan atau mempengaruhi orang lain.

Argumentasi juga diartikan sebagai alasan untuk memperkuat atau menolak suatu pendapat, pendirian, atau gagasan, dengan tujuan untuk membujuk atau meyakinkan orang lain. Dalam penyampaian argumentasi umumnya disertai dengan penjelasan, bukti, alasan, serta ulasan objektif disertai contoh, analogi, dan sebab-akibat.

Pengertian Argumentasi Menurut Para Ahli


Gorys Keraf (1997:99)

Menurut Gorys Keraf, pengertian argumentasi adalah suatu retorika yang berupaya untuk mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain, sehingga mereka percaya dan bertindak sesuai dengan apa yang diinginkan penulis atau pembicara. Melalui argumentasi seseorang berusaha merangkai fakta-fakta sedemikian rupa, sehingga ia mampu menunjukkan apakah suatu pendapat atau suatu hal tertentu itu benar atau tidak.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, pengertian argumentasi adalah alasan yang dipakai untuk mendukung atau menolak suatu gagasan dan pendapat orang lain dengan disertai alasan yang rasional dan objektif.

Aceng Hasani (2005:43)

Menurut Aceng Hasani, pengertian argumentasi adalah suatu karangan yang mencoba untuk mempengaruhi orang lain dengan menghadirkan bukti yang memperkuat argumen dimana penyajiannya dilakukan secara logis dan faktual dengan tujuan pembaca atau pendengar tertarik dengan yang dikemukakan oleh penulis.

Adeng Chaedar Alwasilah (2005:116)

Menurut Adeng Chaedar Alwasilah, pengertian argumentasi adalah suatu esai yang bertujuan untuk membuktikan kebenaran atau ketidakbenaran pernyataan.

Pengertian Argumentasi : Pengertian Menurut Para Ahli, Ciri dan Tujuan

Ciri-Ciri Argumentasi

Secara umum, ciri-ciri atau karakteristik argumen diantaranya yaitu:

  • Mengandung gagasan, pandangan, pernyataan, atau pendapat seseorang tentang suatu permasalahan, yang disampaikan secara lisan maupun tulisan.
  • Penyampaiannya selalu menyertakan alasan dengan tujuan untuk meyakinkan orang lain tentang pendapat yang disampaikan.
  • Selalu disertai dengan data-data yang valid, faktual, objektif dan mengandung kebenaran, untuk memperkuat pendapat yang disampaikan.
  • Dapat merumuskan suatu permasalahan secara kritis, logis, analisis, dan analog.

Tujuan Argumentasi

Penyampaian suatu argumentasi dilakukan degan tujuan tertentu yang ingin dicapai. Berikut ini adalah beberapa tujuan argumentasi diantaranya:

1. Mengemukakan Pendapat
Tujuan paling umum argumentasi adalah untuk mengemukakan pendapatnya kepada orang lain. Dalam mengemukakan pendapat, seseorang dapat mendukung atau menentang pendapat orang lain.

2. Mempengaruhi Orang Lain
Pada umumnya orang menyampaikan argumentasi dengan tujuan untuk mempengaruhi orang lain sehingga gagasan dan pendapatnya diterima atau dilakukan.Tetapi ada kalanya juga penyampaian pendapat  semata-mata untuk menyampaikan suatu pandangan, bukan untuk mempengaruhi.

3. Mengupayakan Pemecahan Masalah
Argumentasi juga biasanya bertujuan mencari solusi atau pemecahan suatu permasalahan.Biasanya ada suatu permasalahan yang dikemukakan dibutuhkan pendapat dan saran dari berbagai pihak.

4. Mendiskusikan Suatu Permasalahan
Argumentasi juga tentu dapat bertujuan untuk mendiskusikan suatu permasalahan tanpa harus mencapai titik tertentu,Maksudnya, jika ada suatu permasalahan yang dibahas namun tidak harus mencapai titik yang pas karena perbedaan pendapat yang sama-sama kuat.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Pengertian Argumentasisemoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi