39 Pengertian Budaya Menurut Para Ahli

39 Pengertian Budaya Menurut Para Ahli – Kali ini kami akan membahas tentang culture atau budaya. Ya, kita juga sudah sering mendengar kata budaya tersebut. Negara kita dengan semua propinsi yang ada ternyata masing-masing mempunyai budayanya sendiri. Apa itu budaya? Simaklah penjelasan berikut mengenai budaya.

39 Pengertian Budaya Menurut Para Ahli

Mari kita bahas pengertian budaya terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Budaya

Kata budaya diambil dari bahasa sansekerta yaitu buddhayah yang mempunyai arti bahwa segala sesuatu yang ada hubungannya dengan akal dan budi manusia. Secara harfiah, budaya ialah cara hidup yang dimiliki sekelompok masyarakat yang diwariskan secara turun temurun kepada generasi berikutnya. Adapun perbedaan antara agama, suku, politik, pakaian, lagu, bahasa, bangunan, maupun karya seni itu akan membuat terbentuknya suatu budaya.

Pengertian Budaya Menurut Para Ahli

Soelaiman Soemardi & Selo Soemardjan menerangkan bahwa suatu kebudayaan merupakan buah atau hasil karya cipta & rasa masyarakat. Suatu kebudayaan memang mempunyai hubungan yang amat erat dengan perkembangan yang ada di masyarakat. Seorang arkeolog, R. Seokmono menerangkan bahwa budaya adalah hasil kerja atau usaha manusia yang berupa benda maupun hasil buah pemikiran manusia dimasa hidupnya.

Sedangkan Effat al-Syarqawi mendefinisikan budaya berdasarkan dari sudut pandang Agama Islam, Ia menjelaskan bahwa budaya adalah khazanah sejarah sekelompok masyarakat yang tercermin didalam kesaksian & berbagai nilai yang menggariskan bahwa suatu kehidupan harus mempunyai makna dan tujuan rohaniah.

Lehman, Himstreet, dan Batty mendefinisikan budaya sebagai kumpulan beberapa pengalaman hidup yang ada pada sekelompok masyarakat tertentu. Pengalaman hidup yang dimaksud bisa berupa kepercayaan, perilaku, & gaya hidup suatu masyarakat. Sedangkan Parsudi Suparian, mengatakan budaya akan melandasi segala perilaku dalam masyarakat, karena budaya merupakan pengetahuan manusia yang seluruhnya digunakan untuk mengerti dan memahami lingkungan & pengalaman yang terjadi kepadanya.

Budaya yang ada di Indonesia amat berpengaruh pada perkembangan jaman dari masa ke masa & berubahnya kondisi alam yang ada di Indonesia. Hal tersebut sangat sesuai dengan pendapat seorang pakar dari Indonesia yaitu Ki Hajar Dewantara, yang memaparkan bahwa budaya adalah hasil perjuangan masyarakat terhadap alam & zaman yang membuktikan kemakmuran & kejayaan hidup masyarakat dalam menyikapi atau menghadapi kesulitan & rintangan untuk mencapai kemakmuran, keselamatan dan kebahagiaan di hidupnya.

Ada beberapa penjelasan budaya lainnya menurut para ahli:

1. Koentjaraningrat

Menurut Koentjaraningrat, Budaya merupakan sebuah sistem gagasan & rasa, sebuah tindakan serta karya yang dihasilkan oleh manusia didalam kehidupannya yang bermasyarakat, yang dijadikan kepunyaannya dengan belajar.

2. KBBI

Menurut KBBI, Budaya berarti sebuah pemikiran, adat istiadat atau akal budi. Secara tata bahasa, arti dari kebudayaan diturunkan dari kata budaya dimana cenderung menunjuk kepada cara berpikir manusia.

3. Kluckhohn dan Kelly

Menurut Kluckhohn dan Kelly, Budaya merupakan segala konsep hidup yang tercipta secara historis, baik yang implisit maupun yang eksplisit, irasional, rasional, yang ada di suatu waktu, sebagai acuan yang potensial untuk tingkah laku manusia.

4. E.B. Taylor

Menurut E.B. Taylor, Budaya ialah suatu keseluruhan yang kompleks meliputi kepercayaan, kesusilaan, seni, adat istiadat, hukum, kesanggupan dan kebiasaan lainnya yang sering dipelajari oleh manusia sebagai bagian dari masyarakat.

5. Linton

Menurut Linton, Budaya merupakan keseluruhan dari sikap & pola perilaku serta pengetahuan yang merupakan suatu kebiasaan yang diwariskan & dimilik oleh suatu anggota masyarakat tertentu.

6. R. Soekomo

Menurut R. Soekomo Budaya merupakan hasil kerja dan usaha manusi aberupa benda maupun hasil buah pemikiran manusia dimasa hidupnya

7. Edward T Hall

Menurut Edward T Hall budaya adalah komunikasi dan komunikasi adalah budaya

8. Geert Hofstede

Menurut Geert Hofstede Budaya merupakan pemrograman bersama atas pikiran yang membedakan anggota-anggota satu kelompok orang dengan kelompok lainnya.

9. Jensen dan Trenholm

Menurut Jensen dan Trenholm Budaya merupakan seperangkat norma, nilai, kepercayaan, adat istiadat, aturan dan juga kode.

10. Fizee

Menurut Fizee pengertian kebudayaan adalah:

  • Kebudayaan artinya tingkat kecerdasan akal setinggi-tingginya yang dihasilkan dalam suatu tempo sejarah bangsa di puncak perkembangannya.
  • Kebudayaan adalah hasil yang dicapai suatu bangsa dalam lapangan kesusatraan, falsafah, ilmu pengetahuan dan kesenian.
  • Kebudayaan sebagai way of life bangsa, terutama hubungannya dengan adat istiadat, upacara keagamaan, penggunaan bahasa dan kebiasaan hidup masyarakat.

11. Bounded et.al

Menurut Bounded et.al kebudayaan adalah sesuatu yang terbentuk oleh pengembangan dari kepercayaan manusia melalui simbol-simbol tertentu.

12. Francis Merill

Menurut Francis Merill Kebudayaan adalah semua perilaku dan semua produk yang dihasilkan oleh seseorang sebagai anggota suatu masyarakat yang ditemukan melalui interaksi simbolis. Kebudayaan berarti pola-pola perilaku yang dihasilkan oleh interaksi sosial.

13. Wikipedia

Menurut Wikipedia Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang, dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi

14. Al. Krueber (1958: 582-583)

Menurut Al. Krueber kebudayaan adalah suatu sistem dari ide-ide dan konsep-konsep. Kebudayaan dari wujud sebagai rangkaian tindakan berpola suatu aktivitas dan manusia yang.

15. Croydon (1973: 4)

Menurut Croydon Budaya adalah suatu sistem pola terpadu, yang sebagian besar berada di bawah ambang batas kesadaran, namun semua yang mengatur perilaku manusia sepasti senar dimanipulasi dari kontrol boneka gerakannya.

16. Dr. K. Kupper

Menurut Dr. K. Kupper Kebudayaan adalah sistem gagasan yang menjadi pedoman dan pengarah bagi manusia dalam bersikap dan berperilaku, baik secara individu maupun kelompok

17. Djojodigono(1958)

Menurut Djojodigono Kebudayaan adalah daya dari budi, yang berupa cipta, karsa dan rasa.

18. Dawson

Menurut Dawson Dalam bukunya yang berjudul Age of the Gods kebudayaan merupakan cara hidup bersama.

19. Drs. Mohammad Hatta

Menurut Drs. Mohammad Hatta pengertian kebudayaan adalah ciptaan hidu pdari suatu bangsa.

20. Drs. Sidi Gazalba

Menurut Drs. Sidi Gazalba kebudayaan adalah cara berfikir dan merasa yang menyatakan diri dalam seluruh segi kehidupan dari segolongan manusia yang membentuk kesatuan sosial dengan suatu ruang dan suatu waktu.

11 Pengertian Budaya Menurut Para Ahli Lengkap

21. EB. Tylor

Menurut EB. Tylor Dalam bukunya, Primitif Culture disebutkan Kebudayaan adalah keseluruhan yang kompleks didalamnya terkandung ilmu pengetahuan serta kebiasaan yang didapat manusia sebagai anggota masyrakat.

22. Edward Spranger

Menurut Edward Spranger Kebudayaan adalah segala bentuk atau ekspresi dari kehidupan batin masyarakat. Sedangkan peradaban ialah perwujudan kemajuan teknologi dan pola material kehidupannya.

23. Herskovits

Menurut Herskovits Kebudayaan adalah sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain, yang kemudian disebut sebagai superorganik.

24. Larson dan Smalley (1972: 39)

Menurut Larson dan Smalley memandang kebudayaan sebagai “blue print” yang memandu perilaku orang dalam suatu komunitas dan diinkubasi dalam kehidupan keluarga. Ini mengatur perilaku kita dalam kelompok, membuat kita peka terhadap masalah status, dan membantu kita mengetahui apa tanggung jawab kita adalah untuk grup. budaya yang berbeda struktur yang mendasari yang membuat bulat bulat masyarakat dan komunitas persegi persegi.

25. Mitchell (Dictionary of Soriblogy)

Menurut Mitchel kebudayaan adalah sebagian perulangan keseluruhan tindakan atau aktivitas manusia dan produk yang dihasilkan manusia yang telah memasyarakat secara sosial dan bukan sekedar di alihkan secara genetikal.

26. Mangunsarkoro

Menurut Mangunsarkoro Kebudayaan adalah segala yang merupakan hasil kerja jiwa manusia dalam arti yang seluas-luasnya

27. Nostrand

Menurut Nostrand kebudayaan adalah sebagai sikap dan kepercayaan, cara berfikir, berperilaku, dan mengingat bersama oleh anggota komunitas tersebut.

28. Robert H Lowie

Menurut Robert H Lowie Kebudayaan adalah segala sesuatu yang di peroleh individu dari masyarakat, mencakup kepercayaan, adat istiadat, norma-norma artistic, kebiasaan makan, keahlian yang di peroleh bukan dari kreatifitasnya sendiri melainkan merupakan warisan masa lampau yang di dapat melalui pendidikan formal atau informal.

29. Ralph Linton (1945: 30)

Menurut Ralph Linto Kebudayaan adalah seluruh cara kehidupan Dari Masyarakat Yang manapun dan regular tidak Hanya mengenai sebagian Dari cara Hidup Name of ITU yaitu Masyarakat Yang dianggap lebih diinginkan Dibuat Tinggi atau lebih.

30. Raymond Williams (1961: 16)

Menurut Raymond Williams budaya adalah seluruh kehidupan, materi, intelektual, dan spiritual.

31. Sir Edwards B Tylor

Menurut Sir Edwards B Tylor kebudayaan adalah keseluruhan kompleks dari ide da segala sesuatu yang dihasilkan mausia kesamaan pengalaman historis.

32. Sutan Takdir Alisyahbana

Menurut Sutan Takdir Alisyahbana kebudayaan merupakan manifestasi dari cara berfikir.

33. William H. Haviland

Menurut William H. Haviland Kebudayaan adalah seperangkat peraturan dan norma yang dimiliki bersama oleh para anggota masyarakat, yang jika dilaksanakan oleh para anggotanya akan melahirkan perilaku yang dipandang layak dan dapat di tarima ole semua masyarakat.

Itulah pembahasan mengenai 39 Pengertian Budaya Menurut Para Ahli yang dijelaskan dengan lengkap, semoga dapat membantu anda semua. Terimakasih.

Daftar Isi