√ 13 Pengertian Arsip Menurut Para Ahli Terlengkap

13 Pengertian Arsip Menurut Para Ahli Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Arsip. Yang mana penjelasan ini berdasarkan pendapat para ahli dengan masing-masing pernyataan tentang pengertian Arsip. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

13 Pengertian Arsip Menurut Para Ahli Terlengkap

Mari kita bahas pengertian arsip menurut para ahli dengan seksama

Pengertian Arsip Menurut Para Ahli

Beginilah para ahli menyatakan arsip itu apa berdasarkan hasil riset dan pengalamannya.

1. Sularso Mulyono

Pengertian arsip menurut Sularso Mulyono adalah penempatan kertas-kertas dalam tempat penyimpanan yang baik menurut aturan yang telah ditentukan terlebi dahulu sedemikian rupa sehingga setiap kertas apabila diperlukan dapat ditemukan kembali dengan mudah dan cepat.

2. The Liang Gie

Pengertian arsip menurut The Liang Gie adalah suatu kumpulan warkat yang disimpan secara sistematis karena mempunyai suatu kegunaan agar setiap kali diperlukan dapat secara cepat ditemukan kembali.

3. Kamus Adminstrasi Perkantoran

Pengertian arsip menurut Kamus Administrasi Perkantoran adalah kumpulan warkat yang disimppan secara teratur berencana karena mmepunyai suatu kegunaan agar setiap kali diperlukan dapat cepat ditemukan kembali

4. Wursanto

Pengertian arsip menurut Wursanto adalah salah satu produk pekerjaan kantor (Office Work).

5. Undang-Undang No.43 Tahun 2009 tentang kearsipan pasal 1 angka 2.

Pengertian arsip menurut Undang-Undang No.43 Tahun 2009 adalah rekaman kegitan atau peristiwa dalam bentuk berbagai dan diterima oleh lembaga negara, pemerintah daerah, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik, organisasi kemasyarakatan, dan perseorangan dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

6. Dr. Basir Barthos dalam buku Manajemen Kearsipan

Pengertian arsip menurut Dr. Basir Barhos adalah setiap catatan tertulis baik dalam bentuk gambar ataupun bagan yang memuat keterangan keterangan mengenai sesuatu obyek (pokok, persoalan) ataupun peristiwa.

7. Agus Sugiarto (2005:5)

Pengertian arsip menurut Agus Sugiarto adalah kumpulan dokumen yang disimpan secara teratur berencana karena mempunyai suatu kegunaan agar setiap kali diperlukan dapat cepat ditemukan kembali.

8. Hadi Abubakar (1996:8-9)

Pengertian arsip menurut Hadi Abubakar adalah Arsip dalam bahasa Indonesia berasal dari bahasa Yunani yakni “arche” yang memiliki arti permulaan. Dalam beberapa waktu, arche berkembang menjadi “ta archia” Dalam hal ini ta archia memilii arti sebagai catatan. Selanjutnya ta arcia berubah lagi menjadi “archeon” yang berarti gedung pemerintahan.

9. Maulana (1974:18)

Pengertian kearsipan menurut Maulana adalah suatu metode atau cara yang direncanakan dan dipergunakan untuk menyimpan, pemeliharaan arsip bagi individu maupun umum dengan memakai indeks yang sudah ditentukan, biasanya untuk keperluan filling ini dipergunakan lemari, laci cabinet dari bahan baja tahan karat atau dari kayu yang terkunci, jauh dari bahaya yang tidak diinginkan.

10. Drs. Ig. Wursanto (1989:2)

Pengertian kearsipan menurut Drs Ig. Wursanto adalah kegiatan pengurusan atau pengaturan arsip dengan mempergunakan suatu sistem tertentu sehingga arsip-arsip dapat ditemukan kembali dengan mudah dan cepat apabila sewaktu-waktu diperlukan.

11. Ensiklopedia Administrasi

Pengertian kearsipan menurut Ensiklopedia Administrasi adalah:

  • Penyimpanan warkat (filing) adalah suatu bentuk pekerjaan tata usaha yang berupa penyusunan warkat-warkat secara sistematis sehingga bila diperlukan lagi warkat-warkat itu dapat ditemukan kembali secara cepat.
  • Sistem penyimpanan warkat (filing sistem) adalah suatu rangkaian tata cara yang teratur menurut sesuatu pedoman untuk menyusun warkat-warkat sehingga bila diperlukan lagi warkat-warkat itu dapat ditemukan kembali secara cepat.

12. Suraja (2006:33)

Pengertian arsip menurut Suraja adalah naskah atau catatan yang dibuat dan diterima oleh organisasi pemerintah, swasta dan perorangan mengenai suatu peristiwa atau hak dalam kehidupannya, dan dalam corak apapu, baik tunggal maupun berkelompok, yang memilki fungsi tertentu, dan disimpan secara sistematis, sehingga jika diperlukan dapa disediakan dengan mudah dan cepat. Arsip adalah suatu kumpulan warkat yang berguna dan disimpan dengan sistemasis sehingga saat diperllukan informasinya dapat ditemukan kembali dengan cepat dan tepat.

Pengertian Arsip Menurut Para Ahli

13. Maulana dalam Wursanto (1991:18)

Pengertian arsip menurut Maulana adalah tulisan yang dapat memberikan keterangan tentang kejadian-kejadian dan pelaksanaan organisasi, yang kemudian dapat berwujud berupa surat-menyurat, data-data (bahan-bahan yang dapat memberi keterangan) berupa barang cetakan, kartu-kartu, sheets dan buku catatan yang berisi koresponden, Peraturan Pemerintah dan lain sebagainya yang diterima dan dibuat sendiri oleh setiap lembaga, baik pemerintah maupun swasta, kecil atau besar.

Demikianlah telah dijelaskan tentang 13 Pengertian Arsip Menurut Para Ahli Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi