√ Pengertian Word of Mouth, Manfaat dan Elemen (Lengkap)
Pengertian Word of Mouth, Manfaat dan Elemen (Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Word of Mouth. Yang meliputi pengertiam manfaat dan unsur word of mouth dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami.
Pengertian Word of Mouth, Manfaat dan Elemen (Lengkap)
Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.
Pengertian Word of Mouth
Word of Mouth atau disingkat dengan WOM merupakan komunikasi dari mulut ke mulut. Menurut Kotler dan Keller yang diartikan sebagai komunikasi yang dalam bentuk rekomendasi baik secara personal ataupun kelompok terhadap suatu produk atau jasa yang tujuannya memberikan informasi secara individu.
Word of Mouth bisa berbentuk suatu komentar atau rekomendasi yang disebarkan konsumen menurut pengalaman yang didapatnya, mempunyai pengaruh yang besar terhadap pengambilan keputusan yang dilakukan oleh pihak lain.
Salah satu bentuk komposisi dalam pemasaran yaitu word of mouth yang menjadikan referensi yang menjadikan harapan pelanggan. Sebagai bagian dari bauran komunikasi pemasaran, word of mouth communication menjadi salah satu strategi yang besar pengaruhnya dalam keputusan konsumen dalam memakai produk atau jasa.
Pengertian Word of Mouth Menurut Para Ahli
Berikut ini adalah definisi dari word of mouth menurut ahlinya.
1. Ivanovic dan Colling (2004)
Word of Mouth communication adalah saluran informal dari komunikasi seperti teman dan tetangga, rekan kerja dan anggota keluarga.
2. Sernovitz (2009)
Word of mouth sangat efektif karena sumber kepercayaannya adalah datang dari orang yang tidak memperoleh keuntungan dari rekomendasi mereka.
3. Hasan
Word of Mouth adalah pujian, rekomendasi dan komentar pelanggan sekitar pengalaman mereka atas layanan jasa atau produk yang betul-betul mempengaruhi keputusan pelanggan atau perilaku pembelian mereka.
4. Sernovitz
Word of Mouth Marketing adalah memberikan orang alasan untuk membicarakan tentang produk anda dan mempermudah pembicaraan itu terjadi.
5. The Word of Mouth Marketing Association (2009)
Word of Mouth Marketing adalah sebagai seni dan ilmu dalam membangun komunikasi konsumen-konsumen dan konsumen-pemasar yang aktif dan menguntungkan.
Manfaat Word of Mouth
Proses mencari informasi dijalankan untuk mendapatkan produk yang berkualitas yang bisa memenuhi keperluan dan keinginannya. Konsumen akan mencari informasi itu pada sumber-sumber yang bisa memberikan informasi yang dibutuhkan. Rekomendasi dari orang lain sangat besar dalam mempengaruhi jika rekomendasi tersebut bersumber dari orang yang dikenalnya.
Dibawah ini adalah beberapa manfaat dari Word of Mouth sebagai sumber informasi yang kuat dalam mempengaruhi keputusan pembelian yang dikemukakan oleh Hasan (2010)
Word of Mouth adalah sumber informasi yang independen dan jujur disaat informasi datang dari seorang teman itu lebih kredibel karena tidak adanya asosiasi dari orang dengan perusahaan atau produk.
Word of Mouth sangat kuat sebab memberikan manfaat kepada yang bertanya dengan pengalaman langsung mengenai produk melalui pengalaman teman dan kerabat.
Word of Mouth disesuaikan dengan orang-orang yang terbaik didalamnya, seseorang tidak akan bergabung dengan percakapan, kecuali mereka tertarik pada topik diskusi.
Word of Mouth bisa menjadi media iklan informal
Word of Mouth bisa mulai dari satu sumber bergantung bagaimana kekuatan influencer dan jaringan sosial menyebar dengan cepat dan secara luas kepada orang lain.
Word of Mouth tidak dibatasi ruang atau kendala lainnya seperti ikatan sosial, waktu, keluarga atau hambatan fisik lainnya.
Dimensi atau Elemen Word of Mouth
Sernovitz (2009:31) menyatakan ada lima dimensi atau elemen dasar dari word of mouth yang dikenal dengan 5T. Yakni
Talkers (Pembicara)
Topics (Topik)
Tools (alat)
Talking part (partisipasi)
Tracking (pengawasan)
Kelima elemen diatas dapat dijelaskan dibawah ini.
Talkers (Pembicara)
Merupakan sekumpulan target yang mana mereka yang akan membicarakan suatu merek seringkali disebut dengan influencer. Talkers ini dapat siapa saja mulai dari teman, tetanggga, keluarga dan lain sebagainya.
Selalu ada orang yang antusias untuk berbicara. Mereka ini yang paling memiliki semangat tinggi menceritakan pengalamannya.
Topics (Topik)
Hal ini berhubungan dengan apa yang dibicarakan oleh talker. Topik ini berkaitan dengan apa yang ditawarkan oleh suatu merek. Seperti tawaran spesial, diskon, produk baru atau pelayanan yang memuaskan.
Topik yang baik merupakan topik yang bersifat simpel, mudah dibawa, dan natural. Semua word of mouth bersumber dari topik yang membuat bersemangat untuk dibicarakan.
Tools (Alat)
Adalah alat untuk menyebarkan dari topik dan talker. Topik yang sudah ada juga memerlukan suatu alat yang bisa membantu supaya topik atau pesan bisa berjalan. Alat ini menjadikan orang mudah membicarakan atau menularkan produk atau jasa perusahaan kepada orang lain.
Talking Part (Partisipasi)
Adalah suatu pembicaraan akan hilan apabil ahanya ada satu orang yang berbicara tentang suatu produk. Maka dibutuhkan orang lain yang ikut serta dalam percakapan supaya word of mouth dapat terus berjalan.
Tracking (Pengawasan)
Adalah suatu tindakan dari perusahaan untuk melakukan pengawasan dan juga melakukan pemantauan respon konsumen. Hal ini dilakukan supaya perusahaan dapat mempelajari masukan positif atau negatif konsumen, menjadikan suatu perusahaan bisa belajar dari masukan tersebut untuk kemajuan yang lebih baik.
Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Word of Mouth, Manfaat dan Elemen (Lengkap), semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.
Daftar Isi
Rekomendasi:
✓ Pengertian Literasi Keuangan, Tingkat, Aspek dan… Pengertian Literasi Keuangan, Tingkat, Aspek dan Indikatornya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Literasi Keuangan. Yang meliputi pengertian, tingkat, aspek dan indikator literasi keuangan dengan pembahasan lengkap dan…
Jenis Jenis Warna : Pengertian, Karakter dan Penjelasannya Jenis Jenis Warna : Pengertian, Karakter dan Penjelasannya - Apa saja jenis jenis dari warna dan penjelasannya? Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentu hal-hal yang juga melingkupinya.…
Promosi Adalah : Pengertian dan Tujuannya Promosi Adalah : Pengertian dan Tujuannya – Dalam melakukan bisnis pasar serta penjualan di butuhkan ide yang tepat dan pasti agar semua dapat terkendali dengan baik. Langkah dalam penjualan barang…
18 Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli (Lengkap) 18 Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli (Lengkap) - Jika anda sudah lulus dari bangku SMA (Sekolah Menengah Atas) tentu kalian akan melanjutkannya ke jenjang yang lebih tinggi yakni Perguruan Tinggi.…
Hutan Mangrove Adalah :Ciri, Manfaat, Pemicu Kerusakan Dan… Hutan Mangrove Adalah :Ciri, Manfaat, Pemicu Kerusakan Dan Penanggulangannya - Apakah yang di maksud dengan hutan mangrove dan fungsinya?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya tentang hal lain…
Kata Pengantar : Pengertian, Struktur dan Contohnya Kata Pengantar : Pengertian, Struktur dan Contohnya - Bagaimana cara menulis Kata Pengantar yang baik ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Kata Pengantar dan hal lain tentangnyanya.Mari kita simak…
Pengertian Kelompok Sosial Menurut Para Ahli : Ciri, Syarat… Pengertian Kelompok Sosial Menurut Para Ahli : Ciri, Syarat dan Macam-Macam Kelompok Sosial - Apa yang dimaksud Kelompok Sosial ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apa itu kelompok sosial menurut apara…
Interseksi Adalah : Bentuk, Penghubung, Dampak, Ciri, Contoh… Interseksi Adalah : Bentuk, Penghubung, Dampak, Ciri, Contoh Dan Hubungannya Dengan Konsolidasi - Apakah yang di maksud dengan interseksi ?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya rumus lain…
√ Pengertian Experiential Marketing, Fungsi, Manfaat,… Pengertian Experiential Marketing, Fungsi, Manfaat, Strategi, Karakteristik dan Implementasinya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang experiential marketing. Yang meliputi pengertian experiential marketing yang dikemukakan oleh para ahli,…
Contoh Soal Seni Budaya Kelas 10 (X) SMA/MA/SMK Semester 1… Contoh Soal Seni Budaya Kelas 10 (X) SMA/MA/SMK Semester 1 dan 2 (2019 dan 2020)- Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas Soal Seni Budaya Kelas 10 Pilihan Ganda dan Essay…
√ Pengertian Teknologi Informasi Menurut Para Ahli, Tujuan,… Pengertian Teknologi Informasi Menurut Para Ahli, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Komponen & Contohnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang teknologi informasi yang dikemukakan oleh para ahli dan juga tujuan,…
44 Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) 44 Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli (Bahas Lengkap) - Pengertian komunikasi di ekstrak dari bahasa latin yaitu "communicatio" yang ber istilah "communis" yang berarti menciptakan kebersamaan antara dua orang atau lebih.…
√ Pengertian Harga Diri, Aspek, Sumber, Komponen, Faktor dan… Pengertian Harga Diri, Aspek, Sumber, Komponen, Faktor dan Cara Menumbuhkannya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang harga diri. Yang meliputi pengertian harga diri, pentingnya harga diri, aspek dan…
√ 18 Pengertian Propaganda, Jenis, Sifat, Sistem, Metode &… 18 Pengertian Propaganda, Jenis, Sifat, Sistem, Metode & Contohnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang propaganda. Penjelasan yang meliputi pengertian, jenis dan contoh secara lengkap. 18 Pengertian Propaganda,…
Sistem Informasi Manajemen : Pengertian, Manfaat, Fungsi,… Sistem Informasi Manajemen : Pengertian, Manfaat, Fungsi, Tujuan dan Jenis Penerapannya - Apa itu yang di maksud dengan Sistem Informasi Manajemen?,Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentu pula…
24 Pengertian Informasi Menurut Para Ahli (Pembahasan… 24 Pengertian Informasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) - Disini seputarpengetahuan.com akan membahas mengenai Informasi, pasti semua sudah tidak asing lagi mendengar kata tersebut. Informasi merupakan sebuah hal yang sangat penting bagi seseorang…
√ Pengertian Kemasan Menurut Para Ahli, Fungsi, Tujuan &… Pengertian Kemasan Menurut Para Ahli, Fungsi, Tujuan & Jenisnya - Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang kemasan. Pembahasan kali ini yaitu meliputi pengertian kemasan menurut para ahli, fungsi dari…
√ Pengertian Audit Sistem Informasi, Tujuan, Jenis, Tahapan,… Pengertian Audit Sistem Informasi, Tujuan, Jenis, Tahapan, Ruang Lingkup - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Audit Sistem Informasi. Yang meliputi pengertian audit sistem informasi, tujuan audit sistem informasi,…
Cerpen Motivasi : Pengertian, Tips Menulis dan Contohnya Cerpen Motivasi : Pengertian, Tips Menulis dan Contohnya - Cerpen Motivasi itu seperti apa?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Cerpen Persahabatan dan hal-hal lain tentangnya.Mari kita simak…
Sistem Informasi : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Komponen,… Sistem Informasi : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Komponen, Ciri Ciri, Jurusan, Contoh - Apakah yang di maksud dengan Sistem Informasi ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Sistem Informasi…
√ Pengertian Media Komunikasi, Teori, Fungsi, Jenis,… Pengertian Media Komunikasi, Teori, Fungsi, Jenis, Karakteristik & Bentuknya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Media Komunikasi. Yang meliputi pengertian media komunikasi, teori media komunikasi, fungsi media komunikasi,…
√ Pengertian Akulturasi, Bentuk, Faktor, Dampak & Contohnya… Pengertian Akulturasi, Bentuk, Faktor, Dampak & Contohnya (Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Akulturasi. Yang meliputi pengertian, bentuk-bentuk, faktor yang mempengaruhi, dampak dan contoh akulturasi dengan pembahasan…
√ Pengertian Dukungan Sosial, Fungsi, Sumber, Bentuk,… Pengertian Dukungan Sosial, Fungsi, Sumber, Bentuk, Manfaat dan Faktornya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang dukungan sosial. Yang meliputi pengertian dukungan sosial, fungsi dukungan sosial, sumber dukungan sosial,…
√ 15 Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli,… 15 Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli, Tugas, Tujuan, Fungsi, Konsep, Unsur - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang manajemen pemasaran. Pembahasan yang meliputi pengertian, tugas, tujuan, fungsi, konsep,…
Ruang Lingkup Psikologi : Pengertian, Macam, Tugas dan… Ruang Lingkup Psikologi : Pengertian, Macam, Tugas dan Metodologi Penelitian Psikologi - Apakah itu ruang lingkup psikologi ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Psikologi dan hal yang melingkupinya.Mari kita…
√ Pengertian Manajemen Kinerja, Tujuan, Manfaat, Prinsip &… Pengertian Manajemen Kinerja, Tujuan, Manfaat, Prinsip & Prosesnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Manajemen Kinerja. Yang meliputi pengertian, tujuan, manfaat, prinsip dasar dan proses manajemen kinerja dengan…
√ Pengertian Kelompok, Contoh, Jenis Beserta Perbedaannya Pengertian Kelompok, Contoh, Jenis Beserta Perbedaannya – Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Pengertian Kelompok. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian kelompok, contoh, jenis beserta perbedaannya…
20 Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) 20 Pengertian Bisnis Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) – Dalam kehidupan sehari-hari sudah tidak asing lagi bagi kita dengan penyebutan istilah bisnis atau berbisnis. Kata bisnis berasal dari bahasa Inggris…
27 Pengertian Kota Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) 27 Pengertian Kota Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) - Apa yang terbesit dibenak anda ketika mendengar kata kota? Mungkin ada sebagian dari anda membayangkan bahwa kota adalah tempat tinggal, tempat kelahiran,…
√ Pengertian Komunikasi Interpersonal, Tujuan, Fungsi,… Pengertian Komunikasi Interpersonal, Tujuan, Fungsi, Faktor dan Aspeknya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang komunikasi interpersonal. Dengan pembahasan lengkap yang meliputi pengertian komunikasi interpersonal, tujuan dan fungsi komunikasi…