√ Pengertian Pasar Persaingan Monopolistik, Ciri, Sistem Harga, Kelebihan, Kekurangan dan Contohnya

Pengertian Pasar Persaingan Monopolistik, Ciri, Sistem Harga, Kelebihan, Kekurangan dan Contohnya – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan Pasar Persaingan Monopolistik. Yang meliputi pengertian pasar persaingan monopolistik, ciri-rici, sistem harga, kelebihan dan kekurangan serta contoh pasar persaingan monopolistik.

Pengertian Pasar Persaingan Monopolistik, Ciri, Sistem Harga, Kelebihan, Kekurangan dan Contohnya

Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Pasar Persaingan Monopolistik

Pasar persaingan monopolistik yaitu sebuah pasar yang mempunyai bentuk interaksi terhadap permintaan dan penawaran dan juga beberapa besar penjualnya menawarkan barang yang mirip tetapi tidak sama dikarenakan masing-masing perusahaan mempunyai ciri khas tersendiri.

Pengertian lain dari pasar persaingan monopolistik yakni sebuah pasar yang mempunyai banyak produsen yang menghasilkan barang berbeda corak. Didalam pasar persaingan monopolistik, penjual ataupun pembeli mempunyai kemampuan untuk menentukan harga sebuah produk. Hal ini dikarenakan produsen memproduksi barang yang coraknya berbeda, maka produsen itu bisa menghasilkan atau membuat produk yang sesuai dengan permintaan pasar.

Pasar persaingan monopolistik berada diantara pasar persaingan sempurna dan pasar monopoli, menjadikan sifat pasar persaingan monopolistik ini memiliki unsur pasar persaingan sempurna dan pasar monopoli.

Bentuk pasar persaingan monopolistik ini awalnya dikenalkan oleh ekonom Amerika Serikat di tahun 1930-an yaitu Edward Chamberlin dan Joan Violet Robinson. Terjadinya pasar persaingan ini adalah karena tidak puasnya pada model pasar persaingan sempurna yang dirasa kurang realistis.

Ciri-Ciri Pasar Persaingan Monopolistik

Terdapat ciri-ciri atau karakteristik pasar persaingan monopolistik antara lain:

  • Terdapat banyak penjual
    Walaupun tidak sebanyak pada pasar persaingan sempurna, penjual pada pasar persaingan monopolistiknya jumlahnya banyak. Pasar persaingan monopolistik ini tidak mempunyai produsen yang skala produksi yang lebih besar dari produsen lainnya.
  • Barang yang diperjualbelikan terdeferensiasi
    Barang yang dibuat produsen satu dengan produsen lainnya dalam pasar persaingan monopolistik ini bisa dibedakan meskipun barang yang dihasilkan sama, tetapi ada perbedaan pada corak mulai dari kemasan, kualitas, ataupun cara pembelian.
    Perbedaan itu menjadikan barang yang diproduksi dalam pasar persaingan monopolistik sifatnya sebagai pengganti yang dekat atau close subtitute dan tidak memiliki sifat pengganti sempurna.
  • Adanya kemampuan penjual untuk mempengaruhi
    Produsen di pasar persaingan monopolistik mempunyai kuasa dalam mempengaruhi harga barang walaupun tidak sekuat pada pasar monopoli.
    Kemampuan ini bisa dilihat dari usaha produsen untuk mempertahankan keistimewaan produk yang dibuat. Misalnya pada industri deterjen, produk A lebih terkenal karena kelembutannya sedangkan produk B yang terkenal dengan keharumannya.
  • Penjual mudah keluar masuk pasar
    Perusahaan lain mudah keluar masuk pasar yang bersayarat mempunyai kemampuan membuat produk dengan corak berbeda dan lebih menarik dari produk sebelumnya.
  • Terdapat kegiatan promosi
    Adanya kegiatan promosi dapat berpengaruh pada citra masyarakat terhadap produk yang dihasilnya perusahaan, karena dalam pasar persaingan monopolistik harga bukan menjadi satu-satunya faktor yang mempengaruhi konsumen.

Sistem Harga Pasar Persaingan Monopolistik

Harga yang terdapat pada pasar persaingan monopolistik bisa dipengaruhi perusahaan dengan layanan khusus, merek yang sudah tercipta pada konsumen, dan pengaruh iklan.

Dalam penentuan keuntungan atau rudi perusahaan pada pasar persaingan monopolistk hampir sama dengan perusahaan pada dasar monopoli. Perbedaannya hanya terletak pada jumlah permintaan.

  • Untuk jangka pendek. Perusahaan dalam pasar persaingan monopolistik mungkin beruntung atau dapat juga merugi.
  • Untuk jangka panjang. Perusahaan bisa mendapatkan laba normal sesudah perusahaan-perusahaan terseleksi dengan cara ilmiah.

Kelebihan Pasar Persaingan Monopolistik

Ada kelebihan dari pasar persaingan monopolistik, antara lain:

  • Menghasilkan Barang Berbeda Corak
    Hal ini memberi keuntungan konsumen disebabkan konsumen bisa memilih produk barang yang sesuai dengan selera dan kemampuan mereka menjadikan dapat meningkatkan kesejahteraan mereka.
  • Distribusi Pendapatan Dalam Masyarakat Lebih Merata
    Keuntungan produsen yang terbentuk dari perusahaan kecil sifatnya normal, maka pemilik modal tidak mempunyai kekayaan berlebih. Dan juga kesempatan kerja yang tercipta menjadi lebih besar.

Kekurangan Pasar Persaingan Monopolistik

Terdapat kekurangan dari pasar persaingan monopolistik, antara lain:

  • Operasi Tidak Seefisien Pasar Persaingan Sempurna
    Hal ini disebabkan karena harga yang lebih tinggi, kuantitas produksi lebih rendah dan tidak tercapai efisiensi baik produk ataupu alokatif.
  • Perusahaan Tidak Mempunyai Inisiatif Untuk Melakukan Inovasi
    Modal dan pasar yang sangat terbatas dan juga kecenderungan untuk memperoleh keuntungan dalam jangka panjang menghalangi produsen atau perusahaan untuk membuat suatu inovasi.

Pengertian Pasar Persaingan Monopolistik, Ciri-Ciri, Sistem Harga, Kelebihan, Kekurangan, Contoh

Contoh Pasar Persaingan Monopoliktik

Dalam pasar monopolistik ada perbedaan produk atau diferensiasi produk, menjadikan pembeli bebas memilih produk yang mereka suka. Seperti umumnya pembeli tidak mudah keproduk lain, walaupun ada produk baru yang keluar di pasar.

Seperti contohnya, apabila kalian sika terhadap produk lagu KPOP dan mengoleksi semua album kpop tersebut dalam bentuk CD ataupun kaset, tidaklah mungkin kalian membeli kasar dan CD lagu-lagu dangdut, walaupun hal itu banyak muncul lagu-lagu dangdut baru.

Contoh yang lain adalah perusahaan A mengeluarkan produk pewangi pakaian dan perusahaan B juga mengeluarkan produk serupa untuk pakaian, keduanyan memasuki pasar dan konsumen yang akhirnya akan menilai produk tersebut.

Demikian telah dijelaskan tentang Pengertian Pasar Persaingan Monopolistik, Ciri, Sistem Harga, Kelebihan, Kekurangan dan Contohnya, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi