6 Pengertian Komunikasi Organisasi Menurut Para Ahli (Lengkap)

6 Pengertian Komunikasi Organisasi Menurut Para Ahli (Lengkap) – Pada kesempatan yang lalu, kita pernah membahas tentang pengertian komunikasi, lengkap dijelaskan disana oleh menurut para ahli. Nah kali ini kita akan membahas improvisasi dari komunikasi itu sendiri, yakni komunikasi organiasi. Apa itu komunikasi organisasi? Simak ulasannya disini.

6 Pengertian Komunikasi Organisasi Menurut Para Ahli (Lengkap)

Mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu secara umum.

Pengertian Komunikasi Organisasi

Secara umum pengertian dari komunikasi organisasi adalah sebuah pengiriman dan penerimaan berbagai macam pesan organiasi dalam suatu kelompok formal maupun informal dari suatu organisasi. Komunikasi organisasi juga melihat dari besar kecilnya organisasi tersebut. Jika sebuah organisasi itu kecil, maka proses komunikasi yang terjadi pada organisasi tsb juga cenderung sederhana.

Namun apabila organisasi tersebut besar, seperti contohnya partai politik, maka komunikasi yang terjadi pun akan lebih kompleks tentunya. Sebelum membahas lebih jauh tentang komunikasi organisasi, mari kita ulas lagi sejenak apa makna komunikasi itu sendiri di mata para ahli.

Pengertian Komunikasi Organisasi Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari komunikasi organisasi menurut ahlinya.

1. Carl I. Hovland

Komunikasi adalah suatu proses yang mungkin seseorang bisa menyampaikan sebuah rangsangan atau dengan lambang verbal yang mempunyai tujuan untuk merubah pola perilaku orang lain.

2. Colin Cherry

Menurutnya komunikasi adalah proses dari berbagai pihak yang saling menggunakan informasi untuk tercapainya sebuah tujuan bersama dan mengkaitkan hubungan penerus rangsangan dengan pembangkit balasannya.

3. William J. Seller

Komunikasi merupakan sebuah proses dimana simbol verbal dan nonverbal dikirimkan, diterima dan diberikan makna.

4. Deddy Mulyana

Menurutnya komunikasi terdiri dari tiga konseptual, yakni komunikasi sbg interaksi, komunikasi sbg interaksi dan komunikasi sebagai tindakan searah atau satu arah.

5. Ruben dan Steward

Mereka mengatakan bahwa komunikasi adalah suatu kegiatan yang kompleks, merupakan bidang yang populer. Hal yang dibilang vital untuk suatu kedudukan atau posisi yang efektif. Menjadi sesuatu yang mendasar dalah sebuah kehidupan dan merupakan media pendidik yang tinggi serta tidak menjadi kompetensi komunikasi yang baik.

6. Raymond Ross

Komunikasi ialah proses yang menyaring, memilih dan mengirimkan simbol-simbol yang sedemikian rupa sehingga bisa membantu pendengar dalam membangkitkan daya respon dari suatu pemikiran yang serasi dengan apa yang dimaksud oleh komunikator.

Setelah melihat kilas dari pengertian komunikasi itu sendiri, memang sedikit berbeda ketika ada unsur organiasinya disana. Maka dari itu sebenarnya komunikasi organisasi itu sendiri sangatlah sederhana, hanyalah sebuah komunikasi yang terjadi pada suatu organisasi.

Ada penjelasan sederhana dari Arnold & Feldman mengenai komunikasi organisasi, mereka menjelaskan bahwa komunikasi organisasi adalah suatu pertukaran informasi diantara orang-orang yang ada didalam organisasi, dimana prosesnya meliputi betbagai tahapan-tahapan: attention, comprehension, acceptance as true, dan retention.

Pengertian Komunikasi Organisasi Menurut Para Ahli

Dari penjelasan diatas, kita bisa menyimpulkan bahwa komunikasi organisasi bisa didefinisikan sbg pertunjukan dan suatu penafsiran diantara unit-unit komunikasi yang merupakan bagian dari suatu organisasi tertentu. Penjelasan itu lebih ditekankan pada aspek fungsional, sedangkan jika dilihat dari perspektif interpretatif. Komunikasi organisasi dipandang sbg suatu proses penciptaan makna atas interaksi yang tidak lain adalah organisasi.

Demikianlah penjelasan singkat kita mengenai 6 Pengertian Komunikasi Organisasi Menurut Para Ahli (Lengkap), mohon maaf jika ada salah dalam penulisan kata ataupun kalimat dan semoga penjelasan diatas bisa membantu dan bermanfaat buat kita semua. Terimakasih.

Baca juga:

Daftar Isi