√ Ilmu Ekonomi : Pengertian beserta Pembagiannya (Lengkap)

Ilmu Ekonomi : Pengertian beserta Pembagiannya (Lengkap) – Pada Kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Ilmu Ekonomi. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian ilmu ekonomi beserta pembagiannya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang ilmu ekonomi berikut ini.

Ilmu Ekonomi : Pengertian beserta Pembagiannya (Lengkap)

Dalam mencukupi kebutuhan dan pemenuhan akan berlangsungnya kehidupan kita, tentu harus berusaha memperoleh penghasilan dengan usaha dan kerja keras. Dengan mengkalkulasi perolehan untuk kebutuhan primer maupun skunder tentu harus maksimal dalam menentukan ekonomi.

Hal ini tentu kita harus ketahui terlebih dahulu, apa itu ilmu ekonomi? dan pembagiannya. Materi mengenai Ilmu Ekonomi biasanya sudah mulai dipelajari setingkat SD hingga Perguruan Tinggi, yang mana sudah masuk dalam kurikulum.

Pengertian Ilmu Ekonomi

Menurut Adam Smith, pengertin ilmu ekonomi adalah ilmu yang mendalami tingkah laku manusia pada umumnya saat mengelola sumber daya, baik terbatas maupun tidak agar bisa menuju pada tujuan dalam hidupnya.

Sedangkan menurut Karl Marx, definisi ilmu ekonomi merupakan salah satu ilmu menejelaskan tentang cara manusia bertahan hidup dalam struktur kelas sosial dengan hubungan yang ditetapkan dalam memanfaatkan sarana-sarana untuk kegiatan produksi.

Melihat dari penjelasan diatan dapat disimpulkan bahwa ilmu ekonomi adalah salah satu ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia yang mempunyai tujuan agar mendapat dan mengelola sumber daya yang terbatas. Sekaligus dalam membuat suatu alternatif jasa atau barang demi memenuhi kebutuhan hidup manusia yang tidak terbatas.

Baca Juga:  Akuntansi : Pengertian, Sejarah, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Jenis Bidangnya

Seperti halnya dalam mengelola keuangan, yang mana harus pintar mengelola keinginan dengan keterbatasan dalam pemasukan agar dapat tercukupi demi pemenuhan kebutuhan.

Pembagian Ilmu Ekonomi

Ilmu Ekonomi Pengertian beserta Pembagiannya (Lengkap)

Dalam hal ini menurut Alfred W. Stoiner dan Douglas C. Hagues pembagian ilmu ekonomi ada 3 bagian, antara lain yaitu:

  • Descriptive Economics (Ilmu Ekonomi Deskriptif)

Descriptive Economics atau lebih dikenal dengan ilmu ekonomi deskriptif adalah ilmu yang akan memberikan deskripsi terhadap data-data yang menggambarkan berbagai kenyataan dan fenomena yang terjadi.

Pada bagian ini, kita bisa melakukan analisis dalam mengambarkan kondisi sebenarnya atau fakta yang terjadi dalam kegiatan perekonomian. Agar mendapatkan gambaran atau perkiraan yan jelas atau valid, tentu data yang didapatkan mengenai fakta atau kenyataan yang harus disusun secara sistematis.

Contohnya pada krisis moneter yang terjadi pada tahun 1998 di Indonesia

  • Theoretical Economics (Ilmu Ekonomi Teori)

Pembagian selanjutnya dari ilmu ekonomi yaitu Theoretical Economics atau lebih dikenal dengan Ilmu Ekonomi Teori merupakan ilmu ekonomi yang berusaha menjelaskan pengertian dan hubungan sebab akibat dan cara kerja sistem perekonomian. Ilmu ekonomi teori berlandaskan pada hasil observasi pada aksi dan reaksi yang berkaitan dengan ekonomi dalam kehidupan masyarakat.

Dalam ilmu ekonomi teori berkembang dan terbagi menjadi 2 bagian, antara lain:

Ilmu Ekonomi Makro

Ilmu ekonomi makro merupakan ilmu ekonomi dengan pembahasan mengenai keseluruhan kegiatan ekonomi. Dalam analisis ilmu ekonomi makro sifatnya menyeluruh atau global serta berfokus pada perekonomian secara keseluruhan.

Adapun permasalahan yang ada dalam ilmu ekonomi makro terjadi secara keseluruhan juga, contohnya:

  • Pertumbuhan stagnan, hal ini bisa terjadi bila pasokan produk tidak meningkat atau malah menurun;
  • Suku bunga, hal ini dapat terjadi apabila mengalami kenaikan akan menyebabkan peningkatan beban bunga;
  • Inflasi, hal ini dapat terjadi dikarenakan sebab meningkatnya harga secara terus-menerus;
  • Pengangguran, hal ini dapat terjadi yang mana menandakan bahwa perekonomian tidak mencapai tujuannya untuk menyerap secara keseluruhan tenaga kerja.
Baca Juga:  √ Definisi Ekonomi Mikro Beserta Asumsi dan Tujuannya (Lengkap)

Ilmu Ekonomi Mikro

Teori yang berkembang selanjutnya berbeda dengan ilmu ekonomi mikro dimana ilmu ini membahas perekonomian secara keseluruhan. ilmu ekonomi mikro merupakan ilmu ekonomi yang mepelajari mengenai kegiatan perekonomian  dalam ruang lingkup yang khusus atau kecil.

Dalam hal ini ekonomi mikro dapat terjada sebab ada permasalahan yang bersifat khusus, contohnya:

  • Panjangnya saluran distribusi, hal ini dapat  mengakibatkan tingginya harga barang pada saat sampai pada konsumen;
  • Praktik monopolistik, yang mempersempit peluang bisnis sehingga menghilangkan semangat kewirausahaan masyarakat;
  • Kenaikan harga bahan bakar, yang dapat menyebabkan penurunan pendapatan bagi pengusaha serta pengemudi;
  • Harga dasar dan harga tertinggi, yang perlu ditetapkan apabila tidak terciptanya keseimbangan antara permintaan dan penawaran dalam pasar.
  • Applied Economics (Ilmu Ekonomi Terapan)

Applied Economics atau Ilmu ekonomi terapan merupakan pemanfaatan ilmu ekonomi secara praktis oleh individu dalam mengambil standar, tujuan, pedoman atau dengan kebijakan untuk mengatasi masalah ekonomi tertentu.

Seperti perekonomian yang berlangsung pada ekonomi perbankan, perusahaan, ekonomi moneter dan lain sebagainya.

Demikian penjelasan tentang Ilmu Ekonomi : Pengertian beserta Pembagiannya (Lengkap), semoga dapat bermanfaat.