√ Pengertian Promosi, Fungsi, Jenis & Contoh Promosi Lengkap
Pengertian Promosi, Fungsi, Jenis & Contoh Promosi Lengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang promosi. Penjelasan yang meliputi pengertian promosi, fungsi promosi, jenis promosi, contoh promosi yang akan dijelaskan dengan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih lengkapnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.
Pengertian Promosi, Fungsi, Jenis & Contoh Promosi Lengkap
Sebelum membahas lebih jaih, marikita simak dulu pengertian promosi menurut para ahli
Pengertian Promosi Menurut Para Ahli
Promosi adalah cara untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya.
Kotler (2000: 119)
Pengertian promosi menurut Kotler adalah bagian dan proses strategi pemasaran sebagai cara untuk berkomunikasi dengan pasar dengan menggunakan komposisi bauran promosi “promotional mix”
Gitosudarmo (2000: 237)
Pengertian promosi menurut Gitosudarmo adalah kegiatan yang ditujukan untuk mempengaruhi konsumen agar mereka dapat menjadi kenal akan produk yang ditawarkan oleh perusahaan kepada mereka dan kemudia mereka menjadi senang lalu membeli produk tersebut.
Fungsi Promosi
Fungsi dari promosi untuk sebuah bisnis adalah menurut Supardi Lee berikut ini:
Fungsi Pengenalan
Pada fungsi pengenalan, tujuan dari promosi adalah supaya produk yang akan dijual dapat diketahui oleh masyarakat. Terkadang produk dipromosikan hanya memuat informasi-informasi yang dasar. Contohnya adalah informasi merek, harga produk, keungulan produk tersebut dibandingkand dengan yang lain.
Fungsi Penawaran
Seorang konsumen tidak saja diajak untuk mengetahui informasi dari produk atau jasa yang ditawarkan, tetapi juga menawarkan kepada konsumen agar membuat suatu keputusan untuk melakukan pembelian. Contohnya untuk pembeli 100 pertama akan mendapatkan diskon sebesar 10% dan gratis souvenir seperti domepet atau aksesoris.
Fungsi Penjagaan Konsumen
Pada fungsi ini lebih ditekankan pada kuantitas transaksi dan bukan kuantitas jumlah konsumen. Yang dilakukan utamanya adalah memberikan pelayanan supaya konsumen setia pada produk. Contohny adalah promosi member only (hanya member) pada bisnis-bisnis tertentu (MLM dll)
Fungsi Perbaikan
Pada fungsi perbaikan fungsi promosi adalah untuk memperbaiki kesalahan yang pernah dibuat baik oleh pemiliki produk atau tim pada perusahaan. Dapat dikatakan juga sebagai permintaan maaf produsen kepada konsumen. Contohnya ketika ada yang menjual buku “Cara Berternak Ikan Lele” yang dilengkapi dengan CD tutorialnya. Tetapi ternyata penulis buku tersebut lupa menyisipkan CD tersebut, sebagai permintaan maaf, penulis buku akan memberikan CD tutorial tersebut ditambah souvenir kepada pembeli.
Jenis Promosi
Berikut ini adalah jenis-jenis promosi atau macam-macam promosi.
Periklanan (Advertensi)
Periklanan dapat dibedakan menjadi 5 berdasarkan media yang dipakai:
-Advertensi media cetak: koran, majalah, brosur, pamplet dan lain lain
-Advertensi media elektronik: website, blog, sosial media, radio, televisi dan lain lain
-Kirim langsung yaitu barang cetakan yang dikirim langsung dengan menggunakan jasa pos kepada target
-Advertensi khusus yaitu semua jenis barang yang bentuknya berupa hadiah
Personal Selling
Personal selling merupakan penyajian barang dengan cara lisan dan tatap muka langsung terhadap satu orang atau lebih calon pembeli yang bertujuan supaya barang yang ditawarkan dapat terjual.
Sales Promotion
Sales promotion adalah salah satu bentuk promosi yang dilakukan merangsang pembelian barang perusahaan. Alat-alat yang dipakai dalam sales promotion adalah:
Contoh barang atau sampel , dalam melakukan promosi jenis ini tidak boleh ragu untuk memberi contoh kepada pembeli.
Kupon atau voucher merupakan sertifikat potongan harga kepada pemegangnya sehingga menghemat pembelian suatu produk.
Premi adalah barang yang ditawarkan dengan harga yang sangat rendah
Paket harga merupakan produk harga yang memberikan harga lebih rendah daripada harga biasanya jika pembeli membeli produk dengan jumlah yang telah ditentukan
Tawaran uang kembali adalah tawaran yang dilakukan jika terjadi ketidaksesuaian antara produk dengan harga yang terjadi kerusakan pada produk yang idibeli berdasarkan produkny maka uang akan dikembalikan.
Promosi dagan ialah penawaran terhadap suatu barang berupa potongan harga dalam jangka waktu tertentu.
Undian ialah cara promosi dengan mengajak konsumen untuk mengumpulkan label atau kupon tentang produk yang kemudian diundi dan mendapat hadiah.
Kontes adalah cara promosi dengan bentuk mengundang konsumen untuk mengikuti perlombaan.
Publicity
Publicity ialah usaha pendekatan pada masyarakat supaya lebih dikenal oleh masyarakat seperti, jumpa pers, publisitas produk, bimbingan kepada masyarakat dan lain sebagainya.
Contoh Promosi
Sebuah perusahaan A mempromosikan produknya melalui iklan di TV Nasional
Sms 10 kali bonus sms 1000 kali ke sesama operator
Diskon 70% untuk produk A di Supermarket
Beli 3 gratis 3 untuk produk merk A
Telpon 1 kali bonus 100 menit ke semua operator
Beli 2 bayar 1
Pembelian di atas jam 10 malam dapatkan diskon hingga 90%
√ 19 Pengertian Promosi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) 19 Pengertian Promosi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang promosi. Pembahasan ini berdasarkan para ahli yang berpendapat. 19 Pengertian Promosi Menurut Para Ahli (Bahas…
√ Teks Ulasan : Pengertian, Tujuan, Struktur dan Contohnya Teks Ulasan : Pengertian, Tujuan, Struktur dan Contohnya - Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Teks Ulasan. Yang mana menjelaskan pengertian teks ulasan, tujuan, ciri, struktur, jenis dan…
Pengantar Bisnis: Fungsi Pemasaran (Pembahasan Terlengkap) Pengantar Bisnis: Fungsi Pemasaran (Pembahasan Terlengkap) - Berbicara tentang pemasaran, sejauh ini penulis memahami bahwa pemasaran adalah suatu kegiatan atau proses jual beli yang dilakukan terhadap barang dan jasa juga sebuah proses…
Waralaba adalah : Pengertian, Jenis, Tipe, Kelebihan dan… Waralaba adalah : Pengertian, Jenis, Tipe, Kelebihan dan Kekurangannya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Waralaba. Yang meliputi pengeritan, jenis-jenis, tipe, kelebihan dan kekurangan waralaba dengan pembahasan lengkap…
√ 25 Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para… 25 Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM). Pembahasan ini adalah definisi berdasarkan para ahli yang…
Pasar Monopsoni : Pengertian, Ciri, Faktor Terbentuk,… Pasar Monopsoni : Pengertian, Ciri, Faktor Terbentuk, Keunggulan dan Kelemahannya - Apakah itu pasar monopsoni ?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya tentang hal lain yang juga melingkupinya.Mari…
√ Pengertian Riset Pasar, Jenis, Metode dan Contohnya… Pengertian Riset Pasar, Jenis, Metode dan Contohnya (Lengkap) - Pada pembahasan kali ini Seputar Pengetahuan akan menjelaskan tentang Riset Pasar. Riset pasar berkaitan dengan riset pemasaran yaitu untuk mendapatkan kondisi pasar yang…
Pengertian Advertising dan Fungsi Advertising (Lengkap) Pengertian Advertising dan Fungsi Advertising (Lengkap) – Di dunia bisnis diperlukan ide kreatif dan pemasaran yang baik. Dalam memasarkan produk pun haruslah menarik perhatian para konsumen yang membuat ingin dapat membeli…
√ 26 Pengertian Piutang Menurut Para Ahli (Pembahasan… 26 Pengertian Piutang Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang piutang. Penjelasan yang meliputi pengertian piutang yang berdasarkan pendapat para ahli yang lengkap dan…
Promosi Adalah : Pengertian dan Tujuannya Promosi Adalah : Pengertian dan Tujuannya – Dalam melakukan bisnis pasar serta penjualan di butuhkan ide yang tepat dan pasti agar semua dapat terkendali dengan baik. Langkah dalam penjualan barang…
Vektor : Pengertian, Materi, Rumus dan Contoh Soal Vektor : Pengertian, Materi, Rumus dan Contoh Soal - Apakah yang di maksud dengan Vektor dalam operasi matematika ?Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas Vektor dan hal-hal lain tentangnya.…
Pelanggan : Pengertian dan Jenisnya Pelanggan : Pengertian dan Jenisnya – Dalam menjalankan bisnis diperlukan pembeli yang akan membeli barang atau jasa yang di sediakan oleh perusahaan tersebut. Agar cepat terjual para konsumen yang datang harus…
√ Retail : Pengertian, Menurut Para Ahli, Fungsi, Jenisnya Retail : Pengertian, Menurut Para Ahli, Fungsi, Jenisnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Retail. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian retail, menurut para ahli,…
√ Pengertian Loyalitas, Karakteristik, Pembentukan dan… Pengertian Loyalitas, Karakteristik, Pembentukan dan Faktornya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Loyalitas. Yang meliputi pengertian, karakteristik, pembentukan dan faktor yang mempengaruhi loyalitas dengan pembahasan lengkap dan mudah…
√ Pengertian Komunikasi Bisnis, Tujuan, Fungsi, Bentuk dan… Pengertian Komunikasi Bisnis, Tujuan, Fungsi, Bentuk dan Unsurnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang komunikasi bisnis. Yang meliputi pengertian komunikasi bisnis menurut para ahli, tujuan komunikasi bisnis, fungsi…
Panduan Pengemasan Produk yang Menarik Banyak Pelanggan seputarpengetahuan.co.id - Ada banyak faktor yang memengaruhi cara pelanggan memandang merek Anda dan kemasan produk yang Anda pilih dan desain pasti salah satunya. Pengemasan produk semuanya bermuara pada bagaimana produk disajikan…
√ Pengertian Experiential Marketing, Fungsi, Manfaat,… Pengertian Experiential Marketing, Fungsi, Manfaat, Strategi, Karakteristik dan Implementasinya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang experiential marketing. Yang meliputi pengertian experiential marketing yang dikemukakan oleh para ahli,…
√ Pengertian Strategi Pemasaran, Tujuan, Fungsi dan Jenisnya Pengertian Strategi Pemasaran, Tujuan, Fungsi dan Jenisnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang strategi pemasaran. Yang meliputi pengertian strategi pemasaran, tujuan strategi pemasaran, fungsi dan jenis strategi pemasaran…
√ Pengertian Perusahaan Jasa, Karakteristik, Ciri, Ruang… Pengertian Perusahaan Jasa, Karakteristik, Ciri, Ruang Lingkup dan Contohnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang perusahaan jasa. Yang meliputi pengertian perusahaan jasa, karakteristik jasa, ciri-ciri perusahaan jasa, ruang…
√ Pengertian Word of Mouth, Manfaat dan Elemen (Lengkap) Pengertian Word of Mouth, Manfaat dan Elemen (Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Word of Mouth. Yang meliputi pengertiam manfaat dan unsur word of mouth dengan pembahasan…
√ 10 Pengertian Kinerja Keuangan, Tujuan, Pengukuran dan… 10 Pengertian Kinerja Keuangan, Tujuan, Pengukuran dan Penilaian serta Analisisnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang kinerja keuangan. Penjelasan yang dimaksud adalah pengertian kinerja keuangan menurut para ahli,…
√ Pengertian Vendor, Tugas, Fungsi, Beserta Jenisnya Pengertian Vendor, Tugas, Fungsi, Beserta Jenisnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Pengertian Vendor. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian vendor, tugas, fungsi, tanggung jawab…
Cara Jualan di Amazon 2023: Panduan & Tips Jitu seputarpengetahuan.co.id - Ingin tahu cara jualan di Amazon? Langkah pertama adalah menyinkronkan Amazon dan Shopify. Shopify adalah mitra Amazon resmi yang memungkinkan pengusaha seperti Anda menjual produk di Amazon. Anda dapat…
Induksi Matematika : Prinsip, Pembuktian Deret, Keterbagian,… Induksi Matematika : Prinsip, Pembuktian Deret, Keterbagian, Persamaan dan Contoh Soal - Apakah itu Induksi Matematika ?Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Bola Kasti beserta hal-hal yang melingkupinya.…
Contoh Perusahaan Dagang : Pengertian, Karakteristik, Jenis,… Contoh Perusahaan Dagang : Pengertian, Karakteristik, Jenis, dan Cirinya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang perusahaan dagang. Yang meliputi pengertian perusahaan dagang, jenis perusahaan dagang, ciri-ciri perusahaan…
Tujuan Teks Eksplanasi : Pengertian, Struktur, Ciri, Kaidah,… Tujuan Teks Eksplanasi : Pengertian, Struktur, Ciri, Kaidah, Contoh – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang teks eksplanasi. Yang meliputi pengertian teks eksplanasi, tujuan teks eksplanasi, struktur teks…
√ Pengertian Perusahaan Jasa, Tahapan Siklus Akuntansi &… Pengertian Perusahaan Jasa, Tahapan Siklus Akuntansi & Penjelasannya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang perusahaan jasa. Yang meliputi pengertian perusahaan jasa, tahapan siklus akuntansi perusahaan jasa yang dilengkapi…
√ Regulasi Bisnis : Pengertian, Macam, Tujuan Beserta… Regulasi Bisnis : Pengertian, Macam, Tujuan Beserta Contohnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Regulasi. Yang mana dalam pembahan kali ini menjelaskan pengertian regulasi, macam , tujuan…
√ Pengertian Branding Menurut Ahli, Fungsi, Tujuan, Unsur &… Pengertian Branding Menurut Ahli, Fungsi, Tujuan, Unsur & Jenisnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang branding. Penjelasan disini adalah tentang pengertian branding menurut para ahli, fungsi branding, tujuan…
√ 16 Pengertian Agribisnis Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) 16 Pengertian Agribisnis Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Agribisnis. Penjelasan yang berdasarkan pendapat para ahli dirangkum dengan lengkap dan mudah dipahami. Untuk…