44 Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

44 Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) – Pengertian komunikasi di ekstrak dari bahasa latin yaitu “communicatio” yang ber istilah “communis” yang berarti menciptakan kebersamaan antara dua orang atau lebih.

Dalam kehidupan kita selain menjadi makhluk individu, kita juga sebagai makhluk sosial yang sangat membutuhkan interaksi dengan orang lain. Nah dari interaksi itulah terjadi sebuah komunikasi untuk menyampaikan sesuatu, saling bertukar pendapat dengan orang lain untuk mencapai sebuah tujuan.

44 Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap)

Pengertian komunikasi itu sendiri menurut para pakar komunikasi mengacu pada aktivitas hubungan manusia yang biasa terjadi secara langsung maupun tidak langsung dalam kehidupan sehari-hari. Dibawah ini akan dijelaskan tentang apa itu komunikasi menurut beberapa para ahli.

Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

Berikut ulasan mengenai pengertian komunikasi dari beberapa ahli:

1. Everett M. Rogers

Beliau mengemukakan pendapatnya yaitu Komunikasi adalah suatu proses dimana suatu ide dialihkan dari sumber kepada suatu penerimaan atau lebih dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka.

2. Rogers & O. Lawrence Kincaid

“Komunikasi merupakan suatu interaksi dimana terdapat dua orang atau lebih yang sedang membangun atau melakukan pertukaran informasi dengan satu sama lain yang pada akhirnya akan tiba dimana mereka saling memahami dan mengerti”.

3. Theodore M. Newcomb

Setiap bentuk komunikasi dipandang sebagai suatu transmisi informasi, yang terdiri dari rangsangan yang diskriminatif, dari sumber untuk penerima.

4. Murphy & Mendelson

Menurutnya Komunikasi merupakan suatu komunikaso untuk membangun & mempertahankan hubungan interpersonal.

5. Gerald R. Miller

Menurutnya Komunikasi terjadi saat satu sumber menyampaikan pesan kepada penerima dengan niat sadar untuk mempengaruhi perilaku mereka.

6. Raymond Ross

Menurutnya Komunikasi adalah proses menyortir, memilih, dan pengiriman simbol-simbol sedemikian rupa agar membantu penerima pesan membangkitkan respons/makna dari pemikiran yang serupa dengan yang dimaksudkan oleh komunikator.

7. William Albig

Menurutnya Komunikasi adalah proses pengoperan lambang yg berarti diantara individu-individu.

8. Prof. Dr. Alo Liliweri

Menurutnya Komunikasi adalah pengalihan suatu pesan dari satu sumber kepada penerima agar dapat dipahami.

9. Carl I. Hovland

Menurutnya Komunikasi adalah suatu proses yang memungkinkan seseorang menyampaikan rangsangan (biasanya dengan menggunakan lambang verbal) untuk mengubah perilaku orang lain.

10. Bernard Barelson & Garry A. Steiner

Menurutnya Komunikasi adalah proses transmisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan sebagainya dengan menggunakan simbol-simbol, kata-kata, gambar, grafis, angka, dsb.

Baca Juga:  √ 20 Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

11. Colin Cherry

Menurutnya Komunikasi adalah proses dimana pihak-pihak saling menggunakan informasi dengan untuk mencapai tujuan bersama dan komunikasi merupakan kaitan hubungan yang ditimbulkan oleh penerus rangsangan dan pembangkitan balasannya.

12. William J. Seller

Menurutnya komunikasi adalah proses dimana simbol verbal dan nonverbal dikirimkan, diterima dan diberi arti.

13. Onong Uchjana Effendy

Menurutnya komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberitahu, mengubah sikap, pendapat, atau perilaku, baik secara lisan (langsung) ataupun tidak langsung (melalui media)

14. Onong Uchjana Effendy

Menurutnya komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberitahu, mengubah sikap, pendapat, atau perilaku, baik secara lisan (langsung) ataupun tidak langsung (melalui media)

15. David K. Berlo

Menurutnya Komunikasi sebagai instrumen dari interaksi sosial berguna untk mengetahui serta memprediksi setiap orang, juga untuk mengetahui keberadaan diri sendiri dalam menciptakan keseimbangan masyarakat.

16. Harorl D. Lasswell

Menurutnya Komunikasi dasarnya merupakan suatu proses yang menjelaskan siapa, mengatakan apa, dengan saluran apa, kepada siapa. Dengan hasil atau akbiat apa.

17. Steven

Menurutnya Komunikasi dapat terjadi kapan saja suatu organisme member reaksi terhadap suatu objek atau stimuli. Apa itu berasal dari seseorang atau berasal dari lingkungannya.

18. Bernard Berelson dan Gary A. Steiner

Menurutnya Komunikasi ialah transmisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan lain sebagainya dengan menggunakan simbol-simbol, kata-kata. gambar, grafik, figur dan lain sebagainya, tindakan atau proses transmisi itulah yang disebut dengan komunikasi.

19. John R. Wenburg dan William W Wilmot

Menurutnya Komunikasi ialah suatu usaha untuk memperoleh makna.

20. Harorl D. Lasswell dalam dedy Mulyana, ilmu komunikasi Suatu Pengantar 2005, hal 62.

Menurutnya Komunikasi ialah dasarnya merupakan suatu proses yang menjelaskan siapa, mengatakan apa, dengan saluran apa, kepada siapa. Dengan hasil atau akbiat apa.

21. Judy C Pearson dan Paul E Melson

Menurutnya Komunikasi ialah proses memahami dan berbagi makna.

22. Stewart L. Tubbs dan Sylvia Moss

Menurutnya Komunikasi ialah proses makna diantara dua orang atau lebih.

23. William I. Gordon

Menurutnya Komunikasi secara ringkas dapat didefinisikan sebagai suatu transaksi dinamis yang melibatkan perasaan dan gagasan.

24. M. Djenamar. SH,

Menurutnya Komunikasi ialah seni untuk menyampaikan informasi, ide – ide seseorang pada orang lain.

25. Willian Albig

Menurutnya Komunikasi ialah proses pengoperan lambang yang berarti diantara individu.

26. Prof Dr. Alo Liliweri

Menurutnya Komunikasi ialah pengalihan suatu pesan dari sau sumber pada penerima agar dapat dimengerti.

27. Anwar Arifin

Menurutnya Komunikasi ialah suatu konsep yang multi makna, Arti komunikasi dapat dibedakan bedasarkan dari komunikasi sebagai proses sosial, komunikasi pada makna ini ada dalam konteks ilmu sosial. Para ahli ilmu sosial melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan Komunikasi yang dengan umum memfokuskan pada kegiatan manusia serta kaitan pesan dan perilaku.

28. Markman

Menurutnya Komunikasi ialah suatu komunikasi untuk membangun dan mempertahankan hubungan interpersonal.

29. Aristoteles

Menurutnya Komunikasi ialah alat dimana warga masyarakat dapatberpartisipasi dalam demokrasi.

30. Drs. Redi Panuju, Msi

Menurutnya Komunikasi ialah sistem aliran yang menghubungkan dan kinerja antar bagian dalam organisasi sehingga menghasilkan suatu sinergi.

31. Hoben , Simbol atau verbal atau ujaran

Menurutnya Komunikasi merupakan pertukaran pikiran atau gagasan secara verbal.

32. Anderson

Menurutnya Komunikasi yakni proses yang dinamis dan secara konstan berubah sesuai dengan situasi yang berlaku.

33. Barnlund

Menurutnya Komunikasi timbul karena didorong oleh kebutuhan-kebutuhan untuk mengurangi rasa ketidakpastian, bertindak secara efektif, mempertahankan atau memperkuat ego.

34. Menurut lexicographer (ahli kamus bahasa)

Menurutnya Komunikasi merupakan upaya yang bertujuan berbagi untuk mencapai kebersamaan. Jika dua orang berkomunikasi maka pemahaman yang sama terhadap pesan yang saling
dipertukarkan adalah tujuan yang diinginkan oleh keduanya.

35. Webster’s New Collegiate Dictionary edisi tahun 1977

Menurutnya Komunikasi ialah suatu proses pertukaran informasi diantara individu melalui sistem lambang-lambang, tanda-tanda atau tingkah laku.

36. Hovland, Janis & Kelley

Menurutnya Komunikasi ialah suatu proses melalui seseorang (komunikator) menyampaikan stimulus (biasanya dalam bentuk kata-kata) dengan tujuan mengubah atau membentuk perilaku orang-orang lainnya (khalayak).

Baca Juga:  √ Pengertian ROM (Read Only Memory), Fungsi, Cara Kerja, Jenis, Bentuknya

37. Gode

Menurutnya Komunikasi ialah suatu proses yang membuat sesuatu dari yang semula dimiliki oleh seseorang (monopoli seseorang) menjadi dimiliki oleh dua orang atau lebih.

38. Ruesch

Menurutnya Komunikasi ialah suatu proses yang menghubungkan satu bagian dengan bagian lainnya dalam kehidupan.

39. Weaver

Menurutnya Komunikasi merupakan seluruh prosedur melalui mana pikiran seseorang dapat mempengaruhi pikiran orang lainnya.

40. Achmad S. Ruky (Sukses sebagai manajer Profesional tanpa gelar MM atau MBA)

Menurutnya Komunikasi ialah proses pemindahan dan pertukaran pesan yang dapat berbentuk fakta, gagasan, perasaan, data atau informasi dari seseorang kpd org lain, guna mempengaruhi dan/atau mengubah informasi dan tingkah laku orang yang menerima pesan.

41. Atep Aditya Barata

Menurutnya dasar-dasar pelayanan prima ialah poses pengiriman dan penerimaan pesan atau berita atau informasi antara 2 orang atau lebih dengan cara yang efektif, sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami.

42. DRS. Agus M. Hardjana, M.Sc.,

Menurutnya Komunikasi dapat dirumuskan sebagai kegiatan dimana seseorang menyampaikan pesan dari media tertentu kepada orang lain dan sesudah menerima pesan dan memahami sejauh kemampuan, penerimaan pesan menyampaikan tanggapan melalui media tertentu juga kepada orang yang menyampaikan pesan itu kepadanya.

43. Sindu mulianto, Panduan Lengkap supervisi Perspektif Syariah

Menurutnya Komunikasi ialah proses penyampaian pesan oleh pengirim kepada penerima pesan melalui cara dan media tertentu.

44. Wuryanano, Super Mind for Successful Life

Menurutnya Komunikasi ialah melibatkan keseluruhan pribadi anda, cara berbicara, sikap, tingkah laku, dan segala sesuatu yag terpancar dari pribadi anda.

Unsur Komunikasi

Dari pendapat di atas, bisa disimpulkan bahwa komunikasi bisa terjadi karena adanya beberapa unsur yang terkait untuk membangun sebuah komunikasi. Berikut ini unsur pembangun komunikasi:

  • Sumber
    Yaitu pusat informasi atau pengirim informasi. Komunikasi yang terjadi pada kita, bisa dari satu orang atau lebih (kelompok) misalnya sebuah organisasi, perkumpulan dsb. Sumber komunikasi disebut juga komunikator.
  • Penerima
    Yaitu pihak dimana ia menjadi tujuan untuk dikirimi pesan atau info oleh sumber (komunikator). Penerima bisa terdiri dari satu orang atau lebih. Penerima juga bisa disebut komunikan.
  • Pesan
    Adalah informasi yang disampaikan oleh pengirim pesan kepada penerima (komunikan). Pesan tersebut bisa disampaikan dengan secara langsung atau melalui media komunikasi yang tersedia.
  • Media
    Yaitu alat yang digunakan dalam berkomunikasi untuk mengirim pesan (informasi) dari sumber kepada penerima.
  • Efek
    Yaitu sebuah pengaruh yang dipikirkan dan dirasakan oleh penerima sebelum dan sesudah menerima pesan. Yang kemudian akan mempengaruhi sikap seseorang dalam menelaah pesan.
  • Umpan Balik
    Yaitu sebuah bentuk tanggapan balik dari penerima setelah memperoleh pesan yang diterima.

Fungsi Komunikasi

Pada unsur komunikasi yang telah dijelaskan bahwa pihak yang mengirim pesan kepada khalayak disebut komunikator. Sebagai pelaku dalam proses komunikasi, komunikator memegang peranan yang amat penting terutama dalam berjalannya sebuah komunikasi. Sehingga pesan tersebut diterima oleh penerima (komunikan) dengan baik.

Berikut adalah contoh-contoh fungsi komunikasi dalam kehidupan kita sehari-hari menurut para ahli:

100 Macam Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

Menurut Thomas M. Scheidel, Manusia pada umumnya berkomunikasi untuk menyatakan dan mendukung identitas-diri dan untuk membangun interaksi sosial dengan orang-orang yang berada di sekitar kita serta untuk mempengaruhi orang lain untuk berpikir, merasa, atau bertingkah seperti yang kita harapkan.

Rudolf F. Verderber, Komunikasi mempunyai dua fungsi. Pertama, fungsi sosial, yakni untuk tujuan kesenangan, untuk menunjukan ikatan dengan orang lain, membangun dan memelihara hubungan. Kedua, fungsi pengambilan keputusan, yakni memutuskan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu pada saat tertentu.

Demikian pembahasan singkat kita mengenai 44 Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap), mohon maaf jika ada salah kata maupun penulisan, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih.