√ Pengertian Ekonomi Kerakyatan, Ciri dan Tujuannya (Lengkap)

Pengertian Ekonomi Kerakyatan, Ciri dan Tujuannya (Lengkap) – Dalam suatu perekonomian atau di dalam suatu ekonomi yang ada di dalam suatu Negara, maka akan dapat di lihat dan juga di konttol oleh Negara tersebut.

Negera itu pastinya akan memikirkan bagaimana ekonomi di dalam negaranya akan dapat merata dengan baik dan dapat membuat penduduk atau rakyatnya daapt hidup dengan baik. Untuk itu di buatlah suatu ekonomi kerakyatan.

Pengertian Ekonomi Kerakyatan, Ciri dan Tujuannya (Lengkap)

Ekonomi ini dapat memberikan banyak keuntungan bagi rakyatnya ketika di lihat dari tujuan yang di miliki oleh ekonomi ini. Untuk dapat mengerti apa itu ekonomi kerakyatan akan di jelaskan dengan tujuan dan ciri-cirinya sebagai berikut.

Pengertian Ekonomi Kerakyatan

Ekonomi kerakyatan merupakan system perekonomian yang di bangun dengan kekuatan dari ekonomi rakyat. Ekonomi keraktaran merupakan suatu kegiatan ekonomi yang dapat memberikan suatu kesempatan bagi masyarakat lain untuk dapat berpartisipasi sehingga perekonomian tersebut dapat terlaksana dan dapat berkembang dengan baik.

Ciri-Ciri Ekonomi Kerakyatan

Ekonomi kerakyatan memiliki ciri-ciri seperti di hawah ini:

  • Merupakan penguasa kebutuhan hidup masyarakat yang merupakan Negara atau pemerintah dari Negara tersebut. Seperti air, bahan bakar minyak, dan sumber daya lainnya.
  • Peranan Negara di dalam ekonomi ini sangat penting tetapi tidak menjadi dominan dan juga peranan dari pihak swasta yang memiliki posisi penting akan tetepi tidak dapat mendominasi pula. Maka tidak mungkin suatu kondisi ekonomi komando atau juga ekonomi liberal dapat terjadi. Pihak tersebut saling mensupport antara satu dengan lainnya.
  • Di dalam suatu perekonomian masyarakat ini merupakan suatu bagian yang amatlah penting di karenakan kegiatan produksi ini di lakukan, dipimpin, dan juga di awasi oleh anggota masyarakat.
  • Buruh atau juga modal yang tidak mendominasi perekonomian yang menyebabkan ekonomi ini di dasari atas suatu asas kekeluargaan.

Pengertian Ekonomi Kerakyatan Beserta Ciri Dan Tujuannya Lengkap

Tujuan Ekonomi Kerakyatan

Ekonomi kerakyatan memiliki tujuan yang diantaranya:

  1. Membangun Negara yang berdedikasi dengan ekonomi yang berdaulat secara politk dan juga memiliki suatu kepribadian yang berbudaya.
  2. Dapat mendorong pendapatan masyarakat agar merata.
  3. Utnuk dapat mendorong suatu pertumbuhan ekonomi yang saling berkesinambungan.
  4. Dapat meningkatkan suatu efisiensi perekonomian nasional.

Sekianlah penjelasan mengenai Pengertian Ekonomi Kerakyatan, Ciri dan Tujuannya (Lengkap) yang di jelaskan oleh seputarpengetahuan. Dengan adanya ekonomi kerakyatan akan membuat para rakyat menjadi terbantu oleh Negara. Semoga bermanfaat 🙂

Daftar Isi