Contoh Referensi : Pengertian, Jenis, Tujuan, dan Sumber

Contoh Referensi : Pengertian, Jenis, Tujuani, Sumber – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Referensi. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Contoh Referensi : Pengertian, Tujuan Referensi, Sumber, Contoh Referensi secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang pengertian mitigasi diabwah ini.

Contoh Referensi : Pengertian, Jenis, Tujuani, Sumber

Referensi yaitu suatu sumber yang digunakan sebagai pemberian data untuk memperkuat statment dengan tegas. Atau bisa disebut juga dengan “Rujukan”. Referensi juga menggunakan data yang faktual dan non faktual. Referensi faktual terdiri atas satistik sebagai contoh, kesaksian, dan objek yang nyata. Referensi juga dapat berupa nilai-nilai dan kredinilitas. Sumber modul referensi yaitu tempat modul yang ditemui.

Jenis – jenis Referensi

Modul Referensi faktual dan non faktual dapat dibagi menjadi 3 jenis, yaitu sebagai berikut:

• Fakta semacam, statistik, contoh- contoh serta kesakisan
• Nilai yang digunakan oleh orang yang menerima argumentasi ( orang banyak)
• Kredibilitas pemberi data. Beberapa jenis pemberi data mungkin beralih ke pengalamannya sendiri untuk meyakinkan pendengar bahwa dia adalah orang yang cakap.

Karya Referensi

Karya referensi adalah suatu bentuk publikasi atau buku ilmiah tertentu yang dapat digunakan sebagai dasar pernyataan atau gagasan melalui fakta-fakta yang dapat dibuktikan. Karya referensi bisa berbentuk file elektronikn ataupun dalam bentuk fisik. Tak hanya itu, buku cetak dan publikasi penelitian yang sering digunakan meliputi kamus, ensiklopedi, buku tahunan, tesaurus, jurnal ilmiah, katalog, manuskrip, dan atlas nyata. Sedangkan data dari dokumen elektronik ini biasanya berbentuk DVD, CD-ROM, data rekaman, program aplikasi atau internet.

Tujuan Pembuatan Referensi

Berikut merupakan bebrapa tujuan pembuatan referensi :

  • Menjauhi plagiarisme

Penggunaan referensi dimaksudkan agar tidak menjadi tindakan penjiplakan atau Olagiat atas karya orang lain. Sebuah artikel umumnya menjadi kekayaan intelektual penulisnya. Jadi jika seorang penulis menggunakan teori, kalimat atau pendapat yang digunakan dari sumber lain harus menyatakan sumbernya dengan jelas.

  • Menghargai karya seseorang

Referensi juga harus masukkan karena sebagai bentuk apresiasi atas karya orang lain. Secara umum pendapat atau teori orang lain dapat diambil dan digunakan secara gratis dalam menyelesaikan sebuah karya tulis. Jadi untuk memberi penghargaan harus diberi referensi yang jelas tentang sumber teori tersebut yang ditulis secara lengkap dengan menggunakan metode ataupun cara penulisan referensi tertentu.

  • Memperkuat teori dan argumentasi

Referensi digunakan sebagai bahan pendukung dari teori atau argumentasi yang dituangkan dalam tulisan. Referensi menjadi dasar untuk menyampaikan argumentasi agar memiliki dasar yang kuat dan dapat diterima oleh publik sebagai opini yang dapat dipertanggungjawabkan.

  • Mempermudah para pembaca mencari sumber yang benar

Tak hanya itu referensi juga bertujuan memberikan informasi kepada pembaca mengenai sumber aslinya dan dilengkapi oleh suatu opini ataupun teori. Dengan referensi ini, pembaca dapat memperoleh informasi yang lebih lengkap sesuai dengan kebutuhannya.

Pengelompokan koleksi rujukan bersumber pada watak datanya:

  • Tipe referensi universal yang muat data menimpa kata beserta istilah
  • Tipe referensi universal ini memuat sumber data yang menimpa sumber kepustakaan
  • Tipe referensi universal yang yang lain, tercantum dalam kelompok ini merupakan novel petunjuk ataupun pegangan

Referensi menggunakan kata kerja to refer yang mempunyai makna yang menunjukan kepada. Rujukan merupakan referensi tentang data yang di gunakan penulis ataupun pustakawan buat menolong memperoleh data bersumber pada sumbernya. Biasanya pada bibliotek novel referensi ini dikumpulkan.

Umumnya novel referensi dikumpulkan dalam daftar pustaka dan disebut sebagai “koleksi referensi”, dan ruang penyimpanan disebut sebagai “ruang referensi”. Biasanya novel rujukan selalu ada dalam daftar pustaka untuk dijadikan novel rujukan. Lebih mudah bagi pengunjung untuk menggunakannya saat dibutuhkan.

“Secara umum koleksi bibliografi dilihat dari isinya. Terdiri dari dua jenis, yaitu koleksi bergilir dan koleksi referensi (reference collection).”

Menguasai tiap- tiap guna dari tipe koleksi itu supaya dalam mencari data di bibliotek berjalan efisien dan efektif. Koleksi perputaran( novel bacaan) biasanya ialah novel ajarkan dimana tiap babnya merupakan satu kesatuan yang silih berhubungan pokok bahasannya. sampai dalam pemanfaatannya umumnya wajib dibaca secara totalitas. Berbeda dengan koleksi rujukan, koleksi ini merupakan koleksi yang membagikan uraian tentang data. Data ini bertabiat merata pada lingkupnya, uraiannya padat, gunanya sanggup mempermudah temuan data dengan kilat, pas serta benar.

Cara Membuat Referensi

Dibawah ini merupakan beberapa tips membuat referensi, yaitu:

  1. Daftar referensi hanya berisi buku, artikel, halaman web, dan lainnya yang dikutip dalam teks dokumen. Bibliografi mencakup semua sumber konsultasi untuk latar belakang atau bacaan lebih lanjut.
  2. Daftar referensi disusun menurut abjad oleh penulis. Jika isi item tidak mencantumkan pengarang, maka dikutip menurut judul, dan dicantumkan dalam daftar alfabet dengan menggunakan kata penting pertama dari judul tersebut.
  3. Jika Anda memiliki lebih dari satu item dengan penulis yang sama, susun item dalam urutan kronologis, dimulai dengan publikasi terbaru.
  4. Setiap referensi muncul di baris baru.
  5. Tidak ada lekukan dari referensi.
  6. Tidak ada penomoran dengan referensi.

Sumber Referensi

Berikut ini sebagian sumber rujukan antara lain ialah:

Buku

Buku / novel merupakan sumber referensi yang sering dipakai juga sangat dianjurkan dalam pembuatan karya tulis. Tidak hanya novel sumber referensi, dianjurkan memakai buku- buku terbitan terkini supaya teori yang dilansir ialah teori yang terupdate ataupun penyesuaian serta revisi dari teori tadinya.

Pesan Berita/ Majalah

Pesan berita ataupun majalah bagaikan rujukan sangat tidak sering digunakan, sebabnya sebab sulitnya menciptakan teori ataupun alasan yang relevan dengan tulisan. Tidak hanya itu, pesan berita serta majalah tidak sering ditaruh dalam waktu yang lama ataupun dibuatkan penyimpanan semacam novel di bibliotek.

Jurnal

Harian hasil riset bisa pula dijadikan bagaikan rujukan, baik harian cetak ataupun harian online.

Internet

Sumber rujukan dari internet dapat digunakan dengan mencermati kredibilitas web yang digunakan bagaikan bahan rujukan. Umumnya pemakaian sumber dari internet ini dibatasi dalam penyusunan karya ilmiah tertentu sebab tulisan yang diambil dari internet lewat web ataupun web umumnya ditulis oleh bukan ahlinya sehingga tidak dapat penuhi standar ilmiah. Meski bisa digunakan bagaikan bahan rujukan tetapi umumnya sangat dibatasi jumlahnya serta pula sangat ketat dalam pemilihan situsnya.

Contoh Referensi

  • Smith, J.( 2005a). Harvard Referencing. London: Jolly Good Publishing.
  • Smith, J.( 2005b). Dutch Citing Practices. The Hague: Holland Research Foundation.

Dalam Menuliskan Kota Tempat diTerbitkan, Kota Yang telah Diketahui Secara Internasional( Semacam London Ataupun pula New York) itu Dilansir Cuma Kotanya Saja. Apabila Kotanya itu Kurang Diketahui Secara Internasional, Negaranya( Ataupun pula Provinsi Buat Indonesia) Pula Disertakan.

Contoh Dari Refernsi Jurnal

  • Smith, John Maynard.( 1998). The Origin Of Altruism. Nature 393: 639–40.

Postingan pada Pesan Berita Umumnya itu Dilansir Dalam Bacaan Tetapi Dihilangkan didalam Bagian“ Catatan Referensi”. Contoh Pengutipan Pesan Berita Resmi yakni:

  • Bowcott, O.( 2005, 18 October).“ Protests Halt Online Auction To Shoot Stag”, The Guardian. Diakses 7 Februari 2006.

Apabila Publikasinya Offline:

  • Bowcott, O.( 18 Oktober 2005). Protests Halt Online Auction To Shoot Stag. The Guardian.
Contoh Referensi : Pengertian, Jenis-Jenis Tujuan Referensi, Sumber, Contoh Referensi
Contoh Referensi : Pengertian, Jenis-Jenis Tujuan Referensi, Sumber, Contoh Referensi

Catatan Kaki

Catatan kaki ini ialah metode penyusunan sumber dengan metode membagikan suatu symbol yang ada pada kata dengan memerlukan uraian tertentu yang dapat di ambil dari sumber yang lain. Di dalam catatan kaki itu bisa di tuliskan di margin dasar karya tulis dengan berisikan uraian tentang kata yang dimaksudkan dengan lengkap.

Fungsi Catatan Kaki

  • Menunjukan kualitas ilmiah
  • Menunjukan kecermatan
  • Menunjukan penilaian penggunaan sumber data
  • Memudahkan pembedaan data pustaka dan keterangan tambahan
  • Mencegah pengulangan penulisan data pustaka.

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id mengenai Contoh Referensi : Pengertian, Jenis, Tujuani, Sumber, Semoga bermanfaat.

Daftar Isi