Contoh Teks Eksplanasi Budaya

Contoh Teks Eksplanasi Budaya – Seperti apa bentuk contoh teks eksplanasi tentang budaya ?Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Teks eksplanasi budaya beserta contohnya. Mari kita simak pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya


Secara singkat, teks eksplanasi adalah suatu teks yang menjelaskan tentang proses “apa”, “mengapa”, dan “bagaimana” terbentuknya suatu fenomena, baik fenomena alam, budaya, sosial dan lainnya.

Adapun struktur teks eksplanasi ada 3 bagian, penjelasannya sebagai berikut.

  • Pernyataan umum: berisi penjelasan umum bisa berupa pengenalan.
  • Deretan penjelas/sebab-akibat: berisi penjelasan mengapa fenomena tersebut dapat terjadi.
  • Interpretasi/penutup: bagian ini diartikan sebagai penutup yang bukan suatu keharusan ada.

Tujuan teks eksplanasi adalah untuk memberikan informasi yang jelas kepada para pembaca agar bisa memahami mengenai suatu fenomena yang sedang terjadi.

Sedangkan, fungsi teks eksplanasi adalah untuk menjelaskan dan menggambarkan suatu kejadian atau yang terjadi dengan menyertai contoh yang ada di sekitar. Lebih singkatnya, teks eksplanasi berfungsi untuk menjelaskan suatu sebab akibat dari peristiwa.

Berikut di bawah ini adalah beberapa  contoh Teks eksplanasi yang membahas tentang Budaya, Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :


Contoh Teks Eksplanasi Budaya Jawa


  • Judul : Wayang

Pernyataan Umum

Wayang merupakan seni pertunjukan asli Indonesia yang berkembang secara pesat di Pulau Jawa dan Bali. Selain dua daerah tersebut, wayang juga populer di Sumatera dan Semenanjung Malaya, dimana budaya wayang di daerah ini dipengaruhi oleh kebudayaan Jawa dan Hindu.

Bagian Penjelasan

Lembaga kebudayaan dunia, UNESCO; pada tanggal 7 November 2003 menetapkan wayang sebagai pertunjukan bayangan boneka terkenal dari Indonesia, sebagai warisan maha karya dunia yang tidak ternilai dalam seni bertutur.Hingga saat ini yang bisa didapat tentang wayang, bahwa awal pertunjukan wayang berasal dari Prasasti Balitung di abad ke 4 yang berbunyi si Galigi mawayang.

Saat agama Hindu masuk ke Indonesia dan menyesuaikan budaya yang sudah ada saat itu, wayang menjadi media efektif untuk menyebarkan agama ini. Pertunjukan wayang menggunakan cerita Mahabharata dan Ramayana.Ketika Islam datang, muncul juga boneka wayang yang terbuat dari kulit sapi, dimana hanya bayangannya saja yang terlihat saat pertunjukan, wayang inilah yang kita kenal dengan wayang kulit.

Selain itu, ada juga wayang Sadat yang digunakan untuk menyebarkan Islam dengan memperkenalkan nilai-nilai Islam.Saat misionaris Katolik, Bruder Timotheus L. Wignyosubroto, FIC di tahun 1960 dalam misinya menyebarkan agama Katolik, dia mengembangkan Wayang Wahyu, yang sumber ceritanya berasal dari Alkitab.

Bagian Penutup

Kita ketahui bahwa bersama nilai-nilai filosofi yang tersimpan dalam pe-wayang-an selalu mengajak masyarakat untuk berbuat baik dan menghindari kejahatan, serta menanamkan kepada masyarakat semangat “amar ma’ruf nahi mungkar”

Atau istilah dalam pewayangan “memayu hayuning bebrayan agung”, sesuai dengan ajaran agama dan kepercayaan masing-masing.

Kita sadar harus membantu melestarikan budaya wayang Negara Kita, dan bisa kita lakukan dengan berbagai cara sesuai dengan kemampuan masing-masing, sehingga wayang akan terus lestari.


Contoh Teks Eksplanasi Budaya Daerah


  • Judul :”Bau Nyale”

Pernyataan umum

Jika kita lihat lebih jauh, budaya Indonesia yang beragam ini sebenarnya banyak yang bertentangan dari norma sosial bahkan norma agama.

Salah satu contoh budaya yang terlalu mengenyampingkan norma adalah budaya warga suku sasak core event “bau nyale”. Bau nyale artinya menangkap nyale, nyale merupakan cacing laut yang dapat dikonsumsi. Cacing laut tersebut muncul sekali setahun, pada hari, bulan dan pantai tertentu. Itulah yang membuat event “bau nyale” menjadi sangat spesial bagi suku sasak.

Deretan penjelas

Konon katanya cacing tersebut adalah jelmaan putri Mandalika yang bunuh diri di laut karena masalah dilema percintaannya. Tradisi “bau nyale” merupakan tradisi turun-temurun yang dilakukan oleh masyarakat Lombok terutama Lombok tengah pada waktu tertentu yaitu sekitar akhir bulan Februari atau pertengahan bulan Maret.

Yang menjadi keganjalan dalam tradisi tersebut adalah etika pemuda-pemudi dalam melestarikan budayanya. Nyale biasanya muncul pada 3 sampai 5 pagi hari, sehingga para pemburu harus begadang menunggu munculnya nyale ke permukaan laut. Selama menunggu itu mereka biasanya melakukan hal-hal yang tidak beretika.

Karena menangkap nyale di ruang terbuka, setiap orang bebas melakukan apa saja asal tidak menyebabkan kerusuhan. Kondisi seperti itu dimanfaatkan para pemuda melakukan tindakan tidak senonoh dengan pasangannya. Apalagi saat Nyale keluar, mereka meneriaki kata-kata kotor yang dipercaya dapat menarik perhatian cacing laut tersebut.

Interpretasi

Kemeriahaan acara tersebut ternyata mengandung nilai-nilai negatif, jika kita lihat apa yang dilakukan para pemuda tersebut tidak layak dicontoh. Akan tetapi kembali lagi pada pernyataan bahwa budaya adalah hal yang harus terus dilestarikan.


Contoh Teks Eksplanasi Budaya Batik


  • Judul : Batik

Pernyataan umum

Batik adalah kain bergambar yang cara pembuatannya secara khusus dengan menuliskan/menerakan malam pada kain tersebut, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu memiliki ciri khas.Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi serta pengembangan motif dan budaya yang terkait.UNESCO menetapkan batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi sejak 2 Oktober 2009.

Deretan penjelas

Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni yang tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia sejak dahulu kala. Perempuan-perempuan Jawa pada saat itu menjadikan keterampilan mereka dalam membantik sebagai salah satu mata pencaharian, sehingga pada masa lalu pekerjaan membatik adalah pekerjaan eksklusif perempuan sampai ditemukannya “Batik Cap” yang memungkinkan laki-laki melakukan pekerjaan membantik ini.

Ragam corak dan warna batik dipengaruhi oleh berbagai pengaruh asing. Awalnya, batik memiliki ragam corak dan warna yang terbatas, dan ada juga beberapa corak yang hanya boleh dipakai oleh kalangan tertentu.Namun batik pesisir menyerap berbagai pengaruh asing, seperti para pedagang asing dan para penjajah. Warna-warna cerah seperti warna merah dipopulerkan oleh Tionghoa.

Bangsa penjajah asal Eropa mengambil minat kepada batik, dan hasilnya adalah corak bebungaan yang sebelumnya tidak dikenal dan juga benda-benda yang dibawa oleh penjajah, termasuk juga warna-warna kesukaan mereka seperti warna biru.Batik tradisional masih tetap mempertahankan coraknya, dan masih dipakai pada upacara-upacara adat, karena masing-masing corak memiliki perlambangan masing-masing.

Interpretasi

Dengan begitu, batik dapat dijadikan kebanggan rakyat Indonesia, karena batik memiliki ragam corak dan warna yang dapat menarik minat para turis asing untuk memilikinya.Sehingga batik dapat menjadi salah satu sumber mata pencaharian yang dapat meningkatkan ekonomi Indonesia.


Contoh Teks Eksplanasi Budaya Singkat


  • Judul : Perubahan Budaya

Pernyataan umum

Budaya tidak selamanya identik dengan hal-hal berbau tradisional, seperti bahasa, kesenian, pakaian, dan lainnya. Seringkali kita mendengar kata “budaya”, maka yang terlintas di pikiran kita adalah simbol budaya dari suatu daerah atau negara.

Deretan penjelas

Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang, yang dimiliki sebuah kelompok, dan diwariskan secara turun-temurun.Maka dari itu antara daerah satu dengah yang lain memiliki budaya yang berbeda. Dan juga, masa lalu dan masa kini juga turut mempengaruhi budaya yang ada pada suatu daerah.

Jika dikelompokkan, hasil budaya dibagi menjadi 3 jenis, yaitu kepercayaan, estetika, dan pengetahuan.Ketiga hal tersebut saling berpengaruh antara satu sama lain dan timbul hasil seperti hukum, bahasa, adat-istiadat, pakaian, tempat tinggal, teknologi, dan lain sebagainya.

Salah satu faktor mengapa budaya selalu berkembang dan berubah seiring perkembangan zaman karena adanya perubahan lingkungan yang lumayan ekstrim.Sehingga tidak mungkin perubahan budaya tidak dapat terjadi, dan wacana dalam pelestarian budaya hanya akan bebentuk wacana simbolis saja. Karena manusia tidak bisa hidup dengan cara hidup yang lama.

Tetapi, yang perlu kita perhatikan bahwa budaya lama akan tetap menjadi acuan untuk melahirkan budaya yang baru, sehingga kita dapat mengatakan bahwa budaya baru adalah hasil modifikasi dari budaya lama.

Interpretasi

Tidak selamanya perubahan budaya itu buruk, walaupun sangat disayangkan beberapa budaya lama ada yang punah atau hilang.Menjadi ironi bahwa di satu sisi hilangnya budaya lama sangat memprihatinkan, tetapi di sisi lain manusia tidak sanggup berada di satu titik saja.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya

Contoh Teks Eksplanasi Budaya Indonesia


  • Judul : Penyebab Lunturnya Budaya Indonesia

Pernyataan Umum

Budaya di Indonesia kian hari kian luntur karena kurangnya kesadaran masyarakat, kurangnya pembelajaran budaya, dan kurangnya komunikasi budaya.Hal tersebut terbilang turun drastis karena kebanyakan dari kita memilih budaya asing yang lebih praktis dan sesuai perkembangan zaman.

Bahwa kita menganggap bahwa budaya asing lebih praktis dan keren. Padahal hal itu tidak selamanya benar. Padahal banyak budaya luar yang dianggap keren tetapi tidak sesuai dengan jati diri dan budaya bangsa kita, Indonesia.

Bagian Penjelasan

Hasilnya menyebabkan kebudayaan kita tidak lagu diurus dan perlahan-lahan menghilangkan atau pun diklaim oleh Negara lain.Untuk itu, kemampuan berkomunikasi sangatlah penting agar tidak terjadi pemahaman yang salah tentang budaya yang dianut.

Kurangnya komunikasi juga bisa membuat pertikaian antar suku yang mengakibatkan dampak pada persatuan dan kesatuan.Tidak kalah penting, kita juga harus memperhatikan komunikasi antar masyarakat dengan mengenalkan budaya satu sama lain dan ke generasi penerus bangsa dengan tujuan agar budaya kita tetap hidup.

Kesimpulan

Pembelajaran budaya yang kurang, mengakibatkan budaya kita sedikit demi sedikit menghilang.Jadi, lebih biak mempelajari budaya sejak usia dini, untuk saja saat ini sudah ada mata pelajaran di sekolah yang membahas soal budaya. Tetapi sayangnya, banyak yang tidak menganggap penting mempelajari materi mengenai budaya.

Padahal lewat pelajaran budaya, kita bisa membangun budaya bangsa dan bisa mempertahankan budaya lokal di era globalisasi ini.Karena sebetulnya budaya Indonesia bisa terjaga dengan banyak cara, salah satunya dengan melakukan pengajaran mengenai budaya kepada anak-anak bangsa kita.


Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Contoh Teks Eksplanasi Budaya , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya


Baca Juga:  √ Pengertian Kalimat Efektif, Ciri, Syarat dan Contohnya (Lengkap)