Pengertian Memo : Fungsi, Tujuan, Struktur, Ciri, Jenis, Cara Membuat Dan Contoh Memo

Pengertian Memo : Fungsi, Tujuan, Struktur, Ciri, Jenis, Cara Membuat Dan Contoh Memo – Halo gaes, Apa Kalian tahu Pengertian Memo itu? Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apa itu Pengertian Memo dan unsur – unsur lain tentangnya. Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.


Pengertian Memo : Fungsi, Tujuan, Struktur, Ciri, Jenis, Cara Membuat Dan Contoh Memo

 

Dalam kesempatan kali ini kami ingin membahas mengenai Memo. Bisa jadi diantara sobat terdapat yang sudah paham ataupun menguasai apa itu Memo. Tetapi tidak dapat dipungkiri bila masih terdapat yang belum sangat menguasai ataupun apalagi belum paham sama sekali mengenai apa itu Memo. Untuk sobat yang masih bimbang mengenai Memo, sobat dapat menyimak uraian mengenai Memo di bawah ini untuk menguasai lebih lanjut.


Pengertian Memo

Memo yakni sesuatu tulisan pendek, jelas serta padat pastinya gampang dimengerti yang diperuntukan kepada seorang bersifatr informal umumnya penulisannya tidak lebih dari 10 “sepuluh” baris, penulisannya dapat diketik maupun dengan tulisan tangan.


Fungsi Memo

Fungsi memo ialah di pakai untuk mengingatkan, menegaskan tentang suatu perihal ataupun urusan. Ada pula isi dari memo berbentuk permintaan, instruksi, pemberitahuan, anjuran, pesan serta tugas – tugas tertentu.

Baca Juga:  √ Pengertian Stiker, Fungsi, Bentuk, Contoh dan Jenis Bahannya

Tujuan Memo

Tujuan memo yakni untuk memohon ataupun membagikan data ataupun petunjuk kepada seorang yang berkompeten.


Struktur Memo

Struktur ataupun bagian bagian memo antara lain :

  • Kepala Memo

Kepala memo terdiri atas kop memo (pada memo formal), nama pengirim serta nama penerima.

  • Tubuh Memo

Tubuh Memo terdiri atas isi memo.

  • Kaki Memo

Kaki Memo terdiri atas tanda tangan serta nama jelas pembuat memo.

Pengertian Memo : Fungsi, Tujuan, Struktur, Ciri, Jenis, Cara Membuat Dan Contoh Memo


Ciri – Ciri Memo

Berikut merupakan ciri – ciri memo, antara lain:

  • Ialah wujud komunikasi yang berisi anjuran, arahan, ataupun penerangan mengenai suatu hal
  • Mempunyai isi pesan yang lebih simpel dibanding dengan pesan formal pada biasanya, paling utama pada bagian isi pesan.
  • Umumnya tidak mencantumkan identitas diri kantor, semacam nama kantor, no telepon, faksimili, serta kode pos secara lengkap sebab peredarannya terbatas

Jenis – Jenis Memo

  • Memo Resmi

Adalah salah satu jenis memo ini sifatnya formal, serta umumnya dipakai sebagai suatu pesan statment dalam ikatan formal dari seseorang pimpinan kepada bawahannya dalam suatu industri, perusahaan maupun lembaga.

  • Memo Tidak Formal ataupun Memo Pribadi

Yakni suatu jenis memo ini sifatnya individu yang umumnya bisa digunakan sebagai nota ataupun pesan statment tidak formal antar sahabat, kerabat ataupun orang terdekat.


Cara Membuat Memo

Disaat akan menulis memo, tulislah secara pendek serta padat, langsung mengenia hal – hal pokok yang mau di informasikan.

  • Memakai bahasa yang cocok dengan siapa yang akan menerimanya.
  • Mencantumkan nama pembuat di memo secara jelas agar memo tersebut bisa dipertanggungjawabkan.
  • Jangan lupa cantumkan pula nama penerimanya biar memo tersebut tidak salah target.

Contoh Memo

  • Memo Resmi

Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Tengah

Sekolah Menengah Atas Negeri 1

MEMO

26 Februari 2018

Dari: Kepala Sekolah

Kepada: Seluruh Dewan Guru serta Staff

Dimohon untuk seluruh dewan guru dan staff fungsi turut dalam menegaskan para siswa untuk gerakan cinta lingkungan jadi para siswa terlatih dan terbiasa untuk membuang sampah pada tempatnya, membuang sampah cocok dengan jenis sampahnya, dan tidak memetik tumbuhan ataupun bunga disekitar sekolah (hal – hal yang mengganggu keelokan dan kelestarian lingkungan dekat sekolah). Terimakasih

Kepala Sekolah

M. Sidik

  • Contoh Memo Tidak Resmi

Dari: Mayang

Buat: Cici

Cici, rok yang saya jahitkan di tempatmu kemarin saya kembalikan. Terdapat beberapa bagian yang tidak apik dan sangat mengusik waktu dikenakan. Bagian yang butuh diperbaiki sudah saya tandai dan saya beri catatan. Saya sangat buru – buru jadi tidak bisa menemuimu langsung. Saya menitipkan ini kepada ibumu. Saya memohon tolong untuk langsung diperbaiki karena rok itu akan saya kenakan saat acara perkawinan sepupuku lusa.

Terimakasih, Cici, Maaf merepotkanmu.

Tertanda,

Mayang

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Pengertian Memo, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.