Home » √ Pengertian Promosi, Fungsi, Jenis & Contoh Promosi Lengkap
√ Pengertian Promosi, Fungsi, Jenis & Contoh Promosi Lengkap
Pengertian Promosi, Fungsi, Jenis & Contoh Promosi Lengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang promosi. Penjelasan yang meliputi pengertian promosi, fungsi promosi, jenis promosi, contoh promosi yang akan dijelaskan dengan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih lengkapnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.
Pengertian Promosi, Fungsi, Jenis & Contoh Promosi Lengkap
Sebelum membahas lebih jaih, marikita simak dulu pengertian promosi menurut para ahli
Pengertian Promosi Menurut Para Ahli
Promosi adalah cara untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya.
Kotler (2000: 119)
Pengertian promosi menurut Kotler adalah bagian dan proses strategi pemasaran sebagai cara untuk berkomunikasi dengan pasar dengan menggunakan komposisi bauran promosi “promotional mix”
Gitosudarmo (2000: 237)
Pengertian promosi menurut Gitosudarmo adalah kegiatan yang ditujukan untuk mempengaruhi konsumen agar mereka dapat menjadi kenal akan produk yang ditawarkan oleh perusahaan kepada mereka dan kemudia mereka menjadi senang lalu membeli produk tersebut.
Fungsi Promosi
Fungsi dari promosi untuk sebuah bisnis adalah menurut Supardi Lee berikut ini:
Fungsi Pengenalan
Pada fungsi pengenalan, tujuan dari promosi adalah supaya produk yang akan dijual dapat diketahui oleh masyarakat. Terkadang produk dipromosikan hanya memuat informasi-informasi yang dasar. Contohnya adalah informasi merek, harga produk, keungulan produk tersebut dibandingkand dengan yang lain.
Fungsi Penawaran
Seorang konsumen tidak saja diajak untuk mengetahui informasi dari produk atau jasa yang ditawarkan, tetapi juga menawarkan kepada konsumen agar membuat suatu keputusan untuk melakukan pembelian. Contohnya untuk pembeli 100 pertama akan mendapatkan diskon sebesar 10% dan gratis souvenir seperti domepet atau aksesoris.
Fungsi Penjagaan Konsumen
Pada fungsi ini lebih ditekankan pada kuantitas transaksi dan bukan kuantitas jumlah konsumen. Yang dilakukan utamanya adalah memberikan pelayanan supaya konsumen setia pada produk. Contohny adalah promosi member only (hanya member) pada bisnis-bisnis tertentu (MLM dll)
Fungsi Perbaikan
Pada fungsi perbaikan fungsi promosi adalah untuk memperbaiki kesalahan yang pernah dibuat baik oleh pemiliki produk atau tim pada perusahaan. Dapat dikatakan juga sebagai permintaan maaf produsen kepada konsumen. Contohnya ketika ada yang menjual buku “Cara Berternak Ikan Lele” yang dilengkapi dengan CD tutorialnya. Tetapi ternyata penulis buku tersebut lupa menyisipkan CD tersebut, sebagai permintaan maaf, penulis buku akan memberikan CD tutorial tersebut ditambah souvenir kepada pembeli.
Jenis Promosi
Berikut ini adalah jenis-jenis promosi atau macam-macam promosi.
Periklanan (Advertensi)
Periklanan dapat dibedakan menjadi 5 berdasarkan media yang dipakai:
-Advertensi media cetak: koran, majalah, brosur, pamplet dan lain lain
-Advertensi media elektronik: website, blog, sosial media, radio, televisi dan lain lain
-Kirim langsung yaitu barang cetakan yang dikirim langsung dengan menggunakan jasa pos kepada target
-Advertensi khusus yaitu semua jenis barang yang bentuknya berupa hadiah
Personal Selling
Personal selling merupakan penyajian barang dengan cara lisan dan tatap muka langsung terhadap satu orang atau lebih calon pembeli yang bertujuan supaya barang yang ditawarkan dapat terjual.
Sales Promotion
Sales promotion adalah salah satu bentuk promosi yang dilakukan merangsang pembelian barang perusahaan. Alat-alat yang dipakai dalam sales promotion adalah:
Contoh barang atau sampel , dalam melakukan promosi jenis ini tidak boleh ragu untuk memberi contoh kepada pembeli.
Kupon atau voucher merupakan sertifikat potongan harga kepada pemegangnya sehingga menghemat pembelian suatu produk.
Premi adalah barang yang ditawarkan dengan harga yang sangat rendah
Paket harga merupakan produk harga yang memberikan harga lebih rendah daripada harga biasanya jika pembeli membeli produk dengan jumlah yang telah ditentukan
Tawaran uang kembali adalah tawaran yang dilakukan jika terjadi ketidaksesuaian antara produk dengan harga yang terjadi kerusakan pada produk yang idibeli berdasarkan produkny maka uang akan dikembalikan.
Promosi dagan ialah penawaran terhadap suatu barang berupa potongan harga dalam jangka waktu tertentu.
Undian ialah cara promosi dengan mengajak konsumen untuk mengumpulkan label atau kupon tentang produk yang kemudian diundi dan mendapat hadiah.
Kontes adalah cara promosi dengan bentuk mengundang konsumen untuk mengikuti perlombaan.
Publicity
Publicity ialah usaha pendekatan pada masyarakat supaya lebih dikenal oleh masyarakat seperti, jumpa pers, publisitas produk, bimbingan kepada masyarakat dan lain sebagainya.
Contoh Promosi
Sebuah perusahaan A mempromosikan produknya melalui iklan di TV Nasional
Sms 10 kali bonus sms 1000 kali ke sesama operator
Diskon 70% untuk produk A di Supermarket
Beli 3 gratis 3 untuk produk merk A
Telpon 1 kali bonus 100 menit ke semua operator
Beli 2 bayar 1
Pembelian di atas jam 10 malam dapatkan diskon hingga 90%
√ 23 Pengertian Komitmen Organisasi Menurut Para Ahli… 23 Pengertian Komitmen Organisasi Menurut Para Ahli (Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang komitmen organisasi. Yang mana penjelasan disini adalah berdasarkan pendapat para ahli dengan masing-masing yang…
√ Pengertian MLM, Cara Kerja, Jenis, Kelebihan dan… Pengertian MLM, Cara Kerja, Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang MLM (multi level marketing). Yang meliputi pengertian, cara kerja, jenis-jenis, kelebihan , kekurangan dari…
√ 23 Pengertian Manajemen Pendidikan Menurut Para Ahli… 23 Pengertian Manajemen Pendidikan Menurut Para Ahli (Lengkap)- Pada pembahasan kali ini Seputar Pengetahuan akan menjelaskan tentang pengertian manajemen pendidikan menurut para ahli. Manajemen pendidikan adalah salah satu cabang ilmu…
Pelanggan Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli,… Pelanggan Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli, Karakteristik, dan Tipe - Tentunya kita tahu apa arti pelanggan,namun mungkin belum mengetahuinya lebih mendalam apa saja yang di maksud pelanggan ? Untuk pembahasan…
Kata Pengantar : Pengertian, Struktur dan Contohnya Kata Pengantar : Pengertian, Struktur dan Contohnya - Bagaimana cara menulis Kata Pengantar yang baik ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Kata Pengantar dan hal lain tentangnyanya.Mari kita simak…
Cerpen Persahabatan : Pengertian ,Tips Menulis dan Contohnya Cerpen Persahabatan : Pengertian ,Tips Menulis dan Contohnya - Cerpen Persahabatan itu seperti apa?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Cerpen Persahabatan dan hal-hal lain tentangnya.Mari kita simak bersama…
√ 16 Pengertian Humas (Hubungan Masyarakat) Menurut Para… 16 Pengertian Humas (Hubungan Masyarakat) Menurut Para Ahli - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang pengertian hubungan masyarakat yang di rangkum dari beberapa sumber terpercaya. Untuk lebih jelasnya silakan…
√ Pengertian Perusahaan Jasa, Karakteristik, Ciri, Ruang… Pengertian Perusahaan Jasa, Karakteristik, Ciri, Ruang Lingkup dan Contohnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang perusahaan jasa. Yang meliputi pengertian perusahaan jasa, karakteristik jasa, ciri-ciri perusahaan jasa, ruang…
Promosi Adalah : Pengertian dan Tujuannya Promosi Adalah : Pengertian dan Tujuannya – Dalam melakukan bisnis pasar serta penjualan di butuhkan ide yang tepat dan pasti agar semua dapat terkendali dengan baik. Langkah dalam penjualan barang…
√ Pengertian Ekuitas Merek (Brand Equity), Fungsi, Manfaat &… Pengertian Ekuitas Merek (Brand Equity), Fungsi, Manfaat & Dimensi - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang ekuitas merek atau brang equity. Yang meliputi pengertian ekuitas merek, fungsi dan manfaat…
√ 21 Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli (Lengkap) 21 Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli (Lengkap) - Di pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang media sosial. Yang mana penjelasan tersebut tentang pengertian media sosial yang dikemukakan oleh…
√ Pengertian Internet Marketing, Tujuan, Manfaat, Komponen &… Pengertian Internet Marketing, Tujuan, Manfaat, Komponen & Jenisnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Internet Marketing. Yang meliputi pengertian internet marketing, tujuan internet marketing, manfaat internet marketing ,…
√ 26 Pengertian Piutang Menurut Para Ahli (Pembahasan… 26 Pengertian Piutang Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang piutang. Penjelasan yang meliputi pengertian piutang yang berdasarkan pendapat para ahli yang lengkap dan…
Perangkat Keras Komputer : Cara Kerja, Jenis, Contoh dan… Perangkat Keras Komputer : Cara Kerja, Jenis, Contoh dan Fungsinya - Di era Komputerisasi saat ini pasti kita sudah tak asing dengan Komputer dan Perangkatnya.Namun, mungkin ada yang belum tahu…
√ Pengertian Strategi Pemasaran, Tujuan, Fungsi dan Jenisnya Pengertian Strategi Pemasaran, Tujuan, Fungsi dan Jenisnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang strategi pemasaran. Yang meliputi pengertian strategi pemasaran, tujuan strategi pemasaran, fungsi dan jenis strategi pemasaran…
√ 40 Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli… 40 Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli (Lengkap) - Pada kesempatan kali ini kami akan membahas materi tentang hubungan Internasional. Hubungan Internasional adalah sebuah hubungan antarbangsa atau sebuah interaksi manusia-manusia…
√ 25 Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para… 25 Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM). Pembahasan ini adalah definisi berdasarkan para ahli yang…
Contoh Recount Text Singkat : Pengertian, Ciri, Jenis dan… Contoh Recount Text Singkat : Pengertian, Ciri, Jenis dan Struktur Recount Text - Apakah yang di maksud dengan recount text dan seperti apa contohnya ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas…
Ekonomi Kreatif : Pengertian, Ciri, Jenis dan Sektornya Ekonomi Kreatif : Pengertian, Ciri, Jenis dan Sektornya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Ekonomi Kreatif. Yang meliputi pengertian, ciri-ciri, jenis dan sektor ekonomi kreatif dengan pembahasan lengkap…
√ Pengertian Koordinasi, Syarat, Tujuan, Manfaat, Jenis,… Pengertian Koordinasi, Syarat, Tujuan, Manfaat, Jenis, Ruang Lingkup, Prinsip, Dampak - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Koordinasi. Yang meliputi pengertian, syarat, tujuan, manfaat, jenis-jenis, ruang lingkup, prinsip, dampak…
√ Pengertian Pasar Persaingan Monopolistik, Ciri, Sistem… Pengertian Pasar Persaingan Monopolistik, Ciri, Sistem Harga, Kelebihan, Kekurangan dan Contohnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan Pasar Persaingan Monopolistik. Yang meliputi pengertian pasar persaingan monopolistik, ciri-rici, sistem harga,…
√ Retail : Pengertian, Menurut Para Ahli, Fungsi, Jenisnya Retail : Pengertian, Menurut Para Ahli, Fungsi, Jenisnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Retail. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian retail, menurut para ahli,…
Surat Penawaran Barang : Pengertian, Cara Penyusunan, Format… Surat Penawaran Barang : Pengertian, Cara Penyusunan, Format dan Contohnya - Bagaimana bentuk Surat Penawaran Barang ?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya hal-hal lain yang juga melingkupinya.Mari…
√ E-Business : Pengertian, Strategi, Unsur dan Contohnya E-Business : Pengertian, Strategi, Unsur dan Contohnya - Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang E-Business. Yang mana dalam menjelaskan pengertian e busines, strategi, keuntungan, unsur e-busines serta contohnya…
√ Pengertian Perilaku Konsumen, Ruang Lingkup, Teori &… Pengertian Perilaku Konsumen, Ruang Lingkup, Teori & Pendekatannya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Perilaku Konsumen. Yang meliputi pengertian, ruang lingkup, teori dan pendekatan perilaku konsumen dengan…
√ 29 Pengertian Knowledge Management Menurut Para Ahli… 29 Pengertian Knowledge Management Menurut Para Ahli (Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang knowledge management atau manajemen pengetahuan. Penjelasan yang didasarkan oleh pendapat para ahli dengan lengkap…
6 Pengertian Jasa Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) 6 Pengertian Jasa Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) - Jika kita ingin membayar pajak motor atau mobil dan kita tidak mempunyai waktu untuk mengurusnya, kita bisa meminta bantuan kepada biro jasa.…
√ Pengertian Media Sosial, Karakteristik, Fungsi, Jenis &… Pengertian Media Sosial, Karakteristik, Fungsi, Jenis & Dampaknya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang media sosial. Yang meliputi pengertian, karakteristik, fungsi, jenis-jenis dan dampak dari media sosial dengan…
√ Produk Domestik Bruto : Pengertian, Jenis dan Rumusnya Produk Domestik Bruto : Pengertian, Jenis dan Rumusnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Produk Domestik Bruto. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian produk domestik…
√ Pengertian Branding Menurut Ahli, Fungsi, Tujuan, Unsur &… Pengertian Branding Menurut Ahli, Fungsi, Tujuan, Unsur & Jenisnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang branding. Penjelasan disini adalah tentang pengertian branding menurut para ahli, fungsi branding, tujuan…