√ Pengertian Promosi, Fungsi, Jenis & Contoh Promosi Lengkap

Pengertian Promosi, Fungsi, Jenis & Contoh Promosi Lengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang promosi. Penjelasan yang meliputi pengertian promosi, fungsi promosi, jenis promosi, contoh promosi yang akan dijelaskan dengan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih lengkapnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Promosi, Fungsi, Jenis & Contoh Promosi Lengkap

Sebelum membahas lebih jaih, marikita simak dulu pengertian promosi menurut para ahli

Pengertian Promosi Menurut Para Ahli

Promosi adalah cara untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya.

  1. Kotler (2000: 119)
    Pengertian promosi menurut Kotler adalah bagian dan proses strategi pemasaran sebagai cara untuk berkomunikasi dengan pasar dengan menggunakan komposisi bauran promosi “promotional mix”
  2. Gitosudarmo (2000: 237)
    Pengertian promosi menurut Gitosudarmo adalah kegiatan yang ditujukan untuk mempengaruhi konsumen agar mereka dapat menjadi kenal akan produk yang ditawarkan oleh perusahaan kepada mereka dan kemudia mereka menjadi senang lalu membeli produk tersebut.

Fungsi Promosi

Fungsi dari promosi untuk sebuah bisnis adalah menurut Supardi Lee berikut ini:

  1. Fungsi Pengenalan

    Pada fungsi pengenalan, tujuan dari promosi adalah supaya produk yang akan dijual dapat diketahui oleh masyarakat. Terkadang produk dipromosikan hanya memuat informasi-informasi yang dasar. Contohnya adalah informasi merek, harga produk, keungulan produk tersebut dibandingkand dengan yang lain.

  2. Fungsi Penawaran

    Seorang konsumen tidak saja diajak untuk mengetahui informasi dari produk atau jasa yang ditawarkan, tetapi juga menawarkan kepada konsumen agar membuat suatu keputusan untuk melakukan pembelian. Contohnya untuk pembeli 100 pertama akan mendapatkan diskon sebesar 10% dan gratis souvenir seperti domepet atau aksesoris.

  3. Fungsi Penjagaan Konsumen

    Pada fungsi ini lebih ditekankan pada kuantitas transaksi dan bukan kuantitas jumlah konsumen. Yang dilakukan utamanya adalah memberikan pelayanan supaya konsumen setia pada produk. Contohny adalah promosi member only (hanya member) pada bisnis-bisnis tertentu (MLM dll)

  4. Fungsi Perbaikan

    Pada fungsi perbaikan fungsi promosi adalah untuk memperbaiki kesalahan yang pernah dibuat baik oleh pemiliki produk atau tim pada perusahaan. Dapat dikatakan juga sebagai permintaan maaf produsen kepada konsumen. Contohnya ketika ada yang menjual buku “Cara Berternak Ikan Lele” yang dilengkapi dengan CD tutorialnya. Tetapi ternyata penulis buku tersebut lupa menyisipkan CD tersebut, sebagai permintaan maaf, penulis buku akan memberikan CD tutorial tersebut ditambah souvenir kepada pembeli.

Jenis Promosi

Berikut ini adalah jenis-jenis promosi atau macam-macam promosi.

Periklanan (Advertensi)

Periklanan dapat dibedakan menjadi 5 berdasarkan media yang dipakai:
-Advertensi media cetak: koran, majalah, brosur, pamplet dan lain lain
-Advertensi media elektronik: website, blog, sosial media, radio, televisi dan lain lain
-Kirim langsung yaitu barang cetakan yang dikirim langsung dengan menggunakan jasa pos kepada target
-Advertensi khusus yaitu semua jenis barang yang bentuknya berupa hadiah

Personal Selling

Personal selling merupakan penyajian barang dengan cara lisan dan tatap muka langsung terhadap satu orang atau lebih calon pembeli yang bertujuan supaya barang yang ditawarkan dapat terjual.

Sales Promotion

Sales promotion adalah salah satu bentuk promosi yang dilakukan merangsang pembelian barang perusahaan. Alat-alat yang dipakai dalam sales promotion adalah:

  • Contoh barang atau sampel , dalam melakukan promosi jenis ini tidak boleh ragu untuk memberi contoh kepada pembeli.
  • Kupon atau voucher merupakan sertifikat potongan harga kepada pemegangnya sehingga menghemat pembelian suatu produk.
  • Premi adalah barang yang ditawarkan dengan harga yang sangat rendah
  • Paket harga merupakan produk harga yang memberikan harga lebih rendah daripada harga biasanya jika pembeli membeli produk dengan jumlah yang telah ditentukan
  • Tawaran uang kembali adalah tawaran yang dilakukan jika terjadi ketidaksesuaian antara produk dengan harga yang terjadi kerusakan pada produk yang idibeli berdasarkan produkny maka uang akan dikembalikan.
  • Promosi dagan ialah penawaran terhadap suatu barang berupa potongan harga dalam jangka waktu tertentu.
  • Undian ialah cara promosi dengan mengajak konsumen untuk mengumpulkan label atau kupon tentang produk yang kemudian diundi dan mendapat hadiah.
  • Kontes adalah cara promosi dengan bentuk mengundang konsumen untuk mengikuti perlombaan.

Pengertian Promosi, Fungsi Promosi, Jenis Promosi, Contoh Promosi

Publicity

Publicity ialah usaha pendekatan pada masyarakat supaya lebih dikenal oleh masyarakat seperti, jumpa pers, publisitas produk, bimbingan kepada masyarakat dan lain sebagainya.

Contoh Promosi

  • Sebuah perusahaan A mempromosikan produknya melalui iklan di TV Nasional
  • Sms 10 kali bonus sms 1000 kali ke sesama operator
  • Diskon 70% untuk produk A di Supermarket
  • Beli 3 gratis 3 untuk produk merk A
  • Telpon 1 kali bonus 100 menit ke semua operator
  • Beli 2 bayar 1
  • Pembelian di atas jam 10 malam dapatkan diskon hingga 90%

Demkianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Promosi, Fungsi, Jenis & Contoh Promosi Lengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung

Daftar Isi