Hukum Newton : Pengertian dan Contoh Soal

Hukum Newton : Pengertian dan Contoh Soal – Apakah itu Hukum Newton?Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu hukum newton dan hal-hal lain tentangnya.Mari kita simak bersama pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Hukum Newton : Pengertian dan Contoh Soal


Hukum Newton adalah tiga rumusan dasar mekanika klasik yang memberikan gambaran mengenai gaya yang bekerja pada suatu benda dan gerak yang disebabkannya.Disebut juga hukum gerak monumental, berkembang dalam buku karya isaac newton sendiri yaitu Mathematical Principles of Natural Philosopy (The Principia).

Hukum newton merupakan salah satu aturan yang diterapkan dalam ilmu fisika. Suatu benda yang bergerak tidak bisa di jelaskan dengan logika, tetapi jika menggunakan hukum newton dapat di hitung berapa kecepatan serta jaraknya.Benda jatuh dari atas kebawah, atau perpindahan benda dari suatu titik ke titik lain dapat di artikan bahwa benda itu bergerak atau berpindah tempat.


Hukum Newton 1


“Jika resultan gaya yang bekerja pada benda yang sama dengan nol, maka benda yang mula-mula diam akan tetap diam. Benda yang mula-mula bergerak lurus beraturan akan tetap lurus beraturan dengan kecepatan tetap.”

Rumus Hukum Newton 1

Maksud hukum newton 1 yaitu benda yang diam akan tetap diam dan tidak akan bergerak sampai ada haya (dorongan atau tarikan) yang kemudian membuatnya bergerak, dan benda bergerak akan terus bergerak dan akan diam apabila ada gaya yang mempegaruhinya untuk diam.

Rumus hukum newton 1 yaitu ∑F = 0 yaitu resultan gaya (Kg m/s2)

Contoh Hukum Newton 1

  • Saat menaiki mobil yang bergerak cepat kemudian di rem penumpang akan terdorong kedepan.
  • Mobil berjalan keadaan pelan kemudian mendadak menginjak gas maka penumpang akan tercondong ke belakang.
  • Jika meletakkan misalnya koin pada atas kain kemudian kain tersebut di Tarik secara cepat, maka koin tersebut akan tetap.
Baca Juga:  Konstitusi Adalah : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis, Ruang Lingkup dan Sejarahnya

Hukum Newton 2


“Percepatan dari suatu benda akan sebanding dengan jumlah gaya (resultan gaya) yang bekerja pada benda tersebut dan berbanding terbalik dengan massanya.

Rumus Hukum Newton 2

Maksud hukum newton 2 yaitu massa suatu benda sangat berpengaruh pada gaya dalam suatu sistem. Tambahan atau kurangan massa akan menghasilkan suatu perubahan. Rumusnya yaitu ∑F = m.a

Keterangan:
∑F = Resultan Gaya (kg m/s2)
m = Massa Benda (kg)
a = Percepatan (m/s2)

Contoh Hukum Newton 2

  • Menarik gerobak mengangkut pupuk dari rumah ke lading
  • Jika di tarik dengan gaya yang sama mobil-mobil yang masasanya lebih besar (ada beban) percepatannya lebih kecil, sedangkan pada mobil-mobilan yang sama (massa sama) jika ditarik dengan gaya yang lebih besar akan mengalami percepatan yang lebih besar pula.
  • Mengiring bola pada permukaan datar

Hukum Newton 3


Jika suatu benda memberikan gaya pada benda lain maka benda yang dikenai gaya akan memberikan gaya yang besarnya sama dengan gaya yang di terima dari benda pertama tetapi arahnya berlawanan.”

Rumus Hukum Newton 3

Rumus hukum newton 3 ada tiga yaitu gaya gesek, gaya berat dan gaya sejenis.

Gaya Gesek

Gaya Berat

Gaya Sejenis

Rumus hukum newton 3 dapat dituliskan sebagai hukum (f) aksi – hukum (f) reaksi, yang saya tandai di kotak warna kuning sebagai rumus gaya gesek, yang merah merupakan gaya berat, dan biru rumus berat sejenis.

Contoh Hukum Newton 3

  • Pada saat duduk pada kursi busa, berat badan akan menekan kursi kebawah, sedangkan kursi akan menahan berat badan keatas.
  • Melempar bola pada dinding maka bola akan berbalik dengan kekuatan sama
  • Jika seseorang memakai sepatu roda dan mendorong dinding, maka dinding akan mendorong sebesar sama dengan gaya yang kamu keluarkan tetapi arahnya berlawanan, sehingga orang tersebut terdorong menjauhi dinding.
Baca Juga:  √ Pengertian Presentasi Menurut Para Ahli & Jenisnya (Lengkap)

Contoh Soal Hukum Newton


Soal 1.Sebuah bola besi memiliki massa 100 kg. Kemudian, bola besi tersebut menggelinding sehingga memperoleh gaya percepatan 9,8 m/s2. Berapa besar gaya yang diperlukan untuk menggelindingkan bola tersebut?

Pembahasan

Diketahui:
m = 100 kg
a = 9,8 m/s2

Ditanya: F = … ?

Jawab:
F = m a
= 100 kg x 9,8 m/s2
= 980 kg m/s2
= 980 N
Jadi, gaya yang diperlukan adalah 980 N.

Soal 2. Sebuah benda bermassa 1 kg. Jika percepatan gravitasi = 10 m/s2, berapa berat benda tersebut ?
Pembahasan
Diketahui :
Massa benda (m) = 1 kg
Percepatan gravitasi (g) = 10 m/s2
Ditanya : Berat benda (w)
Jawab :
Rumus gaya berat :
w = m g
Keterangan :
m = massa (satuan internasionalnya kilogram, disingkat kg)
g = percepatan gravitasi (satuan internasionalnya meter per sekon kuadrat, disingkat m/s2)
w = gaya berat (satuan internasionalnya adalah kg m/s2 alias Newton)
Berat benda adalah :
w = (1 kg)(10 m/s2) = 10 kg m/s2 = 10 Newton

Hukum Newton : Pengertian dan Contoh Soal

Soal 3. Sebuah balok bermassa 5 kg (berat w = 50 N) digantung dengan tali dan diikatkan pada atap. Jika balok diam maka berapakah tegangan talinya?

Jawab:

Gaya-gaya yang bekerja pada balok seperti gambar di bawah ini, karena balok diam, maka berlaku hukum I Newton yaitu sebagai berikut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jadi, gaya tegangan tali yang bekerja pada balok tersebut adalah 50 Newton.


Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Hukum Newton , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.