26 Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

26 Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Sejarah merupakan bidang studi wajib bagi jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di sekolah, sejarah mencakup kejadian-kejadian masa lampau atau asal-usul sesuatu yang berdampak pada masa depan.

Sejarah itu sendiri ditulis untuk mengenang sesuatu dengan tujuan agar kita yang hidup dimasa kini mengetahui bagaimana kehidupan dimasa lampau dan mengetahui seberapa besar dampak yang diberikan terhadap masa depan.

26 Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Maari kita bahas pengertian sejarah dengan seksama dibaawah ini.

Pengertian Sejarah

Kata sejarah di ambila dari Bahasa Arab yaiut dari kata Syajaratun yang memiliki makna Pohon. Pohon ini memiliki filosofi yaitu yang mana segala sesuatu akan tumbuh dan berkembang mulai dari akar hingga menjadi buah dan berkembang. Berikut ini merupakan beberapa pengertian Sejarah yang telah dijelaskan oleh para ahlinya para ahli:

1. Roeslan Abdulgani

Beliau menyatakan bahwa sejarah yaitu sebuah ilmu yang menyelidiki atau meneliti yang secara sistematis untuk perkembangan masyarakat serta kemanusiaan dimasa lalu dan juga kejadian-kejadian yang terjadi di masa lampau yang mana memiliki masksud untuk menilai secara kritis dari seluruh hasil penyelidikannya, dengan dijadikan sebagai pedoman untuk penentuan serta penilaian dimasa sekarang agar dapat mengarahkan progres dimasa depan.

2. Heredotus

beliau merupakan sejarawan pertama didunia yang mana ia berkebangsaan dari Yunani, ia disini juga memproleh julukan yaitu The Father of History yang artinya Bapak Sejarah. Beliau berpendapat bahwa sejarah tidak berkembang kedepan dengan tujuan yang pasti, namun hal ini bergerak sesuai dengan garis lingkaran yang dinamikanya di pengaruhi oleh keadaan manusia.

3. Moh. Yamin, SH.

Beliau menyatakan bahwa sejarah merupakan sebuah ilmu pengetahuan yang mana dirangkai dari hasil sebuah penelitian dari beberapa kejadian yang bisa diambil pembuktiannya berdasarkan kenyataan.

4. Ibnu Khaldun

Disini Ibnu khaldun yang mengartikan sejarah sebagai sebuah catatan dari umat manusia atau dari peradaban dunia, mengenai perubahan yang terjadi dalam sifat masyarakat tersebut.

5. Thomas Carlyle

Ia juga mengarti sejarah yaitu sebagai seuatu peristiwa yang terjadi di masa lalu yang mempelajari mengenai biografi orang-orang terkenal yang mana disini mereka berperan sebagai penyelamat pada zaman mereka. Mereka disini diartikan sebuag orang-orang besar yang pernah dicatat sebgai pembawa sebuah perubahan pada masa kini.

6. Collingwood

Ia merupakan seorang sejarawan yang berfikir bahwa sejarah yaitu suatu ilmu atau sebuah jawaban yang berdasarkan atas pertanyaan-pertanyaan mengenai perilaku manusia di masa lalu.

7. Aristoteles

Pengertian sejarah menurut Aristoteles yaitu satu sistem yang meneliti mengenai satu kejadian sejak awal serta tersusun pada bentuk sebuah kronologi. Di masa yang sama, ia juga menyatakan sejarah merupakan peristiwa-peristiwa yang beasal darimasa lalu yang memiliki catatan, record-record, maupun bukti-bukti yang konkret.

8. J.V. Bryce

Ia menyatakan bahwa sejarah yaitu catatan dari apa yang sudah dipikirkan, dikatakan, serta diperbuat dari manusia.

9. Benedetto Croce

Disini Benedetto Croce berpendapat bahwa Sejarah yaitu seuatu rekaman kreasi jiwa manusia pada semua bidang baik teoritikal atau praktikal. Kreasi spiritual ini juga kan senantiasa lahir dalam hati serta pikiran manusia jenius, budayawan, pemikir yang mana lebih mengutamakan tindakan dan juga pemburu agama.

10. J. Bank

Menurut J.Bnk ia mentakan sejarah merupakan semua kejadian atau peristiwa yang terjadi dimasa lalu. Disini sejarah juga bisa membantu para siswa dalam memahami perilaku manusia yang ada masa lalu, masa sekarang dan masa mendatang. Semua kejadian yang dimaksud pada pernyataan ini yaitu kejadian maupun peristiwa yang ada kaitannya dengan manusia. Pada kejadian atau peristiwa ini ada mengenai bagaimana manusia berperilaku.

11. Abramiwitz

Disini abramiwitz berpendapat bahwa sejarah yakni sebuah runtutan peristiwa yang mana terjadi dalam sebuah kejadian.

12. W.H. Walsh

Ia mengartikan bahwa sejarah ini menitikberatkan dalam pencatatan yang sangat memiliki arti dan penting bagi manusia. Catatan ini meliputi atas tindakan-tindakan serta pengalaman manusia yang apernah ada masa lalu pada hal-hal yang penting sehingga dapat menjadi sebuah cerita yang berarti.

13. R. Moh, Ali

Pada bukunya Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia yang mana ia disini menegaskan bahwa kata sejarah memiliki arti sebagai berikut:

  1. Sejumlah perubahan, kejadian-kejadian, serta peristiwa yang terjadi sebuah dalam kenyataan yang ada disekitar kita.
  2. Cerita mengenai sebuah perubahan, kejadian-kejadian, serta peristiwa yang mana merupakan sebuah realitas tersebut.
  3. Ilmu yang bertugas untuk menyelidiki sebuah perubahan, kejadian-kejadian, serta peristiwa yang mana hal ini merupakan realitas tersebut.

14. Ertis Stern

Sejarah sendir timbul berdasarkan atas suatu persoalan yang hidup, bahkan dapat melayani hidup dari masyarakat. Oelh sebab itu, sejarah ini akan berubah-ubah bersama dengan perubahan waktu, harapan, serta pemikiran rasa cemas yang akan tumbuh.

15. R.G. Collingwood

ia menyatakan bahwa sejarah yaitu sebuah bentuk dari penyelidikan mengenai hal-hal yang sudah dilakukan oleh manusia yang ada dimasa lalu.

16. Kuntowijoyo

Sejarah sendiri menyuguhkan fakta yang unik, diakronis, ideografis, serta empiris. Memiliki sifat diakronis sebab ada hubungannya dengan waktu. Sejarah sendir memiliki ideografis sebab sejarah menggambarkan, menceritakan sesuatu. Bersifat unik sebab sejarah berisi hasil dari penelitian mengenai hal unik. tak hanya itu sejarah juga juga bersifat empiris yang mana memiliki sejarah bersandar dalam pengalaman manusia yang sungguh-sungguh.

17. Sunnal dan Haas

Mereka berdua berpendapat bahwa sejarah yaitu studi kronologis dengan menafsirkan serta mencari arti dari sebuah peristiwa serta berlalu metode sistematis dalam mengungkap sebuah kebenaran.

18. Patrick Gardiner

Ia menyatakan bahwa sejarah yaitu ilmu yang mempelajari mengenai apa yang sudah diperbuat oleh manusia.

19. Drs. Sidi Gazalba

Ia menyatakan bahwa Sejarah merupakan sebagai masa lalu manusia yang seputarnya ini disusun secara ilmiah serta pula lengkap yang terdiri atas urutan fakta masa ini dengan tafsiran dan penjelasan yang memberi defisini serta kepahaman mengenai apa yang berlaku.

20. Costa

Sejarah disini siartiken sebagai “record of the whole human experinence”. Yang mana sejarah sendiri pada hakikatnya yaitu sebuah catatan seluruh pengalaman, baik secara itu individu ataupun secara kolektif bangsa yang mana masa lalu ini mengenai kehidupan umat manusia.

21. Rochiati Wiriatmadja

Sejarah yaitu sebuah disiplin ilmu yang mana hal ini menjanjikan etika, moral, kebijaksanaan, nilai-nilai spiritual, serta kultural sebab disini kajiannya memiliki sifat memberikan pedoman terhdap keseimbangan hidup, harmoni pada nilai-nilai, keteladanan terhadap keberhasilan serta kegagalan, dan juga cerminan pengalaman kolektif yang bisa dijadikan sebagai kompas dalam kehidupan masa depan.

22. E.H. Carr

Ia berpendapat bawha Sejarah yaitu dialog yang tidak pernah selesai dari masa sekarang serta dari masa lalu, suatu proses interaksi yang berkesinambungan dari sejarawan serta fakta-fakta yang ia miliki.

23. Robin Winks

Menurut Robin Winks sejarah yaitu sebuah studi mengenai manusia pada kehidupan masyarakat.

24. Cleveland

Menurut pendapatnya bahwa sejarah merupakan sebuah konsep yang nantinya akan dilihat untuk mengenali dalam kehidupan manusia.

6 Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli Lengkap

25. Norman E. Cantor

Sejarah yaitu sebuah studi mengenai apa yang diperbuat, dikatakan, dan yang dipikirkan oleh manusia pada masa lampau.

26. Taufik Abdullah

Sejarah dapat diartikan sebagai suatutindakan dari manusia dalam jangka waktu tertentu dari masa lalu yang dilakukan pada tempat tertentu.

Demikianlah penjelasan kita kali ini mengenai 26 Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap), semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan bagi pembaca. Terimakasih.