√ Definisi : Pengertian, Macam, Jenis Beserta Contohnya

Definisi : Pengertian, Macam, Jenis Beserta Contohnya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Definisi. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian definisi, macam, jenis beserta contohnya dengan secara singkat dan jelas unutk lebih jelasnya simak artikel berikut ini.

Definisi : Pengertian, Macam, Jenis Beserta Contohnya

Pengertian definisi adalah keterangan yang menguraikan atau menjelaskan tentang arti suatu kata juga ungkapan yang membatasi makna suatu kata atau ungkapan tersebut.

Pengertian Definisi Secara Umum

Pengertian Definisi adalah suatu batasan atau arti, dapat juga dimaknai kata, frasa, atau kalimat yang mengungkapkan makna, keterangan, atau ciri utama dari orang, benda, proses, atau kegiatan/aktivitas.

Definisi ini berasal dari Bahasa Latin yakni definitio yang memiliki arti “penentuan arti” atau “pembatasan”. Dapat dikatakan bahwa Kata atau ungkapan yang hendak dijelaskan disebut dengan sebutan definiendum, sedangkan bagian yang menjelaskan definiendum tersebut disebut sebutan definiens.

Garis Besar Definisi

Definisi ini dapat dikategorikan dalam 2 (dua) garis besar yaitu definisi nominal (verbal) dan juga definisi real.

Definisi Nominal

Definisi nominal yaitu terdiri atas definisi nominal umum serta definisi nominal khusus.

Definisi Real

Defenisi real yaitu terdiri atas definisi real esensial serta definisi real deskriptif. Definisi real esensial ini dapat dibagi lagi menjadi definisi real esensial fisik serta definisi real esensial metafisik. Definisi real deskriptif ini dapat dibagi lagi menjadi definisi real deskriptif kausal, definisi real genetik, serta definisi real deskriptif aksidental.

Jenis-jenis Definisi

Berikut ini Definisi dibagi ke dalam beberapa jenis, diantaranya yaitu sebagai berikut:

Definisi nominal atau definisi verbal

Definisi nominal atau definisi verbal adalah definisi yang paling sederhana dan memiliki sifat sementara disebabkan karena hanya memberi penjelasan etimologis atau memberi sinonim kepada istilah yang hendak akan dijelaskan.

Definisi nominal ini tidak memberi pengertian yang hakiki mengenai sesuatu hal yang dijelaskan itu. Contoh dari definisi nominal yang memberi penjelasan etimologis: Logika merupakan suatu istilah yang diambil dari kata Yunani logikos, yang terbentuk dari kata benda logos, yang memiliki arti “Sesuatu yang diutarakan, sebuahah pertimbangan akal, percakapan, kata,” atau “ungkapan melalui bahasa”.

Contoh dari definisi nominal yang memberi sinonim definiendum:

Hamba ialah budak atau pelayan.

Arca ialah patung.

Catatan : Semua jenis kamus pada dasarnya yaitu definisi nominal.

Definisi nominal umum

Definisi nominal umum adalah definisi yang pada umumnya diterima oleh semua orang, yang memberi penjelasan mengenai suatu kata atau juga ungkapan dengan sesuatu yang sesuai dengan pemahaman umum.

Contoh dari Definisi nominal umum :

Suami adalah pria yang telah menikah

Definisi nominal khusus

Defenisi nominal khusus adalah definisi yang memiliki sifat relatif dan seringkali juga subjektif. Oleh sebab itu, tidak berlaku umum, atau kendatipun dikenal umum, kata atau juga ungkapan itu mempunyai arti yang berbeda-beda.

Contoh dari Definisi Nominal : kata atau juga ungkapan “bebas”, “gotong royong”, dan lain sebagainya.

Definisi Pengertian Macam Jenis Beserta Contohnya

Definisi Real

Defenisi real dapat dianggap searti dengan definisi analitis atau juga definisi eksplikatif. Definisi real tersebut dapat dibagi menjadi definisi esensial serta juga definisi deskriptif.

Definisi Esensial

Definisi esensial yaitu definisi yang benar-benar sanggup memberi pengertian yang hakiki mengenai sesuatu yang hendak dijelaskan.Definisi esensial adalah penjelasan lewat uraian bagian-bagian yang esensial mengenai sesuatu tersebut.

Prinsip penyusunan definisi esensial yaitu pergenus et differentiam, adalah penyusunan definisi dari genus proximum (proximate genus) serta differentia specifica.

Definisi esensial ini kemudian dibagi lagi atas definisi esensial fisik serta definisi esensial metafisik.

  • Definisi Esensial Fisik

Definisi esensial fisik adalah penjelasan yang mengacu pada uraian bagian-bagian yang mewujudkan esensi sesuatu yang menjadi definiendum.

Contoh dari Definisi Esensial Fisik :

Manusia adalah hewan berakal budi yang terdiri atas tubuh serta jiwa.

  • Definisi Esensial Metafisik

Definisi Esensial Metafisik adalah definisi yang paling ideal, yang benar-benar terdiri dari genus proximum serta differentia specifica.

Contoh dari Definisi Esensial Metafisik oleh Aristoteles :

Homo est animal rationale yang memiliki arti manusia yaitu hewan yang berakal budi.

Definisi Deskriptif

Definisi deskriptif yaitu suatu penjelasan yang mengacu pada uraian mengenai ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh sesuatu yang dijelaskan itu.

Definisi deskriptif ini dapat dibedakan lagi atas definisi kausal, definisi genetik, serta juga definisi aksidental.

  • Definisi Kausal

Definisi kausal ialah definisi yang menjelaskan sebab-akibat dari sesuatu yang menjadi definiendum.

Contoh dari Definisi Kausal :

Pena ialah alat yang dibuat manusia untuk menulis.

  • Definisi Genetik

Definisi genetik merupakan suatu definisi yang memberi penjelasan mengenai asal usul atau menguraikan bagaimana sesuatu itu terjadi.

Contoh Definisi Genetik :

Awan adalah uap air yang menguap ke udara disebabkan karena pemanasan laut yang disinari oleh matahari

  • Definisi Aksidental

Definisi aksidental adalah definisi yang disusun dari genus proximum serta accidentia.

Jadi dapat diartikan bahwa definisi aksidental adalah definisi yang menyebut semua ciri-ciri aksidental dari sesuatu yang menjadi definiendum itu.

Contoh dari Definisi Aksidential

Gajah merupakan hewan berkaki empat yang mempunyai belalai, berambut halus, berkuping dua, mempunyai ukuran tubuh yang sangat besar, dan lain seterusnya”.

Demikian penjelasan tentang Definisi : Pengertian, Macam, Jenis Beserta Contohnya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih.

Daftar Isi