Home » √ Pengertian Word of Mouth, Manfaat dan Elemen (Lengkap)
√ Pengertian Word of Mouth, Manfaat dan Elemen (Lengkap)
Pengertian Word of Mouth, Manfaat dan Elemen (Lengkap) – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Word of Mouth. Yang meliputi pengertiam manfaat dan unsur word of mouth dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami.
Pengertian Word of Mouth, Manfaat dan Elemen (Lengkap)
Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.
Pengertian Word of Mouth
Word of Mouth atau disingkat dengan WOM merupakan komunikasi dari mulut ke mulut. Menurut Kotler dan Keller yang diartikan sebagai komunikasi yang dalam bentuk rekomendasi baik secara personal ataupun kelompok terhadap suatu produk atau jasa yang tujuannya memberikan informasi secara individu.
Word of Mouth bisa berbentuk suatu komentar atau rekomendasi yang disebarkan konsumen menurut pengalaman yang didapatnya, mempunyai pengaruh yang besar terhadap pengambilan keputusan yang dilakukan oleh pihak lain.
Salah satu bentuk komposisi dalam pemasaran yaitu word of mouth yang menjadikan referensi yang menjadikan harapan pelanggan. Sebagai bagian dari bauran komunikasi pemasaran, word of mouth communication menjadi salah satu strategi yang besar pengaruhnya dalam keputusan konsumen dalam memakai produk atau jasa.
Pengertian Word of Mouth Menurut Para Ahli
Berikut ini adalah definisi dari word of mouth menurut ahlinya.
1. Ivanovic dan Colling (2004)
Word of Mouth communication adalah saluran informal dari komunikasi seperti teman dan tetangga, rekan kerja dan anggota keluarga.
2. Sernovitz (2009)
Word of mouth sangat efektif karena sumber kepercayaannya adalah datang dari orang yang tidak memperoleh keuntungan dari rekomendasi mereka.
3. Hasan
Word of Mouth adalah pujian, rekomendasi dan komentar pelanggan sekitar pengalaman mereka atas layanan jasa atau produk yang betul-betul mempengaruhi keputusan pelanggan atau perilaku pembelian mereka.
4. Sernovitz
Word of Mouth Marketing adalah memberikan orang alasan untuk membicarakan tentang produk anda dan mempermudah pembicaraan itu terjadi.
5. The Word of Mouth Marketing Association (2009)
Word of Mouth Marketing adalah sebagai seni dan ilmu dalam membangun komunikasi konsumen-konsumen dan konsumen-pemasar yang aktif dan menguntungkan.
Manfaat Word of Mouth
Proses mencari informasi dijalankan untuk mendapatkan produk yang berkualitas yang bisa memenuhi keperluan dan keinginannya. Konsumen akan mencari informasi itu pada sumber-sumber yang bisa memberikan informasi yang dibutuhkan. Rekomendasi dari orang lain sangat besar dalam mempengaruhi jika rekomendasi tersebut bersumber dari orang yang dikenalnya.
Dibawah ini adalah beberapa manfaat dari Word of Mouth sebagai sumber informasi yang kuat dalam mempengaruhi keputusan pembelian yang dikemukakan oleh Hasan (2010)
Word of Mouth adalah sumber informasi yang independen dan jujur disaat informasi datang dari seorang teman itu lebih kredibel karena tidak adanya asosiasi dari orang dengan perusahaan atau produk.
Word of Mouth sangat kuat sebab memberikan manfaat kepada yang bertanya dengan pengalaman langsung mengenai produk melalui pengalaman teman dan kerabat.
Word of Mouth disesuaikan dengan orang-orang yang terbaik didalamnya, seseorang tidak akan bergabung dengan percakapan, kecuali mereka tertarik pada topik diskusi.
Word of Mouth bisa menjadi media iklan informal
Word of Mouth bisa mulai dari satu sumber bergantung bagaimana kekuatan influencer dan jaringan sosial menyebar dengan cepat dan secara luas kepada orang lain.
Word of Mouth tidak dibatasi ruang atau kendala lainnya seperti ikatan sosial, waktu, keluarga atau hambatan fisik lainnya.
Dimensi atau Elemen Word of Mouth
Sernovitz (2009:31) menyatakan ada lima dimensi atau elemen dasar dari word of mouth yang dikenal dengan 5T. Yakni
Talkers (Pembicara)
Topics (Topik)
Tools (alat)
Talking part (partisipasi)
Tracking (pengawasan)
Kelima elemen diatas dapat dijelaskan dibawah ini.
Talkers (Pembicara)
Merupakan sekumpulan target yang mana mereka yang akan membicarakan suatu merek seringkali disebut dengan influencer. Talkers ini dapat siapa saja mulai dari teman, tetanggga, keluarga dan lain sebagainya.
Selalu ada orang yang antusias untuk berbicara. Mereka ini yang paling memiliki semangat tinggi menceritakan pengalamannya.
Topics (Topik)
Hal ini berhubungan dengan apa yang dibicarakan oleh talker. Topik ini berkaitan dengan apa yang ditawarkan oleh suatu merek. Seperti tawaran spesial, diskon, produk baru atau pelayanan yang memuaskan.
Topik yang baik merupakan topik yang bersifat simpel, mudah dibawa, dan natural. Semua word of mouth bersumber dari topik yang membuat bersemangat untuk dibicarakan.
Tools (Alat)
Adalah alat untuk menyebarkan dari topik dan talker. Topik yang sudah ada juga memerlukan suatu alat yang bisa membantu supaya topik atau pesan bisa berjalan. Alat ini menjadikan orang mudah membicarakan atau menularkan produk atau jasa perusahaan kepada orang lain.
Talking Part (Partisipasi)
Adalah suatu pembicaraan akan hilan apabil ahanya ada satu orang yang berbicara tentang suatu produk. Maka dibutuhkan orang lain yang ikut serta dalam percakapan supaya word of mouth dapat terus berjalan.
Tracking (Pengawasan)
Adalah suatu tindakan dari perusahaan untuk melakukan pengawasan dan juga melakukan pemantauan respon konsumen. Hal ini dilakukan supaya perusahaan dapat mempelajari masukan positif atau negatif konsumen, menjadikan suatu perusahaan bisa belajar dari masukan tersebut untuk kemajuan yang lebih baik.
Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Word of Mouth, Manfaat dan Elemen (Lengkap), semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.
Pencak Silat : Pengertian, Sejarah, Ciri, Tujuan, Teknik,… Pencak Silat : Pengertian, Sejarah, Ciri, Tujuan, Teknik, dan Tingkatannya - Adakah yang belum tahu apa itu Pencak Silat ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Pencak Silat dan hal-hal lain…
6 Konsep Pemasaran, jenis Dan Tujuannya (Pembahasan Lengkap) 6 Konsep Pemasaran, jenis Dan Tujuannya (Pembahasan Lengkap) – Setelah sebelumnya kita membahas tentang pengertian pemasaran, kali ini kita fokuskan kembali mengenai konsep-konsep pemasaran. Dimana konsep pemasaran merupakan falsafah perusahaan…
Contoh Recount Text Singkat : Pengertian, Ciri, Jenis dan… Contoh Recount Text Singkat : Pengertian, Ciri, Jenis dan Struktur Recount Text - Apakah yang di maksud dengan recount text dan seperti apa contohnya ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas…
√ 25 Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para… 25 Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM). Pembahasan ini adalah definisi berdasarkan para ahli yang…
35 Pengertian Negara Menurut Para Ahli dan Unsurnya… 35 Pengertian Negara Menurut Para Ahli dan Unsurnya (Lengkap) - Ada yang suka dengan olahraga? Salah satu jenis olahraga yang mendunia adalah sepakbola, dan salah satu ajang bergengsi olahraga tersebut adalah Piala…
Kata Pengantar : Pengertian, Struktur dan Contohnya Kata Pengantar : Pengertian, Struktur dan Contohnya - Bagaimana cara menulis Kata Pengantar yang baik ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Kata Pengantar dan hal lain tentangnyanya.Mari kita simak…
Badan Usaha : Pengertian, Bentuk, Jenis dan Perbandingannya Badan Usaha : Pengertian, Bentuk, Jenis dan Perbandingannya - Apakah yang di maksud Badan Usaha? Pada kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Badan Usaha dan hal-hal yang melingkupinya.Mari kita simak bersama…
Label Adalah : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Ketentuan Label… Label Adalah : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Ketentuan Label Produk, Menurut Para Ahli - Pada kesempatan ini Seputar Pengetahuan akan membahas tentang Label. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan…
√ Pengertian Kelompok Sosial dan Ciri-cirinya (Pembahasan… Pengertian Kelompok Sosial dan Ciri-cirinya (Pembahasan Lengkap) – Untuk pembahasan kali ini kita akan mulai membahas mengenai Kelompok sosial. Apa itu kelompok sosial? Untuk itulah disini akan dijelaskan agar para pembaca…
Gambar Mikroskop : Pengertian, Sejarah, Jenis, Bagian, Cara… Gambar Mikroskop : Pengertian, Sejarah, Jenis, Bagian, Cara Kerja dan Perawatan Mikroskop - Seberapa dekatkah dirimu mengenali bentuk dan fungsi dari Mikroskop ?Pada kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Mikroskop…
Cerpen Persahabatan : Pengertian ,Tips Menulis dan Contohnya Cerpen Persahabatan : Pengertian ,Tips Menulis dan Contohnya - Cerpen Persahabatan itu seperti apa?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Cerpen Persahabatan dan hal-hal lain tentangnya.Mari kita simak bersama…
Komunikasi Daring : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Manfaat,… Komunikasi Daring : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Manfaat, Jenis, Komponen - Di pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Komunikasi Dalam Jaringan (Daring). Yang meliputi pengertian, fungsi, tujuan, manfaat, jenis-jenis, komponen, kelebihan…
√ Pengertian Ekosistem, Komponen Pembentuk dan Tipenya… Pengertian Ekosistem, Komponen Pembentuk dan Tipenya (Lengkap) - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Kemalasan Sosial. Yang meliputi pengertian, dimensi, aspek dan faktor penyebab kemalasan sosial dengan pembahasan lengkap…
Promosi Adalah : Pengertian dan Tujuannya Promosi Adalah : Pengertian dan Tujuannya – Dalam melakukan bisnis pasar serta penjualan di butuhkan ide yang tepat dan pasti agar semua dapat terkendali dengan baik. Langkah dalam penjualan barang…
Teks Cerpen : Pengertian, Ciri, Struktur, Unsur dan Contoh Teks Cerpen : Pengertian, Ciri, Struktur, Unsur dan Contoh - Apakah itu Teks Cerpen ?Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas tentang Teks Cerpen dan hal-hal yang melingkupinya. Mari kita…
Contoh Soal Seni Budaya Kelas 10 (X) SMA/MA/SMK Semester 1… Contoh Soal Seni Budaya Kelas 10 (X) SMA/MA/SMK Semester 1 dan 2 (2019 dan 2020)- Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas Soal Seni Budaya Kelas 10 Pilihan Ganda dan Essay…
√ Pengertian Koordinasi, Syarat, Tujuan, Manfaat, Jenis,… Pengertian Koordinasi, Syarat, Tujuan, Manfaat, Jenis, Ruang Lingkup, Prinsip, Dampak - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Koordinasi. Yang meliputi pengertian, syarat, tujuan, manfaat, jenis-jenis, ruang lingkup, prinsip, dampak…
Komunikasi Adalah : Tujuan, Fungsi, Syarat, Model dan… Komunikasi Adalah : Tujuan, Fungsi, Syarat, Model dan Jenisnya -Apa yang di maksud dengan Komunikasi ?Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Komunikasi dan hal-hal lain tentangnya.Mari kita simak…
Cerpen Motivasi : Pengertian, Tips Menulis dan Contohnya Cerpen Motivasi : Pengertian, Tips Menulis dan Contohnya - Cerpen Motivasi itu seperti apa?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahas apakah itu Cerpen Persahabatan dan hal-hal lain tentangnya.Mari kita simak…
√ Pengertian Branding Menurut Ahli, Fungsi, Tujuan, Unsur &… Pengertian Branding Menurut Ahli, Fungsi, Tujuan, Unsur & Jenisnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang branding. Penjelasan disini adalah tentang pengertian branding menurut para ahli, fungsi branding, tujuan…
√ Pengertian Ekuitas Merek (Brand Equity), Fungsi, Manfaat &… Pengertian Ekuitas Merek (Brand Equity), Fungsi, Manfaat & Dimensi - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang ekuitas merek atau brang equity. Yang meliputi pengertian ekuitas merek, fungsi dan manfaat…
Sistem Informasi Geografis : Pengertian, Manfaat, dan Ruang… Sistem Informasi Geografis : Pengertian, Manfaat, dan Ruang Lingkup – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang SIG atau sistem informasi geografis. Yang meliputi pengertian SIG, manfaat, komponen, ruang…
Akuntansi Syari’ah : Pengertian Menurut Para Ahli, Dasar… Akuntansi Syari’ah : Pengertian Menurut Para Ahli, Dasar Hukum, Ciri, Tujuan, Prinsip, Karakteristik Dan Kelebihannya - Apakah itu akuntansi syariah dan kelebihannya ?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan…
√ 18 Pengertian Propaganda, Jenis, Sifat, Sistem, Metode &… 18 Pengertian Propaganda, Jenis, Sifat, Sistem, Metode & Contohnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang propaganda. Penjelasan yang meliputi pengertian, jenis dan contoh secara lengkap. 18 Pengertian Propaganda,…
Jenis Jenis Warna : Pengertian, Karakter dan Penjelasannya Jenis Jenis Warna : Pengertian, Karakter dan Penjelasannya - Apa saja jenis jenis dari warna dan penjelasannya? Pada kesempatan kali ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentu hal-hal yang juga melingkupinya.…
Pengertian Metode Pembelajaran : Ciri, Tujuan, Jenis dan… Pengertian Metode Pembelajaran : Ciri, Tujuan, Jenis dan Pembahasannya - Apakah yang di maksud dengan Metode Pembelajaran?, Pada kesempatan ini Seputarpengetahuan.co.id akan membahasnya dan tentunya tentang hal lain yang juga…
24 Pengertian Informasi Menurut Para Ahli (Pembahasan… 24 Pengertian Informasi Menurut Para Ahli (Pembahasan Lengkap) - Disini seputarpengetahuan.com akan membahas mengenai Informasi, pasti semua sudah tidak asing lagi mendengar kata tersebut. Informasi merupakan sebuah hal yang sangat penting bagi seseorang…
√ Pengertian Harga Diri, Aspek, Sumber, Komponen, Faktor dan… Pengertian Harga Diri, Aspek, Sumber, Komponen, Faktor dan Cara Menumbuhkannya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang harga diri. Yang meliputi pengertian harga diri, pentingnya harga diri, aspek dan…
√ Pengertian Komunikasi Bisnis, Tujuan, Fungsi, Bentuk dan… Pengertian Komunikasi Bisnis, Tujuan, Fungsi, Bentuk dan Unsurnya - Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang komunikasi bisnis. Yang meliputi pengertian komunikasi bisnis menurut para ahli, tujuan komunikasi bisnis, fungsi…
Perangkat Keras Komputer : Cara Kerja, Jenis, Contoh dan… Perangkat Keras Komputer : Cara Kerja, Jenis, Contoh dan Fungsinya - Di era Komputerisasi saat ini pasti kita sudah tak asing dengan Komputer dan Perangkatnya.Namun, mungkin ada yang belum tahu…