√ 12 Pengertian Operasional Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

12 Pengertian Operasional Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Kali ini seputarpengetahuan akan membahas tentang pengertian operasional. Apa itu operasional? Operasional adalah sebuah konsep yang mempunyai sifat abstrak untuk memudahkan pengukuran terhadap suatu variabel. Lebih jelasnya berikut ini kami berikan definisi operasional menurut beberapa ahli. Ikutilah ulasan berikut ini hingga selesai.

12 Pengertian Operasional Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap)

Definisi operasional adalah suatu definisi yang berdasarkan pada suatu karakteristik yang dapat diamati atau dilakukan observasi dari apa yang sedang didefinisikan ataupun juga mengubah konsep-konsep.Definisi atau pengertian operasional dapat dibagi menjadi tiga macam yaitu:

  • Pengertian definisi operasional tipe A
    Adalah dapat disusun atau ditata berdasarkan pada suatu operasi yang harus dilakukan, sehingga dapat menyebabkan gejala ataupun keadaan yang didefinisikan menjadi nyata ataupun dapat terjadi.
  • Pengertian Definisi operasional tipe B
    Adalah dapat disusun berdasarkan paga bagaimana suatu obyek tertentu yang didefinisikan dapat dioperasionalisasikan; adalah berupa apa yang dilakukannya ataupun apa yang menyusun karakteristik-karakteristik dinamisnya.
  • Pengertian Definisi operasional tipe C
    Adalah dapat disusun berdasarkan pada suatu penampakan seperti obyek ataupun gejala yang didefinisikan, adalah apa saja yang menyusun suatu karakteristik-karakteristik setatisnya.

Pengertian Variabel

Variabel adalah sebuah konsep yang memiliki variabilitas. Konsep adalah abstraksi atau penggambaran dari suatu peristiwa atau fenomena tertentu. Variabel disebut juga obyek atau masalah penelitian. Berikut ini adalah jenis-jenis variabel:

  • Variabel bebas: Disebut juga variabel pengaruh, variabel kuasa, treatment, serta tidak bebas.
  • Variabel perantara: Atau variabel penghubung adalah variabel yang menjembatani pengaruh variabel bebas dengan variabel terikat
  • Variabel pendahulu: adalah variabel bebas yang bisa berpengaruh pada variabel tergantung namun sekaligus berpengaruh pada variabel bebas terhadap variabel tergantung tersebut.
  • Variabel prokondisi: adalah variabel yang keberadannya merupakan sebagai prasyarat bagi bekerjanya suatu variabel bebas terhadap variabel tergantung.

Pengertian Operasional Menurut Ahli Terlengkap

Berikut ini adalah definisi dari operasional menurut ahlinya.

1. Nani Darmayanti

Pengertian operasional menurut Nani Darmayanti adalah rumusan tentang ruang lingkup serta ciri-ciri suatu konsep yang menjadi pokok pembahasan dan penelitian suatu karya ilmiah.

2. Rhonda Abrams dan Alice Laplante

Pengertian operasional menurut Rhonda Abrams dan Alice Laplante adalah aspek yang penting karena tanpanya, maka tidak ada yang dapat dikerjakan.

3. Walizer dan Wienir

Pengertian operasional menurut Walizer dan Wienir adalah seperangkat petunjuk yang lengkap tentang apa yang harus diamati (observasi) dan bagaimana juga mengukur suatu variabel ataupun konsep definisi operasional tersebut dan dapat membantu kita untuk mengklarifikasi gejal di sekitar ke dalam kategori khusus dari suatu variabel.

4. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pengertian operasional menurut KBBI adalah operasi yang didasarkan pada aturan; Operasi yang sesuai dan tidak menyimpang dari suatu norma atau kaidah.

5. Hoover

Pengertian operasional menurut Hoover adalah memuat identifikasi sesuatu hal yang bersifat (variabel) sehingga dapat digunakan untuk penelitian (observasi)

6. Asep Hermawan

Pengertian operasional menurut Asep Hermawan adalah penjelasan bagaimana kita dapat mengukur variabel. Pengukuran tersebut dapat dilakukan dengan angka-angka maupun atribut-atribut tertentu.

7. Widjono Hs

Pengertian operasional menurut Widjono Hs adalah batasan pengertian yang dijadikan sebagai pedoman untuk melakukan suatu kegiatan ataupun pekerjaan.

8. Nursalam

Pengertian operasional menurut Nursalam adalah definisi berdasarkan karakteristik yang diamati dari suatu yang didefinisikan tersebut.

9. Husein Umar

Pengertian operasional menurut Husein Umar adalah penentuan suatu konstruck sehingga menjadi variabel maupun variabel-variabel yang dapat diukur.

12 Pengertian Operasional Menurut Para Ahli Terlengkap

10. Budi Pranata

Pengertian operasional menurut Budi Pranata adalah kuantitas atau jumlah yang tidak cocok.

11. Kerlinger

Pengertian operasional menurut Kerlinger membagi menjadi dua definisi:

  • Operasional yang dapat diukur
    Pengertian operasional yang dapat diukur menyatakan suatu konsep yang dapat diukur dalam penyelidikan.
  • Operasional eksperimental
    Yaitu peneliti yang menguraikan secara lebih rinci variabel-variabel yang diteliti.

12. Singarimbun (1997)

Pengertian operasional menurut Singarimbun adalah sebagai suatu unsur penelitian yang merupakan petunjuk tentang bagaimana suatu variabel diukur dalam rangka memudahkan pelaksanaa penelitian dilapangan, sehingga memerlukan operasionalisasi dari masing-masing konsep yang digunakan dalam menggambarkan perilaku atau gejala yang dapat diamati dengan kata-kata yang dapat diuji dan diketahui kebenarannya.

Demikianlah penjelasan kita kali ini tentang 12 Pengertian Operasional Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap), semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menamabah wawasan dan ilmu pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung.

Daftar Isi