√ 15 Pengertian Tradisi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

15 Pengertian Tradisi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang pengertian tradisi menurut para ahli. Yang mana pengertian tradisi menurut para ahli ini sudah dirangkum dari berbagai sumber dengan lengkap. Tradisi sangat berhubungan dengan kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat jaman dahulu dan masih terus dilakukan oleh masyarakat sekarang secara turun temurun. Untuk lebih detailnya silakan baca ulasan dibawah ini dengan seksama.

15 Pengertian Tradisi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Mari kita bahas pengertian tradisi dengan seksama.

Pengertian Tradisi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari tradisi yang dibahas oleh ahlinya.

1. Soerjono Soekamto (1990)

Pengertian tradisi menurut Soerjono Soekamto adalah kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok masyarakat dengan secara langgeng (berulang-ulang).

2. WJS Poerwadaminto (1976)

Pengertian tradisi menurut WJS Poerwadaminto adalah segala sesuatu yang menyangkut kehidupan dalam masyarakat yang dilakukan secara terus menerus, seperti adat, budaya, kebiasaan dan juga kepercayaan.

3. Van Reusen (1992:115)

Pengertian tradisi menurut Van Reusen adalah warisan atau norma adat istiada, kaidah-kaidah, harta-harta. Tetapi tradisi bukan suatu yang tidak bisa dirubah. Tradisi justru perpaduan dengan beragam perbuatan manusia dan diangkat dalam keseluruhannya.

4. Bastomi (1984:14)

Pengertian tradisi menurut Bastomi adalah roh dari sebuah kebudayaan, dengan tradisi sistem kebudayaan akan menjadi kokoh. Jika tradisi dihilangkan maka ada harapan suatu kebudayaan akan berakhir saat itu juga. Setiap sesuatu menjadi tradisi seringkali sudah teruji tingkat efektifitasnya dan tingkat efisiensinya. Efektifitas dan efisiensinya selalu mengikuti perjalanan perkembangan unsur kebudayaan. Berbagai bentuk sikap dan tindakan dalam mengatasi persoalan jika tingkat efektifitas dan efisiennya rendah akan segera ditinggalkan oleh pelakunya dan tidak akan menjadi sebuah tradisi. Tentu saja suatu tradisi akan pas dan cocok sesuai situasi dan kondisi masyarakat yang mewarisinya.

5. Piotr Sztompka (2011:69-70)

Pengertian tradisi menurut Piotr Sztompka adalah keseluruhan benda material dan gagasan yang berasal dari masa lalu namun benar-benar masih ada kini, belum dihancurkan, dirusak atau dilupakan. Disini tradisi hanya berarti warisan, apa yang sebenarnya tersisa dari masa lalu.

6. Shils (1981:12)

Pengertian tradisi menurut Shils adalh segala sesuatu yang disalurkan atau diwariskan dari masa lalu ke masa kini. Kriteria tradisi bisa lebih dibatasi dengan mempersempit cakupannya.

7. Coomans, M (1987:73)

Pengertian tradisi menurut Coomans, M adalah suatu gambaran sikap dan perilaku manusia yang sudah berproses dalam watktu lama dan dilakukan secara turun temurun dimulai dari nenek moyang. Tradisi yang sudah membudaya akan menjadi sumber dalam berakhlak dan berbudi pekerti seseorang.

8. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pengertian tradisi menurut KBBI adalah adat kebiasan turun temurun (dari nenek moyang) yang masih dijalankan oleh masyarakat; penilaian atau anggapan bahwa cara-cara yang telah ada merupakan yang paling baik dan benar.

9. Wikipedia

Pengertian tradisi menurut Wikipedia adalah tradisi atau kebiasaan adalah sesuatu yang telah dilakukan untuk sejak lama dan menjadi bagian dari kehidupan suatu kelompok masyarakat, biasanya dari suatu negara, kebudayaan, waktu atau agama yang sama.

10. Hasan Hanafi

Pengertian tradisi menurut Hasan Hanafi adalah segala warisan masa lampau yang masuk pada kita dan masuk kedalam kebudayaan yang sekarang berlaku.

11. Funk dan Wagnalls dalam Muhaimin

Pengertian tradisi menurut Funk dan Wagnalls adalah pengetahuan, doktrin, kebiasaan, praktek dan lain-lain yang dipahami sebagai pengetahuan yang telah diwariskan secara turun-temurun termasuk cara penyampai doktrin dan praktek tersebut.

Pengertian Tradisi Menurut Para Ahli

12. Khazanah Bahasa Indonesia

Pengertian tradisi menurut Khazanah Bahasa Indonesia adalah segala sesuatu seperti adat, kebiasaan, ajaran, dan sebagainya, yang turun temurun dari nenek moyang.

13. Mardimin

Pengertian tradisi menurut Mardimin adalah kebiasaan yang turun temurun dalam suatu masyarakat dan merupakan kebiasaan kolektif dan kesadaran kolektif sebuah masyarakat.

14. Harapandi Dahri

Pengertian tradisi menurut Harapandi Dahri adalah suatu kebiasaan yang teraplikasikan secara terus menerus dengan berbagai simbol dan aturan yang berlaku pada sebuah kominitas.

15. Ensiklopedia

Pengertian tradisi menurut Ensiklopedia adalah adat “kebiasaan” atau tradisi masyarakat yang sudah dilakukan berulang kali secara turun temurun.

Demikianlah telah dijelaskan tentang 15 Pengertian Tradisi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap), semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi