√ 8 Pengertian Database Menurut Para Ahli, Tipe, Fungsi & Manfaatnya

8 Pengertian Database Menurut Para Ahli, Tipe, Fungsi & Manfaatnya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan database atau yang dalam bahasa Indonesia adalah basisdata. Pembahasan yang meliputi pengertian, tipe, fungsi, manfaat yang diulas secara lengkap dan mudah dipahami. Untuk itulah ikuti pembahasan dibawah ini dengan seksama.

8 Pengertian Database Menurut Para Ahli, Tipe, Fungsi & Manfaatnya

Mari kita bahas lengkap apa itu database dimulai dari pengertiannya terlebih dahulu

Pengertian Database Menurut Para Ahli

Database merupakan kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer yang secara sistematik agar dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer. Secara konsep Database berupa kompulan dari data-data yang membentuk file yang antara satu dan lainnya terhubung dengan tatacara tertentu untuk membentuk data baru. Selain pengertian diatas, berikut ini adalah pengertian database menurut para ahli

  1. S. Atte

    Pengertian database menurut S. Atte adalah sebuah koleksi data-data yang saling berinteraksi yang ada dalam suatu organisasi atau enerprise dengan macam-macam penggunaan.

  2. Fabbri dan Schwab

    Pengertian database menurut Fabbri dan Schwab adalah sebuah sistem berkas terpadu yang dirancang terutama untuk dapat meminimalkan pengulangan atau redundancy data.

  3. Chou

    Pengertian database menurut Chou adalah kumpulan informasi yang bermanfaat yang diorganisasikan dalam tatacara yang khusus sehingga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan suatu organisasi.

  4. Toni Fabbri

    Pengertian database menurut Toni Fabbri adalah sebuah sistem file-file dan data yang terintegrasi dimana file dan data tersebut yang mempunyai sebuah primary key untuk melakukan pengulangan data.

  5. C.J. Date

    Pengertian database menurut C.J. Date adalah kolek data operasional yang sengaja di simpan dan juga dipakai oleh sistem aplikasi dari suatu organisasi.

  6. Gordon C. Everest

    Pengertian database menurut Gordon C. Everest adalah suatu koleksi atau kumpulan data yang bersifat mekanis, terbagi atau shared, terdefinisi secara formal dan juga terkontrol. Pengontrolan tersebut terpuasat pada suatu organisasi.

  7. Jogiyanto

    Pengertian database menurut Jogiyanto adalah kumpulan data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan di simpanan luar komputer dan digunakan perangkat lunak tertentu untuk memanipulasinya.

  8. Date

    Pengertian database menurut Date adalah sebagai tempat sekumpulan berkas dan juga terkomputerisasi, jadi sistem database menurut Date pada dasarnya adalah sistem terkomputerisasi yang mempunyai tujuan utamanya untuk melakukan pemeliharaan terhadap informasi dan juga membuat informasi tersebut tersedia saat dibutuhkan.

8 Pengertian Database Menurut Para Ahli, Tipe, Fungsi, Manfaat Database

Tipe-Tibe Database

Tipe-tipe database dapat dibagi menjadi 12 tipe. Yaitu:

  1. Relational Database

    Relational database dari tahun 2009 adalah standar komputasi bisnis dan database yang paling sering dipakai sampai sekarang. Manfaat menggunakan database ini adalah menghindari adanya data yang double atau rangkap, juga dapat tersusun dengan suatu format yang standar dari sebuah data, bisa mengamankan data, dan bisa mengatasi masalah jika ada data yang sulit diakses.

  2. External Database

    Adalah tipe database yang menyediakan akses ke eksternal, data miliki pribadi online tersedia untuk biaya pada pengguna akhir atau organisasi komersial.

  3. Operational Database

    Operational database adalah database yang menyimpan data secara rinci yang dibutuhkan untuk dukungan operasi dari seluruh organisasi. Contohnya database inventasi, database pribadi, database pelanggan, akuntasi database

  4. End-user Database

    End-user database adalah database yang terdiri dari file-file data yang dikembangkan dari end-user dalam workstation. Contoh: koleksi dokumen dalam word processing, spreadsheet atau download file.

  5. Analytical Database

    Analytical database adalah database yang berguna untuk menyimpan informasi dan data yang diambil dari operasional dan eksternal database. Analytical database terdiri dari dan dan informasi yang diringkas dan paling banyak dipakai oleh organisasi manajemen atau end-user lainnya.

  6. Distributed Database

    Distributed database adalah kelompok kerja lokal database dan departemen di kantor-kantor dan lokasi kerja yang lainnya. Terdapat dua segmen dalam database ini yaitu user database dan operasional yang datanya digunakan dan dihasilkan hanya pada pengguna situs tersebut.

  7. Data Warehouse

    Data warehouse adalah sebuah data yang menyimpan data dari tahun-tahun sebelumnya sampai saat ini. Seiring perkembangan sekarang, data warehouse dipakai sebagai shared nothing architecture untuk mendukung dan memfasilitasi ekstream scalling.

  8. Real Time Database

    Real time database adalah sebuah sistem pengolahan yang dirancang khusus dalam menangani beban kerja suatu negara yang bisa berubah-ubah, mengandung data yang terus menerus dan sebagian tidak berpengaruh pada waktu. Database jenis ini bermanfaat bagi orang-orang hukum, akuntansi, perbankan, multimedia dan analisis data ilmiah.

  9. Document Oriented Database

    Document oriented database adalah salah satu program komputer yang dirancang untuk aplikasi yang berorientasi pada dokumen. Sistem ini bisa diterapkan pada lapisan diatas database relational ataupun objek database.

  10. In Memory Database

    In memory database adalah database yang sangat bergantung pada memori untuk menyimpan data pada komputer.

  11. Navigational Database

    Dalam navigasi database, queries menemukan benda bagi yang mengikuti referensi dari objek tertentu.

  12. Hypermedia Database On The Web

    Hypermedia database on the web adalah kumpulan halaman multimedia yang saling berkaitan dalam sebuah situs web, yang terdiri dari home page, dan hyperlink dari multimedia. Contohnya adalah gambar, teks, grafik, audio dan lain sebagainya.

Fungsi Database

Fungsi dari database adalah sebagai berikut:

  • Mengelompokkan data agar mudah dipahami.
  • Menghindari data rangkap atau duplikasi, inkonsistensi data.
  • Membuat mudah dalam menyimpan, mengakses, dan memperbaharui dan menghapus data.
  • Menjamin kualitas data dan informasi yang diakses sesuai dengan yang dimasukkan.
  • Solusi dalam proses menyimpan sebuah data, utamanya pada yang besar.
  • Penunjang kinerja aplikasi yang membutuhkan penyimpanan data.

Manfaat Database

Manfaat database adalah sebagai berikut:

  • Sebagai komponen penting sistem informasi karena sebagai dasar dalam menyedikan informasi.
  • Kualitas informasi dapat ditentukan yaiut cepat, akurat, dan relevan
  • Mengatasi kesulitan mengakses data
  • Melakukan perlindungan dan pengamanan data
  • Menyusun format data yang standar
  • Dapat menghindari terjadinya inkonsistensi data
  • Bisa mengatasi data rangkap (redundancy data)
  • Mempercepat dan mempermudah menyeleksi data dan memproses data
  • Kontrol data terpusat
  • Menghemat dalam pembiayaan perangkat
  • Menjamin keamanan data

Demikianlah telah dijelaskan tentang 8 Pengertian Database Menurut Para Ahli, Tipe, Fungsi & Manfaatnya semoga bisa menambah pengetahuan dan wawasan kalian. Terimakasih telah berkunjung.

Daftar Isi