√ Pengertian Word of Mouth, Manfaat dan Elemen (Lengkap)

Pengertian Word of Mouth, Manfaat dan Elemen (Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Word of Mouth. Yang meliputi pengertiam manfaat dan unsur word of mouth dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami.

Pengertian Word of Mouth, Manfaat dan Elemen (Lengkap)

Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Word of Mouth

Word of Mouth atau disingkat dengan WOM merupakan komunikasi dari mulut ke mulut. Menurut Kotler dan Keller yang diartikan sebagai komunikasi yang dalam bentuk rekomendasi baik secara personal ataupun kelompok terhadap suatu produk atau jasa yang tujuannya memberikan informasi secara individu.

Word of Mouth bisa berbentuk suatu komentar atau rekomendasi yang disebarkan konsumen menurut pengalaman yang didapatnya, mempunyai pengaruh yang besar terhadap pengambilan keputusan yang dilakukan oleh pihak lain.

Salah satu bentuk komposisi dalam pemasaran yaitu word of mouth yang menjadikan referensi yang menjadikan harapan pelanggan. Sebagai bagian dari bauran komunikasi pemasaran, word of mouth communication menjadi salah satu strategi yang besar pengaruhnya dalam keputusan konsumen dalam memakai produk atau jasa.

Pengertian Word of Mouth Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari word of mouth menurut ahlinya.

1. Ivanovic dan Colling (2004)

Word of Mouth communication adalah saluran informal dari komunikasi seperti teman dan tetangga, rekan kerja dan anggota keluarga.

2. Sernovitz (2009)

Word of mouth sangat efektif karena sumber kepercayaannya adalah datang dari orang yang tidak memperoleh keuntungan dari rekomendasi mereka.

3. Hasan

Word of Mouth adalah pujian, rekomendasi dan komentar pelanggan sekitar pengalaman mereka atas layanan jasa atau produk yang betul-betul mempengaruhi keputusan pelanggan atau perilaku pembelian mereka.

4. Sernovitz

Word of Mouth Marketing adalah memberikan orang alasan untuk membicarakan tentang produk anda dan mempermudah pembicaraan itu terjadi.

5. The Word of Mouth Marketing Association (2009)

Word of Mouth Marketing adalah sebagai seni dan ilmu dalam membangun komunikasi konsumen-konsumen dan konsumen-pemasar yang aktif dan menguntungkan.

Manfaat Word of Mouth

Proses mencari informasi dijalankan untuk mendapatkan produk yang berkualitas yang bisa memenuhi keperluan dan keinginannya. Konsumen akan mencari informasi itu pada sumber-sumber yang bisa memberikan informasi yang dibutuhkan. Rekomendasi dari orang lain sangat besar dalam mempengaruhi jika rekomendasi tersebut bersumber dari orang yang dikenalnya.

Dibawah ini adalah beberapa manfaat dari Word of Mouth sebagai sumber informasi yang kuat dalam mempengaruhi keputusan pembelian yang dikemukakan oleh Hasan (2010)

  • Word of Mouth adalah sumber informasi yang independen dan jujur disaat informasi datang dari seorang teman itu lebih kredibel karena tidak adanya asosiasi dari orang dengan perusahaan atau produk.
  • Word of Mouth sangat kuat sebab memberikan manfaat kepada yang bertanya dengan pengalaman langsung mengenai produk melalui pengalaman teman dan kerabat.
  • Word of Mouth disesuaikan dengan orang-orang yang terbaik didalamnya, seseorang tidak akan bergabung dengan percakapan, kecuali mereka tertarik pada topik diskusi.
  • Word of Mouth bisa menjadi media iklan informal
  • Word of Mouth bisa mulai dari satu sumber bergantung bagaimana kekuatan influencer dan jaringan sosial menyebar dengan cepat dan secara luas kepada orang lain.
  • Word of Mouth tidak dibatasi ruang atau kendala lainnya seperti ikatan sosial, waktu, keluarga atau hambatan fisik lainnya.

Dimensi atau Elemen Word of Mouth

Sernovitz (2009:31) menyatakan ada lima dimensi atau elemen dasar dari word of mouth yang dikenal dengan 5T. Yakni

  • Talkers (Pembicara)
  • Topics (Topik)
  • Tools (alat)
  • Talking part (partisipasi)
  • Tracking (pengawasan)

Kelima elemen diatas dapat dijelaskan dibawah ini.

Talkers (Pembicara)

Merupakan sekumpulan target yang mana mereka yang akan membicarakan suatu merek seringkali disebut dengan influencer. Talkers ini dapat siapa saja mulai dari teman, tetanggga, keluarga dan lain sebagainya.

Selalu ada orang yang antusias untuk berbicara. Mereka ini yang paling memiliki semangat tinggi menceritakan pengalamannya.

Topics (Topik)

Hal ini berhubungan dengan apa yang dibicarakan oleh talker. Topik ini berkaitan dengan apa yang ditawarkan oleh suatu merek. Seperti tawaran spesial, diskon, produk baru atau pelayanan yang memuaskan.

Topik yang baik merupakan topik yang bersifat simpel, mudah dibawa, dan natural. Semua word of mouth bersumber dari topik yang membuat bersemangat untuk dibicarakan.

Tools (Alat)

Adalah alat untuk menyebarkan dari topik dan talker. Topik yang sudah ada juga memerlukan suatu alat yang bisa membantu supaya topik atau pesan bisa berjalan. Alat ini menjadikan orang mudah membicarakan atau menularkan produk atau jasa perusahaan kepada orang lain.

Pengertian Word Of Mouth, Manfaat, Elemen

Talking Part (Partisipasi)

Adalah suatu pembicaraan akan hilan apabil ahanya ada satu orang yang berbicara tentang suatu produk. Maka dibutuhkan orang lain yang ikut serta dalam percakapan supaya word of mouth dapat terus berjalan.

Tracking (Pengawasan)

Adalah suatu tindakan dari perusahaan untuk melakukan pengawasan dan juga melakukan pemantauan respon konsumen. Hal ini dilakukan supaya perusahaan dapat mempelajari masukan positif atau negatif konsumen, menjadikan suatu perusahaan bisa belajar dari masukan tersebut untuk kemajuan yang lebih baik.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Word of Mouth, Manfaat dan Elemen (Lengkap), semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Daftar Isi