Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli dan Cirinya (Terlengkap)

Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli dan Cirinya (Terlengkap) – Disini akan membahas mengenai apa itu Inovasi, pasti kita sudah sering mendengar kata inovasi tersebut. Inovasi ialah sesuatu yang baru diciptakan dan berbeda dari yang sebelumnya.

Jika kita seorang wirausahawan atau seorang pengusaha, kita harus mempunyai inovasi yang tinggi. Karena pada umumnya manusia cenderung lebih menyukai perbedaan, maka kita harus selalu menciptakan hal-hal yang berbeda dari umumnya.

Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli dan Cirinya (Terlengkap)

Agar bisa menjadi orang yang inovatif sebenarnya tidaklah sulit, kita hanya perlu untuk membuka diri dalam hal-hal yang baru dan mulai mencerna serta mau mempelajarinya.

Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli

Berikut ini meruakan pengertian inovasi menurut para ahli:

1. Everett M. Rogers

Menurut penda dari Everett M. Rogers, beliau menjelaskkan bahwa inovasi yaitu sebuah gagasan, ide, rencana, praktek amaupun benda yang diterima serta disadari sebagai sebuah hal yang baru oleh seseorang maupun kelompok guna di implementasikan atau diadopsi.

2. Stephen Robbins

Beliau menjelaskan mengenai inovasi yaitu sebagai sebuah gagasan maupun ide baru yang diterapkan guna memperbaiki suatu produk atau jasa. Dari penjelasnnya itu Stephen Robbins memiliki tiga hal yang di fokuskannya:

  • Gagasan atau ide baru merupppakan suatu pengolahan pola pikir untuk mengamati fenomena yang sedang terjadi dalam segala aspek termasuk dalalam aspek pendidikan, gagasan atau ide baru ini dapat berupa suatu penemuan oleh sebuah gagasan pemikiran, ide, sampai dengan kemungkinan gagasan yang mengkristal.
  • Produk & jasa yaitu hasil dari langkah berikutnya yang terdapat gagasan mauun ide baru yang di follow up dengan segala kegiatan, kajian, percobaan serta penelitian sehingga hal ini bisa melahirkan konsep yang konkret dalam bentuk produk dan jasa yang siap di implementasikan serta untuk dikembangkan termasuk dalam bidang pendidikan.
  • Upaya perbaikan yakni salah satu usaha yang sistematis yang bertujuan dalam melakukan perbaikan serta melakukan penyempurnaan secara bertahap dan terus menerus supaya hasil inovasi tersebut bisa terasa manfaatnya.

3. Van de Ven, Andrew H

Menurut pendapat dari Van de Ven, ia menjelaskan bahwa Inovasi yaitu suatu pengembangan serta implementasi gagasan-gagasan baru oleh orang yang dimana dengan jangka waktu tertentu untuk melakukan suatu transaksi-transaksi dengan orang lain yang terdapat dalam sebuah tatanan organisasi.

Baca Juga:  Surat Penawaran Barang : Pengertian, Cara Penyusunan, Format dan Contohnya

4. Kuniyoshi Urabe

Menurut pendapat dari Kuniyoshi Urabe, ia menjelaskan bahwa Inovasi bukan suatu kegiatan dalam satu kali pukul (one time phenomenon),melainkan inovasi merupakan sebuah proses yang panjang serta kumulatif yang tersiri atas banyak proses untuk melakuakn pengambilan keputusan di dan oleh organisasi dari mulai dalam penemuan gagasan hingga implementasinya di pasar.

4 Ciri Inovasi

Inovasi memiliki 4 ciri, di bawah ini adalah penjelasannya:

  1. Memiliki ciri khas, yang mana bisa diartikan menjadi sebuah inovasi memiliki ciri yang khas di setiap aspeknya, entah itu program, ide maupun gagasan, tatanan, sistem yang kemungkinan hasil yang baik sesuai dengan yang diharapkan.
  2. Memiliki ciri maupun unsur kebaruan, yang merupakan suatu inovasi harus memiliki sebuah karakteristik sebagai suatu karya serta dari buah pemikiran yang memiliki ke originalan & kebaruan.
  3. Program inovasi dilakukan melalui program yang sudah terencana, dapat diartikan sebagai bahwa sebuah inovasi bisa dilakukan melalui bentuk proses yang tidak tergesa-gesa, namun dipersiapkan dengan matang, jelas dan direncanakan terlebih dahulu.
  4. Sebuah Inovasi yang diluncurkan bertujuan, suatu program inovasi yang dilakukan harus memiliki arah kemana tujuannya tersebut serta target yang akan dicapai.

Tujuan Inovasi

Inovasi muncul sebab terdapat ide serta tujuan tertentu yang akan dicapai oleh manusia. Terdapat juga tujuan dari inovasi diantaranya yaitu sebagai berikut;

1. Meningkatkan Kualitas

Secara umum, tujuan dari inovasi di berbagai bidang ialah bertujuan untuk meningkatkan kualitas serta nilai dalam suatu hal yang telah ada, baik itu dalam bentuk produk maupun dalam segi pelayanan. Dengan adanya sebuah inovasi terbaru, hal ini diharapkan dalam sebuah produk-produk tersebut memiliki keunggulan serta manfaat yang lebih bernilai dari yang sebelumnya.

2. Mengurangi Biaya

Inovasi juga mempunyai tujuan untuk membantu dalam mengurangi biaya, khususnya dalam biaya tenaga kerja. Misalnya seperti, sekarang banyak yang menciptakan mesin maupun peralatan yang dapat menggantikan tenaga manusia dalam suatu proses produksi.

Dengan adanya mesin serta peralatan tersebut diharapkan biaya tenaga kerja untuk produksi menjadi semakin berkurang. Tak hanya itu, penggunaan mesin serta peralatan terhadap suatu proses produksi barang atau jasa tertentu akan menghasilkan kinerja yang lebih baik.

3. Menciptakan Pasar Baru

Dengan adanya sebuah produk dengan nilai yang lebih tinggi sebagai hasil dari inovasi yang sudah dikeluarkan, maka hal ini akan menciptakan pasar baru yang ada di masyarakat.

4. Memperluas Jangkauan Produk

Sekarang ini sudah banyak sekali para pelaku e commerce. Para pengusaha memperluas jangkauan produk mereka dengan memanfaatkan internet yang mana hal ini dapat diakses lebih banyak oleh para calon konsumen potensial.

Baca Juga:  √ Pengertian Manajemen Kualitas, Pendekatan dan Kriterianya

5. Mengganti Produk/ Layanan

Inovasi juga memiliki tujuan untuk mengganti produk maupun layanan yang dianggap sebagai kurang efektif atau efisien. Yang mana salah satunya dapat di lihat dari inovasi yang terjadi pada mesin sepeda motor yang mana sekarang menjadi lebih hemat bensin.

6. Mengurangi Konsumsi Energi

Manusia selalu ingin menghemat dalam penggunaan energi, sebab ada banyak sekali inovasi yang sudah dilakukan oleh manusia. Cobtohny yakni seperti adanya sumber energi terbaru yang mana energi tersebut memanfaatkan alam, misalnya sepperti tenaga surya, angin, dan air, sebagai sumber energi listrik.

Manfaat Inovasi

setelah anda memahami mengenai poin popin yang sudah di jelaskan di atas tentang inovasi, selanjutnya Anda juga perlu memahami manfaat dari inovasi itu sendiri. Pada dasarnya poin ini tidak jauh berbeda dengan poin yang sudah dijelaskan sebelumnya. Secara umum manfaat dari inovasi  yaitu kemudahan, kelebihan dan semacamnya. Jadi inovasi sendiri bisa dilakukan untuk menciptakan sesuatu menjadi lebih baik, serta menjadi lebih fungsional, lebih mudah dan semacamnya. Itulah manfaat  menegani adanya sebuah inovasi serta tujuan dari inovasi itu sendiri. Jika anda dapat melakukan inovasi untuk memperoleh sebuah hal baru maupun dalam hal-hal yang sebelumnya sudah ada, maka besar kemungkinan disini Anda dapat bersaing dalam hal itu. Pada dasarnya manusia memiliki kecendurungan dalam rasa kebosanan, jika anda mampu untuk berinovasi, Anda juga dapat mengatasi hal itu. Tak hanya untuk orang lain, orang-orang yang pandai yang berinovasi pada umumnya mampu untuk melawan kejenuhan dengan berbagai cara.

Pengertian Dan 4 Ciri Inovasi Menurut Para Ahli Lengkap

Contoh Inovasi

Indonesia sendiri meluncurkan sebuah inovasi baru yang mana membuat produk PC Tablet Wakamini. Wakamini terbukti mampu untuk bersaing dengan berbagai produk dari luar. Zyrex merupakan sebagai produsen dalam suatu peralatan komputer yang ada di Indonesia yang mana memproduksi PC Tablet Wakamini MP 1291 dengan series Multi Touch serta Wakatobi Mini 963 yang diklaim 100% asli buatan dari Indonesia yang mana memiliki harga berkisar antara 3 juta rupiah.

Itulan pembahasan mengenai Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli dan Cirinya (Terlengkap), sangat cocok untuk yang ingin menjalani sebuah usaha agar usaha berbeda dari yang lain. Semoga bermanfaat dan terimakasih.