10 Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

10 Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Perlu diketahui bahwa fungsi manajemen ialah berbagai elemen dasar yang selalu ada & terikat di dalam sebuah proses manajemen yang bakal dijadikan sebuah acuan oleh manajer guna melaksanakan aktivitas atau sebuah pekerjaan agar mencapai tujuan.

Fungsi manajemen itu sendiri pertama kali dikemukakan oleh salah satu industrialis asal Perancis yang bernama Henry Fayol pada permulaan abad ke-20. Pada saat itu, beliau menyebutkan ada 5 (lima) fungsi manajemen, yaitu merancang, mengorganisir, memerintah, mengordinasi, dan mengendalikan.

10 Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Sebelum kita memasuki fungsi dari manajemen alangkah baiknya kita mebahas mengenai pengertian manajemen terlebih dahulu.

Pengertian Manajemen

Secara etimologis, definisi dari manajemen sendiri yaitu suatu seni dalam mengatur dan melaksanakan. Manajemen juga bisa diartikan sebagai proses mengelola maupun pengelolaan sesuatu.

Jadi dalam secara umum, pengertian dari manajemen yaitu suatu proses dalam mengatur maupun mengelola sesuatu yang dilakukan oleh individu maupun secara kelompok. Proses dari manajemen ini termasuk dalam menyusun rencana, dan pengorganisasian, pelaksanaan, serta pengendalian maupuan juga pengawasan.

Dalam konteks organisasi, definisi dari manajemen sendiri yaitu sebuah proses dalam mengatur sesuatu yang dilaksanakan oleh sekelompok orang maupun organisasi agar dapat mencapai tujuan dari organisasi tersebut dengan cara bekerja sama serta memanfaatkan sumber daya yang ada.

Manajemen juga bisa diartikan sebagai upaya dalam perencanaan, pengkoordinasian, serta pengorganisasian dan untuk mengontrol sumber daya agar dapat mencapai sasaran secara efektif dan efisien.

Efektif dalam hal ini berrarti mencapai suatu tujuan sesuai dengan perencanaan, sedangkan efisien diartikan sebagai pelaksanaan pekerjaan dengan benar, serta teroganisir, dan selesai sesuai dengan jadwal.

Fungsi Manajemen

Fungsi-fungsi dari manajemen diantaranya yaitu sebagai berikut:

Planning (perencanaan)

Terdapat beberapa batasan tentang planning mulai dari yang sangat sederhana hingga yang sangat rumit. Salah satu dari contoh yang sederhana yaitu merumuskan perencanaan yang merupakan penetapan dalam serangkaian langkah supaya bisa tercapainya suatu hasil yang dikehendaki. Terdapat pula pembatasan terakhir, yang menyatakan perencaan yang merupakan penetapan jawaban kepada 6 (enam) pertanyaan berikut:

  • Tindakan apa yang harus dikerjakan?
  • Kenapa tindakan tersebut harus dilakukan?
  • Dimana tindakan tersebut harus dilakukan?
  • Kapan tindakan tersebut harus dilkukan?
  • Siapa yang akan melakukan tindakan tersebut?
  • Bagaimana cara untuk melakukan tindakan tersebut?
Baca Juga:  √ Manajemen Konstruksi : Pengertian, Peran, Tujuan dan Fungsinya

Menurut pendapat dari Stoner Planning yaitu proses daru penetapan sasaran serta sebuah tindakan yang perlu dilakukan agar dapat mencapai sebuah sasaran tadi.

Organizing (pengorganisasian)

Organizing (Pengorganisasian) yaitu sebuah kelompok yang terdiri atas dua orang maupun lebih yang bekerja sama dengan cara yang tersusun agar dapat mencapai sebuah sasaran yang spesifik.

Leading

Ada lima kegiatan yang meliputi dari pekerjaan leading diantaranya yaitu:

  1.  Pengambilan keputusan
  2. Terdapat komunikasi agar ada rasa saling mengerti antara manajer kepada bawahan.
  3. Memberi inspirasi, semangat, serta dorongan kepada bawahan supaya mereka bertindak.
  4. Memilih dari beberapa orang menjadi sebagai bagian dari kelompoknya.
  5. Memperbaiki sikap-sikap serta pengetahuan dari bawahan agar mereka lebih terampil dalam melakukan usaha suapata dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Directing/Commanding

Directing atau Commanding yaitu salah satu fungsi manajemen yang berkaitan dengan usaha dalam memberi arahan, saran, instruksi maupun perintah untuk bawahan agar dapat melaksanakan pekerjaannya masing-masing, agar sebuah pekerjaan itu dapat dilakukan dengan baik dan tepat tertuju pada tujuan yang telah ditentukan.

Motivating

Motivating atau pemotivasian yaitu mempunyai fungsi manajemen yang berbentuk dalam pemberian inspirasi, motivasi serta dorongan kepada pegawai agar pegawai ini menjalankan pekerjaan dengan suka rela sesuai dengan apa yang telah dikehendaki oleh atasan.

Coordinating

Coordinating atau pengkoordinasian merupakan salah sati fungsi dari manajemen dalam melaksanakan berbagai pekerjaan agar tidak ada terjadiya kericuan, perdebatan, serta perselisihan, kosongnya suatu kegiatan, dengan jalan menyatukan, serta menghubungkan dan menyamakan pekerjaan bawahan sehingga hal ini dapat terjalin kerja sama yang terkonsep dengan baik demi upaya tercapainya sebuah tujuan dari organisasi tersebut.

Controlling

Controlling atau pengawasan atau dikenak dengan pengendalian yairu sebuah fungsi manajemen yang berupa pengadaan dalam penilaian, jika perlu mengadakan suatu pengoreksian sehingga apa yang dikerjakan bawahan ini dapat diarahkan ke jalur yang tepat yang tujuannya sudah diselaraskan semula.

Reporting

Reporting yaitu fungsi dari manajemen yang berupa laporan perkembangan atau suatu hasil dalam sebuah kegiatan maupuan pemberian berbagai keterangan tentang suatu hal yang berkaitan dengan pekerjaan dan fungsi kepada pejabat yang lebih tinggi.

Staffing

Staffing yaitu salah satu fungsi dari manajemen yang berupa susunan personalia terhadap sebuah organisasi mulai dari perekrutan tenaga kerja, dan juga pengolahannya hingga usaha agar setiap tenaga kerja memberikan kontribusinya yang lebih maksimal terhadap organisasi.

Baca Juga:  √ Pengertian Manajemen Perusahaan Menurut Para Ahli (Lengkap)

Forecasting

Forecasting yaitu mengadakan, serta memproyeksikan, dan juga meramalkan suatu taksiran terhadap berbagai kemungkinan yang mana hal ini mungkin untuk terjadi sebelum sebuah rancana yang lebih akurat dapat dilakukan.

Tujuan Manajeman Dalam Organisasi

Tidak ada satu pun dari organisasi yang bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya suatu pengelolaan yang baik.

Berikut merupakan beberapa alasan utama pentingnya dalam manajemen yang ada dalam organisasi:

1. Membantu Mencapai Tujuan Organisasi dan Pribadi

Manajemen untuk mengupayakan dalam mengintegrasikan antara tujuan organisasi dengan tujuan pribadi sehingga dalam hal ini tujuan organisasi akan bisa tercapai secara efektif dan juga efisien.

Pada saat tujuan organisasi dan juga individu ini searah, maka proses pencapaian tujuan dari kedua belah pihak ini akan bisa berjalan dengan baik.

2. Organisasi Dapat Meningkatkan Efisiensi

Setiap manajer akan mengupayakan agar dapat meningkatkan produktivitas, dan dapat mengurangi biaya serta penggunaan dari sumber daya. Hal ini memiliki tujuan agar dapat mencapai tujuan yang efisiensi dan efektivitas kerja dalam suatu organisasi.

10 Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli Lengkap

3. Menciptakan Keharmonisan Dalam Bekerja

Biasanya organisasi ini mempunyai karyawan dengan latar belakang yang berbeda-beda. Setiap individu mempunyai sikap dan cara kerja yang berbeda dan apabila semua orang mengikuti gayanya sendiri maka hal ini akan menimbulkan kekacauan.

Dengan arahan yang benar maka hal ini akan tercipta suatu keseragaman guna menjaga keseimbangan antara tujuan-tujuan, serta sasaran, dan kegiatan, yang mana hal ini mungkin untuk saling bertentangan oleh pihak yang memiliki kepentingan dalam berorganisasi.

4. Menciptakan Organisasi yang Dinamis

Organisasi juga harus bisa beradaptasi dengan lingkungan yang dinamis. Maka dari itu, manajer perlu melakukan suatu perubahan dalam organisasi yang sesuai dengan perubahan lingkungan.

Manajemen yang efisien akan memotivasi pada setiap individu dalam organisasi yang mana dilakukan secara suka rela turut melakukan perubahan menuju arah yang lebih baik. Hal ini tak hanya bermanfaat untuk organisasi saja, namun hal ini juga dapat meningkatkan nilai dan kinerja individu pada organisasi tersebut.

Demikanlah pembahasan mengenai 10 Fungsi Manajemen Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) yang bisa disimak dan dipahami, semoga bermanfaat dan terimakasih.