√ Pengertian Kecepatan dan Kelincahan Menurut Para Ahli & Macamnya

Pengertian Kecepatan dan Kelincahan Menurut Para Ahli & Macamnya – Di dalam dunia ini banyak sekali makhluk hidup yang dapat bergerak dengan bebas kesana kemari, keatas kebawah, dan lainnya.

Pengertian Kecepatan dan Kelincahan Menurut Para Ahli & Macamnya

Dengan adanya pergerakan dapat membuat tubuh dari makhluk hidup ini mengalami perubahan mulai dari lokasi, bentuk dan sebagainya. Ketika bergerak maka makhluk hidup ini akan mengalami kecepatan sehingga bergampak pada tubuhnya. Berikut akan di jelaskan apa itu kecepatan dan kelincahan lengkap;

Pengertian Kecepatan

Kecepatan merupakan suatu besarnya jarak yang di tempuh dari benda yang terjadi tiap satuan waktu. Kecepatan merupakan suatu jenis besaran yang dapat bergantung di suatu arah yang kecepatan tersebut dapat masuk kedalam besaran vector. Untuk gerakan 1 dimensi, arah dari kecepatan itu dapat di sebut dengan tanda positif atau tanda negative. Konsep di dalam mengenai kecepatan itu dapat di bagi menjadi dua yaitu;

  • Kecepatan Sesaat
    Kecepatan ini merupakan suatu kecepatan dari benda pada suatu saat saja.
  • Kecepatan Rata-Rata
    Kecepatan ini merupakan kecepatan yang dapat di ukur dengan alat pengukur velocitometer.
Baca Juga:  √ Pengertian Ciliata, Ciri Ciliata & Klasifikasi Ciliata (Lengkap)

Pengertian Kecepatan Menurut Para Ahli

Beberapa ahli menjabarkan mengenai apa itu yang di maksud dengan kecepatan yaitu;

Treadwell (1991)

Kecepatan bukan hanya dapat menitik beratkan kepada keseluruhan tubuh, akan tetapi melibatkan waktu yang dapat di lakukan oleh seorang pemain terhadap suatu stimulus. Kemampuan itu dapat membuat jarak yang lebih pendek di dalam memindahkan tubuh. Kecepatan itu dapat mengartikan gerakan seluruh tubuh didalam kurun waktu yang sangat cepat, tetapi juga dapat di artikan menggerakkan anggota tubuh di dalam kurun waktu yang cepat.

Di dalam olah raga dapat di misalkan seperti olah raga sprint yang kecepatan gerakannya di tetapkan oleh atau dengan gerakan yang di dalakukan secara berturut mulai dari organ kaki yang di lakukan dengan sangat cepatnya.

Harsono 1988: 216

Kecepatan yang di dapat dari anggota tubuh itu juga sangat penting karena hal itu dapat berguna di dalam memberikan akselerasi kepada objek eksternal seperti di dalam olah raga sepak bola, voli, basket, dan olah raga kecepatan lainnya. Kecepatan tersebut juga tergantung dari bermacam factor yang dapat mempengaruhinya seperti kekuatan, waktu reaksi dan fleksibilitas. Untuk dapat melakukan suatu gerakan kecepatan berupa hasil dari jarak per tiap satuan waktu, seperti contohnya 100 km per detik atau 1000 m per menit.

Mochamad Sajoto (1995: 9)

Kecepatan itu sendiri dapat mengacu kepada kecepatan gerakan di dalam melakukan suatu keterampilan tetapi bukan hanya dengan sekedar kecepatan berlari. Di dalam menggerakkan kaki dengan cepat adalah keterampilan fisik yang penting bagi para pemain yang harus dapat di tingkatkan untuk kemampuan di dalam mengubah arah pada saat terkhir ini merupakan hal terpenting lainnya. Kecepatan merupakan suatu komponen kondisi fisik. Kecepatan sendiri merupakan suatu kemampuan dari seseorang di dalam menggerakkan kesinambungan dalam kurun waktu yang sangat singkat.

Baca Juga:  √ Bagian-Bagian Gigi, Jenis Dan Fungsinya (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Kelincahan

Kelincahan merupakan suatu kemampuan yang di miliki seseorang untuk dapat bergerak dengan sangat cepatnya dan mengubah atah dengan tangkas pula. Kelincahan dapat menjadi suatu pedoman dari kecepatan, kecepatan reaksi, fleksibilitas, kekuatan, keseimbangan, dan dapat juga meng koordinasi neuromuscular. Latihan dari kelincahan ini dapat bermanfaat untuk anggota tubuh tertentu seperti tungkal, lengan dan anggota tubuh lainnya.

Macam Kecepatan

Terdapat 3 kecepatan yaitu;

Sprint

Merupakan kemampuan seseorang bergerak ke dengan dengan mengerahkan kekuatan dan kecepatan yang maksimal.

Pengertian Kecepatan dan Kelincahan Menurut Para Ahli & Macamnya

Reaksi

Merupakan kemampuan Manusia di dalam menjawab rangsangan yang di berikan dengan cepat.

Bergerak

Merupakan kemampuan Manusia dalam bergerak dengan sangat cepat di dalam satu gerakan tanpa putus.

Demikianlah penjelasan kita kali ini mengenai Pengertian Kecepatan dan Kelincahan Menurut Para Ahli & Macamnya, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Sekian dan terimakasih.