Dimensi Momentum : Pengertian, Rumus, Besaran Pokok dan Contoh Soal

Dimensi Momentum : Pengertian, Rumus, Besaran Pokok dan Contoh Soal – Apa yang kamu ketahui tentang Dimensi Momentum ?,Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentu hal-hal yang juga melingkupinya. Mari kita simak pembahasannya pada artikel di bawah ini untuk lebih dapat memahaminya.

Dimensi Momentum : Pengertian, Rumus, Besaran Pokok dan Contoh Soal


Dalam ilmu Fisika, momentum adalah hasil perkalian antara besaran massa dengan besaran kecepatan. Momentum disimbolkan dengan P. Momentum adalah besaran vektor karena sangat dipengaruhi oleh arah kecepatannya.

Seperti yang diketahui, massa adalah besaran skalar, sedangkan kecepatan adalah besaran vektor. Hasil perkalian antara besaran vektor dengan besaran skalar ini menghasilkan besaran vektor. Itulah sebabnya mengapa sehingga momentum termasuk ke dalam besaran vektor.


Rumus Dimensi Momentum

Dalam mekanika klasik, momentum (bisa dilambangkan dengan hurup P) maka bisa maknai sebagai sebuah hasil perkalian dari massa dan kecepatan, sehingga akan dihasilkanlah vektor.

Momentum pada suatu benda atau dengan lambang (P) dengan memiliki suatu massa. Dilambangkan dengan hurup m dan bergerak dengan kecepatan v sehingga dapat maknai antara lain :

p = m . v

p = momentum (Kg m/s)
m = massa benda (Kg)
v = kecepatan benda (m/s)

Maka dengan hal itu bisa kita uraikan dimensi dari momentum tersebut. Jadi simak berikut ini cara penguraian dimensinya:

[Momentum] = [massa] x [kecepatan]
= [M] x [L][T]-1
= [M][L][T]-1

Jadi, hasil yang diperoleh dari dimensi momentum yaitu [M][L][T]-1


Besaran Pokok

Besaran Pokok adalah suatu massa, panjang, waktu, arus listrik, suhu, intensitas cahaya dan jumlah zat.

Namun untuk besaran yang terkait lainnya adalah seperti energi. Kemudian percepatan yang mana dari sebagainya dapat diuraikan dengan kombinasi besaran itu. Sehingga akan dikenal juga sengan sebutan besaran turunan.

Selanjutnya, Cara di mana mengatahui dari mana besaran itu berasal maka bisa diarahkan dengan dimensi besaran.Selanjutnya untuk memakai dimensi maka kita akan membatasi diri seperti digunakan oleh mekanika dan sifat materi saja.

  • Dimensi massa ditulis sebagai [M]
  • Dimensi panjang ditulis sebagai [L]
  • Dimensi waktu ditulis sebagai [T]

Untuk tanda kurung yang ada pada huruf dalam hal ini menunjukkan kita saling berhadapan dengan dimensi besaran.

Pada dimensi dari setiap besaran lainnya akan saling terlibat dalam satu atau juga lebih dari dimensi-dimensi pokok.

Contohnya, dalam mengukur suatu volume sebuah benda maka kita akan melibatkan hasil kali dari tiga besaran panjang itu maka bisa ditentukan dimensi volume tersebut [L]3.

Kemudian masih memakai dengan cara yang sama untuk mengukur kecepatan yang melibatkan panjang lalu dibagi dengan waktu. Maka bisa ditentukan dimensi kecepatan tersebut yaitu [L] [T]-1.

Dimensi Momentum : Pengertian, Rumus, Besaran Pokok dan Contoh Soal

Contoh Soal Dimensi Momentum

Pada tiapa benda apabila dicepkan kedalam fluida yakni sebuah (zat cair) maka akan merasakan suatu gaya tekanan yang mengarah ke atas yakni disebut dengan (gaya Archimides).

Pada gaya tekanan ini sangat dipengaruhi dengan massa jenispada fluida ρ, kemudian pada percepatan gravitasi g dan untuk volume benda yang dimasukan V.

Maka tentukan gaya persamaan dari tekanan tersebut!

Penyelesaian
Pada dimensi besaran yang ada ialah:
Pada Gaya FA = [M] [L] [T]-2
Lalu Massa jenis ρ = [M] [L]-3
Kemudian Percepatan gravitasi g = [L] [T]-2
Volume V = [L]3

Selanjutnya pada soal, persamaan besar gaya tekanan ke atas tersebut bisa diuraikan sebagai berikut:
FA=ρx gy Vz
Kemudian untuk mengetahui Nilai x, y dan z bisa ditentukan dengan caramenganalisa dari persamaannya pada dimensi yang tedapat disebelah kiri dan juga kanan yakni?…

Pada Dimensi-FA=ρxgyVz
[M][L][T]-2={[M][L]-3}x {[L] [T]-2}y{[L]3}z
= [M]x . [L]-3x + y + 3z . [T]-2y

Oleh sebab dari kedua ruas dimensinya harus sama maka bisa didapatkan hasil:
Pangkat [M] : x = 1
Pangkat [T] : -2y = -2 berarti y = 1
Pangkat [L] : -3x + y + 3z = 1
-3.1 + 1 + 3z = 1 berarti z = 1
Dari nilai x, y dan z dapat diperoleh persamaan :
FA = ρ g V

Demikianlah ulasan dari Seputarpengetahuan.co.id tentang Dimensi Momentum , semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya

Daftar Isi